Wkk, tp ravenol berani loh pasang sponsor di force india f1 racing team...kenop wrote:
Ravenol merk nya kayak antiseptik ya

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
Wkk, tp ravenol berani loh pasang sponsor di force india f1 racing team...kenop wrote:
Ravenol merk nya kayak antiseptik ya
kayaknya dengan TBN rendah, ini type oli ningrat...kena solar busuk / sulfur tinggi, bisa rawan kali ya ??josomba wrote: Sat Aug 04, 2018 9:52 Just info beberapa oli yg ada di GIIAS
AMSOIL Sign series dipatok 240 ribu per liter dengan tambahan diskon 10%
Ravenol juga ikutan, mereka masarin oli 0W-16 dengan ukuran galon (4L) harganye 1.125 juta. Sales2nya ditraining untuk bilang boleh dipakai dengan mobil yg diperbolehkan 0w-20.
Sekilas spek-nya ravenol
Density at 20°C kg/m³ 843,1 EN ISO 12185
Colour green visual
Viscosity at 100°C mm²/s 7,24 DIN 51 562
Viscosity at 40°C mm²/s 38,36 DIN 51 562
Viscosity index VI 156 DIN ISO 2909
HTHS at 150°C mPа*s 2,4 CEC L-036-90
CCS Viscosity at -35°C mPa*s 4400 ASTM D5293
Viscosity (MRV) at -40°C mPa*s 10400 ASTM D 4684
Pourpoint °C -58 DIN ISO 3016
Noack Volatility % 8,2 ASTM D5800/b
TBN mg KOH/g 6,17 ASTM D2896
Sulphated ash %wt. 0,9 DIN 51 575
Agak ngeri liat TBN-nya.
Motul td ada lengkap serinya cuman lupa nanya harga, di toda mulai susah cari Motul specific 913D (A5/B5), kali2 ada yg cari bisa hunting di giias
Mungkin ya om, ralat mungkin dikasi bensin kualitas jelek RON90 and below (bukan solar, secara ini cuman API SN aje)ginting wrote: Tue Aug 07, 2018 7:55
kayaknya dengan TBN rendah, ini type oli ningrat...kena solar busuk / sulfur tinggi, bisa rawan kali ya ??
0W16 khusus bensin omginting wrote:kayaknya dengan TBN rendah, ini type oli ningrat...kena solar busuk / sulfur tinggi, bisa rawan kali ya ??josomba wrote: Sat Aug 04, 2018 9:52 Just info beberapa oli yg ada di GIIAS
AMSOIL Sign series dipatok 240 ribu per liter dengan tambahan diskon 10%
Ravenol juga ikutan, mereka masarin oli 0W-16 dengan ukuran galon (4L) harganye 1.125 juta. Sales2nya ditraining untuk bilang boleh dipakai dengan mobil yg diperbolehkan 0w-20.
Sekilas spek-nya ravenol
Density at 20°C kg/m³ 843,1 EN ISO 12185
Colour green visual
Viscosity at 100°C mm²/s 7,24 DIN 51 562
Viscosity at 40°C mm²/s 38,36 DIN 51 562
Viscosity index VI 156 DIN ISO 2909
HTHS at 150°C mPа*s 2,4 CEC L-036-90
CCS Viscosity at -35°C mPa*s 4400 ASTM D5293
Viscosity (MRV) at -40°C mPa*s 10400 ASTM D 4684
Pourpoint °C -58 DIN ISO 3016
Noack Volatility % 8,2 ASTM D5800/b
TBN mg KOH/g 6,17 ASTM D2896
Sulphated ash %wt. 0,9 DIN 51 575
Agak ngeri liat TBN-nya.
Motul td ada lengkap serinya cuman lupa nanya harga, di toda mulai susah cari Motul specific 913D (A5/B5), kali2 ada yg cari bisa hunting di giias
uuppps sorry, my mistake...Turboman wrote: Tue Aug 07, 2018 8:160W16 khusus bensin omginting wrote:kayaknya dengan TBN rendah, ini type oli ningrat...kena solar busuk / sulfur tinggi, bisa rawan kali ya ??josomba wrote: Sat Aug 04, 2018 9:52 Just info beberapa oli yg ada di GIIAS
AMSOIL Sign series dipatok 240 ribu per liter dengan tambahan diskon 10%
Ravenol juga ikutan, mereka masarin oli 0W-16 dengan ukuran galon (4L) harganye 1.125 juta. Sales2nya ditraining untuk bilang boleh dipakai dengan mobil yg diperbolehkan 0w-20.
Sekilas spek-nya ravenol
Density at 20°C kg/m³ 843,1 EN ISO 12185
Colour green visual
Viscosity at 100°C mm²/s 7,24 DIN 51 562
Viscosity at 40°C mm²/s 38,36 DIN 51 562
Viscosity index VI 156 DIN ISO 2909
HTHS at 150°C mPа*s 2,4 CEC L-036-90
CCS Viscosity at -35°C mPa*s 4400 ASTM D5293
Viscosity (MRV) at -40°C mPa*s 10400 ASTM D 4684
Pourpoint °C -58 DIN ISO 3016
Noack Volatility % 8,2 ASTM D5800/b
TBN mg KOH/g 6,17 ASTM D2896
Sulphated ash %wt. 0,9 DIN 51 575
Agak ngeri liat TBN-nya.
Motul td ada lengkap serinya cuman lupa nanya harga, di toda mulai susah cari Motul specific 913D (A5/B5), kali2 ada yg cari bisa hunting di giias
kok jadi solar ???
Euro 5 = 10 - 15 ppmginting wrote:uuppps sorry, my mistake...Turboman wrote: Tue Aug 07, 2018 8:160W16 khusus bensin omginting wrote:
kayaknya dengan TBN rendah, ini type oli ningrat...kena solar busuk / sulfur tinggi, bisa rawan kali ya ??
kok jadi solar ???
btwm kalo bensin di indo itu kadar sulfurnya gimana ya, dibanding negara lain a, apakah sudah setara ?
Pertamax nih om --> https://www.pertamina.com/industrialfue ... rtamax.pdf --> Sulfur 500ppm *liat catatan kaki perihal satuan-nyaginting wrote: Tue Aug 07, 2018 8:19
uuppps sorry, my mistake...
btwm kalo bensin di indo itu kadar sulfurnya gimana ya, dibanding negara lain a, apakah sudah setara ?
Yang Euro 4 juga masih Pertabo aja kan ya om Turbo? Belum pernah liat ada berita Pertamax biru akan/segera menjadi Euro 4 yah (?)
140 km per hari means 10.000 km dalam 3 bulan yah ?Alfrz wrote:Minta sarannya Om Turbo
Saya pake mesin 2GD, pemakaian harian @140Km PP jakarta Bogor..
Sblmnya pake oli TMO 15W40 ganti di 10rb KM..
Ganti Motul CrDi di 15rb KM
Sekarang di posisi 17rb KM..
Rencana nanti ganti oli di 20rb KM pas service rutin di beres, bulan depan..
Oli mesin yg bisa di pake sampe 10rb KM, oli apa ya om dengan kondisi berkendara 140 KM per hari?
Kalo kondisi mesin masih prima gak masalah pake oli encerAribend wrote:Malam om-om smua. Salam kenal untuk forum disini. Pengen sharing n tanya om Turbo dan om yang lainnya.
Saya ada jazz ge8 th 2009 odo udh 110,000 km. Sebaiknya saya pakai oli dgn MERK dan SAE berapa ya om?? Krn kalo baca2 forum sebelah ada yg blg, kalo mobil sudah di atas 100,000 km sebaikanya memakai oli yg lbh kental spt 10-40. Itu bagaimana ya om. Mohon pencerahannya agar tak salah kaprah. Trims
Oli atf setau saya pake Q8 unitrans JK om. Jangan sampe disesatkan sama suzuki pake atf 3317, saya pas itu ganti oli di carter pake 3317 suzuki (wkt itu blm tau apa2), jadinya matic kasar banget (spt ada bunyi gear krg oli). Servis 60rb ini sy mau kuras pake Q8 JK.Vincentsmoox wrote: Wed Aug 08, 2018 19:51 Om turbo mohon pencerahan saya baru ambil new ertiga matik 2017
KM skr ada di 27rb an
Untuk oli di buku manual saran nya 0-20 api SM SGO dan Suzuki ATF AW-1 untuk transmisi
Pemilik sebelumnya pake sgo 5-30 api SN dan ga pernah telat terakhir diganti pada kilometer 25rb an sedangkan transmisi belum pernah ganti
Kondisi pemakaian sebulan dua kali PP Surabaya (jarak sekali tempuh PP 350km an, high speed via tol)
Daily jarang keluar kalo keluar paling jarak pendek aja 30km mentok 60km
Sering nyala idle stasioner 1 jam tapi ga tiap hari juga (mobil untuk audio kontes jadi sering mesin nyala tapi ga jalan)
Saya terlanjur beli amsoil signature 0-20 untuk mesin apakah aman dipakai? Kalo tidak bisa saran merk lain yg oke?
Untuk transmisi ada saran oli yg lebih bagus daripada bawaan? Perlu diganti skr atau nanti saja? Kalo di buku manual Sih 40rb km saran nya
ASM okeVincentsmoox wrote:Om turbo mohon pencerahan saya baru ambil new ertiga matik 2017
KM skr ada di 27rb an
Untuk oli di buku manual saran nya 0-20 api SM SGO dan Suzuki ATF AW-1 untuk transmisi
Pemilik sebelumnya pake sgo 5-30 api SN dan ga pernah telat terakhir diganti pada kilometer 25rb an sedangkan transmisi belum pernah ganti
Kondisi pemakaian sebulan dua kali PP Surabaya (jarak sekali tempuh PP 350km an, high speed via tol)
Daily jarang keluar kalo keluar paling jarak pendek aja 30km mentok 60km
Sering nyala idle stasioner 1 jam tapi ga tiap hari juga (mobil untuk audio kontes jadi sering mesin nyala tapi ga jalan)
Saya terlanjur beli amsoil signature 0-20 untuk mesin apakah aman dipakai? Kalo tidak bisa saran merk lain yg oke?
Untuk transmisi ada saran oli yg lebih bagus daripada bawaan? Perlu diganti skr atau nanti saja? Kalo di buku manual Sih 40rb km saran nya
Loh om, di pds afw+ sy ragu2 kyk ndak compatible ke AW-1. Tp ditulis "Saab PN AW-1"Turboman wrote: Thu Aug 09, 2018 2:44ASM okeVincentsmoox wrote:Om turbo mohon pencerahan saya baru ambil new ertiga matik 2017
KM skr ada di 27rb an
Untuk oli di buku manual saran nya 0-20 api SM SGO dan Suzuki ATF AW-1 untuk transmisi
Pemilik sebelumnya pake sgo 5-30 api SN dan ga pernah telat terakhir diganti pada kilometer 25rb an sedangkan transmisi belum pernah ganti
Kondisi pemakaian sebulan dua kali PP Surabaya (jarak sekali tempuh PP 350km an, high speed via tol)
Daily jarang keluar kalo keluar paling jarak pendek aja 30km mentok 60km
Sering nyala idle stasioner 1 jam tapi ga tiap hari juga (mobil untuk audio kontes jadi sering mesin nyala tapi ga jalan)
Saya terlanjur beli amsoil signature 0-20 untuk mesin apakah aman dipakai? Kalo tidak bisa saran merk lain yg oke?
Untuk transmisi ada saran oli yg lebih bagus daripada bawaan? Perlu diganti skr atau nanti saja? Kalo di buku manual Sih 40rb km saran nya
ini matic 4 AT ?
ATF Pake Aisin AFW+ bisa
Suzuki maticnya buatan Aisin Warner bukan ?erwinign wrote:Loh om, di pds afw+ sy ragu2 kyk ndak compatible ke AW-1. Tp ditulis "Saab PN AW-1"Turboman wrote: Thu Aug 09, 2018 2:44ASM okeVincentsmoox wrote:Om turbo mohon pencerahan saya baru ambil new ertiga matik 2017
KM skr ada di 27rb an
Untuk oli di buku manual saran nya 0-20 api SM SGO dan Suzuki ATF AW-1 untuk transmisi
Pemilik sebelumnya pake sgo 5-30 api SN dan ga pernah telat terakhir diganti pada kilometer 25rb an sedangkan transmisi belum pernah ganti
Kondisi pemakaian sebulan dua kali PP Surabaya (jarak sekali tempuh PP 350km an, high speed via tol)
Daily jarang keluar kalo keluar paling jarak pendek aja 30km mentok 60km
Sering nyala idle stasioner 1 jam tapi ga tiap hari juga (mobil untuk audio kontes jadi sering mesin nyala tapi ga jalan)
Saya terlanjur beli amsoil signature 0-20 untuk mesin apakah aman dipakai? Kalo tidak bisa saran merk lain yg oke?
Untuk transmisi ada saran oli yg lebih bagus daripada bawaan? Perlu diganti skr atau nanti saja? Kalo di buku manual Sih 40rb km saran nya
ini matic 4 AT ?
ATF Pake Aisin AFW+ bisa
Maksudnya kalo saya beli di beres nanti dikasi atf 3317 gt ya om?erwinign wrote: Thu Aug 09, 2018 1:31Oli atf setau saya pake Q8 unitrans JK om. Jangan sampe disesatkan sama suzuki pake atf 3317, saya pas itu ganti oli di carter pake 3317 suzuki (wkt itu blm tau apa2), jadinya matic kasar banget (spt ada bunyi gear krg oli). Servis 60rb ini sy mau kuras pake Q8 JK.Vincentsmoox wrote: Wed Aug 08, 2018 19:51 Om turbo mohon pencerahan saya baru ambil new ertiga matik 2017
KM skr ada di 27rb an
Untuk oli di buku manual saran nya 0-20 api SM SGO dan Suzuki ATF AW-1 untuk transmisi
Pemilik sebelumnya pake sgo 5-30 api SN dan ga pernah telat terakhir diganti pada kilometer 25rb an sedangkan transmisi belum pernah ganti
Kondisi pemakaian sebulan dua kali PP Surabaya (jarak sekali tempuh PP 350km an, high speed via tol)
Daily jarang keluar kalo keluar paling jarak pendek aja 30km mentok 60km
Sering nyala idle stasioner 1 jam tapi ga tiap hari juga (mobil untuk audio kontes jadi sering mesin nyala tapi ga jalan)
Saya terlanjur beli amsoil signature 0-20 untuk mesin apakah aman dipakai? Kalo tidak bisa saran merk lain yg oke?
Untuk transmisi ada saran oli yg lebih bagus daripada bawaan? Perlu diganti skr atau nanti saja? Kalo di buku manual Sih 40rb km saran nya
Buat siklus penggantian di 40rb km itu kuras om sebaiknya, kondisi jalan indo macet gini
Iya Matic 4 ATTurboman wrote: Thu Aug 09, 2018 2:44ASM okeVincentsmoox wrote:Om turbo mohon pencerahan saya baru ambil new ertiga matik 2017
KM skr ada di 27rb an
Untuk oli di buku manual saran nya 0-20 api SM SGO dan Suzuki ATF AW-1 untuk transmisi
Pemilik sebelumnya pake sgo 5-30 api SN dan ga pernah telat terakhir diganti pada kilometer 25rb an sedangkan transmisi belum pernah ganti
Kondisi pemakaian sebulan dua kali PP Surabaya (jarak sekali tempuh PP 350km an, high speed via tol)
Daily jarang keluar kalo keluar paling jarak pendek aja 30km mentok 60km
Sering nyala idle stasioner 1 jam tapi ga tiap hari juga (mobil untuk audio kontes jadi sering mesin nyala tapi ga jalan)
Saya terlanjur beli amsoil signature 0-20 untuk mesin apakah aman dipakai? Kalo tidak bisa saran merk lain yg oke?
Untuk transmisi ada saran oli yg lebih bagus daripada bawaan? Perlu diganti skr atau nanti saja? Kalo di buku manual Sih 40rb km saran nya
ini matic 4 AT ?
ATF Pake Aisin AFW+ bisa
Serius om?impactful wrote: Thu Aug 09, 2018 5:52 hari ini eksekusi + eksperimen 0w-20 api sn nya oli beres mitsu di k10b AMT berbekal info dari om Turboman dan suhu sintoni di thread sebelah... di Bogor kota kena 71rb/L before tax
mesin jauuuh lbh halus, semoga enak buat rute 100km+/hari PP bogor - lebak bulus
*sebelumnya pake FK 5w-30
Iya bener om (atf 3317 botol biru). Tapi mereka jg punya yg AW-1 (botol putih, ada gambar dashboard ertiga).Vincentsmoox wrote: Thu Aug 09, 2018 3:54Maksudnya kalo saya beli di beres nanti dikasi atf 3317 gt ya om?erwinign wrote: Thu Aug 09, 2018 1:31Oli atf setau saya pake Q8 unitrans JK om. Jangan sampe disesatkan sama suzuki pake atf 3317, saya pas itu ganti oli di carter pake 3317 suzuki (wkt itu blm tau apa2), jadinya matic kasar banget (spt ada bunyi gear krg oli). Servis 60rb ini sy mau kuras pake Q8 JK.Vincentsmoox wrote: Wed Aug 08, 2018 19:51 Om turbo mohon pencerahan saya baru ambil new ertiga matik 2017
KM skr ada di 27rb an
Untuk oli di buku manual saran nya 0-20 api SM SGO dan Suzuki ATF AW-1 untuk transmisi
Pemilik sebelumnya pake sgo 5-30 api SN dan ga pernah telat terakhir diganti pada kilometer 25rb an sedangkan transmisi belum pernah ganti
Kondisi pemakaian sebulan dua kali PP Surabaya (jarak sekali tempuh PP 350km an, high speed via tol)
Daily jarang keluar kalo keluar paling jarak pendek aja 30km mentok 60km
Sering nyala idle stasioner 1 jam tapi ga tiap hari juga (mobil untuk audio kontes jadi sering mesin nyala tapi ga jalan)
Saya terlanjur beli amsoil signature 0-20 untuk mesin apakah aman dipakai? Kalo tidak bisa saran merk lain yg oke?
Untuk transmisi ada saran oli yg lebih bagus daripada bawaan? Perlu diganti skr atau nanti saja? Kalo di buku manual Sih 40rb km saran nya
Buat siklus penggantian di 40rb km itu kuras om sebaiknya, kondisi jalan indo macet gini
Alternatif lain selain ATF Suzuki Botol Putih AW-1
ya, betul, bbrp bulan yg lalu (+/- 8000km yang lalu) sy ganti 3 liter + filter sekitar 4xx ribuan (masih under 500 ribu IDR)sintoni wrote: Thu Aug 09, 2018 7:18Serius om?impactful wrote: Thu Aug 09, 2018 5:52 hari ini eksekusi + eksperimen 0w-20 api sn nya oli beres mitsu di k10b AMT berbekal info dari om Turboman dan suhu sintoni di thread sebelah... di Bogor kota kena 71rb/L before tax
mesin jauuuh lbh halus, semoga enak buat rute 100km+/hari PP bogor - lebak bulus
*sebelumnya pake FK 5w-30
Generik 0w20 lebih enak dari Hydrocracked 5w30?
Padahal kalo ga salah FK masimo 2x harga deh, sudah hampir 150k per liternya. Klao ga salah harga per galon 600k.
Seneng bisa bantu, om.