Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Selamat siang suhu-suhu SM sekalian, saya sudah lama menjadi silent reader di SM. Banyak topik menarik dan penyelesaian probelem kendaraan dibahas rekan-rekan SM dengan bahasa diskusi yang menarik.
Akhirnya saya membuat thread ini karena menemukan problem di kendaraan saya. Mobil saya Honda CR-V 2.4 2008 millage almost 80k, BBM Pertamax. Hari minggu kemarin mobil saya pada saat di tanjakan jalur puncak saya kickdown terasa seperti gelagapan, RPM bukannya naik malah seperti tertahan, akhirnya saya shift ke low gear dan baru bisa dia push RPM naik. Fyi, saya selalu mengaktifkan mode D3 to prevent gear shift to low ratio in low rpm. Yang saya tanyakan:
1. apakah ini normal di Honda CRV gen 3 yang terkenal dengan matic bolotnya? dan
2. di RPM berapa VTEC Kickin? soalnya secara normal shift gear mobil saya di RPM 2000, which is very low RPM for gasoling engine with high revving ability
Terima kasih rekan-rekan SM untuk sharing knowledge nya dan untuk om momod apabila thread saya ini familiar dengan thread lain mohon di edit.
Vtec kick in itu tandanya mesinnya kyk ada heningnya bntar banget... (Pindah profile cam(?)) 4500 ato 5000an rpm biasanya...
Perawatan mobil gmn? Terutama urusan oli matic... Berapa sering drain doang? Pernah kuras? Klo blm prnh smua cb dignti dlu oli maticnya...
Trus prnah carbon clean?
Ato mungkin catalytic udh mampet?
obat p3k semua mesin bensin untuk trobel performa itu filter udara, busi,dan filter bbm bila ada. Pastikan 3 item itu dalam kondisi baik: filter2 harus bersih, celah busi masih dalam spek.
Kalo mobilnya jarang geber bisa juga penumpukan karbon. Jangan takut running engine sekali2 ke red line. Mungkin carbon cleaner juga membantu.
Ga pernah pake CRV gen 3 sih, tapi biasanya memang matic shifting ke overdrive kalo throttle input minim.
doge wrote: Mon Jul 30, 2018 17:19
Vtec kick in itu tandanya mesinnya kyk ada heningnya bntar banget... (Pindah profile cam(?)) 4500 ato 5000an rpm biasanya...
Perawatan mobil gmn? Terutama urusan oli matic... Berapa sering drain doang? Pernah kuras? Klo blm prnh smua cb dignti dlu oli maticnya...
Trus prnah carbon clean?
Ato mungkin catalytic udh mampet?
Mobil kerawat kok om walaupun bukan rawatan BeRes cuma bengkelnya khusus honda. Kebetulan saya beli mobil ini second hand di Mileage 67.000 langsung ganti oli matic dan sekarang udah hampir 80.000. Waktu itu saya pernah mau kuras oli matic, cuma orang bengkel tidak menyarankan karena takut merusak filter olinya. Kalau carbon clean belom pernah om. Nah kalau catalytic mampet itu cara pembersihannya gimana ya?
silentIm2 wrote: Mon Jul 30, 2018 21:25
obat p3k semua mesin bensin untuk trobel performa itu filter udara, busi,dan filter bbm bila ada. Pastikan 3 item itu dalam kondisi baik: filter2 harus bersih, celah busi masih dalam spek.
Kalo mobilnya jarang geber bisa juga penumpukan karbon. Jangan takut running engine sekali2 ke red line. Mungkin carbon cleaner juga membantu.
Ga pernah pake CRV gen 3 sih, tapi biasanya memang matic shifting ke overdrive kalo throttle input minim.
Filter udara baru saya ganti pakai sakura filter dan busi juga baru ganti dengan yang iridium laser. sekali kali pernah di geber sampai redline cuma itu juga masih bisa dihitung jari karena dilimit sama jeweran istri kalo lebih dari 100 kph. Mungkin saran om carbon cleaner perlu dicoba dulu. Thx masukannya om
tune up bersih2 dlu aja...carbon clean,ganti oli matic dll....perasaan klo tanjakan dlu accord cm5 aja buat awalan hrs masuk L dlu bru pindah ke 2 lalu D....
andyez86 wrote: Tue Jul 31, 2018 8:02
tune up bersih2 dlu aja...carbon clean,ganti oli matic dll....perasaan klo tanjakan dlu accord cm5 aja buat awalan hrs masuk L dlu bru pindah ke 2 lalu D....
Teknik ini juga om yang saya pakai kemarin pas ketemu tanjakan dipuncak. Cuma ya itu harus tau batasan limit setiap gear ratio biar pas ngopernya RPM gak drop.