Selamat siang buat SMer's semua ...
To the point aja , mobil perang saya (GD3 i-DSI m/t) sudah hampir menyentuh KM 200.000.
Saat ini di bagian mesin sudah ada rembesan oli. Berhubung untuk ganti packing mesin pasti turun mesin total, maka jadi kepikiran sekalian untuk porting-polish
Yang menjadi pertanyaan adalah :
- Apakah P&P tanpa Unichip Dastek hasilnya lumayan significant (dibanding stock engine) ?
- Apakah FC setelah P&P tanpa Unichip akan boros ? Dgn asumsi kaki sopan tanpa bejek di jalanan
Saya paham bila P&P + Unichip adalah solusi terbaik untuk hasil significant (Power naik, setel irit pun bisa)
Masalahnya, saya saat ini tidak merasa mobil under-power yang butuh menaikkan power mesin
Intinya, apabila P&P tanpa Unichip kenaikan power sudah terasa maka saya tidak perlu dana tambahan buat instal Unichip tsb.
Mohon dibantu masukan dan pencerahannya ... terutama yang sudah pernah porting polish.
Terima kasih
Porting Polish tanpa Unichip
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1312
- Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1316
- Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51
Re: Porting Polish tanpa Unichip
- Apakah P&P tanpa Unichip Dastek hasilnya lumayan significant (dibanding stock engine) ?
ya, walau ga optimal.
- Apakah FC setelah P&P tanpa Unichip akan boros ? Dgn asumsi kaki sopan tanpa bejek di jalanan
tergantung perhitungan pnp nya
ya, walau ga optimal.
- Apakah FC setelah P&P tanpa Unichip akan boros ? Dgn asumsi kaki sopan tanpa bejek di jalanan
tergantung perhitungan pnp nya
Smileage lebih penting dari mileage 

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5951
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Porting Polish tanpa Unichip
Pasti ada penngkatan om, tapi mungkin kurang maksimal.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 520
- Joined: Thu Jan 12, 2017 2:11
Re: Porting Polish tanpa Unichip
Selama pnp nya dilakukan dengan bener, hasilnya pasti berasa kok, dan bensin kudunya sih malah lebih irit kalo tenaga naik selama fuel management ga diotak atik
2011 Hyundai ix35
2001 BMW E39 530i
2001 BMW E39 530i
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1464
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Re: Porting Polish tanpa Unichip
Hasil pasti terasa beda karena kondisi awal mobil yang sudah menurun performanya. Lalu di ganti part baru, dibersihkan dan PnP tapi naiknya hanya sekitar 5% dari standar kondisi baru, bukan kondisi sekarang.
-
- SM Specialist
- Posts: 2794
- Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup
Re: Porting Polish tanpa Unichip
PnP itu one way ticket. Sekali salah,... Gutbai,... Spt ketika FRD ditinggalkan vespa,... 

FWD + FWD + 4WD + 4WD = 

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1312
- Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59
Re: Porting Polish tanpa Unichip
Iya Oom , F/C semestinya tergantung gain yang diraih di rentang power band yang mana dan perhitungan rumus portingnyapendoli wrote: Fri Jul 13, 2018 6:01 - Apakah P&P tanpa Unichip Dastek hasilnya lumayan significant (dibanding stock engine) ?
ya, walau ga optimal.
- Apakah FC setelah P&P tanpa Unichip akan boros ? Dgn asumsi kaki sopan tanpa bejek di jalanan
tergantung perhitungan pnp nya
Betul sekali Oom ... dan celakanya Unichip Dastek cukup menguras kantong
Setuju ... mknya mesti cari tunner yang qualified.efact wrote: Fri Jul 13, 2018 6:42 Selama pnp nya dilakukan dengan bener, hasilnya pasti berasa kok, dan bensin kudunya sih malah lebih irit kalo tenaga naik selama fuel management ga diotak atik
Untuk F/C tidak berharap banyak, selama AFR & parameter lainnya belum dijamah Unichip. At least tidak berubah banyak gak masalah.
5% kedengarannya sangat logis, walaupun ada bengkel yang sesumbar peningkatan sampai 20% (terlalu bombastis)Pugman wrote: Fri Jul 13, 2018 7:06 Hasil pasti terasa beda karena kondisi awal mobil yang sudah menurun performanya. Lalu di ganti part baru, dibersihkan dan PnP tapi naiknya hanya sekitar 5% dari standar kondisi baru, bukan kondisi sekarang.
Semua berbalik lagi bentuk port dari masing2 mesin. Infonya untuk swift, ANGL gain gak banyak karena dari sananya sudah cukup bagus. Grandis katanya cukup significant peningkatannya.
Mending one way ticket daripada russian roulette Oom ...b8099ok wrote: Fri Jul 13, 2018 7:24 PnP itu one way ticket. Sekali salah,... Gutbai,... Spt ketika FRD ditinggalkan vespa,...![]()
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1239
- Joined: Mon Nov 16, 2009 6:20
- Location: Surabaya
Re: Porting Polish tanpa Unichip
ngakak gw, vespa frd di bawa toh sampe ke forum.b8099ok wrote: Fri Jul 13, 2018 7:24 PnP itu one way ticket. Sekali salah,... Gutbai,... Spt ketika FRD ditinggalkan vespa,...![]()
-
- SM Specialist
- Posts: 2794
- Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1312
- Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59
Re: Porting Polish tanpa Unichip
Mari lanjuuuuttt ...
Berdasarkan gambar2 tersebut ada beberapa titik yang menyumbang hambatan besar terjadinya laminer flow
Terutama di valve seat, tapi anehnya ada tuner yang bilang 3 angle valve job itu tidak perlu untuk porting mobil daily use.
Apakah ini karena pekerjaan 3 angle valve butuh tingkat presisi yang tinggi sehingga tuner males mengerjakan ? atau karena makan waktu (mestinya tidak karena pakai CNC). Atau takut resiko kebocoran di sekitar valve seat tersebut ?
Monggo dibantu pencerahannya ...
Terima kasih
Berdasarkan gambar2 tersebut ada beberapa titik yang menyumbang hambatan besar terjadinya laminer flow
Terutama di valve seat, tapi anehnya ada tuner yang bilang 3 angle valve job itu tidak perlu untuk porting mobil daily use.
Apakah ini karena pekerjaan 3 angle valve butuh tingkat presisi yang tinggi sehingga tuner males mengerjakan ? atau karena makan waktu (mestinya tidak karena pakai CNC). Atau takut resiko kebocoran di sekitar valve seat tersebut ?
Monggo dibantu pencerahannya ...
Terima kasih
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.