Tanya Range Rover L322 2002-2006

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

atmadeva
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Thu Dec 28, 2017 5:50

Tanya Range Rover L322 2002-2006

Post by atmadeva »

Saya naksir mobil ini karena dulu pernah liat David Bekcham naik mobil ini. Jeremy Clarkson juga. Dan ini British punya, jadi kesan gagah dan ningratnya mobil ini kerasa banget. Apalagi kalo warnanya hitam mulus gitu.

Nah, iseng cek di situs online, harga sekennya udah sekitar 300-400. Let's say, kita ambil mobil budget 300, lalu spare budget 100 untuk reparasi dsb., total cost 400 saja. Udah dapat mobil yang harga barunya naudzubillah. Daripada beli Jejepangan, 400 paling baru dapet Land Cruiser 100an atau sekelasnya. Emang lebih durable/reliable, tapi prestisenya tentu lebih tinggi Rover kan? Lalu cek Google, mesinnya katanya buatan BMW, jadi mustinya service dan maintenance masih oke lah ya?

Jadi, saya mohon saran dan masukannya dari teman-teman sekalian yang pernah pakai/miara mobil ini. Gimana ya plus minusnya mobil ini? Apa saja yang jadi masalah dan perlu diperhatikan waktu mau meminang mobil ini? Berapa pajak dan balik namanya? Lalu, kalau ada alternatif di range harga serupa, kira-kira apa ya?

Makasih banyak sebelumnya.
User avatar
pradit_d
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 820
Joined: Sun Oct 30, 2011 14:37

Re: Tanya Range Rover L322 2002-2006

Post by pradit_d »

Kurang tau lebih lanjut, tp tmn ane di london bilang ini mobil lemon. Waktu ane sempat tinggal disana 2015 lalu aja harga bekas buat tahun 2002-2004 udah dibawah 10k pound malah kadang dibawah 8k pound
:big_peace:
farizfsa
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3058
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760

Re: Tanya Range Rover L322 2002-2006

Post by farizfsa »

Sy jg penasaran bgt, 250 bisa dapet tahun 2002/2003 yg udh di fl 2009

Tp khas british car, parts inden dan muahal
SPH
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 118
Joined: Sun Apr 02, 2017 8:35
Location: Bandung

Re: Tanya Range Rover L322 2002-2006

Post by SPH »

atmadeva wrote: Sun Aug 26, 2018 11:47 Saya naksir mobil ini karena dulu pernah liat David Bekcham naik mobil ini. Jeremy Clarkson juga. Dan ini British punya, jadi kesan gagah dan ningratnya mobil ini kerasa banget. Apalagi kalo warnanya hitam mulus gitu.

Nah, iseng cek di situs online, harga sekennya udah sekitar 300-400. Let's say, kita ambil mobil budget 300, lalu spare budget 100 untuk reparasi dsb., total cost 400 saja. Udah dapat mobil yang harga barunya naudzubillah. Daripada beli Jejepangan, 400 paling baru dapet Land Cruiser 100an atau sekelasnya. Emang lebih durable/reliable, tapi prestisenya tentu lebih tinggi Rover kan? Lalu cek Google, mesinnya katanya buatan BMW, jadi mustinya service dan maintenance masih oke lah ya?

Jadi, saya mohon saran dan masukannya dari teman-teman sekalian yang pernah pakai/miara mobil ini. Gimana ya plus minusnya mobil ini? Apa saja yang jadi masalah dan perlu diperhatikan waktu mau meminang mobil ini? Berapa pajak dan balik namanya? Lalu, kalau ada alternatif di range harga serupa, kira-kira apa ya?

Makasih banyak sebelumnya.
Pengalaman saudara sih, mahal om. Ngebenerin apalagi kalau airsusnya kena bisa habis ratusan juta, bisa sih diakalin ganti balon doang sepertinya. Elektrikalnya mimpi buruk yang pasti, dan baca di autobild harga businya 125 ribu, karena v8 ya kali aja 8. Yang terakhir udah gak aneh kalau full tank habis lebih dari 1 juta sekali isi dan maksimal bertahan 1 minggu kalau dipakai macet2an. Kalau nyaman sih yah pol katanya. Btw entah bener entah enggak, pas lampunya sebelah agak redup kalau ganti utuh sekitar 40 juta. Gak tahu bener apa enggak.
lamatlancah
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 681
Joined: Wed Sep 14, 2016 11:20

Re: Tanya Range Rover L322 2002-2006

Post by lamatlancah »

doge
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 795
Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54

Re: Tanya Range Rover L322 2002-2006

Post by doge »

Gugel:

Doug DeMuro range rover
:ngacir:
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
Location: jkt

Re: Tanya Range Rover L322 2002-2006

Post by jivos »

Ngga pernah punya, klo sekedar tidur gonta/i unit d seat RR mayan sering. RR ngejugruk hitangan bulanan d bengkel langganan, biasa sembari nunggu mbl ane kelar d service.

Sensor electrical, suspensi, sparepart cost,dll.
long trip luar kota...mungkin hrs siap" klo mbl hrs nepi/d tinggal d jln sembari nunggu towing/atopun mekaniknya datang.

Utk comfort ..RR unggul vs LC (itu klo RR nya lg tdk nginep d bengkel), orientasi dibuatnya k2 mbl tsb beda, any LC badge dr pabarikan di sana setelannya dah "abuseable ready". Sementara RR ngejar k luxury feeling. Utk prestige..imo klo comp nya k LC200 berimbang.
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
User avatar
pendoli
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1316
Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51

Re: Tanya Range Rover L322 2002-2006

Post by pendoli »

X5 generasi yang sama mungkin lebih enak ngerawatnya ya...
Liat video n artikel range rover nya demuro selalu bikin ketawa miris heuheuheu
Smileage lebih penting dari mileage :mky_08:
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4384
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Tanya Range Rover L322 2002-2006

Post by ginting »

atmadeva wrote:Saya naksir mobil ini karena dulu pernah liat David Bekcham naik mobil ini. Jeremy Clarkson juga. Dan ini British punya, jadi kesan gagah dan ningratnya mobil ini kerasa banget. Apalagi kalo warnanya hitam mulus gitu.

Nah, iseng cek di situs online, harga sekennya udah sekitar 300-400. Let's say, kita ambil mobil budget 300, lalu spare budget 100 untuk reparasi dsb., total cost 400 saja. Udah dapat mobil yang harga barunya naudzubillah. Daripada beli Jejepangan, 400 paling baru dapet Land Cruiser 100an atau sekelasnya. Emang lebih durable/reliable, tapi prestisenya tentu lebih tinggi Rover kan? Lalu cek Google, mesinnya katanya buatan BMW, jadi mustinya service dan maintenance masih oke lah ya?

Jadi, saya mohon saran dan masukannya dari teman-teman sekalian yang pernah pakai/miara mobil ini. Gimana ya plus minusnya mobil ini? Apa saja yang jadi masalah dan perlu diperhatikan waktu mau meminang mobil ini? Berapa pajak dan balik namanya? Lalu, kalau ada alternatif di range harga serupa, kira-kira apa ya?

Makasih banyak sebelumnya.
Kalo gak salah oom NR pernah bilang bahwa ada type mobil bekas yg kalo dibeli akan sukses membuat pemiliknya jd dhuafa.

kalo duit masih berseri, mending jangan oom.

beli yg baru aja, atau merk mainstream

User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5952
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Tanya Range Rover L322 2002-2006

Post by sintoni »

100 juta sih kalo buat restorasi rasanya kok masih belum aman ya. Hehehehe.
ibrahimlubis
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 90
Joined: Mon Jan 31, 2011 4:05

Re: Tanya Range Rover L322 2002-2006

Post by ibrahimlubis »

kalau spare nya cuma 100jt sih, mending jangan deh.. ambil ini mobil harus siap segalanya, uang, mental, capenya.. inden parts nya kalau jaman java motor dulu suka lama, gak tau atpm sekarang.. mending inden barang sendiri online.. siap2 mobil bisa sebulan lebih cuma untuk nunggu parts..

airsus nya mahal, elektrikal, mesin.. beberapa elektrikal dan mesin masih ada mirip2nya sama bmw, saya pernah punya montir bmw yang bisa tangani ini mobil..

plusnya ini mobil terasa mewahnya, nyaman, harga 2nd murah, engine powerful..

kalau belum siap / belum mau ngerasain capenya ngurus mobil, ambil yang pasti2 aja..
User avatar
pradit_d
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 820
Joined: Sun Oct 30, 2011 14:37

Re: Tanya Range Rover L322 2002-2006

Post by pradit_d »

Alternatif menarik di harga serupa: pajero ori (bukan sport) bisa dpt yg 2009-2013. Standarnya udah pake audio rockford fosgate
:big_peace:
tulalit
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 195
Joined: Wed Feb 26, 2014 4:32

Re: Tanya Range Rover L322 2002-2006

Post by tulalit »

temen ada yang piara Rangerover overfinch , tahun 2005
boros udah pasti, tp nyaman dan gagah. lalu ada bengkel specialis range rover di jakarta , enaknya lagi bisa di facelift ke model yang lebih muda.
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Tanya Range Rover L322 2002-2006

Post by Nightster Guy »

Kita logikakan aja secara sederhana. Tentu ada alasan kusus hingga pasar sekenan menghargai RRover lawas segitu rendahnya. Depresiasi jauh dr harga beli.

100 jt ngga ada apa2nya buat repair L322 busuk.

Kl udah biasa main inggrisan no problem. Kl lompat dr jepangan lalu piara RR sekenan, siap2 tumbang
Das Beste oder nichts.
flamboyan
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 235
Joined: Tue Nov 18, 2014 1:58

Re: Tanya Range Rover L322 2002-2006

Post by flamboyan »

Duduk cakep sambil dengerin pengalaman para suhu

Coba kesampingkan borosnya BBM, emang yang riskan electrical ya? Mechanical gpp? Kl dipake harian katanya aman, benarkah? Bagaimana dg Disco n Freelander?
User avatar
pendoli
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1316
Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51

Re: Tanya Range Rover L322 2002-2006

Post by pendoli »

Doug’s 2006 Land Rover Range Rover L322 is an unfortunate chimera of disinterested British manufacturing, absentee German design, and janitorial American management (although to be fair, Ford eventually did an incredibly good job of cleaning things up). I can only imagine how confused Doug Demuro’s vehicle was on the inside, questioning its existence, unsure where it was or what it was. It’s no wonder nothing worked, nor was his experience at all unique. Nothing inside the ’06 L322 was really made to fit together well.
http://20k.com/doug-demuro-rover-reliability/

gile sadis bener ya review L322 hehehe
kayanya semua produk rover era itu mayan rusuh ya, baru membaik sejak range rover sport dan selanjutnya...
Smileage lebih penting dari mileage :mky_08:
vp920b
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Tue Aug 20, 2013 8:41

Re: Tanya Range Rover L322 2002-2006

Post by vp920b »

100juta itu biaya benerin yang minim menurut saya.

Dulu saya pakai yang Vouge 3L 6 cylinder diesel 2006.

Benerin airsus itu untuk balonnya uda 32 juta pas jaman 2013-14. Terus saya ganti lagi engine mounting sekitar 5 juta. Tambah velg dan ban karena botak saya ganti yang 20 inch sekitar 15 juta itupun ban lokal. Service normalnya per 7000KM sekitar 2 jutaan lah. Sepatu rem sekitar 2-3jutaan depan. Electrical saya ga ada masalah smua ok. Minyak rem standard, transmisi standard. Coolant pakai BMW punya 100rb per L kalau ga salah.

Untuk yang V8 4.4 tahun 2002-2006 menurut technical advisor dari UK pas saya ketemu di showroom baru landrover sunter pas dulu masih buka, dia bilang lebih baik go away karena internal engine bisa corrossion.

So cari yang unit mudaan utk mempermudah perbaikan, kalau bisa yang facelift tahun 2006 keatas, sudah banyak improvement

Thanks
syafimsa
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 294
Joined: Sat May 02, 2015 18:58

Re: Tanya Range Rover L322 2002-2006

Post by syafimsa »

kalo budget segitu sih malah kepikiran x5 deh yg suv, 400 uda dapet yg e70 taun 2010.. kayanya lebih reliable dibanding miara british car, gagahnya juga dapet.. gapunya pengalaman samsek miara mobil jerman apalg british car cuma ya denger2 emang mobil british tu ya lebih susah dan mahal ngrawatnya dibanding german car..

mungkin kalo sedan ga masalah ambil s class aja, s300 taun 2009 udah dapet dengan budget segitu. ga kalah kesan ningratnya menurut saya hehe
[2AR-FE] [L15B7] [2ZR-FE] [R18Z1] [L15A7]
User avatar
pendoli
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1316
Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51

Re: Tanya Range Rover L322 2002-2006

Post by pendoli »

vp920b wrote: Mon Aug 27, 2018 6:11
Untuk yang V8 4.4 tahun 2002-2006 menurut technical advisor dari UK pas saya ketemu di showroom baru landrover sunter pas dulu masih buka, dia bilang lebih baik go away karena internal engine bisa corrossion.
versi BMW nya juga dong om?
Smileage lebih penting dari mileage :mky_08:
flamboyan
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 235
Joined: Tue Nov 18, 2014 1:58

Re: Tanya Range Rover L322 2002-2006

Post by flamboyan »

SM ini khan opened forum dan menjadi rujukan utama review mobil versi pengguna. Jadi, coba lah dengarkan voice dari user atau ex karena saya yakin yang post sebenernya ingin pengalaman jujur baik cons maupun pros LR Vogue

Coba lihat di jalan, presence Vogue beda banget loh bila disandingkan dg X5, ML series, atau pun XC90

Lebih baik, disarankan nambah budget aja misal 300jt buat perbaikan ini dan itu apa aja seperti uraian pengalaman om NR waktu punya Rolls. Dan siapa tahu yang nanya dhuwitnya banyak tapi gak mau terdepresiasi
-el_capitan-
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 192
Joined: Sat May 25, 2013 0:49

Re: Tanya Range Rover L322 2002-2006

Post by -el_capitan- »

Mengerikan jg ternyata klo dibaca2 lebih jauh. Klo bisa opsi diluar itu coba benz gl-class x164. Rasanya dengan budget yg disebutin masih bisa dpt tahun 2008-2010...
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4384
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Tanya Range Rover L322 2002-2006

Post by ginting »

Nightster Guy wrote:Kita logikakan aja secara sederhana. Tentu ada alasan kusus hingga pasar sekenan menghargai RRover lawas segitu rendahnya. Depresiasi jauh dr harga beli.

100 jt ngga ada apa2nya buat repair L322 busuk.

Kl udah biasa main inggrisan no problem. Kl lompat dr jepangan lalu piara RR sekenan, siap2 tumbang
Welcome back, oom NG..

senang bisa denger suaranya..

piyik piyik yg dulu suka dirazia malam malam..skrg sdh pd gede gede, oom

farizfsa
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3058
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760

Re: Tanya Range Rover L322 2002-2006

Post by farizfsa »

Nightster Guy wrote: Mon Aug 27, 2018 4:12 Kita logikakan aja secara sederhana. Tentu ada alasan kusus hingga pasar sekenan menghargai RRover lawas segitu rendahnya. Depresiasi jauh dr harga beli.

100 jt ngga ada apa2nya buat repair L322 busuk.

Kl udah biasa main inggrisan no problem. Kl lompat dr jepangan lalu piara RR sekenan, siap2 tumbang
yes bener, kalo udah pernah icip inggrisan no problem, kalo harga perawatan 2-3x lipat ngurus german no problem, baru lah sikat mbl inggris.
gaspol
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 439
Joined: Sun Nov 25, 2012 16:19

Re: Tanya Range Rover L322 2002-2006

Post by gaspol »

Kalo sudah siap dengan segala biaya2 perbaikannya sih silahkan saja om..mobil ningrat perawatannya juga kelas ningrat.
Saya yang hanya piara evoque 2015 saja hanya sekedar servis berkala saja harus siapkan 5-6juta, beberapa parts juga harganya juga nyelekit.
Apalagi L322 yang punya engine jauh lebih besar, dan segala perangkat elektronik yg lebih banyak dari evoque :emo-big_love: yang saya dengar dari SA JLR pondok indah sih banyak yang kena di airsus nya ya..dan electrical fault. Untuk ganti airsus saja sudah dapat LCGC gres :big_exellent:
User avatar
MAB
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 271
Joined: Thu Feb 17, 2011 14:10
Location: Far Southwest from Jakarta
Daily Vehicle: LR Stage One

Re: Tanya Range Rover L322 2002-2006

Post by MAB »

nyubi ikutan nimbrung
bacaan yang mencerahkan, makasi linknya om
dibalik isu realibilitynya Landy, ternyata ada peran car maker owner
pendoli wrote: Mon Aug 27, 2018 6:10 http://20k.com/doug-demuro-rover-reliability/
baru membaik sejak range rover sport dan selanjutnya...
btt, imho
misal ada 4 sekawan mau reunian, masing bersepakat bawa mobil "laki" di range harga yang mirip
ada yang bawa Toyota, Jeep, Land Rover, Mercy, ukuran prestige mungkin akan begini
1. G-wagen
2. Defender
3. JK
4. TLC
atmadeva wrote: Sun Aug 26, 2018 11:47 prestisenya tentu lebih tinggi Rover kan?
mohon saran dan masukannya
kalau ada alternatif di range harga serupa, kira-kira apa ya?