Mhn ijin saya buka topic baru tentang review pajero sport 4x4 2011, mungkin bila sdh ada topic serupa bisa digabungkan.
Berawal dari keinginan punya tunggangan SUV gagah dan Real sebagai trah nya SUV, jadi kepikiran rencana untuk menukarkan Innova Diesel matic 2009 yang sdh melayani keluarga kami selama 1 thn. cari info sana sini, SUV yang ada 4x4 dengan kriteria msh enak diliat, gagah dan masuk di budget pilihan mulai mengarah ke PS, awalnya hampir jadiin yang exceed 2009 tapi pas unit mau diliat ehh sdh laku.

Pelan2 cari lewat OLX ketemulah sebuah unit pajero sport 2011 warna hitam ( sesuai keinginan ), Ban sudah Pacul dan proprsi ban velg dan body ideal bagt dan langsung deh deal tukar tambah dengan 2kd 2009 matic.
Dakar 4x4 2011 bulan 3 yang sy dapat adalah dakar pertama kali keluar, dimana belum ada sunroof dan posisi kisi ac belakng mirip dengan exceed ( ada di row 3 ), jok kulit sdh warna burgundi, paddle shift ada dengan 5 speed transmisi ( awalnya sy pikir 4 speed sprt dakar 4x2 keluaran awal )
Berikut review impresi berkendara
1. Start mesin, suara menderu layaknya diesel ps, dan saya sudah sangat familiar karna ini peliharaan ps dengan mesin 4d56 sy yang ke 3, dulu pernah punya ps exceed 2011 dan dakar reloaded 2015.
2. posisi dan kenyaman duduk, terus terang sy merasa ps keluaran awal sebelum reloaded busa kursi perasaan lebih empuk, dulu pernah punya dakar 2015 , kalau habis bawa ANPS trus pindah ke dakar 2015 duh pinggang trs pegal sekali, terasa busa kursi keras dan keras. tapi dakar 4x4 2011 ini sama empuknya dengan ps exceed sy dulu 2011. entah apakahapakah ada perbedaan kualitas busa pasca minor change dakar reloaded.
3. Kenyaman Suspensi, dakar 4x4 ini menggunakan ban dengan ukuran 265/65/R17 dengan profil M/T, awal sblm coba sempat was was, kalau bantingan kuerass bgt, soalnya teringat dakar reloaded 2015 yang bandingan suspensinya keras dan beda jauh dengan ANPS. Ternyta Surprice bantingan lumayan enak dan nyaman, sblm test habis bawa innova selama 1,5 jm tdk terlalu beda jauh keempukannya.. ini bantingan mirip dengan exceed 2011. keluhannya 1 yaitu suara ban bergemuruh sekali ( wajar lah kan ini ban profil M/T )
4. performa mesin, Yup, 4D56 VGT tentu Rekan2 sklaian sudah katam dengan karakter dan performanya. Untuk versi 4x4 ini saya rasakan sedikit lebih berat tarikannya dibanding versi dakar 4x2, tapi masih termasuk maknyuss lah tarikannya, empasan turbonya juga masih enak untuk overtaking keluar kota, dan yang pasti jauhhh lebih enak dan nendang ketimbng 2kd standar innova 2009 yang kalau dipake untuk overtaking harus ngurut dada tdk ada larinya.

5. Handling, ternyata dengan Velg dan ban yang lebih lebar dari standar terdapat perbaikan handling, dimana karakter ps yang suka goyang kiri dan kanan berkurang di dakar 4x4 ini, walaupun ground clearance lebih tinggi dari standar tapi handlingnya lebih enak dan stabil.
6. konsumsi BBM, nah ini titik lemahnya, dengan bobot yang lebih berat dari 4x2 dan juga terbebani penggerak 4 roda dan ban dan velq yang lebih berat dan lebar menyumbng konsumsi BBM yang lumayan boros.. perkiraan saya ebagai gambaran , kalau dakar 4x4 luar kota sekitaran 10,5km/liter, dakar 4x2 bisa 11-12km/l sedangkan ANPS bahkan bisa 13-14km/l
Hari ini coba bawa dakar4x4 ke area pasir didaerah kebon sawit, ternyata mantafff, traksinya nempel dan hati tidak was-was mobil akan kepater, lalu lanjut bawa kepinggir pantai sengaja saya jalankan dipasir pinggir pantai yang lembek dan ternyata mantaff bahkan dengan 4x2 pun traksi tidak terlalu selip ( mungkin karna faktor ban pacul ).
Kesimpulan : Real SUV dengan tenaga dan handling cukup mumpuni dan membuat Percaya Diri untuk diajak kemana saja..
Note : karna ini sy beli second, apakah mungkin ini mantan nya, jika iya mhn bs inbook agar sy bisa tany2 tentang perawatan sebelumnya.hehehe