Mobil ini dibeli untuk menggantikan kendaraan harian saya sebelumnya yaitu, jazz GE8 yg udah mulai rewel karena usia , reviewnya bisa dilihat di link:
viewtopic.php?t=24945. Mobil xpander yg saya miliki merupakan tipe ultimate alias tipe tertinggi dengan warna black. Awalnya ortu saya SPK warna putih, namun dikarenakan lamanya inden warna tersebut yg kata salesnya bisa sampe februari, maka akhirnya dicancel dan diganti dengan warna black ini, yg kebetulan ready pada saat itu.

1. History
Mobil ini pertama kali diluncurkan oleh MMKSI dalam bentuk konsep yg dinamai Mitusubishi XM concept, yg versi produksinya dinamai dengan Xpander. Mobil ini mempunyai tagline "your next generation MPV". Pada GIAAS 2017, mobil ini resmi diperkenalkan di Indonesia dengan peminat yang luar biasa banyaknya. Indennya pun mencapai 3- 6 bulan karena banyaknya peminat pada saat itu. Di Indonesia , mobil ini masuk ke segmen gemuk yaitu LMPV dan akan berhadapan dengan duo avxen, mobilio, livina & ertiga. Xpander ditawarkan dalam 5 varian yaitu GLX, GLS, Exceed, Sport & Ultimate, dimana versi GLS dan GLX hanya tersedia varian transmisi manual, sedangkan sport dan ultimate hanya tersedia dalam varian transmisi otomatis. Mobil ini dibandrol dengan harga 190 - 255 juta OTR jakarta.
2. Exterior
Well, karena banyak orang yang sudah tahu dengan exterior mobil ini, maka saya hanya akan mereview secara singkat saja.
Depan

Terlihat seperti baby ANPS, baik dari sisi buritan maupun lekukannya, paling keren & modern dikelasnya

Samping

Terlihat simpel tapi elegan, serta dimensinya mendekati innova lama, terlihat lebih panjang daripada avanza dan ertiga.
Belakang

Mungkin tidak semewah dan semodern depannya, serta bukan selera semua orang, namun bagi saya tetap cantik, paling keren dikelasnya.
3. Interior dan fitur

Paling bagus di kelasnya. Tidak seperti LMPV, lebih kearah mobil di kelas yg diatasnya, kelihatan simpel tapi enak dilihat. Terlihat mewah berkat penggunaan wood panel + didominasi warna beige ( Exceed & ultimate), mungkin bukan selera semua orang karena cepat kotor. Kemudian BQ juga paling bagus dikelasnya, walaupun masih didominasi oleh plastik keras (namanya jg LMPV) tapi kualitas pemasangan interior terlihat solid buat ukuran LMPV menurut saya.


Fitur

Untuk bagian fitur, mobil ini terlengkap dikelasnya. Xpander sudah dilengkapi dengan keyless entry + start stop engine (sport and ultimate), 2 din touchscreen HU (Ultimate), DRL LED , sayangnya lampu utama dan foglamp masih pake halogen + tilt and telescopic steering. Sedangkan untuk fitur keselamatan , xpander sudah dilengkapi dengan ABS, EBD, Dual SRS Airbags , serta Brake Assist (BA) & Hill start assist (HSA ) (sport and ultimate) , which is terlengkap di kelasnya. Selain itu, mobil ini jg dilengkapi dengan ECO mode, yg sayangnya tidak bisa dimatikan , sehingga kalau mau sruntulan tarikannya kaya ketahan gitu



Tampilan MID dan speedo paling modern di kelasnya
4. Impression as driver and passenger.
Kunci Kontak

Sudah menggunakan keyless entry
Untuk mesin, mobil ini dilengkapi dengan mesin 4A91, 1.500 CC dengan tenaga 120 HP yg disalurkan melalui transmisi otomatis 4 percepatan. Impresi pertama adalah, suara mesin mobil ini cukup halus, kemudian mulai jalan. Yg saya rasakan adalah, tarikan putaran bawah - tengahnya cukup nendang, tapi pas putaran tengah keatas, mesin sudah mulai kehilangan torsi, serta ada tenaga yg ga bisa disalurkan secara maksimal. Mungkin akibat mode ECOnya kali ya

Bagasi

Mungkin yg terluas di kelasnya , dengan sistem pelipatan rata lantai sehingga memudahkan akses buat naro barang.
Untuk impresi sebagai penumpang, duduk di row 1 cukup lega, mungkin kalah dari livina dan mobilo soal spacenya , tapi cukup lah buat saya, kemudian row 2 jg lega, mungkin mendekati innova lama, which is paling lega dikelasnya. Satu kekurangan dari mobil ini adalah joknya yg belum dilengkapi kulit , serta yg headrest yg kerasnya minta ampun. Mau dinaikturunin aja mesti pake tenaga extra , beda sama rival sekelasnya kaya avanza dan ertiga yg gampang banget naik turuninnya, ga usah pake tenaga extra segala.

5. Conclusion
The best LMPV for me. Dengan segala kelebihan dan kekurangannya , mobil ini cocok buat anda yg ingin upgrade dari LCGC / LMPV lama yg sudah agak berumur, serta ingin mencari LMPV 7 seater yg tampilannya out of the box dengan fitur lengkap dikelasnya + bosan dengan tampilan LMPV yg gitu2 aja wkwkwk.
Pros:
- Desain exterior dan interior
- Paling lega dikelasnya
- Fitur melimpah
- Fun to drive
- Best BQ in it's class
- Peforma
- Handling
- Transmisi 4 ATnya sigap dan halus perpindahan giginya
- Torsi putaran bawah - tengah
- Suara mesin halus
- Keyless entry + start stop engine
Cons:
- Headrest kerasnya kaya batu
- Agak limbung di kecepatan tinggi
- Airbag cuma 2 (AN Rush yg harganya ga jauh beda udh punya 7 airbag)
- Jok belum kulit
- Indennya lamaaa pake banget
- Lampu utama dan foglamp masih halogen
- Remnya agak kurang pakem (mungkin perasaan saya aja)
- FC nya ga irit2 amat (paling mentok 1:10 dalkot)
- [cencored] eco mode
- [cencored] eco tyre
- Isu idle up dan cat belang.
- Belum dilengkapi dengan sensor parkir
- Torsi putaran atas agak kurang.
Sekian review saya kali ini, mohon maaf kalau ada kesalahan. Thanks for reading & i hope you will enjoy my review.