Yang bensin atau yang solar ??
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 31
- Joined: Wed Mar 28, 2018 4:03
- Location: Ciledug
- Daily Vehicle: Mitsubishi Xpander
Re: Yang bensin atau yang solar ??
Ngomongin solar busuk gmn ya jadinya truk2 sm bis yg pake solbus kelihatannya sehat2 aja ato sebenarnya sakit dalem ya truk itu hehe
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: Yang bensin atau yang solar ??
Ini dilema yg waktu itu ane alami jg.
Pas mau beli Innova di tahun 2013, setelah melakukan perhitungan panjang. kesimpulannya beli D4D nya balik modal di tahun ke 2. Perbandingannya antara bio solar dengan pertamax waktu itu. Kalau perbandingannya dengan premium, tahun ke 3 balik modal.
Asumsi:
Setahun jalan 20rb km
Konsumsi BBM untuk VVTi 1:8, untuk D4D 1:10
Selisih harga versi VVTi dan D4D waktu itu 15 juta kalo gak salah
Itu tanpa mempertimbangkan bonus2 lain seperti kalo beli D4D banyak racunnya

Pas mau beli Innova di tahun 2013, setelah melakukan perhitungan panjang. kesimpulannya beli D4D nya balik modal di tahun ke 2. Perbandingannya antara bio solar dengan pertamax waktu itu. Kalau perbandingannya dengan premium, tahun ke 3 balik modal.
Asumsi:
Setahun jalan 20rb km
Konsumsi BBM untuk VVTi 1:8, untuk D4D 1:10
Selisih harga versi VVTi dan D4D waktu itu 15 juta kalo gak salah
Itu tanpa mempertimbangkan bonus2 lain seperti kalo beli D4D banyak racunnya


1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 106
- Joined: Tue Jun 05, 2012 5:49
Re: Yang bensin atau yang solar ??
buat ane yg mau tuker diesel ke bensin, trit ini terasa berat... ane gak sanggup 

-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 23
- Joined: Mon Jul 02, 2018 1:37
- Location: indonesia
- Daily Vehicle: honda
Re: Yang bensin atau yang solar ??
diesel om mau CRD ataupun manual tetep oke
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Sun Aug 12, 2018 16:26
Re: Yang bensin atau yang solar ??
Pertama kali jatuh cinta sama mesin diesel, jaman dulu waktu bawa kijang kapsul 2L..dilanjut bawa 2kd..yg pasti yg bikin jatuh cinta itu torsi nya diesel, dan karakter akselerasi nya mesin diesel itu sendiri..
Terlepas dari irit / boros, commonrail / konvensional, mesin diesel jenis mobil apa, yg jelas saya lbh cocok dg karakter mesin diesel, daripada mesin bensin..
Terlepas dari irit / boros, commonrail / konvensional, mesin diesel jenis mobil apa, yg jelas saya lbh cocok dg karakter mesin diesel, daripada mesin bensin..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4384
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Yang bensin atau yang solar ??
Kalau saya sih tergantung peruntukan dan dimana dipakai.Radithism wrote: Wed Aug 15, 2018 9:14 Pertama kali jatuh cinta sama mesin diesel, jaman dulu waktu bawa kijang kapsul 2L..dilanjut bawa 2kd..yg pasti yg bikin jatuh cinta itu torsi nya diesel, dan karakter akselerasi nya mesin diesel itu sendiri..
Terlepas dari irit / boros, commonrail / konvensional, mesin diesel jenis mobil apa, yg jelas saya lbh cocok dg karakter mesin diesel, daripada mesin bensin..
Kalau diesel karena torsi joss di RMP bawah, maka cocok untuk touring, stop and go.
Kalau mau high speed, jalan mulus, lancar, enakan bensin...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1432
- Joined: Mon Nov 15, 2010 10:28
- Daily Vehicle: K24 RM3
Re: Yang bensin atau yang solar ??
Kl diinget2 enak ya dulu cm beda 15 ya tutup mata lah beli diesel. Yang skrg bedanya 30, trus selisih metik manual 20.evanbngdor wrote: Tue Jun 26, 2018 1:53 Ini dilema yg waktu itu ane alami jg.
Pas mau beli Innova di tahun 2013, setelah melakukan perhitungan panjang. kesimpulannya beli D4D nya balik modal di tahun ke 2. Perbandingannya antara bio solar dengan pertamax waktu itu. Kalau perbandingannya dengan premium, tahun ke 3 balik modal.
Asumsi:
Setahun jalan 20rb km
Konsumsi BBM untuk VVTi 1:8, untuk D4D 1:10
Selisih harga versi VVTi dan D4D waktu itu 15 juta kalo gak salah
Itu tanpa mempertimbangkan bonus2 lain seperti kalo beli D4D banyak racunnya
![]()
![]()
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1464
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Re: Yang bensin atau yang solar ??
Kalau saya tergantung tipe mobil, kalau SUV mungkin bakal lirik yang diesel. Tapi kalau sedan mostly bensin.
Saya lebih lihat paket mobil secara keseluruhan dan akan pilih yang tenaga lebih besar ga peduli mesin apa.
IMHO Kalau soal fun to drive itu lebih seberapa kita mau kencang dan bagaimanapun mobil GC rendah itu lebih baik soal handling dan stabilitas dimana sekarang diesel ini banyak di huni suv GC tinggi.
Jadi kalau fun to drive mobil diesel macam Pajero atau fortuner itu ada di bawah 140kpj, di atas itu ya Pray to drive. Mobil diesel GC rendah seperti sedan masih jarang.
Saya suka geber mesin bensin sampai dekat redline senang dengar suaranya, kalau diesel di geber begitu, sensasinya kurang.
Mobil diesel itu menyenangkan diputaran bawah tapi atasnya ya begitu2 saja sebaliknya bensin.
Dijalan gunung aspal kalau melaju 40-60kpj memang buat diesel terasa santai. Kalau mobil dieselnya GC tinggi, agak riskan melaju lebih dari 60kpj kecuali anda profesional driver.
Saya pernah di jalan pegunungan daerah pemalang pakai 406 saya yang terkenal lemot ditanjakkan, malam hari, tadinya jalan agak santai terus keliatan mobil dari belakang pakai lampu strobo biru berusaha menyalip, pas kesorot lampu jalan ternyata Pajero Sport warna putih dan bukan milik aparat. Maaf saya malas kasih jalan sama orang yang suka pasang begituan, ya tancap gas dikit dan silakan overtake kalau bisa. Kalau jalan nanjak, maka dia bisa ngikutin saya di belakang, tapi kalau jalan turun maka kelap-kelip strobonya menghilang dari spion, kadang kalau ketinggalan jauh saya tungguin.
Lalu kemarin di Cipularang arah jakarta saya pakai M8, ketemu sama ANPS, berusaha ngikutin saya juga. Kasusnya sama, kalau nanjak bisa imbang tapi Begitu ketemu kurva jalan turunan yang panjang dan sepi, saya bawa 160 aja ANPS makin jauh.
Satu-satunya SUV diesel yang saya bilang performa dan handling ajib adalah Santa fee.
Saya lebih lihat paket mobil secara keseluruhan dan akan pilih yang tenaga lebih besar ga peduli mesin apa.
IMHO Kalau soal fun to drive itu lebih seberapa kita mau kencang dan bagaimanapun mobil GC rendah itu lebih baik soal handling dan stabilitas dimana sekarang diesel ini banyak di huni suv GC tinggi.
Jadi kalau fun to drive mobil diesel macam Pajero atau fortuner itu ada di bawah 140kpj, di atas itu ya Pray to drive. Mobil diesel GC rendah seperti sedan masih jarang.
Saya suka geber mesin bensin sampai dekat redline senang dengar suaranya, kalau diesel di geber begitu, sensasinya kurang.

Mobil diesel itu menyenangkan diputaran bawah tapi atasnya ya begitu2 saja sebaliknya bensin.
Dijalan gunung aspal kalau melaju 40-60kpj memang buat diesel terasa santai. Kalau mobil dieselnya GC tinggi, agak riskan melaju lebih dari 60kpj kecuali anda profesional driver.
Saya pernah di jalan pegunungan daerah pemalang pakai 406 saya yang terkenal lemot ditanjakkan, malam hari, tadinya jalan agak santai terus keliatan mobil dari belakang pakai lampu strobo biru berusaha menyalip, pas kesorot lampu jalan ternyata Pajero Sport warna putih dan bukan milik aparat. Maaf saya malas kasih jalan sama orang yang suka pasang begituan, ya tancap gas dikit dan silakan overtake kalau bisa. Kalau jalan nanjak, maka dia bisa ngikutin saya di belakang, tapi kalau jalan turun maka kelap-kelip strobonya menghilang dari spion, kadang kalau ketinggalan jauh saya tungguin.
Lalu kemarin di Cipularang arah jakarta saya pakai M8, ketemu sama ANPS, berusaha ngikutin saya juga. Kasusnya sama, kalau nanjak bisa imbang tapi Begitu ketemu kurva jalan turunan yang panjang dan sepi, saya bawa 160 aja ANPS makin jauh.
Satu-satunya SUV diesel yang saya bilang performa dan handling ajib adalah Santa fee.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 139
- Joined: Sat Jul 01, 2017 15:23
Re: Yang bensin atau yang solar ??
Kalo beli baru sih merem pilih diesel..kalo secondhand baru pilih bensin..
Mesin diesel itu irit, torsi gede, tangguh,cruising enak dan suaranya macho abiss..apa lg yg dicari?? Paling harganya aja yg lebih mahal, tp percayalah harganya lbh stabil dr bensin..jd ga bakal rugi..
Mesin diesel itu irit, torsi gede, tangguh,cruising enak dan suaranya macho abiss..apa lg yg dicari?? Paling harganya aja yg lebih mahal, tp percayalah harganya lbh stabil dr bensin..jd ga bakal rugi..
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 520
- Joined: Thu Jan 12, 2017 2:11
Re: Yang bensin atau yang solar ??
Di jaman skrg yg tenaga versi dizel umumnya lebih gede dibanding versi bensinnya.. kayanya lebih masuk akal kalo milih versi disel sih..
Tp kalo preferensi sndiri justru malah lebi cocok ke karakter bensin sih.. jd nyari mubil yg line up nya emang cuma bensin hahaha..
Tp kalo preferensi sndiri justru malah lebi cocok ke karakter bensin sih.. jd nyari mubil yg line up nya emang cuma bensin hahaha..
2011 Hyundai ix35
2001 BMW E39 530i
2001 BMW E39 530i
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 407
- Joined: Thu Sep 29, 2016 11:10
- Location: Sleman
Re: Yang bensin atau yang solar ??
ya kalau bandinginnya begitu walau 406 sudah tidak muda lagi juga pasti tetep menang dibanding ladder frame pickup based SUVs kelas menengahPugman wrote: Wed Aug 15, 2018 11:48 Kalau saya tergantung tipe mobil, kalau SUV mungkin bakal lirik yang diesel. Tapi kalau sedan mostly bensin.
Saya lebih lihat paket mobil secara keseluruhan dan akan pilih yang tenaga lebih besar ga peduli mesin apa.
IMHO Kalau soal fun to drive itu lebih seberapa kita mau kencang dan bagaimanapun mobil GC rendah itu lebih baik soal handling dan stabilitas dimana sekarang diesel ini banyak di huni suv GC tinggi.
Jadi kalau fun to drive mobil diesel macam Pajero atau fortuner itu ada di bawah 140kpj, di atas itu ya Pray to drive. Mobil diesel GC rendah seperti sedan masih jarang.
Saya suka geber mesin bensin sampai dekat redline senang dengar suaranya, kalau diesel di geber begitu, sensasinya kurang.
![]()
Mobil diesel itu menyenangkan diputaran bawah tapi atasnya ya begitu2 saja sebaliknya bensin.
Dijalan gunung aspal kalau melaju 40-60kpj memang buat diesel terasa santai. Kalau mobil dieselnya GC tinggi, agak riskan melaju lebih dari 60kpj kecuali anda profesional driver.
Saya pernah di jalan pegunungan daerah pemalang pakai 406 saya yang terkenal lemot ditanjakkan, malam hari, tadinya jalan agak santai terus keliatan mobil dari belakang pakai lampu strobo biru berusaha menyalip, pas kesorot lampu jalan ternyata Pajero Sport warna putih dan bukan milik aparat. Maaf saya malas kasih jalan sama orang yang suka pasang begituan, ya tancap gas dikit dan silakan overtake kalau bisa. Kalau jalan nanjak, maka dia bisa ngikutin saya di belakang, tapi kalau jalan turun maka kelap-kelip strobonya menghilang dari spion, kadang kalau ketinggalan jauh saya tungguin.
Lalu kemarin di Cipularang arah jakarta saya pakai M8, ketemu sama ANPS, berusaha ngikutin saya juga. Kasusnya sama, kalau nanjak bisa imbang tapi Begitu ketemu kurva jalan turunan yang panjang dan sepi, saya bawa 160 aja ANPS makin jauh.
Satu-satunya SUV diesel yang saya bilang performa dan handling ajib adalah Santa fee.

untuk SUV diesel yang performa dan handling lebih ajib dibanding sante fe juga banyak, ada cayenne diesel, X5 diesel, SQ7, bentayga sekalipun juga ada yang diesel

tapi harganya mana mana tahan

kalau saya pribadi lebih pilih mobil bensin non-SUV untuk pemakaian normal, jelas lebih manusiawi, tapi karena tuntutan mobilitas, kepraktisan, dan pekerjaan, akhirnya beralih ke ladder-frame SUV diesel dan sepertinya kedepannya bakal terus terusan pakai tipe ini untuk gawe

Si ego certiorem faciam, mihi tu delendus eris
-
- Visitor
- Posts: 2
- Joined: Thu Mar 16, 2017 13:49
- Location: Bogor
- Daily Vehicle: Motor
Re: Yang bensin atau yang solar ??
Enak banget kalau pake diesel lewat situ om, kalau bensin seperti avanza atiati aja walaupun gigi 1 tetep rasanya seremMitshuToyo wrote: Sun Jun 24, 2018 2:17 Skrg coba2 miara diesel.. ternyata irit banget pake solar busuk. Mudik seperti gak mikir BBM wkwkw...
Perbandingannya punya sirion AT jalan ke jogja habis 200-250 rb gas poll terus, tapi muat dikit.
Punya diesel 2.5 liter habisnya sama tapi muat buanyak..
Pernah punya bensin 2.4 liter+Unichip/dastek. Sentak2an gas udah mirip diesel. Tapi ditanjakan merayap tetep aja gak bohong.. ngemposs sampai pernah disuatu area hampir melorot karena RPM tekor..
Pake diesel skrg Alhamdulillah sesuai harapan karena jalur selalu gunung2.. torsinya menakjubkan..
Saya pikir diesel paling cocok bagi yang suka trebas2 jalan berlkelok dengan naik agak panjang & ekstrim..
Kalau pengen test, Coba sesekali ke gunung kidul dari yogya lewat tanjakan Cino mati misalnya.. (sy sih belum pernah naik.. lewat cuma turunnya wkwkwk)
atau ke arah wonosari dari imogiri.. (kl ini pernah)
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1464
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Re: Yang bensin atau yang solar ??
Yah..kalau yang disebutkan itu seh udah mobil dunia laindizco wrote: Wed Aug 15, 2018 13:59
ya kalau bandinginnya begitu walau 406 sudah tidak muda lagi juga pasti tetep menang dibanding ladder frame pickup based SUVs kelas menengah![]()
untuk SUV diesel yang performa dan handling lebih ajib dibanding sante fe juga banyak, ada cayenne diesel, X5 diesel, SQ7, bentayga sekalipun juga ada yang diesel![]()
tapi harganya mana mana tahan![]()
kalau saya pribadi lebih pilih mobil bensin non-SUV untuk pemakaian normal, jelas lebih manusiawi, tapi karena tuntutan mobilitas, kepraktisan, dan pekerjaan, akhirnya beralih ke ladder-frame SUV diesel dan sepertinya kedepannya bakal terus terusan pakai tipe ini untuk gawe![]()
Makanya ga saya colek2. Harganya aja bisa dapat Santa Fee beberapa biji..

Anyway saya pernah lho.. Ketemu Cayenne di tol Jagorawi, pas habis pintu tol miring cimanggis iseng-iseng godain, saya seh sadar diri soal performa cuma ingin tahu aja kalau mobil bongsor macam itu seperti apa dibandingkan mobil biasa, dari awalnya sebelahan, begitu sama-sama di gas ternyata wuss...
Sekali towel langsung ngacir ninggalin mobil saya sekitar 5body.. Udah gitu suaranya sangar lagi..hehehe..

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: Yang bensin atau yang solar ??
Betul om, kalo sekarang sih tutup mata ambil yg bensin manual kalo pake supir. selisih 50 juta bisa buat bensin berapa banyak tuhmike22 wrote: Wed Aug 15, 2018 11:42Kl diinget2 enak ya dulu cm beda 15 ya tutup mata lah beli diesel. Yang skrg bedanya 30, trus selisih metik manual 20.evanbngdor wrote: Tue Jun 26, 2018 1:53 Ini dilema yg waktu itu ane alami jg.
Pas mau beli Innova di tahun 2013, setelah melakukan perhitungan panjang. kesimpulannya beli D4D nya balik modal di tahun ke 2. Perbandingannya antara bio solar dengan pertamax waktu itu. Kalau perbandingannya dengan premium, tahun ke 3 balik modal.
Asumsi:
Setahun jalan 20rb km
Konsumsi BBM untuk VVTi 1:8, untuk D4D 1:10
Selisih harga versi VVTi dan D4D waktu itu 15 juta kalo gak salah
Itu tanpa mempertimbangkan bonus2 lain seperti kalo beli D4D banyak racunnya
![]()
![]()


1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 735
- Joined: Tue Sep 27, 2016 8:34
Re: Yang bensin atau yang solar ??
Buat angkut banyak orang pilih diesel, buat self driving enjoyment tetap bensin. Terutama yang high revving & naturally aspirated atau V8 seperti di Commodore/Falcon. Tetep personal preferences pilih K series di Accord Euro banding 2GD. Pas VTEC engaged from 5000-7100++ rpm, suara dan tarikannya bisa buat "or**sm". 

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 281
- Joined: Tue Oct 17, 2017 12:49
- Location: Solo
- Daily Vehicle: GerobakPerang
Re: Yang bensin atau yang solar ??
Kalo mobil biasa biasa aja tetep prefer ke diesel ya, saya dari 97 pake kapsul diesel gak pernah ada masalah berarti, perawatan bengkel pinggir jalan saja sehabis lima tahun setelah beli baru, boleh dibilang selepas 2002 gak pernah masuk beres, onderdil berlimpah dimana mana ada, mobil dipiara sampai 2013 tetap fit condition. Tahun 2013 ganti GNKI Dono G M/T Bensin, alamak borosnya.... apalagi sering trayek Solo Bali gak ngangkat buat kerja, BBM seribu untuk sekilometer, soalnya beli cepek ya dapatnya 100km, beli nopek ya dapatnya 200km (premium lho waktu itu).
Baru 2017 dijual itu GNKI ganti ANPS Dakar. Ternyata sedap banget dibawa keluar kota, dari baru selalu dexlite kecuali nemu AKR di Jatim isi fuel tank aja, barusan di 15rb km ganti filter solar, ternyata kondisinya gak kotor kotor banget (referensi pabrik 20rb km sih).
Dulu pas baru itu ANPS, FC bisa 1-13/14 luar kota, tapi makin kesini kok cuman jadi 1-11 aja ya?
Rencana selepas kredit 2019 mau ganti Terra, ada yang sudah pakai Terra teman teman SM ?
Baru 2017 dijual itu GNKI ganti ANPS Dakar. Ternyata sedap banget dibawa keluar kota, dari baru selalu dexlite kecuali nemu AKR di Jatim isi fuel tank aja, barusan di 15rb km ganti filter solar, ternyata kondisinya gak kotor kotor banget (referensi pabrik 20rb km sih).
Dulu pas baru itu ANPS, FC bisa 1-13/14 luar kota, tapi makin kesini kok cuman jadi 1-11 aja ya?
Rencana selepas kredit 2019 mau ganti Terra, ada yang sudah pakai Terra teman teman SM ?
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Sun Aug 12, 2018 16:26
Re: Yang bensin atau yang solar ??
Hmmm...karena max rpm mesin diesel lbh rendah dibanding bensin..misal waktu cruising di tol cipali, pake diesel udah redline, pake bensin rpm nya blm mentok, msh bisa naik lagi..hahahahahahahahaginting wrote: Wed Aug 15, 2018 10:41
Kalau saya sih tergantung peruntukan dan dimana dipakai.
Kalau diesel karena torsi joss di RMP bawah, maka cocok untuk touring, stop and go.
Kalau mau high speed, jalan mulus, lancar, enakan bensin...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1210
- Joined: Tue Jan 05, 2016 0:58
- Location: Jakarta
Re: Yang bensin atau yang solar ??
Pernah coba bandingin test bareng, Mas?Radithism wrote:Hmmm...karena max rpm mesin diesel lbh rendah dibanding bensin..misal waktu cruising di tol cipali, pake diesel udah redline, pake bensin rpm nya blm mentok, msh bisa naik lagi..hahahahahahahahaginting wrote: Wed Aug 15, 2018 10:41
Kalau saya sih tergantung peruntukan dan dimana dipakai.
Kalau diesel karena torsi joss di RMP bawah, maka cocok untuk touring, stop and go.
Kalau mau high speed, jalan mulus, lancar, enakan bensin...
Pernah test anki ama crv jogging di tol, diesel cuman 3k rpm, crv dah redline mulu...
Colek @nescafe
Tp balik lagi, torsi nya berapa?
Tp kalau 2 engine torsinya sama, mungkin akan lebih panjang bensin...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 536
- Joined: Fri Feb 07, 2014 9:46
Re: Yang bensin atau yang solar ??
Jadi serem ama diesel karena B20
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 258
- Joined: Mon Nov 21, 2011 1:20
Re: Yang bensin atau yang solar ??
pilih diesel. alasannya irit.
contohnya kalo di parkiran nunggu lama di mobil, pake mobil bensin mesin bisa nyala ac idup.
sementara mobil diesel mesin mending dimatiin krn bau knalpot dan polusinya amit2.
irit kan... hahaha.
contohnya kalo di parkiran nunggu lama di mobil, pake mobil bensin mesin bisa nyala ac idup.
sementara mobil diesel mesin mending dimatiin krn bau knalpot dan polusinya amit2.
irit kan... hahaha.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 161
- Joined: Sun Sep 29, 2013 4:17
Re: Yang bensin atau yang solar ??
Tahun depan B30 kan? Malah pengen B100 katanya.teppey wrote:Jadi serem ama diesel karena B20
Tapi penasaran jg, mobil-mobil yg sekarang sanggup telan B20 atau B30 gak sih sebenarnya?
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 156
- Joined: Thu Sep 01, 2016 12:20
Re: Yang bensin atau yang solar ??
Anu.. b20 buat bmw diesel saya rontok gak ya tuh mesin? 
Current Car : W205 C300 19 & Innova Zenix Hybrid 24



-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 309
- Joined: Tue Jan 01, 2008 17:15
Re: Yang bensin atau yang solar ??
Sebagai User Diesel, Sy lbh rekomen diesel alasannya harga solar yg murmer..
Kalau bensin cocok untuk tipe mobil kecil aj atau sedan, maksimal 1500cc..
Dan diesel sekarang tarikannya juga ringan, gemeretak suara diesel juga tdk terlalu mengganggu..
Mungkin bs cobain diesel anps, jangan dibawa santai tapi genjot terus ampe redline pakai paddle transmisinya dijamin suara mesin malah lebih merdu..
Biaya BBM behubung didaerah jarang ada dex, pakainya biosolar, always biosolar tdk mslh
Anps sdh kilo 50ribu so fine2 aj ..
Pernah itung2 compare mobil operasional grandmax 1300cc, karna premium sulit jd pakai pertalite, biaya per km jauhhh lebih ngirit pakai anps ketimbang grandmax..
Kalau belum pernah pakai solar dan suka standaran pilihlah diesel yg modern aj yg tenaga mumpuni, jgn yg standarnya tenaga lemah nanti kecewa ngerasa diesel lemot..
Mesin diesel yg pernah sy coba
Diesel ispan not rekomended , lelet
Diesel taft rocky not rekomended, lelet
2kd innova diesel standaran not remomended, lelet parah kecuali katanya dimodif
2kd vnt fortuner rekomended
4d56 dakar rekomended
4n15rekomended
Kalau bensin cocok untuk tipe mobil kecil aj atau sedan, maksimal 1500cc..
Dan diesel sekarang tarikannya juga ringan, gemeretak suara diesel juga tdk terlalu mengganggu..
Mungkin bs cobain diesel anps, jangan dibawa santai tapi genjot terus ampe redline pakai paddle transmisinya dijamin suara mesin malah lebih merdu..
Biaya BBM behubung didaerah jarang ada dex, pakainya biosolar, always biosolar tdk mslh
Anps sdh kilo 50ribu so fine2 aj ..
Pernah itung2 compare mobil operasional grandmax 1300cc, karna premium sulit jd pakai pertalite, biaya per km jauhhh lebih ngirit pakai anps ketimbang grandmax..
Kalau belum pernah pakai solar dan suka standaran pilihlah diesel yg modern aj yg tenaga mumpuni, jgn yg standarnya tenaga lemah nanti kecewa ngerasa diesel lemot..
Mesin diesel yg pernah sy coba
Diesel ispan not rekomended , lelet
Diesel taft rocky not rekomended, lelet
2kd innova diesel standaran not remomended, lelet parah kecuali katanya dimodif
2kd vnt fortuner rekomended
4d56 dakar rekomended
4n15rekomended
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 536
- Joined: Fri Feb 07, 2014 9:46
Re: Yang bensin atau yang solar ??
Ga kuat bro, BMW cuma recommend B7, sekarang juga katanya udah ga jual yg diesel karena takut sama B20.
Coba aja Google bmw biodiesel
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5952
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Yang bensin atau yang solar ??
Hmm, ANPS 50rb km pake bio aman aja ya om?remedusakti wrote: Thu Aug 16, 2018 23:47 Sebagai User Diesel, Sy lbh rekomen diesel alasannya harga solar yg murmer..
Kalau bensin cocok untuk tipe mobil kecil aj atau sedan, maksimal 1500cc..
Dan diesel sekarang tarikannya juga ringan, gemeretak suara diesel juga tdk terlalu mengganggu..
Mungkin bs cobain diesel anps, jangan dibawa santai tapi genjot terus ampe redline pakai paddle transmisinya dijamin suara mesin malah lebih merdu..
Biaya BBM behubung didaerah jarang ada dex, pakainya biosolar, always biosolar tdk mslh
Anps sdh kilo 50ribu so fine2 aj ..
Pernah itung2 compare mobil operasional grandmax 1300cc, karna premium sulit jd pakai pertalite, biaya per km jauhhh lebih ngirit pakai anps ketimbang grandmax..
Kalau belum pernah pakai solar dan suka standaran pilihlah diesel yg modern aj yg tenaga mumpuni, jgn yg standarnya tenaga lemah nanti kecewa ngerasa diesel lemot..
Mesin diesel yg pernah sy coba
Diesel ispan not rekomended , lelet
Diesel taft rocky not rekomended, lelet
2kd innova diesel standaran not remomended, lelet parah kecuali katanya dimodif
2kd vnt fortuner rekomended
4d56 dakar rekomended
4n15rekomended
Pake aditif ga?