Jgn dishare. Masa cm gw yg kena,...gregoriusgerry wrote: Wed Sep 19, 2018 4:55waduhhh![]()
![]()
saya dah 2x pake untuk interval 10rb km di innova gw..
kalo boleh di share om bad exp nya biar ga banyak yg kena
![]()
![]()
![]()

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
Jgn dishare. Masa cm gw yg kena,...gregoriusgerry wrote: Wed Sep 19, 2018 4:55waduhhh![]()
![]()
saya dah 2x pake untuk interval 10rb km di innova gw..
kalo boleh di share om bad exp nya biar ga banyak yg kena
![]()
![]()
![]()
Kondisinya begitu jd saya kepikir sekalian ganti filter strainer nya om biar bersih semua. Sekarang kl ngecek dipstick ATFnya, warna oli nya udah biru bening pucat. Kl dipake jalan, terutama di kecepatan tinggi/agak digeber (80an km/h keatas) mesti kedengeran suara kasar banget kaya nguknguknguknguk ngikutin irama mesin (dugaan saya dr transmisi, krn dulu persis setelah ganti ATF 4lt yang salah tipe mulai muncul bunyi itu).
Biasa kuras pake mesin abis brp L pak ?erwinign wrote:Kondisinya begitu jd saya kepikir sekalian ganti filter strainer nya om biar bersih semua. Sekarang kl ngecek dipstick ATFnya, warna oli nya udah biru bening pucat. Kl dipake jalan, terutama di kecepatan tinggi/agak digeber (80an km/h keatas) mesti kedengeran suara kasar banget kaya nguknguknguknguk ngikutin irama mesin (dugaan saya dr transmisi, krn dulu persis setelah ganti ATF 4lt yang salah tipe mulai muncul bunyi itu).Turboman wrote: Wed Sep 19, 2018 8:39Odo belom 100 rb km belom perlu ganti filter ATFerwinign wrote: Ertiga om, atf comply AW-1. Kondisi br pernah ganti atf 4lt wkt km 40rb, salah spek wkt itu om (beres ngeganti pake atf 3317)
Sempet beberapa kali tanya SA di beres suzuki, saya suru cek kondisi ATF dr 2 orang SA berbeda merek bilang "masih bagus", "masih tahan sampe 80rb km" dan saya ndak percaya samsek krn selama saya pake mobil ini udah muncul gejala2 itu sama warna atf nya jelas2 bukan lagi merah om. Siapin berapa liter ya kira2 saya om utk ATFnya? Rencana pake Q8 unitrans JK
Sebelum ini saya uda pernah kuras di yaris bakpao abis 8lt, crv k24 7lt om. Semua pake mesin. Yg yaris di carfix semarang (bengkel non resmi, selevel sama toda dkk), crv k24 di beres. Filter atf engga ganti wkt itu.Turboman wrote: Thu Sep 20, 2018 5:56Biasa kuras pake mesin abis brp L pak ?erwinign wrote:Kondisinya begitu jd saya kepikir sekalian ganti filter strainer nya om biar bersih semua. Sekarang kl ngecek dipstick ATFnya, warna oli nya udah biru bening pucat. Kl dipake jalan, terutama di kecepatan tinggi/agak digeber (80an km/h keatas) mesti kedengeran suara kasar banget kaya nguknguknguknguk ngikutin irama mesin (dugaan saya dr transmisi, krn dulu persis setelah ganti ATF 4lt yang salah tipe mulai muncul bunyi itu).
Sempet beberapa kali tanya SA di beres suzuki, saya suru cek kondisi ATF dr 2 orang SA berbeda merek bilang "masih bagus", "masih tahan sampe 80rb km" dan saya ndak percaya samsek krn selama saya pake mobil ini udah muncul gejala2 itu sama warna atf nya jelas2 bukan lagi merah om. Siapin berapa liter ya kira2 saya om utk ATFnya? Rencana pake Q8 unitrans JK
7 / 8 / 9 ?
ganti filter AT buka oil pan ya tambah 2 L deh utk jaga2
Saya pernah pake, dan kurang suka.. waktu sudah 5000 km mesin suaranya lebih kasar, larinya nggak selincah waktu baru ganti. Akhirnya di 6000 km tukar kendall 5w30.osbertc0ol wrote:Mantap eneos 0w20 itu bisa 10rb gak yah? Kalo online pun eneos harusnya ga ada palsu lah yaa..
Dan itu ATF kalo dibanding aisin gimana?
tq om turbo.
nah paling tepat lakukan Metoda Gerlong deherwinign wrote:Sebelum ini saya uda pernah kuras di yaris bakpao abis 8lt, crv k24 7lt om. Semua pake mesin. Yg yaris di carfix semarang (bengkel non resmi, selevel sama toda dkk), crv k24 di beres. Filter atf engga ganti wkt itu.Turboman wrote: Thu Sep 20, 2018 5:56Biasa kuras pake mesin abis brp L pak ?erwinign wrote: Kondisinya begitu jd saya kepikir sekalian ganti filter strainer nya om biar bersih semua. Sekarang kl ngecek dipstick ATFnya, warna oli nya udah biru bening pucat. Kl dipake jalan, terutama di kecepatan tinggi/agak digeber (80an km/h keatas) mesti kedengeran suara kasar banget kaya nguknguknguknguk ngikutin irama mesin (dugaan saya dr transmisi, krn dulu persis setelah ganti ATF 4lt yang salah tipe mulai muncul bunyi itu).
Sempet beberapa kali tanya SA di beres suzuki, saya suru cek kondisi ATF dr 2 orang SA berbeda merek bilang "masih bagus", "masih tahan sampe 80rb km" dan saya ndak percaya samsek krn selama saya pake mobil ini udah muncul gejala2 itu sama warna atf nya jelas2 bukan lagi merah om. Siapin berapa liter ya kira2 saya om utk ATFnya? Rencana pake Q8 unitrans JK
7 / 8 / 9 ?
ganti filter AT buka oil pan ya tambah 2 L deh utk jaga2
Wkt saya tanya ke beres suzuki, metode flushing mereka pake mesin, oli atf lama didorong keluar pake oli atf baru. Yg bikin saya bingung, kalo mau flush pake mesin sama ganti filter juga, berarti harus buka dulu oil pan buat ngelepas filter nya om (it means oli atf lama keluar semua). Stl ganti filter atf berarti gearbox assy keadaan kosong tnp oli. Terus oli atf baru dimasukkin pake mesin-selang. Kl pengisian atf baru pake mesin tp keadaan gearbox kosong tnp oli aman kah om?
Soal volume atf baru, beres suzuki bilang ga bs jamin persis nya brp liter om, alesan mereka bs lebih dr 10lt krn jg ngebersihin gram2 sisa dr atf lama
Siapin berapa liter ya om oli atf nya?Turboman wrote: Thu Sep 20, 2018 9:50nah paling tepat lakukan Metoda Gerlong deherwinign wrote:Sebelum ini saya uda pernah kuras di yaris bakpao abis 8lt, crv k24 7lt om. Semua pake mesin. Yg yaris di carfix semarang (bengkel non resmi, selevel sama toda dkk), crv k24 di beres. Filter atf engga ganti wkt itu.Turboman wrote: Thu Sep 20, 2018 5:56 Biasa kuras pake mesin abis brp L pak ?
7 / 8 / 9 ?
ganti filter AT buka oil pan ya tambah 2 L deh utk jaga2
Wkt saya tanya ke beres suzuki, metode flushing mereka pake mesin, oli atf lama didorong keluar pake oli atf baru. Yg bikin saya bingung, kalo mau flush pake mesin sama ganti filter juga, berarti harus buka dulu oil pan buat ngelepas filter nya om (it means oli atf lama keluar semua). Stl ganti filter atf berarti gearbox assy keadaan kosong tnp oli. Terus oli atf baru dimasukkin pake mesin-selang. Kl pengisian atf baru pake mesin tp keadaan gearbox kosong tnp oli aman kah om?
Soal volume atf baru, beres suzuki bilang ga bs jamin persis nya brp liter om, alesan mereka bs lebih dr 10lt krn jg ngebersihin gram2 sisa dr atf lama
jangan pake mesin
Gerlong paling abis 6 Lerwinign wrote:Siapin berapa liter ya om oli atf nya?Turboman wrote: Thu Sep 20, 2018 9:50nah paling tepat lakukan Metoda Gerlong deherwinign wrote: Sebelum ini saya uda pernah kuras di yaris bakpao abis 8lt, crv k24 7lt om. Semua pake mesin. Yg yaris di carfix semarang (bengkel non resmi, selevel sama toda dkk), crv k24 di beres. Filter atf engga ganti wkt itu.
Wkt saya tanya ke beres suzuki, metode flushing mereka pake mesin, oli atf lama didorong keluar pake oli atf baru. Yg bikin saya bingung, kalo mau flush pake mesin sama ganti filter juga, berarti harus buka dulu oil pan buat ngelepas filter nya om (it means oli atf lama keluar semua). Stl ganti filter atf berarti gearbox assy keadaan kosong tnp oli. Terus oli atf baru dimasukkin pake mesin-selang. Kl pengisian atf baru pake mesin tp keadaan gearbox kosong tnp oli aman kah om?
Soal volume atf baru, beres suzuki bilang ga bs jamin persis nya brp liter om, alesan mereka bs lebih dr 10lt krn jg ngebersihin gram2 sisa dr atf lama
jangan pake mesin
Hallo, saya mau clarify dong. Baru2 ini saya mulai kerja di pabrik United Oil, PT. PLI.gregoriusgerry wrote: Wed Sep 19, 2018 4:55waduhhh![]()
![]()
saya dah 2x pake untuk interval 10rb km di innova gw..
kalo boleh di share om bad exp nya biar ga banyak yg kena
![]()
![]()
![]()
B 8099 itu Professor automotive omlimsandy wrote:Hallo, saya mau clarify dong. Baru2 ini saya mulai kerja di pabrik United Oil, PT. PLI.gregoriusgerry wrote: Wed Sep 19, 2018 4:55waduhhh![]()
![]()
saya dah 2x pake untuk interval 10rb km di innova gw..
kalo boleh di share om bad exp nya biar ga banyak yg kena
![]()
![]()
![]()
Om, boleh tau bad experience nya kenapa? Kadang ada faktor external yg tidak diketahui oleh user, bahkan mekanik di bengkel dan menyalahkan oli kami sebagai penyebab kerusakan/masalah.
Coba dong di share jadi semua bisa tau dan kalo bisa kasih solusi kan lebih baik untuk kita semua.
Terima kasih, salam om b8099ok.
Saya juga tertarik ni. Teman mekanik saya juga kalo udah United Oil/Gulf dah anti banget, bilangnya pake base oil yang kualitas mepet nan rendah. Aditif juga kurang bagus, etc.etc.limsandy wrote: Sat Sep 22, 2018 7:41
Hallo, saya mau clarify dong. Baru2 ini saya mulai kerja di pabrik United Oil, PT. PLI.
Om, boleh tau bad experience nya kenapa? Kadang ada faktor external yg tidak diketahui oleh user, bahkan mekanik di bengkel dan menyalahkan oli kami sebagai penyebab kerusakan/masalah.
Coba dong di share jadi semua bisa tau dan kalo bisa kasih solusi kan lebih baik untuk kita semua.
Terima kasih, salam om b8099ok.![]()
bagian R&D anda bisa riset benchmarking dgn oli dgn spec yg sama dari merek lain yg kualitas okelimsandy wrote:Hallo, saya mau clarify dong. Baru2 ini saya mulai kerja di pabrik United Oil, PT. PLI.gregoriusgerry wrote: Wed Sep 19, 2018 4:55waduhhh![]()
![]()
saya dah 2x pake untuk interval 10rb km di innova gw..
kalo boleh di share om bad exp nya biar ga banyak yg kena
![]()
![]()
![]()
Om, boleh tau bad experience nya kenapa? Kadang ada faktor external yg tidak diketahui oleh user, bahkan mekanik di bengkel dan menyalahkan oli kami sebagai penyebab kerusakan/masalah.
Coba dong di share jadi semua bisa tau dan kalo bisa kasih solusi kan lebih baik untuk kita semua.
Terima kasih, salam om b8099ok.
sejauh ini sih aman yanuelgs wrote:Om turbo kalo oli q8 aman dari palsu kah?
Nemu di tokped q8 excel diesel kena 95rb/liter
Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Senin, 14/05/2018 17:35 WIB
Jakarta, CNN Indonesia -- Perhimpunan Distributor Importir dan Produsen Pelumas Indonesia (PERDIPPI) menolak Standar Nasional Indonesia (SNI) untuk setiap produk pelumas di dalam negeri. Mereka menilai ada celah menuju persaingan usaha tidak sehat dalam industri pelumas jika aturan tersebut disahkan.
Menurut Ketua Umum Perdippi Paul Toar bahwa wacana ini tidak lain sebagai upaya untuk menghambat produk pelumas impor di Indonesia. Sebab persyaratan mendapatkan label SNI harus dilakukan pengujian dan membutuhkan biaya tidak sedikit. Adapun besaran biaya senilai Rp500 juta per jenis.
Bila perusahaan importir pelumas memiliki 40 jenis pelumas yang diwajibkan SNI, maka biayanya sekitar Rp20 miliar. Sertifikasi tersebut pun hanya berlaku empat tahun.
Dengan wacana itu menurut dia, tentu ini bakal mengurangi daya saing perusahaan kecil dan menengah lantaran biaya akan masuk harga yang dibebankan kepada konsumen.
"Artinya akan terjadi persaingan yang tidak sehat," kata Paul kepada wartawan di Jakarta beberapa waktu lalu.
Paul pun menyebut jika ketentuan SNI diberlakukan, maka akan bertentangan dengan Undang-Undang (UU) No. 5 Tahun 1999 Tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat. Bahkan berpotensi melanggar melanggar peraturan dan perundang-undangan lainnya.
Di mana sesuai UU Nomor 22 Tahun 2001 tentang Migas dan turunannya wewenang pengaturan soal mutu turunan minyak bumi seperti bahan bakar minyak dan pelumas berada di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).
Dilihat dari kacamata KPPU
Kepala Biro Humas Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Taufik Aryanto pun berpendapat ada potensi persaingan usaha tak sehat dalam industri pelumas nantinya jika kewajiban SNI ditetapkan.
Dijelaskan Taufik, penerapan wajib SNI bakal membuat suplai oli atau pelumas di dalam negeri berkurang drastis terutama pelumas impor dan menyebabkan pasar dikuasai sebagian produsen saja.
"Bisa aja (seperti itu) kalau oli impor berkurang dalam jumlah signifikan. Jadi pilihan makin terbatas. Otomatis persaingan pasar oli berkurang," kata Taufik saat dihubungi CNNIndonesia.com.
"Teorinya, kalau pasokan impor berkurang konsentrasi pangsa pasar produsen dalam negri akan naik. Kalau produsennya banyak, tentu tidak masalah. Kalau cuma beberapa pelaku usaha aja, itu yang nantinya berpotensi ke bentuk-bentuk penguasaan pasar," ujar dia melanjutkan.
Oleh karena itu Ia berharap hal-hal tersebut dapat menjadi pertimbangan dari pemerintah, meski SNI wajib adalah upaya melindungi konsumen dan industri di Tanah Air.
"Ya tentunya kami berharap faktor ini juga menjadi pertimbangan dari pemerintah dalam rencana SNI wajib tadi. Supaya pasokan oli dalam negri tetap stabil dan tingkat persaingan terjaga," kata Taufik.
Pertamina buka suara
Sebelumnya, perwakilan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Harjanto mengungkapkan bahwa SNI wajib untuk pelumas adalah hal penting lantaran produk ini digunakan untuk banyak hal, mulai manufaktur sampai dengan sektor transportasi.
Dia pun mengakui banyak desakan terkait itu termasuk dari asosiasi seperti Asosiasi Produsen Pelumas Dalam Negeri (ASPELINDO) dan Masyarakat Pelumas Indonesia (MASPI).
"Kemenperin akan segera memberlakukan secara wajib, tunggu waktunya saja, karena ini sesuatu yang penting," ucap Harjanto.
Sementara Direktur Sales dan Marketing Pertamina Lubricants Andria Nusa menyatakan sebagai salah satu produsen pelumas mendukung wacana itu. Sehingga yang semula SNI hanya bersifat sukarela berubah menjadi wajib.
"Jika tidak maka itu bakal tidak dilakukan dan terus saja membawa ancaman bagi konsumen," tutup Andria. (mik)
Om turbo, q8 5w-30 long life SN acea c3 bisa dipake di ertiga (flat tapped) sama yaris bakpao?Turboman wrote: Tue Sep 25, 2018 9:47 Info promo oli utk tgl 17 - 29 Sept 2018
Q8 & Eneos
Link ToPed : https://m.tokopedia.com/tdmotor
As subject
Q8 T8700 - 5W30 API CJ-4 - Rp. 140.000 / L
Q8 Excel Dies 5W40 - Rp. 110.000 / L
Q8 Auto MV Full Synth ATF (WS comply) - Rp. 130.000 / L
ENEOS 0W20 API SN - Rp. 90.000 / L
Semua barang2 asli dari distro resmi masing masing
Utk pembelian bisa hub +62817199919
Pembelian minimum = 6 L
Eneos 0W20 min 4 L
Demikian sharing info
Flat tappet sy lebih vote Shell Astra 5W30 yg masi promo di Bli2erwinign wrote:Om turbo, q8 5w-30 long life SN acea c3 bisa dipake di ertiga (flat tapped) sama yaris bakpao?Turboman wrote: Tue Sep 25, 2018 9:47 Info promo oli utk tgl 17 - 29 Sept 2018
Q8 & Eneos
Link ToPed : https://m.tokopedia.com/tdmotor
As subject
Q8 T8700 - 5W30 API CJ-4 - Rp. 140.000 / L
Q8 Excel Dies 5W40 - Rp. 110.000 / L
Q8 Auto MV Full Synth ATF (WS comply) - Rp. 130.000 / L
ENEOS 0W20 API SN - Rp. 90.000 / L
Semua barang2 asli dari distro resmi masing masing
Utk pembelian bisa hub +62817199919
Pembelian minimum = 6 L
Eneos 0W20 min 4 L
Demikian sharing info
Masalahnya kendall udh susah cari nya om, di bli2 udah ngilang. Smntr ini saya alternatif nya ptt, tapi hari2 ini ada diskon q8 long life 5w-30 juga jadi galaujdm86 wrote: Fri Sep 28, 2018 2:30 Atau Kendall GT-1 dengan antiwear tinggi.
So far pake di m15a memuaskan ( butt'o meter), lebih memuaskan daripada 0w-20.
Masa sih om ? di Jakarta - Tangerang sih banyak om kendall.erwinign wrote: Fri Sep 28, 2018 2:36Masalahnya kendall udh susah cari nya om, di bli2 udah ngilang. Smntr ini saya alternatif nya ptt, tapi hari2 ini ada diskon q8 long life 5w-30 juga jadi galaujdm86 wrote: Fri Sep 28, 2018 2:30 Atau Kendall GT-1 dengan antiwear tinggi.
So far pake di m15a memuaskan ( butt'o meter), lebih memuaskan daripada 0w-20.
di BliBli ada lagi tuherwinign wrote:Masalahnya kendall udh susah cari nya om, di bli2 udah ngilang. Smntr ini saya alternatif nya ptt, tapi hari2 ini ada diskon q8 long life 5w-30 juga jadi galaujdm86 wrote: Fri Sep 28, 2018 2:30 Atau Kendall GT-1 dengan antiwear tinggi.
So far pake di m15a memuaskan ( butt'o meter), lebih memuaskan daripada 0w-20.
Lapaknya ada tp produknya ngga ada om.Turboman wrote: Fri Sep 28, 2018 3:05di BliBli ada lagi tuherwinign wrote:Masalahnya kendall udh susah cari nya om, di bli2 udah ngilang. Smntr ini saya alternatif nya ptt, tapi hari2 ini ada diskon q8 long life 5w-30 juga jadi galaujdm86 wrote: Fri Sep 28, 2018 2:30 Atau Kendall GT-1 dengan antiwear tinggi.
So far pake di m15a memuaskan ( butt'o meter), lebih memuaskan daripada 0w-20.
cek BliBli aja