Setir Livina

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03

Post by ichsan_n »

Huaaaakkkk... hikk.. hik.. tuhh kann.. pantesan perasaan gw kaga enak huhuhuh.. duh apalagi sih yang dipangkas? active streering di jazz or city ada ngga yah? pokoknya untuk dimobil dibawah 180jt merek apa aja yang udah ada active sterringnya untuk kelas mobil keluarga.
xboy wrote: Pendapat saya sih belum ada ya active steering ini :roll: Fitur ini kan termasuk fitur yang "laku" dijual dan harusnya tercetak di brosurnya, dan sptnya saya blm nemu di brosurnya Livi.
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

Tunggu, tunggu.. ada yang perlu diluruskan.

Kalau 'Active Steering' dari BMW, fungsinya untuk mengubah turning ratio dari steering wheel, bukan bertambah berat/ringan tergantung kecepatan.

Pada Active Steering, pada kecepatan rendah, ratio besar sehingga hanya dengan memutar stir sedikit, sudah berbelok banyak. Sebaliknya pada kecepatan tinggi, ratio menjadi kecil, sehingga memutar stir sedikit hanya berbelok sedikit pula. Fitur ini demi safety pada kecepatan tinggi dan convenience untuk parkir, misalnya.

Kalau stir bertambah ringan/berat tergantung kecepatan, bukan disebut active steering. Hanya tinggal diatur variable power steeringnya..
ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03

Post by ichsan_n »

aktive steering ini bentuknya berupa modul atau alat tambahan? masalahnya mungkin yang beli livina belum banyak tahu apakah ini ada atau tidak.. dan gw sendiri sih.. udah pesimis kalo ini ada di livina.. wong kebanyakan dipangkas kok.... lagipula ngga ada yang komplein masalah stir ini karena karena udah pusing sama indendnya kali yak hahahaha.. like i said.. dijalanan aja belum banyak, masih terlena sama indend jadinya mungkin ngga merhatiin detail2nya..

makanya disini ada yang tahu ngga kalau fitur "lambat=enteng, ngebut=berat" ini sudah ada ngga pada livina? atau kalaupun ada apakah perlu diatur lagi variable PS nya di bengkel karena belum disetel dgn appropriate? atau mengatur ini merusak garansi dan ECU lagi kahhh roonney? safety nih! kalo ngga bisa waduhh.. speachless deh gw...


conan wrote:Tunggu, tunggu.. ada yang perlu diluruskan.

Kalau 'Active Steering' dari BMW, fungsinya untuk mengubah turning ratio dari steering wheel, bukan bertambah berat/ringan tergantung kecepatan.

Pada Active Steering, pada kecepatan rendah, ratio besar sehingga hanya dengan memutar stir sedikit, sudah berbelok banyak. Sebaliknya pada kecepatan tinggi, ratio menjadi kecil, sehingga memutar stir sedikit hanya berbelok sedikit pula. Fitur ini demi safety pada kecepatan tinggi dan convenience untuk parkir, misalnya.

Kalau stir bertambah ringan/berat tergantung kecepatan, bukan disebut active steering. Hanya tinggal diatur variable power steeringnya..
xboy
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Fri Mar 23, 2007 4:00

Post by xboy »

Bejiau wrote:
xboy wrote:omong2 soal setir GL ....

Ada yg merasa gak setir GL itu agak terlalu ke kanan, atau justru kursinya yg rada kebanyakan ke arah kiri (ke tengah - arah console).

Jadi berasa tidak "center" dgn posisi kursi driver.
Iya saya juga merasakan hal sama saat pertama kali TD. Inget saya dulu saya pernah soal ini tapi mungkin kaga ada yg engeh. Jadi waktu saya cuma perasaan saya sendiri yang lagi kurang beres, sekarang ternyata ada yg merasakan hal yg sama ya. Waktu TD itu saya mikir kalo nyetir lama beberapa jam bisa jadi pegel kaga ya?
Sy pernah nyetir ke luar kota sekitar 2.5 jam.
Punggung agak aneh rasanya, mungkin karena posisinya agak miring karena setir yg gak center itu.
ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03

Post by ichsan_n »

ohh gini xboy.. kalo stir miring tuh ada aturannya emang.. lain kali pas nyetir GL jangan lupa sangkutin handuk di leher juga... coba deh.. pasti kaga pegel.. ahahahahah... mikrolet.
xboy wrote:
Bejiau wrote:
xboy wrote:omong2 soal setir GL ....

Ada yg merasa gak setir GL itu agak terlalu ke kanan, atau justru kursinya yg rada kebanyakan ke arah kiri (ke tengah - arah console).

Jadi berasa tidak "center" dgn posisi kursi driver.
Iya saya juga merasakan hal sama saat pertama kali TD. Inget saya dulu saya pernah soal ini tapi mungkin kaga ada yg engeh. Jadi waktu saya cuma perasaan saya sendiri yang lagi kurang beres, sekarang ternyata ada yg merasakan hal yg sama ya. Waktu TD itu saya mikir kalo nyetir lama beberapa jam bisa jadi pegel kaga ya?
Sy pernah nyetir ke luar kota sekitar 2.5 jam.
Punggung agak aneh rasanya, mungkin karena posisinya agak miring karena setir yg gak center itu.
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Post by ZombiEE »

salam kenal semua..
bung testarossa....IMO..mgkn aza tidak dicetak itu fitur sama NMI...
ini pengalaman gw sendiri...xtrail itu system TBW(throttle by wire) tapi tidak d sebut2 tuh..kl dulu CRV 2.4 pertama ada kan d sebut2 d media..apalagi Innova..hehehe...
is there a possibility kl NMI itu laying down low?hahah
testarossa
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 62
Joined: Wed Apr 11, 2007 9:52

Post by testarossa »

conan wrote:Tunggu, tunggu.. ada yang perlu diluruskan.

Kalau 'Active Steering' dari BMW, fungsinya untuk mengubah turning ratio dari steering wheel, bukan bertambah berat/ringan tergantung kecepatan.

Pada Active Steering, pada kecepatan rendah, ratio besar sehingga hanya dengan memutar stir sedikit, sudah berbelok banyak. Sebaliknya pada kecepatan tinggi, ratio menjadi kecil, sehingga memutar stir sedikit hanya berbelok sedikit pula. Fitur ini demi safety pada kecepatan tinggi dan convenience untuk parkir, misalnya.

Kalau stir bertambah ringan/berat tergantung kecepatan, bukan disebut active steering. Hanya tinggal diatur variable power steeringnya..
thanks pencerahannya Bung Conan :e-clap: ...baru ngerti saya...

berarti klo variable power steering itu simple ya jadi mungkin dah ada di Livi dan mungkin karena fiturnya sudah "umum" jadinya ga perlu dicantumin di brosurnya.

O ya soal yang setir rada ga center itu, kemaren minggu kebetulan nempuh Bandung - Purwakarta via Cipularang , Purwakarta - Bandung via Subang total 200 km ga pegel2 tuh, dan klo sy perhatiin teliti sepertinya posisi setir justru ke kiri dikiiiiiiiiiiiiiiiiiittt banget dari posisi jok... :roll:
hunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 991
Joined: Mon May 08, 2006 7:32

Post by hunter »

mungkin fitur2 yg terlalu teknis n bisa menimbulkan kesalahpahaman n pd akhirnya keragu2an pd pembeli, lebih baik gak usah dipromosikan. buktinya stlah test drive, setirnya enteng, pd takut, ntar kalo jalan kenceng setirnya "bahaya" donk.... :)
ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03

Post by ichsan_n »

Jadi? tapi menurut info dari orang milis livina yang udah pada pake, kalo kecepatan 100 stirnya sih jadi agak2 berat jg.. masih ringan, tapi ngga seringan jalan pelan.. ada yang udah pernah rasakan jg?
hunter wrote:mungkin fitur2 yg terlalu teknis n bisa menimbulkan kesalahpahaman n pd akhirnya keragu2an pd pembeli, lebih baik gak usah dipromosikan. buktinya stlah test drive, setirnya enteng, pd takut, ntar kalo jalan kenceng setirnya "bahaya" donk.... :)
hunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 991
Joined: Mon May 08, 2006 7:32

Post by hunter »

ichsan_n wrote:Jadi? tapi menurut info dari orang milis livina yang udah pada pake, kalo kecepatan 100 stirnya sih jadi agak2 berat jg.. masih ringan, tapi ngga seringan jalan pelan.. ada yang udah pernah rasakan jg?
hunter wrote:mungkin fitur2 yg terlalu teknis n bisa menimbulkan kesalahpahaman n pd akhirnya keragu2an pd pembeli, lebih baik gak usah dipromosikan. buktinya stlah test drive, setirnya enteng, pd takut, ntar kalo jalan kenceng setirnya "bahaya" donk.... :)
maksudnya bung ichsan? hehehe saya balikin.

habis bingung, saya cuman mengomentari krn bung testarosa tanya, kenapa fitur spt ini gak tercantum pd brosur/promosi.

soal waktu jalan cepat, masih ringan. yah jelas donk. semua mobil kalo jalannya cepat juga tambah ringan. memang seharusnya begitu. tp pd GL, kalo cepat lebih berat dr jalan lambat, tp masih ringan. ya, gak ada yg gak bener koq.... gak ada yg aneh.... *bingung*
ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03

Post by ichsan_n »

oh jadi bener yah, kalo jalan kencang stir livina akan jadi semakin berat biar aman? adohhhh unitt kuuu.. unitkuuu.. sim salabim!!! di garasi!!
hunter wrote:
ichsan_n wrote:Jadi? tapi menurut info dari orang milis livina yang udah pada pake, kalo kecepatan 100 stirnya sih jadi agak2 berat jg.. masih ringan, tapi ngga seringan jalan pelan.. ada yang udah pernah rasakan jg?
hunter wrote:mungkin fitur2 yg terlalu teknis n bisa menimbulkan kesalahpahaman n pd akhirnya keragu2an pd pembeli, lebih baik gak usah dipromosikan. buktinya stlah test drive, setirnya enteng, pd takut, ntar kalo jalan kenceng setirnya "bahaya" donk.... :)
maksudnya bung ichsan? hehehe saya balikin.

habis bingung, saya cuman mengomentari krn bung testarosa tanya, kenapa fitur spt ini gak tercantum pd brosur/promosi.

soal waktu jalan cepat, masih ringan. yah jelas donk. semua mobil kalo jalannya cepat juga tambah ringan. memang seharusnya begitu. tp pd GL, kalo cepat lebih berat dr jalan lambat, tp masih ringan. ya, gak ada yg gak bener koq.... gak ada yg aneh.... *bingung*
wardana
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 225
Joined: Thu Feb 22, 2007 4:31

Post by wardana »

Bung Avatar dan temen2 semua,

saya sudah pernah jalan keluar kota (bukan tol) karena jalanan cukup sepi waktu itu saya coba geber hampir 140 km/jam dan memang setir terasa lebih berat jadi tidak bahaya. saya gak tau apa nama fitur itu, tapi kalo active stir seperti penjelasan bung conan saya yakin gak ada. mengenai posisi stir kekiri dan pegel2 saya tidak merasakan itu. trims
NissanLovers
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 393
Joined: Thu Apr 05, 2007 5:31

Post by NissanLovers »

setelah diperhatikan secara lebih seksama,ternyata setirnya "centre". coba ubah posisi anda menjadi didepan mobil. lihat ke dalam dan perhatikan posisi setir apakah berada ditengah-tengah jok atau gesek kekiri atau ke kanan. saya sudah periksa dan posisi setirnya tidak ada gejala terlalu ke kanan.
xboy wrote: Ada yg merasa gak setir GL itu agak terlalu ke kanan, atau justru kursinya yg rada kebanyakan ke arah kiri (ke tengah - arah console).

Jadi berasa tidak "center" dgn posisi kursi driver.
[/quote]
NissanLovers
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 393
Joined: Thu Apr 05, 2007 5:31

Post by NissanLovers »

sementara taro saja brosur livinanya didalam garasi pak.:D
ichsan_n wrote:oh jadi bener yah, kalo jalan kencang stir livina akan jadi semakin berat biar aman? adohhhh unitt kuuu.. unitkuuu.. sim salabim!!! di garasi!!
ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03

Post by ichsan_n »

hahahaha... sipp.. sipp.. btw sampean ini pak ronny NMI yah? jadi gara2 suka posting unit ku di pending nih??? duhh sombongnyaaa mentang2 lagi laku, customer dibuang2 euyy..
NissanLovers wrote:sementara taro saja brosur livinanya didalam garasi pak.:D
ichsan_n wrote:oh jadi bener yah, kalo jalan kencang stir livina akan jadi semakin berat biar aman? adohhhh unitt kuuu.. unitkuuu.. sim salabim!!! di garasi!!
NissanLovers
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 393
Joined: Thu Apr 05, 2007 5:31

Post by NissanLovers »

bukan. saya bukan mr. ronny NMI. saya hanyalah orang biasa saja pak.jangan takut unitnya tidak akan diterima karena unit bapak sedang akan dibuat.:D
ichsan_n wrote:hahahaha... sipp.. sipp.. btw sampean ini pak ronny NMI yah? jadi gara2 suka posting unit ku di pending nih??? duhh sombongnyaaa mentang2 lagi laku, customer dibuang2 euyy..
ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03

Post by ichsan_n »

Hasyaaahhhh... tak kiraiin sampean pak ronny.. udah seneng aja.. hahahaha.. ohh lagi dibuat? wahh thanks bro.. masalahnya susah nih kalo liviina club pada kopdar, gw doank yang bawa honda hahahahahahaha
NissanLovers wrote:bukan. saya bukan mr. ronny NMI. saya hanyalah orang biasa saja pak.jangan takut unitnya tidak akan diterima karena unit bapak sedang akan dibuat.:D
ichsan_n wrote:hahahaha... sipp.. sipp.. btw sampean ini pak ronny NMI yah? jadi gara2 suka posting unit ku di pending nih??? duhh sombongnyaaa mentang2 lagi laku, customer dibuang2 euyy..
NissanLovers
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 393
Joined: Thu Apr 05, 2007 5:31

Post by NissanLovers »

sabar. saya juga kalau kopdar sering naek angkot. atau malah jalan kaki. maklum tebengannya jarang yang searah.
ichsan_n wrote:Hasyaaahhhh... tak kiraiin sampean pak ronny.. udah seneng aja.. hahahaha.. ohh lagi dibuat? wahh thanks bro.. masalahnya susah nih kalo liviina club pada kopdar, gw doank yang bawa honda hahahahahahaha
ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03

Post by ichsan_n »

Btw "sedang akan" itu bulan keberapa yak? hahahahah
NissanLovers wrote:bukan. saya bukan mr. ronny NMI. saya hanyalah orang biasa saja pak.jangan takut unitnya tidak akan diterima karena unit bapak sedang akan dibuat.:D
ichsan_n wrote:hahahaha... sipp.. sipp.. btw sampean ini pak ronny NMI yah? jadi gara2 suka posting unit ku di pending nih??? duhh sombongnyaaa mentang2 lagi laku, customer dibuang2 euyy..
User avatar
sputnik
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 32
Joined: Sat Apr 10, 2010 13:37

Re:

Post by sputnik »

wardana wrote:Bung Avatar dan temen2 semua,

saya sudah pernah jalan keluar kota (bukan tol) karena jalanan cukup sepi waktu itu saya coba geber hampir 140 km/jam dan memang setir terasa lebih berat jadi tidak bahaya. saya gak tau apa nama fitur itu, tapi kalo active stir seperti penjelasan bung conan saya yakin gak ada. mengenai posisi stir kekiri dan pegel2 saya tidak merasakan itu. trims

itung itung nge UP sambil melengkapi yg kurang......

fitur tsb di atas setau saya namanya EPS alias ELECTRONIC POWER STEERING.... CMIIW
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4630
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Setir Livina

Post by Profith83 »

Setahu saya yah ...
Kebetulan saya punya Innova dan GL

Innova memang kecepatan rendah setirnya berat, tetapi begitu kecepatan tinggi malah ringan sehingga bahaya
Sedangkan GL kecepatan rendah enak setirnya ringan jadi bisa manuver dengan lincah, semakin tinggi kecepatan semaki berat setirnya.

Nah lebih bahaya yang mana ? semakin kecepatan tinggi semakin berat atau semakin ringan ?

Tetapi 2-2 nya kalau kecepatan diatas 150 KM/jam juga kurang gigit di jalan kecuali telapak bannya dilebarin

Kalau mau kecepatan 160 masih gigit di jalan yah gak bisa mobil dengan harga dibawah 200 jt, harus yang 380-400 jt an ... yaitu Pajero Sport, CRV, ...
User avatar
Xous
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1239
Joined: Mon Nov 16, 2009 6:20
Location: Surabaya

Re: Re:

Post by Xous »

sputnik wrote:
wardana wrote:Bung Avatar dan temen2 semua,

saya sudah pernah jalan keluar kota (bukan tol) karena jalanan cukup sepi waktu itu saya coba geber hampir 140 km/jam dan memang setir terasa lebih berat jadi tidak bahaya. saya gak tau apa nama fitur itu, tapi kalo active stir seperti penjelasan bung conan saya yakin gak ada. mengenai posisi stir kekiri dan pegel2 saya tidak merasakan itu. trims

itung itung nge UP sambil melengkapi yg kurang......

fitur tsb di atas setau saya namanya EPS alias ELECTRONIC POWER STEERING.... CMIIW

Jd inget mazda vantrend bpk sy dulu(tekno 90an spt rekan sm yg td blg), jg karimun temen sy, setau sy seh pake sensor kecepatan dgn prinsip spt saklar lampu on/off, jd pada high speed mati tuh EPS. Justru yg susah d mbl spt innova yg msh hidralus, krn pada high speed, menjadi ringan setirnya(ada solusi g y selain ganti setir). :ungg: