Oh iya, ini macam test multiple choice
Tapi apapun jawaban yg keluar dari sopir bus, saya juga harus sudah menyiapkan jalan keluarnya SEBELUM jawaban itu sendiri keluar.
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
Poin 3 -> Ngedimnya jangan terlalu lama+jangan lupa kasih sein kanan.pengendiesel wrote: ↑Wed Jul 18, 2018 3:11 Kalo saya ketemu bus yg lagi nyalip dari depan dan makan jalan :
1. kurangi kecepatan seperlunya
2. posisikan mobil ke kanan seperlunya
3. kasih dim
4. 90% bus kembali masuk ke jalurnya dengan jarak yang aman
5. 9% bus kembali masuk ke jalurnya dengan jarak yang agak mepet. Tapi karena di nomor 2 posisi saya agak nengah, maka sebelah kiri saya selalu ada space kososng.....tinggal saya yang minggir ke kiri (tidak perlu turun dari jalan)
6. 1% bus minta disleding tekel kepala sopirnya.
Yup. Mesti banyak2xin suudzon ke motor yg ada di depan.pengendiesel wrote: ↑Wed Jul 18, 2018 3:11 Kalo jalan luar kota, concern utama saya bukan di bus, truk, mobil pribadi dengan pembalap gila di dalamnya....tapi MOTOOOOORRR.
Entah kenapa saya betul2 was2 kalo ada motor di sekitar. Biasanya saya kasih klakson minimal 2x per motor saat akan nyalip.
Jarang yg pake helm, sering zig zag tiba2, tanpa lampu, keluar dari gang tanpa liat kanan kiri.....haiisshh, banyaklak pokoknya. Dan terutama, kalo sampe apes kena kejadian, kita jg yg bonyok.
sepengalaman ane, kalo kendaraan berlawanan baru mau mulai overtake, point no 2 biasanya memang cukup efektif buat menciutkan nyali kendaraan tersebut, akan tetapi kalo itu bus AKAP, Lorena, "Prahara Bencana", dll kalo mereka udh terlanjur overtake, biasanya mereka nothing to lose, karena diajak adu banteng jg kita yang jadi dendeng....adityabp wrote: ↑Wed Jul 18, 2018 8:14Poin 3 -> Ngedimnya jangan terlalu lama+jangan lupa kasih sein kanan.pengendiesel wrote: ↑Wed Jul 18, 2018 3:11 Kalo saya ketemu bus yg lagi nyalip dari depan dan makan jalan :
1. kurangi kecepatan seperlunya
2. posisikan mobil ke kanan seperlunya
3. kasih dim
4. 90% bus kembali masuk ke jalurnya dengan jarak yang aman
5. 9% bus kembali masuk ke jalurnya dengan jarak yang agak mepet. Tapi karena di nomor 2 posisi saya agak nengah, maka sebelah kiri saya selalu ada space kososng.....tinggal saya yang minggir ke kiri (tidak perlu turun dari jalan)
6. 1% bus minta disleding tekel kepala sopirnya.
Poin 4,5,6 -> Apapun pilihannya, kalo gak mau turun ke bahu jalan mesti siapin nyali buat mepet ke bodi bus.
Yup. Mesti banyak2xin suudzon ke motor yg ada di depan.pengendiesel wrote: ↑Wed Jul 18, 2018 3:11 Kalo jalan luar kota, concern utama saya bukan di bus, truk, mobil pribadi dengan pembalap gila di dalamnya....tapi MOTOOOOORRR.
Entah kenapa saya betul2 was2 kalo ada motor di sekitar. Biasanya saya kasih klakson minimal 2x per motor saat akan nyalip.
Jarang yg pake helm, sering zig zag tiba2, tanpa lampu, keluar dari gang tanpa liat kanan kiri.....haiisshh, banyaklak pokoknya. Dan terutama, kalo sampe apes kena kejadian, kita jg yg bonyok.
Jangan lupa point no 1 om, menurut saya kunci utamanya di sini.levofloxacine wrote: ↑Wed Jul 18, 2018 8:47
sepengalaman ane, kalo kendaraan berlawanan baru mau mulai overtake, point no 2 biasanya memang cukup efektif buat menciutkan nyali kendaraan tersebut, akan tetapi kalo itu bus AKAP, Lorena, "Prahara Bencana", dll kalo mereka udh terlanjur overtake, biasanya mereka nothing to lose, karena diajak adu banteng jg kita yang jadi dendeng....
Point no 1 sdh pasti om, karena kita jg harus siap2 just in case kendaraan berlawanan tetap nekat, ane jg kalo disalip di jalur single terkadang dongkol kalo kendaraan yg nyalip udh tau kondisi di depan ga ada celah buat masuk tp masih maksa tetapi ttp ane melambat buat kasih dia masuk karena ga tega juga n untuk keselamatan bersama, kalo dia celaka, besar kemungkinan kita jg kena collateral damagenya...pengendiesel wrote: ↑Wed Jul 18, 2018 9:00Jangan lupa point no 1 om, menurut saya kunci utamanya di sini.levofloxacine wrote: ↑Wed Jul 18, 2018 8:47
sepengalaman ane, kalo kendaraan berlawanan baru mau mulai overtake, point no 2 biasanya memang cukup efektif buat menciutkan nyali kendaraan tersebut, akan tetapi kalo itu bus AKAP, Lorena, "Prahara Bencana", dll kalo mereka udh terlanjur overtake, biasanya mereka nothing to lose, karena diajak adu banteng jg kita yang jadi dendeng....
Karena saat kita menurunkan kecepatan, artinya kita ngasih tambahan waktu buat kendaraan yang lagi nyalip untuk nyelesaiin urusannya sebelum 'ketemu' kita.
Plus dengan kecepatan yang sudah turun, kalopun terpaksa harus 3 in a row/turun ke bahu jalan, masuknya jauh lebih enak dibandingkan kalo kita nggak ngurangi kecepatan dari jauh.
Hal yang sama juga saat saya disalip, terutama di jalur single. Hampir selalu saya menurunkan kecepatan untuk memudahkan kendaraan yang nyalip nyelesaiin urusannya, daripada yang nyalip kesulitan balik masuk ke jalur, akhirnya maksa2.
Wetyul cek...wetyul...owe juga sebel sama itu om2 yang pake pajero, portuner.kijang anki, apalagi si VW golf dan audi, buset kencengnya luar biasa, anginnya aja bikin lcgc owe yang Brio satya limbung kedodoran dijalan yang two lanes itu. Padahal cek, yu no owe sudah jalan 120 km/jam. Biar orang2 yang gak tau liangsim itu satu tempo nanti ditilang sama patroli jalan toll !marmut wrote: ↑Sun Jun 17, 2018 5:16owe malah sering liat dijalan yang jadi lanehogger malah allfart, pajero, portuner, dan sejenisnya.pengendiesel wrote: ↑Sun Jun 17, 2018 1:39 Banyak banget yang memojokkan LCGC
Lanehogger...lcgc
Gak safety...lcgc
Driver berbahaya...lcgc
Semua yang jelek...lcgc
Oe turut berduka ya omAdiP495 wrote: ↑Wed Aug 22, 2018 9:17Wetyul cek...wetyul...owe juga sebel sama itu om2 yang pake pajero, portuner.kijang anki, apalagi si VW golf dan audi, buset kencengnya luar biasa, anginnya aja bikin lcgc owe yang Brio satya limbung kedodoran dijalan yang two lanes itu. Padahal cek, yu no owe sudah jalan 120 km/jam. Biar orang2 yang gak tau liangsim itu satu tempo nanti ditilang sama patroli jalan toll !marmut wrote: ↑Sun Jun 17, 2018 5:16owe malah sering liat dijalan yang jadi lanehogger malah allfart, pajero, portuner, dan sejenisnya.pengendiesel wrote: ↑Sun Jun 17, 2018 1:39 Banyak banget yang memojokkan LCGC
Lanehogger...lcgc
Gak safety...lcgc
Driver berbahaya...lcgc
Semua yang jelek...lcgc
Saya pernah nyaris tabrakan di Sragen saat roadtrip sebelum lebaran kemaren.adityabp wrote: ↑Wed Jul 18, 2018 8:14Poin 3 -> Ngedimnya jangan terlalu lama+jangan lupa kasih sein kanan.pengendiesel wrote: ↑Wed Jul 18, 2018 3:11 Kalo saya ketemu bus yg lagi nyalip dari depan dan makan jalan :
1. kurangi kecepatan seperlunya
2. posisikan mobil ke kanan seperlunya
3. kasih dim
4. 90% bus kembali masuk ke jalurnya dengan jarak yang aman
5. 9% bus kembali masuk ke jalurnya dengan jarak yang agak mepet. Tapi karena di nomor 2 posisi saya agak nengah, maka sebelah kiri saya selalu ada space kososng.....tinggal saya yang minggir ke kiri (tidak perlu turun dari jalan)
6. 1% bus minta disleding tekel kepala sopirnya.
Poin 4,5,6 -> Apapun pilihannya, kalo gak mau turun ke bahu jalan mesti siapin nyali buat mepet ke bodi bus.
Yup. Mesti banyak2xin suudzon ke motor yg ada di depan.pengendiesel wrote: ↑Wed Jul 18, 2018 3:11 Kalo jalan luar kota, concern utama saya bukan di bus, truk, mobil pribadi dengan pembalap gila di dalamnya....tapi MOTOOOOORRR.
Entah kenapa saya betul2 was2 kalo ada motor di sekitar. Biasanya saya kasih klakson minimal 2x per motor saat akan nyalip.
Jarang yg pake helm, sering zig zag tiba2, tanpa lampu, keluar dari gang tanpa liat kanan kiri.....haiisshh, banyaklak pokoknya. Dan terutama, kalo sampe apes kena kejadian, kita jg yg bonyok.