[Review] KIA Sedona mengulang legenda
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2079
- Joined: Fri Jul 25, 2008 8:04
- Location: Jakarta Barat
Re: [Review] KIA Sedona mengulang legenda
Kita doakan saja ya om. Menurut saya, kelas mobil2 Korea saat ini sudah di atas Jepang. Selain design baik exterior serta interior juga mesin. Waktu menggunakan mesin Theta saja Hyundai dan KIA sudah cukup membuat brand lain membuka mata. Mereka cukup serius dengan pengembangan mesin, karena sudah membuat research center khusus.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2079
- Joined: Fri Jul 25, 2008 8:04
- Location: Jakarta Barat
Re: [Review] KIA Sedona mengulang legenda
Om erwinign,
Sudah dibuktikan om kalo ini, oleh sebab itu saya sarankan bagi teman-teman yang membawa mobil ini harap bisa kontrol emosi ya hehehe. Yang gasoline 270hp om sudah hampir menyamai W212 E300.
Sudah dibuktikan om kalo ini, oleh sebab itu saya sarankan bagi teman-teman yang membawa mobil ini harap bisa kontrol emosi ya hehehe. Yang gasoline 270hp om sudah hampir menyamai W212 E300.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2079
- Joined: Fri Jul 25, 2008 8:04
- Location: Jakarta Barat
Re: [Review] KIA Sedona mengulang legenda
Benar om nizarsallam99sa,
Thermostatnya masih manual. Kalo saya prefer seperti ini, lebih terasa presisi. Pengalaman saya di mobil Jepang yang menggunakan digital kalo kita ukur beneran dengan thermometer tidak sama om, hal ini tidak terjadi di mobil Eropa yang menggunakan Digital ya.
Thermostatnya masih manual. Kalo saya prefer seperti ini, lebih terasa presisi. Pengalaman saya di mobil Jepang yang menggunakan digital kalo kita ukur beneran dengan thermometer tidak sama om, hal ini tidak terjadi di mobil Eropa yang menggunakan Digital ya.
nizarsallam99sa wrote: Wed Jul 18, 2018 12:47 Nice Review
Btw mau nanya itu ACnya masih manual om? Belum dalam bentuk derajat Celsius?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2079
- Joined: Fri Jul 25, 2008 8:04
- Location: Jakarta Barat
Re: [Review] KIA Sedona mengulang legenda
Thx om Pboyz97,
Benar ATPM masih kurang berani sepertinya om, mungkin kita yang memang senang dengan mobil Korea bisa coba support mereka agar lebih berani hehehe. Isi garasi mobil2 tua om hehehehe..
Benar ATPM masih kurang berani sepertinya om, mungkin kita yang memang senang dengan mobil Korea bisa coba support mereka agar lebih berani hehehe. Isi garasi mobil2 tua om hehehehe..
Pboyz97 wrote: Wed Jul 18, 2018 13:07 Nice review om, sedona lamanya masih mulus tuh om hehehe. Anyway korean cars sebenernya mobil yg bagus kok, cuma fiturnya aja yg kurang dibanding brand jepang di Indo. Btw isi garasinya bikin ngiler om hahaha
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2079
- Joined: Fri Jul 25, 2008 8:04
- Location: Jakarta Barat
Re: [Review] KIA Sedona mengulang legenda
Benar om pradit,
Cuma kalo menurut saya, terkadang fitur yang justru menjual dipangkas, malah yang ngga terlalu penting ada. Contoh, seperti di Grand Sedona ini, sudah sejak lama di versi luar ada Camera 360, Monitor layar besar, Sensor parking, Auto-dimming mirror dan Captain Seat, namun tidak dimasukkan. Di sisi lain, kursi baris ke-4 yang menurut saya kurang penting malah dimunculkan. Buat saya sih tidak begitu penting apakah itu untuk membuat kelas pajak jadi mobil angkutan atau apa pun, karena saya lebih melihat fitur ya wkwk.
Cuma kalo menurut saya, terkadang fitur yang justru menjual dipangkas, malah yang ngga terlalu penting ada. Contoh, seperti di Grand Sedona ini, sudah sejak lama di versi luar ada Camera 360, Monitor layar besar, Sensor parking, Auto-dimming mirror dan Captain Seat, namun tidak dimasukkan. Di sisi lain, kursi baris ke-4 yang menurut saya kurang penting malah dimunculkan. Buat saya sih tidak begitu penting apakah itu untuk membuat kelas pajak jadi mobil angkutan atau apa pun, karena saya lebih melihat fitur ya wkwk.

pradit_d wrote: Wed Jul 18, 2018 13:17Klo di rentang harga yg sama kok ane malah liat mobil korea fiturnya lbh banyak drpd yg jepang ya.Pboyz97 wrote: Wed Jul 18, 2018 13:07 Nice review om, sedona lamanya masih mulus tuh om hehehe. Anyway korean cars sebenernya mobil yg bagus kok, cuma fiturnya aja yg kurang dibanding brand jepang di Indo. Btw isi garasinya bikin ngiler om hahaha
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2079
- Joined: Fri Jul 25, 2008 8:04
- Location: Jakarta Barat
Re: [Review] KIA Sedona mengulang legenda
Sikat om vp920b hehehe
vp920b wrote: Wed Jul 18, 2018 13:21 600 juta dapet full size MPV dan features lengkap plus diesel pula..
Menggiurkan banget...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2079
- Joined: Fri Jul 25, 2008 8:04
- Location: Jakarta Barat
Re: [Review] KIA Sedona mengulang legenda
yang ini saya ngga ngerti om jadi ngga ikutan ya wkwk
dimassn25 wrote: Wed Jul 18, 2018 13:36 Tumben value for moneynya bagus nih.
Kira kira dieselnya kuat di upgrade sampe berapa hp ya? Keren kalo turun drag race lawan mesin kd atau 4n15 hahaha
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2079
- Joined: Fri Jul 25, 2008 8:04
- Location: Jakarta Barat
Re: [Review] KIA Sedona mengulang legenda
Thx om agakbonek heheh
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2079
- Joined: Fri Jul 25, 2008 8:04
- Location: Jakarta Barat
Re: [Review] KIA Sedona mengulang legenda
Kalo yang ini saya belum dapat bicara banyak ya om, karena menurut info yang saya dapat seperti itu. Kalo dilihat yang spec luar semuanya ada tapi memang tidak ada tombol On/Off-nya. Dari yang sudah saya coba dan pastikan: Hill-start assist ada, VSC saya belum coba karena blm pernah nyoba slalom pake mobil ini wkwk.
erwinign wrote: Wed Jul 18, 2018 17:10 Di video 1st drive otodriver kok dibilangi ndak ada VSA-TRC ya? Apa udah paten fiturnya (auto ON) kaya yg dibilang om vim?
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 53
- Joined: Mon Feb 29, 2016 4:15
Re: [Review] KIA Sedona mengulang legenda
Istimewa koleksinya um, saya masih miara yang diesel gen 1 nya.. btw mau nanya untuk sedona v6 ada yang tanpa o2 sensor itu tahun berapa ya um?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2079
- Joined: Fri Jul 25, 2008 8:04
- Location: Jakarta Barat
Re: [Review] KIA Sedona mengulang legenda
Thanx om 444,
o2 sensor maksudnya apa ya om? sorry ngga ngerti nih hehehe
o2 sensor maksudnya apa ya om? sorry ngga ngerti nih hehehe
444 wrote: Thu Jul 19, 2018 1:21 Istimewa koleksinya um, saya masih miara yang diesel gen 1 nya.. btw mau nanya untuk sedona v6 ada yang tanpa o2 sensor itu tahun berapa ya um?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1060
- Joined: Tue Aug 20, 2013 8:41
Re: [Review] KIA Sedona mengulang legenda
Belum ada momongan nanti deh kalau momongan banyak boleh beli..
Itupun rencana kalau sy pindah keluar sy beli sedona.. hehehehe..
Sekarang naik tucson diesel dulu, baru beli.. emang rata rata korean cars kalau di piara awet n enak..
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Wed Jul 18, 2018 15:15
Re: [Review] KIA Sedona mengulang legenda
Om vim, kalo punya budget 600 jt buat beli mpv yg nyaman krn mau diisi sama orangtua, menurut om vim mending beli alphard second atau grand sedona ya? Secara di garasi om vim kan dua2 udah ada tuh hehe..
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 28
- Joined: Sat Feb 04, 2017 7:07
Re: [Review] KIA Sedona mengulang legenda
Wah terima kasih penjelasannya om. Kemarin ini memang saya testdrive hanya di tol saja (dr dealer pasteur ke kbp), tarikannya memang kalem, tau2 sdh 140kpj dan penumpang (3 dewasa, 2 anak) tdk sadar sdh lari segitu mereka tenang2 saja dan di kecepatan segini sedona ini jauh lebih silent drpd cx5 fl, amazing.vim wrote: Wed Jul 18, 2018 17:24 Benar om similikiti, selalu aja ada fitur yang dipangkas hiks.. Kalo untuk torsi buat saya sebaliknya ya om, ini torsinya besar sekali, saya sering jalan dengan muatan 5 orang (2 dewasa, 3 anak) dan tanpa menonaktifkan ECO Mode menurut saya torsinya sudah sangat besar untuk tarikan dan tanjakan. Saya compare dengan Ford Escape 3.0L V6, Mini Cooper dan Merc W203 C240 Sport. Walaupun torsi masih dibawah W203 tapi, sepanjang saya pakai mobil ini kalo udah narik di tol ngeri om langsung melesat (ini bukan hanya teori ya om), untuk tanjakan tanpa sengaja kebetulan sudah pernah saya gunakan ditanjakan cukup curam di puncak dan tanpa mematikan AC, mobil ini dapat menanjak tanpa hambatan heheh. Yang diesel ini seharusnya seirama untuk tenaganya ya, blm sempat coba hehe.
similikiti wrote: Fri Jul 13, 2018 12:12 https://autonetmagz.com/kia-grand-sedon ... 018/69971/
Menurut autonetmagz bakal launching 18 juli...
Grill barunya mantap![]()
8speed auto![]()
450nm of torque![]()
HU touch screen 7 inch & wireless charging(tp sayangnya infinity audionya ga include lg
)
Tp eniwei tetep mantap ni mobil. Sempet test drive yg bensinnya bbrp minggu yll, cmn ngerasa torsinya seperti kurang, nah yg diesel ini pasti enak banget dipake roadtrip, jauh jauh nanjak nanjak nda masalah hoho.
Mungkin karena karakter tarikannya kalem jadi saya pikir torsinya kurang (soalnya sy bandingin sama cx5 yg meledak2 torsi nya di putaran tengah, hehe


Oya, 1 hal yg sy notice pas test jd penumpang di baris ke 2, dr daerah belakang pintu geser muncul bunyi kriet kriet pas lg jalan bergelombang, apa di unit om vim gitu jg ato pas kebetulan unit testdrivenya yg lemon ya?
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: [Review] KIA Sedona mengulang legenda
Knp baru baca review ini skrg... hahahaha... ngiler liatnya. Nyenengin. Nice review om... masih miara Sedona gen.1 dulu juga yak.
Grand Sedona ini styling nya macem big MPV di Amerika sana.
Gambot banget, tapi nyenengin liatnya. Macem Odyssey di USA juga modelnya van gemuk panjang gini. Lbh enak dari liat Alphard atau Elgrand yang terlalu kotak dan terkesan kayak APV/Luxio dimewahin... as always, I'm a fan of mobil "nanggung", nggak kotak-kotak banget juga nggak low-slung banget.
Harga kurang dari 1/2 nya Alphard (sama-sama V6 3.3 vs 3.5) ... kemewahan kalah tapi space menang dan road presence g beda jau... klo diliat sekilas orang lbh ngelirik ini daripada Alphard kali
Grand Sedona ini styling nya macem big MPV di Amerika sana.
Gambot banget, tapi nyenengin liatnya. Macem Odyssey di USA juga modelnya van gemuk panjang gini. Lbh enak dari liat Alphard atau Elgrand yang terlalu kotak dan terkesan kayak APV/Luxio dimewahin... as always, I'm a fan of mobil "nanggung", nggak kotak-kotak banget juga nggak low-slung banget.
Harga kurang dari 1/2 nya Alphard (sama-sama V6 3.3 vs 3.5) ... kemewahan kalah tapi space menang dan road presence g beda jau... klo diliat sekilas orang lbh ngelirik ini daripada Alphard kali

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: [Review] KIA Sedona mengulang legenda
Nanti kalo Indonesia udah bisa tampil di Worldcup .......wkwkwkwkkwkmartinnn wrote:duo kroya kapan mau serius di idm... bukalah fasilitas ckd
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 171
- Joined: Sat Jan 30, 2016 13:26
- Location: Serang, BANTEN
- Daily Vehicle: ISUZUMUX
Re: [Review] KIA Sedona mengulang legenda
Waw... GIIAS 2018 esok banyak pendatang 

-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: [Review] KIA Sedona mengulang legenda
Entah kebetulan ?
Hyundai punya pabrik di negara nya Putin / Samba & Tequila country
Hyundai punya R&D di negara Der Panzerrr
Hyundai kolaborasi ama Michelin develop ban utk mobil listrik......Les Bleus country
Di Uni Eropa sih mereka all out jualan
Hyundai suka ikut Relly di negara Tango
Gak heran Hyundai sering jadi sponsor FIFA ?
ekekekekkekekeke
Hyundai punya pabrik di negara nya Putin / Samba & Tequila country
Hyundai punya R&D di negara Der Panzerrr
Hyundai kolaborasi ama Michelin develop ban utk mobil listrik......Les Bleus country
Di Uni Eropa sih mereka all out jualan
Hyundai suka ikut Relly di negara Tango
Gak heran Hyundai sering jadi sponsor FIFA ?
ekekekekkekekeke
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1112
- Joined: Wed Mar 15, 2017 9:14
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Yamaha
Re: [Review] KIA Sedona mengulang legenda
di serial TV The Walking Dead juga banyak pake mobil Hyundai Om,Turboman wrote: Thu Jul 19, 2018 4:27 Entah kebetulan ?
Hyundai punya pabrik di negara nya Putin / Samba & Tequila country
Hyundai punya R&D di negara Der Panzerrr
Hyundai kolaborasi ama Michelin develop ban utk mobil listrik......Les Bleus country
Hyundai suka ikut Relly di negara Tango
Gak heran Hyundai sering jadi sponsor FIFA ?
ekekekekkekekeke
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2899
- Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
- Location: Jabodetabek
- Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: [Review] KIA Sedona mengulang legenda
Jadi spt nya grup H & K ini menyasar market2 yg
- Dalam kurun waktu tertentu mobil akan dibuang
- Daya beli kuat
- Market yg gak butuh model2 spesifik (kecuali potensi market sgt besar sekali)
- Mrk lebih suka develop 1 model tapi bisa dijual di byk negara
Lah Indonesia yg senengnya LMPV 7 seater / model2 spesifik yg belum tentu populer di negara lain
wkwkwkkwkwk
CMIIW
- Dalam kurun waktu tertentu mobil akan dibuang
- Daya beli kuat
- Market yg gak butuh model2 spesifik (kecuali potensi market sgt besar sekali)
- Mrk lebih suka develop 1 model tapi bisa dijual di byk negara
Lah Indonesia yg senengnya LMPV 7 seater / model2 spesifik yg belum tentu populer di negara lain
wkwkwkkwkwk
CMIIW
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2079
- Joined: Fri Jul 25, 2008 8:04
- Location: Jakarta Barat
Re: [Review] KIA Sedona mengulang legenda
Siap om heheh
vp920b wrote: Thu Jul 19, 2018 2:22Belum ada momongan nanti deh kalau momongan banyak boleh beli..
Itupun rencana kalau sy pindah keluar sy beli sedona.. hehehehe..
Sekarang naik tucson diesel dulu, baru beli.. emang rata rata korean cars kalau di piara awet n enak..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2079
- Joined: Fri Jul 25, 2008 8:04
- Location: Jakarta Barat
Re: [Review] KIA Sedona mengulang legenda
wkwk thx om Kelana13,
Kalo buat saya pribadi vote untuk Grand Sedona om, kalo memang fokusnya kenyamanan ya. Alphard sudah pindah pemilik om hehehe, buat saya pribadi soal kenyamanan Alphard jauh dibawah Grand Sedona. Mungkin banyak orang tidak percaya, tapi silahkan dibuktikan sendiri
Kalo buat saya pribadi vote untuk Grand Sedona om, kalo memang fokusnya kenyamanan ya. Alphard sudah pindah pemilik om hehehe, buat saya pribadi soal kenyamanan Alphard jauh dibawah Grand Sedona. Mungkin banyak orang tidak percaya, tapi silahkan dibuktikan sendiri

Kelana13 wrote: Thu Jul 19, 2018 2:50 Om vim, kalo punya budget 600 jt buat beli mpv yg nyaman krn mau diisi sama orangtua, menurut om vim mending beli alphard second atau grand sedona ya? Secara di garasi om vim kan dua2 udah ada tuh hehe..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2079
- Joined: Fri Jul 25, 2008 8:04
- Location: Jakarta Barat
Re: [Review] KIA Sedona mengulang legenda
Iya benar om, makanya saran saya harus tahan emosi kalo di tol hehe. Soal kedap suara, mobil ini jauh di atas New Alphard. Alphard suara gelinding ban masih terdengar kalo kita duduk di tengah/belakang, yang ini benar2 kedap.
Iya om, karakter kalem itu kalo saya baca2 sebenarnya dari teknologi mesin Lambda-nya yang membuat pembakarannya lebih stabil dan direct. Dia punya dual CVVT juga, mungkin mirip dual clutch ya CMIIW. Kalo di kick down baru deh raungannya bisa buat jantung ketinggalan hehehe. Kalo memang medannya lebih banyak road-trip apalagi tanjakan, CRDi memang jadi pilihan sepertinya ya om, torsinya jauh lebih besar.
Sampai saat ini saya pakai belum pernah ada bunyi kriet2 itu om. Bisa dicheck jg apakah bunyinya dari kursi yang kurang klik atau ada barang/belt yang terjepit atau dari spot lainnya. Kebetulan saya sangat detail untuk bunyi2an ini, jadi apabila muncul pasti saya penasaran hehee. Seperti Sedona LS saya yang lama, kalo keluar bunyi baik dipintu geser atau suspensi, saya usahakan ke beres untuk check dan perbaiki. Mungkin saya agak sedikit freak soal bunyi2an ini ya, pengen nyaman walaupun mobil udah berumur hehehe.
Iya om, karakter kalem itu kalo saya baca2 sebenarnya dari teknologi mesin Lambda-nya yang membuat pembakarannya lebih stabil dan direct. Dia punya dual CVVT juga, mungkin mirip dual clutch ya CMIIW. Kalo di kick down baru deh raungannya bisa buat jantung ketinggalan hehehe. Kalo memang medannya lebih banyak road-trip apalagi tanjakan, CRDi memang jadi pilihan sepertinya ya om, torsinya jauh lebih besar.
Sampai saat ini saya pakai belum pernah ada bunyi kriet2 itu om. Bisa dicheck jg apakah bunyinya dari kursi yang kurang klik atau ada barang/belt yang terjepit atau dari spot lainnya. Kebetulan saya sangat detail untuk bunyi2an ini, jadi apabila muncul pasti saya penasaran hehee. Seperti Sedona LS saya yang lama, kalo keluar bunyi baik dipintu geser atau suspensi, saya usahakan ke beres untuk check dan perbaiki. Mungkin saya agak sedikit freak soal bunyi2an ini ya, pengen nyaman walaupun mobil udah berumur hehehe.
similikiti wrote: Thu Jul 19, 2018 3:05Wah terima kasih penjelasannya om. Kemarin ini memang saya testdrive hanya di tol saja (dr dealer pasteur ke kbp), tarikannya memang kalem, tau2 sdh 140kpj dan penumpang (3 dewasa, 2 anak) tdk sadar sdh lari segitu mereka tenang2 saja dan di kecepatan segini sedona ini jauh lebih silent drpd cx5 fl, amazing.vim wrote: Wed Jul 18, 2018 17:24 Benar om similikiti, selalu aja ada fitur yang dipangkas hiks.. Kalo untuk torsi buat saya sebaliknya ya om, ini torsinya besar sekali, saya sering jalan dengan muatan 5 orang (2 dewasa, 3 anak) dan tanpa menonaktifkan ECO Mode menurut saya torsinya sudah sangat besar untuk tarikan dan tanjakan. Saya compare dengan Ford Escape 3.0L V6, Mini Cooper dan Merc W203 C240 Sport. Walaupun torsi masih dibawah W203 tapi, sepanjang saya pakai mobil ini kalo udah narik di tol ngeri om langsung melesat (ini bukan hanya teori ya om), untuk tanjakan tanpa sengaja kebetulan sudah pernah saya gunakan ditanjakan cukup curam di puncak dan tanpa mematikan AC, mobil ini dapat menanjak tanpa hambatan heheh. Yang diesel ini seharusnya seirama untuk tenaganya ya, blm sempat coba hehe.
Mungkin karena karakter tarikannya kalem jadi saya pikir torsinya kurang (soalnya sy bandingin sama cx5 yg meledak2 torsi nya di putaran tengah, hehe), tapi it's good to know kl torsinya besar & cukup saat tanjakan (sebab kemarin ga sempet test pas tanjakan)
, sebab emang use-case saya (kl jd ambil sedona later this year) utk roadtrip (non-tol) yg lebih butuh torsi guede drpd hp gede... tp di 1 sisi v6 3.3L 270 HP it's so tempting, but on the other side 2.2L crdi 440nm also bikin galau hahaha...
Oya, 1 hal yg sy notice pas test jd penumpang di baris ke 2, dr daerah belakang pintu geser muncul bunyi kriet kriet pas lg jalan bergelombang, apa di unit om vim gitu jg ato pas kebetulan unit testdrivenya yg lemon ya?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2079
- Joined: Fri Jul 25, 2008 8:04
- Location: Jakarta Barat
Re: [Review] KIA Sedona mengulang legenda
thx om ChZ,
hehe, iya om dulu sih mimpinya pengen punya mobil perang tapi yang nyaman juga, makanya bela2in belajar deh tentang mahluk yang satu ini hehehe. Sampai sekarang tetap masih cinta sama Sedona LS tua ini om, power ok, comfort ok, jadi mobil perangpun ok
Kalo yang di US mirip sama Chrysler Pacifica om. hehehe
FYI, Alphard yang 3.5Q udah 1,7M om bukan setengahnya lagi sudah 1/3-nya kurang lebih hehehe. Kalo buat saya memang prefer ini dibanding Alphard heheh
hehe, iya om dulu sih mimpinya pengen punya mobil perang tapi yang nyaman juga, makanya bela2in belajar deh tentang mahluk yang satu ini hehehe. Sampai sekarang tetap masih cinta sama Sedona LS tua ini om, power ok, comfort ok, jadi mobil perangpun ok
Kalo yang di US mirip sama Chrysler Pacifica om. hehehe
FYI, Alphard yang 3.5Q udah 1,7M om bukan setengahnya lagi sudah 1/3-nya kurang lebih hehehe. Kalo buat saya memang prefer ini dibanding Alphard heheh
ChZ wrote: Thu Jul 19, 2018 3:37 Knp baru baca review ini skrg... hahahaha... ngiler liatnya. Nyenengin. Nice review om... masih miara Sedona gen.1 dulu juga yak.
Grand Sedona ini styling nya macem big MPV di Amerika sana.
Gambot banget, tapi nyenengin liatnya. Macem Odyssey di USA juga modelnya van gemuk panjang gini. Lbh enak dari liat Alphard atau Elgrand yang terlalu kotak dan terkesan kayak APV/Luxio dimewahin... as always, I'm a fan of mobil "nanggung", nggak kotak-kotak banget juga nggak low-slung banget.
Harga kurang dari 1/2 nya Alphard (sama-sama V6 3.3 vs 3.5) ... kemewahan kalah tapi space menang dan road presence g beda jau... klo diliat sekilas orang lbh ngelirik ini daripada Alphard kali![]()