Conserving Stick Shift di Civic
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 54
- Joined: Fri Nov 21, 2014 2:35
Conserving Stick Shift di Civic
Berhubung saat ini semakin banyak pabrikan mobil yang mendorong konsumen beralih ke matic, sebagai pengguna mobil yang dari mengenal,belajar,hingga akhirnya bisa punya mobil sendiri, rasanya sayang melewatkan sensasi berkendara menggunakan matic. Kecuali tipe2 tertentu yang memang lebih cocok matic daripada manual.
Saya sendiri penggemar dan pengguna merek H tegak, namun belakangan ini produk yang dihasilkan cenderung lebih mengikuti selera pasar dibanding idealisme H tegak, which is, IMHO totally fine. Banyak improvement yang dihasilkan, namun tidak sedikit pula mengurangi build quality brand itu sendiri.
Sebagai orang yang lebih banyak dibelakang kemudi, saya merasakan koneksi dengan kendaraan yang saya gunakan dari penggunaan stick shift itu sendiri, meskipun keadaan lalu lintas di ibu kota dsk belakangan ini cenderung tidak beradab bagi mobil dengan teknologi stick shift, namun saya masih mencoba bertahan.
Civic adalah salah satu sub brand H yang cukup lama mengakar di keluarga saya, mulai dari Excellent, Wonder, Grand, Genio, sempet ke City Z, FD1 2006, hingga sekarang FD1 2010 dan Jazz 2011. Kesemuanya manual. Dan saya merasakan ada kenikmatan tersendiri mengendarai mobil manual. Namun belakangan, H memutuskan hanya CVT utk civic terbarunya, yang menurut saya cukup unik, mengingat di luar, FK series ini masih mengadopsi manual, dan diapresiasi dengan baik pula.
H, dari beberapa artikel yang saya baca dikenal salah satu pembuat gearbox manual terbaik di dunia. Sayangnya disini kenikmatan tersebut terhenti hingga civic FB. Tadinya saya memiliki ekspektasi tinggi FK akan dibekali dengan manual, ternyata itu hanya ekspektasi belaka. Saya sendiri belum secara terus menerus mengemudikan mobil cvt, hanya membayangkan betapa blandnya berkendara dengan cvt untuk civic.
Lain halnya bila itu accord atau odyssey. Untung saja, beberapa line up H masih menggunakan manual, seperti Jazz, City, Brio, Hrv, Mobilio, Brv. Hrv masuk dalam pertimbangan saya, karena 6speed M/T, electronic parking brake, discbrake 4 roda. Tapi bobotnya yang menyerupai civic FD membuat saya sedikit berpikir, sementara cc beda dengan FD. Meskipun in real life driving condition hal ini tidak akan kentara, namun balik lagi, selain dikenal pembuat gearbox manual, mobil H dikenal dengan bobot ringan.
Type Z merupakan contoh sedan bobot ringan dari H, dan saya merasa puas menggunakannya. Tenaganya meledak-ledak dan tidak rewel mobilnya, meskipun waktu itu sempat ganti ECU .
Sedikit harapan, semoga H memasukkan stick shift untuk varian civic, dan jangan bilang, kan sudah ada type R.
civic enthusiast
Saya sendiri penggemar dan pengguna merek H tegak, namun belakangan ini produk yang dihasilkan cenderung lebih mengikuti selera pasar dibanding idealisme H tegak, which is, IMHO totally fine. Banyak improvement yang dihasilkan, namun tidak sedikit pula mengurangi build quality brand itu sendiri.
Sebagai orang yang lebih banyak dibelakang kemudi, saya merasakan koneksi dengan kendaraan yang saya gunakan dari penggunaan stick shift itu sendiri, meskipun keadaan lalu lintas di ibu kota dsk belakangan ini cenderung tidak beradab bagi mobil dengan teknologi stick shift, namun saya masih mencoba bertahan.
Civic adalah salah satu sub brand H yang cukup lama mengakar di keluarga saya, mulai dari Excellent, Wonder, Grand, Genio, sempet ke City Z, FD1 2006, hingga sekarang FD1 2010 dan Jazz 2011. Kesemuanya manual. Dan saya merasakan ada kenikmatan tersendiri mengendarai mobil manual. Namun belakangan, H memutuskan hanya CVT utk civic terbarunya, yang menurut saya cukup unik, mengingat di luar, FK series ini masih mengadopsi manual, dan diapresiasi dengan baik pula.
H, dari beberapa artikel yang saya baca dikenal salah satu pembuat gearbox manual terbaik di dunia. Sayangnya disini kenikmatan tersebut terhenti hingga civic FB. Tadinya saya memiliki ekspektasi tinggi FK akan dibekali dengan manual, ternyata itu hanya ekspektasi belaka. Saya sendiri belum secara terus menerus mengemudikan mobil cvt, hanya membayangkan betapa blandnya berkendara dengan cvt untuk civic.
Lain halnya bila itu accord atau odyssey. Untung saja, beberapa line up H masih menggunakan manual, seperti Jazz, City, Brio, Hrv, Mobilio, Brv. Hrv masuk dalam pertimbangan saya, karena 6speed M/T, electronic parking brake, discbrake 4 roda. Tapi bobotnya yang menyerupai civic FD membuat saya sedikit berpikir, sementara cc beda dengan FD. Meskipun in real life driving condition hal ini tidak akan kentara, namun balik lagi, selain dikenal pembuat gearbox manual, mobil H dikenal dengan bobot ringan.
Type Z merupakan contoh sedan bobot ringan dari H, dan saya merasa puas menggunakannya. Tenaganya meledak-ledak dan tidak rewel mobilnya, meskipun waktu itu sempat ganti ECU .
Sedikit harapan, semoga H memasukkan stick shift untuk varian civic, dan jangan bilang, kan sudah ada type R.
civic enthusiast
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 150
- Joined: Sat Feb 24, 2018 9:31
Re: Conserving Stick Shift di Civic
Manual itu bikin kopi yang bijinya di giling sendiri, takar sendiri, seduh sendiri, minumnya menjadi semacam ritual. Matik itu beli kopi di coffe shop.
Tapi dalam beberapa moment butuh jg minum kopi bikinan orang lain.
Tapi dalam beberapa moment butuh jg minum kopi bikinan orang lain.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 213
- Joined: Wed Jan 25, 2017 1:30
- Location: Palembang
- Daily Vehicle: FD1 2011 FC 2017 GN2 2022
Re: Conserving Stick Shift di Civic
saya sebagai sesama pemakai civic FD manual, dan jazz GD manual juga sangat kecewa ternyata civic FK tidak dimasukkan versi manualnya.., padahal tadinya sudah berencana buat miara FK manual...tp sayang seribu sayang om Jonfis membuyarkan impian saya...
Jujur memang kondisi traffic saat ini tidak mudah bertahan bagi pengguna manual untuk tetap setia, tetapi transmisi manual H yg short shift ini mmg beda dibanding merk lain...selain itu saya jg bukan fans transmisi CVT H, pengalaman setahun bersama Jazz GK CVT membuat saya merasa menyetir terasa bland..and boring...
dan sampai sekarang masih mimpi mau meminang bekasnya FD2R....
Jujur memang kondisi traffic saat ini tidak mudah bertahan bagi pengguna manual untuk tetap setia, tetapi transmisi manual H yg short shift ini mmg beda dibanding merk lain...selain itu saya jg bukan fans transmisi CVT H, pengalaman setahun bersama Jazz GK CVT membuat saya merasa menyetir terasa bland..and boring...
dan sampai sekarang masih mimpi mau meminang bekasnya FD2R....
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 213
- Joined: Wed Jan 25, 2017 1:30
- Location: Palembang
- Daily Vehicle: FD1 2011 FC 2017 GN2 2022
Re: Conserving Stick Shift di Civic
btw sedikit ralat om, FK yg ane maksud FC...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1050
- Joined: Sun Aug 30, 2015 12:49
- Location: BSD (Bogor Sana Dikit)
- Daily Vehicle: Civic FD2
Re: Conserving Stick Shift di Civic
diluar masih ada FK7 Sport Touring 182ps 6MT padahal, liat video 0-100 nya asik bgt throttle responsenya.....
2009 Honda Civic FD2
2015 Honda CR-V 2.4l A/T
2015 Honda CR-V 2.4l A/T
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1050
- Joined: Sun Aug 30, 2015 12:49
- Location: BSD (Bogor Sana Dikit)
- Daily Vehicle: Civic FD2
Re: Conserving Stick Shift di Civic
impor FK7 manual sendiri aja....levofloxacine wrote: ↑Wed Sep 12, 2018 7:52 saya sebagai sesama pemakai civic FD manual, dan jazz GD manual juga sangat kecewa ternyata civic FK tidak dimasukkan versi manualnya.., padahal tadinya sudah berencana buat miara FK manual...tp sayang seribu sayang om Jonfis membuyarkan impian saya...
Jujur memang kondisi traffic saat ini tidak mudah bertahan bagi pengguna manual untuk tetap setia, tetapi transmisi manual H yg short shift ini mmg beda dibanding merk lain...selain itu saya jg bukan fans transmisi CVT H, pengalaman setahun bersama Jazz GK CVT membuat saya merasa menyetir terasa bland..and boring...
dan sampai sekarang masih mimpi mau meminang bekasnya FD2R....
ngomong2 FD2R..... saya yg pengguna FD2 juga ngiler mampus liatnya....
2009 Honda Civic FD2
2015 Honda CR-V 2.4l A/T
2015 Honda CR-V 2.4l A/T
-
- SM Specialist
- Posts: 15572
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Conserving Stick Shift di Civic
uhm sebagai sesama civic enthusiast... jujur sampe hari ini justru ga pernah pegang civic stickshift tp CVT di civic terbaru gak se-bland yang oom bayangkan... try it. Krn saya pake 3 generasi civic FD FB dan skrg FK, FD dan FB 5AT dan di FK jauh lebih baik.
Ya saya bisa paham sebagai enthusiast pun dan nyoba beberapa Honda manual pun memang masih yang paling enak ...
cm ya bagaimanapun kita kalo dari sisi "pedagang", sulit untuk tidak mengikuti selera market. Mobil itu barang yang mesti muternya cepet, kalo nggak laku mesti diobral berapapun harganya. Kadang ada yang begitu desperate sampe ditawar sadis konsumen juga dikasih karena pengen segera itu barang laku, klo nggak malah jadi liability krn mobil harganya selalu turun tiap taun...
So, no MT for turbo civics... ya agak mengecewakan... saya sendiri penasaran gimana rasanya krn review nya di luar negeri begitu positif. Mungkin gak masuk itung-itungan bisnisnya HPM kalo masukin Civic 1.5T MT... mungkin trend nya terus menurun dari FD dan FB, dan trend sekarang kan emang geser ke auto... avanza kijang aja yang laris auto... pdhl dulu jualan manual doank jg larisnya cem kacang goreng.
Ya memang untuk true enthusiast kata "kan ada type R" lebih relevan mungkin type R lebih masuk ke itung-itungan bisnis HPM...
Ngomong-ngomong brand yang jual "fun" seperti Mazda dan BMW juga nggak punya varian manual di produknya... Mazda2 dulu ada skrg dah dihapus, BMW dan MINI Cooper yang katanya gokart feel juga cuma ada auto. Memang si masih pada pake torcon cm kan context nya bahas transmisi manual...
ya poinnya tetep karena pergeseran trend aja jadi nggak masuk itung-itungan bisnis.
Ya saya bisa paham sebagai enthusiast pun dan nyoba beberapa Honda manual pun memang masih yang paling enak ...
cm ya bagaimanapun kita kalo dari sisi "pedagang", sulit untuk tidak mengikuti selera market. Mobil itu barang yang mesti muternya cepet, kalo nggak laku mesti diobral berapapun harganya. Kadang ada yang begitu desperate sampe ditawar sadis konsumen juga dikasih karena pengen segera itu barang laku, klo nggak malah jadi liability krn mobil harganya selalu turun tiap taun...
So, no MT for turbo civics... ya agak mengecewakan... saya sendiri penasaran gimana rasanya krn review nya di luar negeri begitu positif. Mungkin gak masuk itung-itungan bisnisnya HPM kalo masukin Civic 1.5T MT... mungkin trend nya terus menurun dari FD dan FB, dan trend sekarang kan emang geser ke auto... avanza kijang aja yang laris auto... pdhl dulu jualan manual doank jg larisnya cem kacang goreng.
Ya memang untuk true enthusiast kata "kan ada type R" lebih relevan mungkin type R lebih masuk ke itung-itungan bisnis HPM...
Ngomong-ngomong brand yang jual "fun" seperti Mazda dan BMW juga nggak punya varian manual di produknya... Mazda2 dulu ada skrg dah dihapus, BMW dan MINI Cooper yang katanya gokart feel juga cuma ada auto. Memang si masih pada pake torcon cm kan context nya bahas transmisi manual...
ya poinnya tetep karena pergeseran trend aja jadi nggak masuk itung-itungan bisnis.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1050
- Joined: Sun Aug 30, 2015 12:49
- Location: BSD (Bogor Sana Dikit)
- Daily Vehicle: Civic FD2
Re: Conserving Stick Shift di Civic
kemungkinan terbesar karena thailand gadapet MT, thailand aja gadapet apalagi kita, pitur thailand aja boro2 dapetChZ wrote: ↑Wed Sep 12, 2018 8:07 uhm sebagai sesama civic enthusiast... jujur sampe hari ini justru ga pernah pegang civic stickshift tp CVT di civic terbaru gak se-bland yang oom bayangkan... try it. Krn saya pake 3 generasi civic FD FB dan skrg FK, FD dan FB 5AT dan di FK jauh lebih baik.
Ya saya bisa paham sebagai enthusiast pun dan nyoba beberapa Honda manual pun memang masih yang paling enak ...
cm ya bagaimanapun kita kalo dari sisi "pedagang", sulit untuk tidak mengikuti selera market. Mobil itu barang yang mesti muternya cepet, kalo nggak laku mesti diobral berapapun harganya. Kadang ada yang begitu desperate sampe ditawar sadis konsumen juga dikasih karena pengen segera itu barang laku, klo nggak malah jadi liability krn mobil harganya selalu turun tiap taun...
So, no MT for turbo civics... ya agak mengecewakan... saya sendiri penasaran gimana rasanya krn review nya di luar negeri begitu positif. Mungkin gak masuk itung-itungan bisnisnya HPM kalo masukin Civic 1.5T MT... mungkin trend nya terus menurun dari FD dan FB, dan trend sekarang kan emang geser ke auto... avanza kijang aja yang laris auto... pdhl dulu jualan manual doank jg larisnya cem kacang goreng.
Ya memang untuk true enthusiast kata "kan ada type R" lebih relevan mungkin type R lebih masuk ke itung-itungan bisnis HPM...
2009 Honda Civic FD2
2015 Honda CR-V 2.4l A/T
2015 Honda CR-V 2.4l A/T
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5703
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Conserving Stick Shift di Civic
Tinggal siapin 500 jutaan ga perlu ngiler kok.fizrmen wrote: ↑Wed Sep 12, 2018 8:03impor FK7 manual sendiri aja....levofloxacine wrote: ↑Wed Sep 12, 2018 7:52 saya sebagai sesama pemakai civic FD manual, dan jazz GD manual juga sangat kecewa ternyata civic FK tidak dimasukkan versi manualnya.., padahal tadinya sudah berencana buat miara FK manual...tp sayang seribu sayang om Jonfis membuyarkan impian saya...
Jujur memang kondisi traffic saat ini tidak mudah bertahan bagi pengguna manual untuk tetap setia, tetapi transmisi manual H yg short shift ini mmg beda dibanding merk lain...selain itu saya jg bukan fans transmisi CVT H, pengalaman setahun bersama Jazz GK CVT membuat saya merasa menyetir terasa bland..and boring...
dan sampai sekarang masih mimpi mau meminang bekasnya FD2R....
ngomong2 FD2R..... saya yg pengguna FD2 juga ngiler mampus liatnya....
-
- SM Specialist
- Posts: 15572
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Conserving Stick Shift di Civic
ya sama sih skrg trendnya kan emang geser ke metik... mungkin di thai pasarnya jg metik.
CR-V kita yang CKD pun dapetnya metik semua skrg ga da MT padahal RM dulu ada MT.
negara yang masih demen manual sih india dan UK aja...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1050
- Joined: Sun Aug 30, 2015 12:49
- Location: BSD (Bogor Sana Dikit)
- Daily Vehicle: Civic FD2
Re: Conserving Stick Shift di Civic
Murica dah turun ya manual enthusiast?
2009 Honda Civic FD2
2015 Honda CR-V 2.4l A/T
2015 Honda CR-V 2.4l A/T
-
- SM Specialist
- Posts: 15572
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Conserving Stick Shift di Civic
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 213
- Joined: Wed Jan 25, 2017 1:30
- Location: Palembang
- Daily Vehicle: FD1 2011 FC 2017 GN2 2022
Re: Conserving Stick Shift di Civic
betul om mmg demand matic skrg sangat tinggi, kursus menyetir pun banyakan yg belajar matic...which is yang menurut saya buat apa dikursusin.. , niscaya beberapa taun ke depan makin bergeser, kelas compact pun ga ada manualnya lg...extinct..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1047
- Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
- Location: Makassar
Re: Conserving Stick Shift di Civic
Saya juga penggemar MT alias stick shift. Di keluarga ada City VTEC MT 2007 & BRV E MT 2016. Kalo dibandingin, jauuuh lebih enak pake MT yg City daripada yg BRV. Mungkin emang beda kelas kali ya...
Jadi kalo ada pernyataan H tegak makes the best MT cars, liat dulu mobilnya apa...
Jadi kalo ada pernyataan H tegak makes the best MT cars, liat dulu mobilnya apa...
-
- SM Specialist
- Posts: 15572
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Conserving Stick Shift di Civic
kebanyakan kursus metik cewe sih pelanggannya klo saya liat dan itu cukup wajar ... cewe kebanyakan ga terlalu butuh bisa pake 3 pedals krn jarang disuruh jadi supir. adik ane blajar nyetir dari 10 th yg lalu jg sampe skrg ga bisa pake manual.levofloxacine wrote: ↑Wed Sep 12, 2018 8:32
betul om mmg demand matic skrg sangat tinggi, kursus menyetir pun banyakan yg belajar matic...which is yang menurut saya buat apa dikursusin.. , niscaya beberapa taun ke depan makin bergeser, kelas compact pun ga ada manualnya lg...extinct..
klo laki, ya wajib bisa... kan lucu tar disetirin cewek yang bisa 3 pedals...
Klo ngomong extinct tinggal liat trend nya, mobil yang dikembangin buat pasar india biasanya akan tetep ada varian manual... indonesia sebenernya di masih banyak yang pake manual terutama taksi onlen. ya ke depan yang bakal ada manual cuma truk dan mobil kasta "murah" ...
Tapi klo mobil mewah jelas gak mungkin ada manual krn demand terlalu kecil... kecuali yang memang sportscar.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 407
- Joined: Thu Sep 29, 2016 11:10
- Location: Sleman
Re: Conserving Stick Shift di Civic
https://www.porsche.com/usa/models/911/ ... l-gearbox/ChZ wrote: ↑Wed Sep 12, 2018 8:47kebanyakan kursus metik cewe sih pelanggannya klo saya liat dan itu cukup wajar ... cewe kebanyakan ga terlalu butuh bisa pake 3 pedals krn jarang disuruh jadi supir. adik ane blajar nyetir dari 10 th yg lalu jg sampe skrg ga bisa pake manual.levofloxacine wrote: ↑Wed Sep 12, 2018 8:32
betul om mmg demand matic skrg sangat tinggi, kursus menyetir pun banyakan yg belajar matic...which is yang menurut saya buat apa dikursusin.. , niscaya beberapa taun ke depan makin bergeser, kelas compact pun ga ada manualnya lg...extinct..
klo laki, ya wajib bisa... kan lucu tar disetirin cewek yang bisa 3 pedals...
Klo ngomong extinct tinggal liat trend nya, mobil yang dikembangin buat pasar india biasanya akan tetep ada varian manual... indonesia sebenernya di masih banyak yang pake manual terutama taksi onlen. ya ke depan yang bakal ada manual cuma truk dan mobil kasta "murah" ...
Tapi klo mobil mewah jelas gak mungkin ada manual krn demand terlalu kecil... kecuali yang memang sportscar.
porsche to the rescue
Si ego certiorem faciam, mihi tu delendus eris
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 294
- Joined: Thu Nov 26, 2015 12:52
Re: Conserving Stick Shift di Civic
Setau ane, civic fc 1.5 biasa itu (yang tenaga 173hp) memang cvt semua. Kalo mau manual harus loncat ke civic Si atau type R sekalian. Civic Si pun kayaknya cuma ada di US makanya market lain ga kebagian yg manual. CMIIW
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 294
- Joined: Thu Nov 26, 2015 12:52
Re: Conserving Stick Shift di Civic
Yes, ane setuju kalo laki2 sebisa mungkin harus mahir manual. Ane anak tunggal dan bokap udah kena asam urat. Jadi kalo nyetir ya memang ganti2an ane sama bokap.ChZ wrote: ↑Wed Sep 12, 2018 8:47kebanyakan kursus metik cewe sih pelanggannya klo saya liat dan itu cukup wajar ... cewe kebanyakan ga terlalu butuh bisa pake 3 pedals krn jarang disuruh jadi supir. adik ane blajar nyetir dari 10 th yg lalu jg sampe skrg ga bisa pake manual.levofloxacine wrote: ↑Wed Sep 12, 2018 8:32
betul om mmg demand matic skrg sangat tinggi, kursus menyetir pun banyakan yg belajar matic...which is yang menurut saya buat apa dikursusin.. , niscaya beberapa taun ke depan makin bergeser, kelas compact pun ga ada manualnya lg...extinct..
klo laki, ya wajib bisa... kan lucu tar disetirin cewek yang bisa 3 pedals...
Klo ngomong extinct tinggal liat trend nya, mobil yang dikembangin buat pasar india biasanya akan tetep ada varian manual... indonesia sebenernya di masih banyak yang pake manual terutama taksi onlen. ya ke depan yang bakal ada manual cuma truk dan mobil kasta "murah" ...
Tapi klo mobil mewah jelas gak mungkin ada manual krn demand terlalu kecil... kecuali yang memang sportscar.
Tapi temen2 deket ane yg cewek rata2 masih bawa manual. Soalnya mobil mereka biasanya dikasih bekas ortunya.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 150
- Joined: Sat Feb 24, 2018 9:31
Re: Conserving Stick Shift di Civic
CMIIW. Kedepannya, trend retro bakal hadir dalam dunia mobil. Fashion sudah, musik sudah, architecture sudah, motor sudah, dll. Yang paling lambat adalah mobil, tapi belakangan bau2nya sudah dimulai oleh Porsche. Dan manual merupakan fitur wajib untuk retro.
Mobil2 pekerja yg dulu manual berganti matic, dan manual bakal tetap hadir di mobil2 yg dibuat khusus dan spesial.
Mobil2 pekerja yg dulu manual berganti matic, dan manual bakal tetap hadir di mobil2 yg dibuat khusus dan spesial.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 807
- Joined: Sun Oct 30, 2011 14:37
Re: Conserving Stick Shift di Civic
Ane jg penggemar stick shift. Nyambung dari cerita di salah satu trid kmrn, ternyata baru tau ada accord cp manual. Ada harapan lah buat punya mobil enak yg tahunnya ga tua banget tp transmisi manual. Ntar klo dah menetap pasti di indo ane mulai berburu tuh mobil, walaupun disni ya ada kembaran mobnasnya (proton perdana) gpp lah. Waktu ke london, puas jg nyobain ford mondeo n kia optima manual, harapannya nih accord rasanya bisa deket2 itu.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 433
- Joined: Thu May 04, 2017 14:22
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Innova
Re: Conserving Stick Shift di Civic
Sama2 manualhead nih, apalagi pake desel modern manual, jambakannya bikin nagih um, rasa2nya manual akan pasti ada terus di kelas suv/mpv lederprem, kl di sedan mah suramm
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 172
- Joined: Tue Nov 07, 2017 2:44
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: NCP93
Re: Conserving Stick Shift di Civic
izin nimbrung om kebetulan masa kecil sy jg bareng merk H tegak. dr jaman kecil bpk sy pny accord prestige lanjut ke grand civic lanjut lg ke cielo lanjut lg ke ferio 2000 & mentok di civic es 2001 manual. dia blg sedan2 H tegak ini fun to drive sekali. pas jaman sy kuliah sy beli kembali civic es 2003 vti mt ( facelift 1 ) & sy ngerasa fun to drive dgn civic betul spti apa yg bpk sy blg. cocok buat yg hobby nyetir manual. skrg keluarga sy pindah ke merk T & suatu saat pgen pny civic FD manual ( mbl impian bpk sy & sy sendiri ) krn modelnya timeless
F653RM , F710 , NHP170 , NCP93
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 88
- Joined: Sat Dec 05, 2015 9:25
Re: Conserving Stick Shift di Civic
Takut EGT nya terbang mereen kalo cibo Crbo kasih MT..... hanya sebatas tebalan ane yaah om om
-
- SM Specialist
- Posts: 15572
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Conserving Stick Shift di Civic
Yup porsche salah satu yang masih conserving stickshift di lini nya... walaupun tetep fokus di pengembangan PDK karena pernah ada statement kalo dia ngembangin PDK supaya driver bisa lebih fokus ke kontrol steering.dizco wrote: ↑Wed Sep 12, 2018 8:54
https://www.porsche.com/usa/models/911/ ... l-gearbox/
porsche to the rescue
Jujur sih lebih gak sulit untuk pabrikan supercar seperti Porsche untuk memperhatikan enthusiast karena marketnya dia ya pasti enthusiast. Jarang ada orang mau beli Porsche 911 karena mau gaya, buat gaya dah kalah sama banteng dan kuda...
Ferrari dan Lambo sudah go AMT dan no manual opt... krn ya tau lah orang beli si kuda jingkrak atau si banteng nyeruduk mayoritas cm buat bergaya.
Gak kebayang klo Lambo MT, itu princess syahrini kakinya udah patah kali ya... stock power 700PS koplingnya gak kebayang beratnya... yang 300hp aja ngeri.
FC/FK 1.5T di UK yang notabene negara masih demen 3 pedals, ada versi MT nya. Tenaga lebih besar yang CVT 173PS yang MT 182PS.fikrirukmanaa wrote: ↑Wed Sep 12, 2018 8:56 Setau ane, civic fc 1.5 biasa itu (yang tenaga 173hp) memang cvt semua. Kalo mau manual harus loncat ke civic Si atau type R sekalian. Civic Si pun kayaknya cuma ada di US makanya market lain ga kebagian yg manual. CMIIW
Di forum Civic internasional juga pada bilang klo demen tune, mesin 1.5T nya bisa lebih maksimal di versi MT ga kehalang girbok. CVT nya terbatas di limit 300Nm klo mau tune.
Ortu ane kebalik sudah dari awal 2000an meninggalkan manual...fikrirukmanaa wrote: ↑Wed Sep 12, 2018 9:01
Yes, ane setuju kalo laki2 sebisa mungkin harus mahir manual. Ane anak tunggal dan bokap udah kena asam urat. Jadi kalo nyetir ya memang ganti2an ane sama bokap.
Tapi temen2 deket ane yg cewek rata2 masih bawa manual. Soalnya mobil mereka biasanya dikasih bekas ortunya.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 54
- Joined: Fri Nov 21, 2014 2:35
Re: Conserving Stick Shift di Civic
Ralat diterima om,terima kasih,salam kenal sesama pengguna manuallevofloxacine wrote:btw sedikit ralat om, FK yg ane maksud FC...