Saya sendiri penggemar dan pengguna merek H tegak, namun belakangan ini produk yang dihasilkan cenderung lebih mengikuti selera pasar dibanding idealisme H tegak, which is, IMHO totally fine. Banyak improvement yang dihasilkan, namun tidak sedikit pula mengurangi build quality brand itu sendiri.
Sebagai orang yang lebih banyak dibelakang kemudi, saya merasakan koneksi dengan kendaraan yang saya gunakan dari penggunaan stick shift itu sendiri, meskipun keadaan lalu lintas di ibu kota dsk belakangan ini cenderung tidak beradab bagi mobil dengan teknologi stick shift, namun saya masih mencoba bertahan.
Civic adalah salah satu sub brand H yang cukup lama mengakar di keluarga saya, mulai dari Excellent, Wonder, Grand, Genio, sempet ke City Z, FD1 2006, hingga sekarang FD1 2010 dan Jazz 2011. Kesemuanya manual. Dan saya merasakan ada kenikmatan tersendiri mengendarai mobil manual. Namun belakangan, H memutuskan hanya CVT utk civic terbarunya, yang menurut saya cukup unik, mengingat di luar, FK series ini masih mengadopsi manual, dan diapresiasi dengan baik pula.
H, dari beberapa artikel yang saya baca dikenal salah satu pembuat gearbox manual terbaik di dunia. Sayangnya disini kenikmatan tersebut terhenti hingga civic FB. Tadinya saya memiliki ekspektasi tinggi FK akan dibekali dengan manual, ternyata itu hanya ekspektasi belaka. Saya sendiri belum secara terus menerus mengemudikan mobil cvt, hanya membayangkan betapa blandnya berkendara dengan cvt untuk civic.
Lain halnya bila itu accord atau odyssey. Untung saja, beberapa line up H masih menggunakan manual, seperti Jazz, City, Brio, Hrv, Mobilio, Brv. Hrv masuk dalam pertimbangan saya, karena 6speed M/T, electronic parking brake, discbrake 4 roda. Tapi bobotnya yang menyerupai civic FD membuat saya sedikit berpikir, sementara cc beda dengan FD. Meskipun in real life driving condition hal ini tidak akan kentara, namun balik lagi, selain dikenal pembuat gearbox manual, mobil H dikenal dengan bobot ringan.
Type Z merupakan contoh sedan bobot ringan dari H, dan saya merasa puas menggunakannya. Tenaganya meledak-ledak dan tidak rewel mobilnya, meskipun waktu itu sempat ganti ECU

Sedikit harapan, semoga H memasukkan stick shift untuk varian civic, dan jangan bilang, kan sudah ada type R.
civic enthusiast