Service Rutin: By Term or By KM?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

PakBendot
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 46
Joined: Fri Apr 07, 2017 8:45
Location: semarang
Daily Vehicle: hrv

Service Rutin: By Term or By KM?

Post by PakBendot »

Setelah jadi SR selama berabad2, akhirnya memberaniken diri launch trit pertama. Mohon bantuan suhu2 dan masta semua.

Untuk serpis rutin, sebaiknya kita ngikutin KM or bulan pemakaian ya? Soalnya mobil jarang ane siksa pake smp jarak jauh sih. Jadi misal untuk mencapai 10rb km bisa setaunan. Ane pake ANKI dijel.

Apalagi HRV bini punya tuh... Perasaan gak nambah2 KM nya. Paling buat anter anak sekolah, belanja gitu2 dah. Malah kadang rindu pom jugak...

Misal gak serpis by term, apakah menghilangkan garansi atau ada efek ke mesin dll?

Tks
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5952
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Service Rutin: By Term or By KM?

Post by sintoni »

Kalo ane sih om, dulu pas punya mobil pajangan doang.

Pake oli standard2 aja, tapi ganti 1 tahun sekali.Biar cuma jalan ga sampai 1000km per tahun. Tetap 1 tahun sekali, tapi pakai oli ga osa mahal2 bair ga terlalu berat.

Kalo garansi kan dia selain diliat dari odometer, jg diliat dari tahun.

Jadi contoh kayak gini: 50rb atau 4 tahun pertama. Jadi mana yang tercapai duluan.

Ane rasa garansi mobil om Bendot aman2 aja sih, biar servis sering telat, tapi menuru ane yang penting harus servis di BeRes om.

CMIIW.
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Service Rutin: By Term or By KM?

Post by evanbngdor »

PakBendot wrote: Fri Aug 31, 2018 0:54 Setelah jadi SR selama berabad2, akhirnya memberaniken diri launch trit pertama. Mohon bantuan suhu2 dan masta semua.

Untuk serpis rutin, sebaiknya kita ngikutin KM or bulan pemakaian ya? Soalnya mobil jarang ane siksa pake smp jarak jauh sih. Jadi misal untuk mencapai 10rb km bisa setaunan. Ane pake ANKI dijel.

Apalagi HRV bini punya tuh... Perasaan gak nambah2 KM nya. Paling buat anter anak sekolah, belanja gitu2 dah. Malah kadang rindu pom jugak...

Misal gak serpis by term, apakah menghilangkan garansi atau ada efek ke mesin dll?

Tks
Ikuti panduan buku manual aja. Disitu pasti sudah tertera untuk interval servis tiap 10rb km atau 6 bulan, mana yang tercapai lebih dahulu.

Kalau oli full syn sih masih oke lah sampe 12 bulan di dalem mesin, tp kalau si om ngga ikutin panduan servis berkala, hati2 takutnya bengkel resmi mempermasalahkan garansi nya.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
liep
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1670
Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01

Re: Service Rutin: By Term or By KM?

Post by liep »

idem om, prit dbawa istri dr mei2014 sd skrg km cuma 18rb klo ga salah, cuma buat anjem, dulu ganti olie tiap 3/4bln pake gold, skrg tiap 6/7bln br ganti, mnurut saya sih meskipun km blm mencapai tp namanya barang pasti ada umur efektifnya, lagi jg bosan nunggu 1th ato 5rb km baru dganti--skalian cangkruk di bengkel hehehe. filter udara knn tiap 2bln sy cuci pdhal km jg msh brp ratus---tp timbang nganggur ga ad kerjaan ya dkerjai aj

dilema mbl km dikit tp umur nambah terus, yg sy rasakan adl bosan--mau djual sayang krn km dikit, ga dijual jg kok pake ini terus hehe, tp mbl matic seukuran prit/hrvjazz emang cocok buat anjem anak oleh emak2 krn halauan stirnya ga sulit klo lwt jln2 sempit
qushay20019
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1107
Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
Location: Makassar

Re: Service Rutin: By Term or By KM?

Post by qushay20019 »

ane juga mirip sama om TS. Mobil istri cuma dipake 7rb km 1 tahun, padahal asumsi standar pabrik 20ribu. Rekomendasi pabrik ganti oli mesin per 10rb km ato per 6 bulan. Ane gak ikut dua-duanya krn ane pilih jalan tengah: ganti oli mesin per 9-12 bulan aja, tergantung kualitas olinya. Kalo pas lagi banyak duit, ya pake full synth yg TBN (total base number) nya tinggi supaya bisa ganti per 12 bulan. Kalo pas lagi kere ya yg semi synth aja..., ganti per 9 bulanan..
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2899
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Service Rutin: By Term or By KM?

Post by martinnn »

ogut sih 10 ribu km or 10 bulan max... mana yang lebih dulu aja
:big_biglaugh:
casabalancas
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 601
Joined: Mon Oct 02, 2017 10:20
Location: Jakarta

Re: Service Rutin: By Term or By KM?

Post by casabalancas »

Kalau saya gak pernah ikutin buku manual 10.000km/6 bulan Om, karena biasanya dalam 8-10 bulan mobil tembus 10.000km, jadi tiap ganti oli pas 10.000 KM saja, walaupun anjurannya sudah lewat 2-4 bulan, toh juga rute yang sering saya lewati jarang rute macet
teppey
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 536
Joined: Fri Feb 07, 2014 9:46

Re: Service Rutin: By Term or By KM?

Post by teppey »

buat garage queen saya tetap ganti oli setiap 6 bulan, pernah pakai oli RedLine dan Amsoil 9 bulan dan tes oli di Petrolab hasilnya kurang bagus. Amsoil itu berani garansi 12 bulan loh kalo di US, tapi balik lagi keadaan tiap mobil dan climate berbeda. Saran saya sih jangan terlalu terima pendapat atau kebiasaan orang yang tidak didukung oleh data. Kalo emang sayang mobil lebih baik pastikan sendiri dengan oil analysis, bisa di Petrolab Rawamangun yang saya tahu.
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Service Rutin: By Term or By KM?

Post by Herman7103 »

Kalau saya untuk SAE olinya saja ikuti manual book dan biasanya tiap 6 atau max 7 bulan ganti olinya walau dari awal selalu pake oli full syn sampai sekarang. So far quite good buat mesin mobilnya. [emoji3]
:glodak:
HR15DE 2014
User avatar
paidjho
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1210
Joined: Tue Jan 05, 2016 0:58
Location: Jakarta

Re: Service Rutin: By Term or By KM?

Post by paidjho »

PakBendot wrote:Setelah jadi SR selama berabad2, akhirnya memberaniken diri launch trit pertama. Mohon bantuan suhu2 dan masta semua.

Untuk serpis rutin, sebaiknya kita ngikutin KM or bulan pemakaian ya? Soalnya mobil jarang ane siksa pake smp jarak jauh sih. Jadi misal untuk mencapai 10rb km bisa setaunan. Ane pake ANKI dijel.

Apalagi HRV bini punya tuh... Perasaan gak nambah2 KM nya. Paling buat anter anak sekolah, belanja gitu2 dah. Malah kadang rindu pom jugak...

Misal gak serpis by term, apakah menghilangkan garansi atau ada efek ke mesin dll?

Tks
oli synthetic
Dijel: 300 jam or 10,000 km,
Bengsin: 1 tahun or 10k km (krn gak ada hour meter & setahun cuman 5k km)

Kqlau baru, mending ikutin yg 6 bulanan biar aman garansi
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3450
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Service Rutin: By Term or By KM?

Post by maastricht889 »

Saya jg lagi trial buat mbl saya om. Setahun terakhir mobil saya jadi garage queen, setahun terakhir jalan hampir 4000km. Terakhir servis berkala desember kemarin, rencana desember ini mau servis berkala sekalian kuras ATF+ganti filter atf nya
User avatar
michaelgiri93
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1059
Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
Daily Vehicle: Galant + Mx King

Re: Service Rutin: By Term or By KM?

Post by michaelgiri93 »

Tergantung seberapa sering dipakai om, mana yang lebih dulu tercapai itu yang dijadikan patokan.
Soal jarak wkatu atau km ngikut rekomendasi pabrikan tapi dipendekkin dikit waktunya, misalnya oli ganti tiap 10k km di ganti tiap 7-8k km.
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
aabx
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 301
Joined: Mon Nov 09, 2009 9:03
Location: Batavia

Re: Service Rutin: By Term or By KM?

Post by aabx »

Kalo masih masa garansi ane rasa ikutin aja jadwal 6 bulanan.

Kalo di rumah saya mobil udah gak ada yang masih garansi dan low km, bengkel udah gak di BeRes, pola yang saya pake:
Oli mesin 6 bulan
Minyak rem dan bersihin rem 1 tahun, biasanya barengin oli kedua + tuneup
ATF/oli manual, oli PS, carbon clean 2 tahun
Coolant belom ketemu pola yang pasti, biasanya sih ngikut pola 2 taunan karena udah terlanjur keluar uang agak banyakan hehe
Servis AC 1-2 tahun
Cek angin ban 2 minggu (mobil diem gampang turun anginnya di beberapa merek ban)
Rotasi ban tetep per 5000km
PakBendot
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 46
Joined: Fri Apr 07, 2017 8:45
Location: semarang
Daily Vehicle: hrv

Re: Service Rutin: By Term or By KM?

Post by PakBendot »

Makasih oom2 suhu atas advice nya....

Memang paling bagus by term ya kalo low milage...aman garasi....cumak lagi pengen bandel nih hehe :big_slap: :big_slap:

Dengan 2 opsi serpis: 10rb km vs 6 bulan, logika sotoy ane adalah....mobil boleh dan aman di-abuse smp 10rb km zonder serpis :big_smoking: Tapi kenapa harus dibatesin cm dlm waktu 6 bulan ya? apakah oli/part nya mmg umur pakenya segitu? Sampe nonik2 beres rajin telp ngingetin lowh...perhatian banget :big_love: :big_love:

Kondisi spt ini berlaku universal or cumak di Indo yah?
silentIm2
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 794
Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47

Re: Service Rutin: By Term or By KM?

Post by silentIm2 »

kalo mau ribet, yang paling bagus itu engine hour, berapa jam mesin dipakai.

Kalo saya mobil jarang dipakai ya biarin aja, based on km aja sih ane. Wong oli ga ada kadaluarsa kok. Jadi sayang aja buang2 diuit 1 jutaan, mending pake buat traktir kluarga.
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
supriyadi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: Tue Apr 07, 2015 12:25
Location: Perawang, Riau
Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z

Re: Service Rutin: By Term or By KM?

Post by supriyadi »

Kalo saya disaranin sama SAnya ganti oli yang normal aja ganti per 6 bulan service per 1 tahun. Garansi nggak void
Koddy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 729
Joined: Thu Jan 21, 2016 11:01
Location: Semarang

Re: Service Rutin: By Term or By KM?

Post by Koddy »

Bengkel butuh duit, maka ditulis 10rb km atau 6 bulan....
Coba perhatikan mobil² zaman dulu, yang servisnya masih per 5rb km.
Disana juga ditulis 5rb km atau 6 bulan.
Pertanyaan mendasar nya, kenapa sekarang jadi 10rb km atau 6 bulan, dan bukan 10rb km atau 12 bulan? [emoji3]
ABEDUL
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 226
Joined: Sat Oct 15, 2016 22:21

Re: Service Rutin: By Term or By KM?

Post by ABEDUL »

Kalau mobil baru ya sy ikuti by term yg ada,

Setelah beberapa tahun, sy ikuti feeling ... kalau mobil perlu di tune up dan tentunya ada rezeki untuk tune up. Mungkin sedikit agak nyeleneh
adriangaut
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 516
Joined: Sat Feb 04, 2017 1:38
Location: Jakarta - Bandung
Daily Vehicle: 1988 300E MT

Re: Service Rutin: By Term or By KM?

Post by adriangaut »

Saya kalau mobil sering dipakai, ikut kilometer, rata” setahun 20rb km sih, servis ganti oli dkk ikut jadwal dari shop and drive aja, 8000km

Kalau mobil jarang dipakai, ikut waktu aja, kalau oli sintetik 1th, kalau oli semi sintetik 6bln

Kalau kaki” 1th sekali check up, rata” 2th sih baru pada berasa glodakan

Ganti ban lihat twi dan tanggal manufaktur ban, kalau sdh 5 tahun ganti, udah gak enak jadi berisik banget karetnya, habis ganti ban senyap lagi deh

Servis ac sekitar 1-1.5th sekali check up