![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
ijin meramaikan Forum

Saya Pengguna OPJS Tipe GLS Tahun 2010 beli 2nd di Km 51 ribu, Sekarang Odometer sudah 113 Ribu Km lebih. rencana kmrn mau upgrade ke OPJS Dakar atau Pindah Merk


Berikut pengalaman saya merawat Si Pasport:
-Isi bahan bakar Seringnya Full bio solar, sesekali Dexlite dan kadang2 aja pake Additif Diesel Power, Redline, atau Liquimolly.
-Purging selama ini baru pernah 1x

-Rutin Ganti Oli tiap 5000 km&Filter Oli tiap 10 Ribu km, oli pake yg Murah smoga gak murahan: sempet lama pake Castrol Diesel 10w 30, skrng pake Mobil Delvac 15w 40;
-Rutin Ganti Filter Solar Tiap 15 ribu, malah pernah di 20 ribu km lebih belum ganti akhirnya sampe Check Engine Nyala karena Filter dah kotor, Pernah juga CE nyala karena telat isi Solar (Solar sudah kurang 1/4 tangki);
-Ganti Filter Udara klo dirasa dah hitam/kotor Banget, skitar 25 ribu - 30 ribu km.
-Ganti Oli Tranmisi tiap 40K, Oli Gardan tiap 20 k, Minyak Rem&Kopling tiap 40 K, semua sesuai interval di Buku Servis (CMIIW).
-Ganti Air Radiator yg ke 2 sempet telat, baru ganti di Km 90 ribu, klo sesuai Buku servis harusnya di 80 Ribu dah ganti (CMIIW).
Syukurlah selama pakai Pasport ini tidak ada masalah yg berarti, penggantian Part yang relatif agak mahal cuma:
-Ganti 4 Ban Baru , balik lagi pake BS Dueler H/T (Keras, Agak berisik, grip biasa aja tapi Aweeet dan Sidewallnya kuat).
-Ganti Aki basah yang koit itupun setelah masa pakai 2,5 tahun.
-Ganti Timing Belt Set + tensioner bearing , tanpa ganti oil Seal di Km 73 Ribu (Preventif aja) , ternyata kondisi Belt masih sangat bagus

-Ganti Kopling Set di Odometer skitar 112.000 Km, part beli sendiri. Matahari & Kampas Kopling Ori KTB, Pilot bearing Pake Merk Koyo & Clutch Release bearing Pake merk NTN), jasa pasang di BERES, Total Part cuma selisih 500 ribuan lebh murah dari BERES

yang Ingin Saya Tanyakan kepada para master & Tmn Pajer Sport Lover:
1. Klo sesuai Info dari SA Beres langganan, Interval Penggantian Timing belt yang ke 2x di mileage 50 Ribu Km. karena berdasarkan info di Web nya, timing belt Merk Bonum yang dari bahan Hydrogenated Nitrile Butadiene Rubber (HNBR) tahan sampe 100.000 Km (dengan catatan Seal Oli masih bagus & Tensioner belt juga dah diganti). Saya sih pengennya ganti di Km 75 ribu, mempertimbangkan mileage Engine nyala ketika macet & parkir.
nah menurut tmn2 apakah masih safe klo saya ganti Timing belt di sekitar Km 75 ribu ?

2. Perawatan Fuel System yang belum saya kerjakan selama ini yaitu Kuras Tangki Solar, apakah perlu ? SA Beres bilang gak perlu klo gak ada keluhan. Klo emang harus kuras , berapa biaya normal kuras tangki SUV sperti Pajero Sport?
3. Perawatan Rutin apa lagi yang perlu saya lakukan/Rubah supaya Pajero Sport Saya Relatif Tahan Banting terutama di Sektor Mesin (terutama Sistem Injektor & Turbo)?
Sory klo Post nya Panjang. Mohon Jawaban dan/atau share pengalaman dari tmn2 di SerayaMotor khususnya Pajero Sport User

Thanks In advance
