2017 Volkswagen Scirocco - 3 Month Ownership Review

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: ChZ, ginting, FRD, artoodetoo, b8099ok, F 272

Post Reply
User avatar
Moonshade
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 354
Joined: 12 Apr 2013, 16:38

2017 Volkswagen Scirocco - 3 Month Ownership Review

Post by Moonshade » 10 Aug 2018, 16:35

Prologue :

"Kami ingin sesuatu yang anti-mainstream, berkarakter, dan berkualitas" itulah kriteria yang kami inginkan ketika mencari mobil baru untuk menemani awal perjalanan kehidupan kami. Proses memilih cukup lama (dimulai H-6bulan sebelum wedding), karena ini akan jadi kendaraan pertama (yang pure beli sendiri), dan akan jadi momen yang memorable. Yang sulitnya calon istri saya agak ribet orangnya (dia begitu liat yang ga sreg sedikit, langsung batal). Dari pertama memang kami sdh cocok VW Scirocco, kita sdh test drive dan cocok, sip. Tapi sekarang masalahnya warna cuma ada putih dan biru, calon Istri gak suka, batal. Kita lanjut coba Mini Cooper (non s), Renault Koleos, BMW x1, mazda MX5, mercedes CLA ga ada yang cocok, bingung :shrug: . Singkat cerita kita request warna new Indium Grey sama VW indo, dan akhir desember dikabarin ada 1unit Scirocco warna itu baru produksi Desember 2017 inden 4 bulan, langsung kita ambil.

How it looks


Tanggal 23 Maret 2017 mobil saya mendarat di Indonesia, langsung re trim Transcal Real Leather seat. Tanggal 3 April saya bisa lihat mobilnya di gudang VW

Exterior : Ini mobil ganteng maksimal. Front end kesan sportynya dapet banget, frameless window, 2doors, coupe, pantatnya [cencored] banget dengan new trunk & stoplamp. Ga terasa kalau desain ini mobil udah dari 2009.

Interior : Di bagian ini saya lihat VW agak kesulitan me refresh interiornya, tapi ubahan permainan lighting di speedometer dan new steering cukup mendongkrak tampilan yang di versi non FL terlihat agak jadul (di zaman sekarang).
Ubahan minor juga banyak di sisi lain sebenernya banyak, cuma repot kalo dijelasin 1 1. Semua area di atas dashboard soft touch yang lumayan empuk, dipadu dengan panel silver matte dengan aksen garis" halus. Space interior juga termasuk lega untuk ukuran coupe 3doors. Bahkan duduk kursi belakang jauh lebih enak daripada mazda 2. Pada bagian" penyimpanan semua dilapis dengan semacam bludru, jadi ga bunyi" kalau naruh barang. Saya suka banget attention to detail di mobil ini, spion elektrik aja nutupnya kiri kanan bisa pas barengan (di f30 aja enggak) :off_good_job:

Under the hood :
1.4 Twincharger 160hp & 240nm with the Infamous 7speed DSG DQ200.
Sedikit cerita, Kenapa saya tetep beli mobil ini walau orang sering bilang bermasalah ini lah itu lah ?
Karena saya juga sdh searching" dan belajar tentang mobilnya, ngobrol dgn komunitas VW (nuvolks, kaskus) dan forum luar (sciroccocentral). Hasilnya nothing to worry about, kalo kita rawat mobilnya dengan benar. Banyak yang uda rarusan ribu KM dengan mesin dan tranny ini masih fine aja. Saya juga akan coba myth busting tentang isu isu yang beredar, dengan update kalau mobil saya ada apa".

Driving Experience :
Stage 1 Engine by Mc chip DKR 210hp & 300nm
Stage 2+ DSG by TVS Engineering
Downpipe catless by wuzzi exhaust
Eibach pro kit springs

Pertama kali mobil nyetir ini perlu pembiasaan, karena DSG nya. Kalau ga biasa nyetir pas macet pasti jadi endut endutan (di toel gasnya lgsg ngacir, terus pas mau berenti dia engine brake), harus dikit aja injek gasnya, dan ga langsung dilepas, harus pelan". Dengan begitu baru enak, bahkan kalau polisi tidur aja kadang ga usah ngerem, tinggal mainin engine brake (entah karena remapped atau apa, saya belum ngerasain standarnya)
0-100 in 6secs, low rpm supercharger, highrpm ditambah turbocharger yang sdh peak di 1500rpm. Dipake ngebut sih jangan tanya, DSGnya bukan main sigapnya, ga ada gejala bingung". Shiftingnya juga cepat banget dibanding F30. :off_good_job:
Lari 200km/h juga masi enak, nempel banget di aspal ga ada gejala seremnya. Steer berasa nambah berat saat kencang, pindah jalur saat speeding ga kerasa bodyroll sama sekali. Mungkin pengaruh Eibach dan kebetulan dapet ban Pirrelli P Zero. Honestly, dibanding F30 yang saya pakai daily dulu, ini jauh lebih fun. Tapi harus dibayar dengan suspensi yang stiff, yang bikin kurang nyaman di jalan keriting.

Verdict
Ini adalah mobil yang cocok untuk kalian kalau :
- ingin beda
- suka ngerawat mobil
- lebih mentingin quality to drive dibanding gimmick" ga jelas
- love low lifestyle
- ga peduli resale value, nanti pedulj dijual lagi gimana, dsb dsb
Bukan untuk kalian yang :
- PELIT
- perhitungan
- mikir beli mobil untuk dijual
- berkeluarga besar dan sering 1 mobil
- biasa pakai supir

Semua adalah opini pribadi saya, Mohon maaf sebelumnya kalau ada salah kata, terima kasih telah membaca. [emo-have-a-nice-day]
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

This topic has 34 replies

You must be a registered member and logged in to view the replies in this topic.


Register Login
 
Post Reply

Return to “Review Corner”