City dulu dipake sama nyokap, trus bokap, trus adek ane. Waktu adek ane masih hamil muda, tuh City masih dipake wara wiri sama dia, ke kantor lah, ke mall lah, dll. Pas hamilnya udah gede, dikandanginlah tuh City selama hampir 1 tahun. Adek ane tinggal sama ortu sementara ane sendiri sama mertua. Bokap ane yang ngerawat City & mobil lain di keluarga sementara ane yg ngurus BRV. Singkat cerita, suatu hari di akhir 2017, ane menemukan si City di garasi dalam kondisi yang gak ane sangka2. Dari sisi mobil kecium bau gak enak. Pas ane iseng buka kap mesin, TIKUSSSSS yang lagi nyamar jadi anak kucing lompat dari dalam engine bay.


Jadi ane mutusin ngambil tuh City dan nyimpen BRV. Dari situlah rentetan PR mulai ane kerjain satu2 yang sampe hari ini masih nggak kelar2.
PR 1: THE ELEPHANT IN THE ROOM eh… THE RAT IN THE ENGINE BAY
Ane udah khawatir ada kabel ato selang apa kek yang putus. Tapi sebelum dibawa ke BERES, ane tengsin juga sama mekanik kalo sisa2 kehidupan si tikus gak dibersihin dulu. Jadi City ane bawa dulu ke bengkel detailing langganan. Setelah ½ hari dan 500 ribu lewat, engine bay udah hampir gak bau2 lagi. Untungnya kabin sama kabel2 penting gak dijamah sama di Mickey setan… PR 2: THE NOISY FEET (PART 1)
Pas ane bawa buat bersihin dari sisa tikus, sepanjang jalan ada dengungan dari belakang. Ane gak tau apa2 soal mobil krn waktu itu blum join di SM. Jadinya ane bawalah ke beberapa bengkel luaran. Diagnosis pertama ban belakang benjol. Emang sih, ban belakangnya udah 10 taun dipake dari baru sementara ban depannya baru ganti tapi ukurannya belang ama belakang. Jadi standarnya 185-55-R15, trus diganti pake 195 50 R15 di depan. Ane bingung, kok nungging gini, mana aslinya nih mobil udah nungging dari orok lagi… Jangan2 kombinasi kedua kelainan ini yang bikin dengung.
Jadinya ane coba ganti ban dulu. Ane pecahin celengan babi ane trus ganti 4 ban pake Turanza AR20 ukuran standar di keempat bannya. Mahal emang, tapi ane pikir AR20 standarnya aja awet dipake 10 taun, jadi ya udahlah, toh ane emang mentingin durabilitas. Ban 195 nya meski masih baru 1 taun, ane sumbangin aja ke tetangga yang lagi BU biar dia yg jual. Naah, pas di ganti ban inilah mulai ada titik terang. Ternyata bearing roda belakang yang udah harus ganti soalnya pas roda diputar pake tangan, terasa geter sampe shock-nya. Ane gak ada kenalan montir jadi mau gak mau ke BERES lah ane. O ya, ganti 4 AR20 + balancing + spooring + nitrogen ane abis 4.5 jeti. Pas nyampe di BERES, ane ceritalah segala keluhan yg ane tau & diceklah tuh mobil. Selama ini bokap ane emang taunya bawa nih City ke BERES tempat belinya. Jadi dengan riwayat tersebut + keluhan terakhir, sama SA disaranin ganti bearing roda belakang 1 pasang, sekalian ganti oli perseneling karena katanya emang udah waktunya ganti. Ya udah ane iyain aja. Jadi di BERES totalnya mati 4.8 jeti lagi duit ane.
Melihat biaya jasa di BERES yg nggak masuk akal, ane putusin ganti2 oli di bengkel luaran aja deh. Ane mulai tanya kanan kiri bengkel mana yg kerjanya rapi & biayanya terjangkau. Ane cobalah salah satu bengkel tersebut buat ganti oli mesin sama coolant. Ane beli Amsoil Signature Series karna pada titik ini ane udah mulai baca2 trit di SM & langsung keracunan parah, hehehe. Jadinya digantilah oli mesin sama coolant yg ane beli di Beres. Pas udah diganti, gak taunya sekitar 4-5 kilo dari bengkel itu tau2 ngasep mobil ane, overheat. Ane telponlah, mekanik yg tadi ngerjain, namanya Pak A. Ternyata kurang coolant yg masuk. Di buku manual minta 4 liter lebih, sama dia cuman dimasukin 2 liter… ya ngaseplah tuh mesin. Kipas radiator juga gak nyala2. Gara2 ini rencana ane buat ngehindarin BERES gagal deh, soalnya mekanik ini ngarahin ane balik ke beres. Di beres dicek, ternyata sensor ECT (engine coolant temperature) longgar doang, jadi gak ada yg perlu diganti. TAPIIII yang namanya BERES, tetap aja ane disabet 73 rebu…
Hadeeuhh…
PR 3: THE SIMPLE ONES
Ada PR kecil2 yang ane kerjain sendiri, macem ganti karet wiper pake yg silikon (350rebu sepasang) , beliin toolset yang kurang2 (300rebu) , pesenin tutup towing depan yg ilang (100rb), gitu2 deh. Ane juga bawa ke bengkel detailing langganan buat interior cleaning mulai dari bawah sampe headlining dibersihin semua (800rebu). Fan belt yang udah mulai berdecit sama AC yg mulai gak dingin juga ane serahkan ke bengkel luaran lain (ane kapok ama yg sebelumnya) jadi fan belt diganti, evaporator AC dicuci (total 950 rebu). PR 4: THE NOISY FEET (PART 2)
Naah, pada tahap ini ane yang tiap hari log in ke SM udah mulai ngerti cara diagnosis masalah mobil dikit2. Ane ngerasa kakinya glodakan banget kalo jalan gak supermulus jadi ane curiga ke shockbreaker. Pas ngecek riwayat penggantian shock di BERES, ternyata gak pernah ganti sejak baru. Ya ampuun, bokap ane bener2 tau beres selama “ngerawat” nih mobil…
Jadi sekalian ane suruh periksa semua kaki2, sama sistem rem sekalian. Diagnosis: shock depan mati semua, lower arm musti ganti, tie rod sama long tie rod juga musti ganti. Oli rem musti ganti. AC harus diservis. Total DC: 12.1 jeti. Bangkrut gila ane…
PR 5: THE INCOMPETENT AC JOB
Untuk sementara ane gak mau nyentuh kaki2 dulu. Trauma ane. Trus AC yang ane pikir bakalan dingin krn udah di”servis” sama “beres” (baca: beres-engsek) tetep AC panas. Ane gambling lagi nyari bengkel AC yang kompeten. Akhirnya ketemu 1 deket rumah. Mekaniknya opa2 udah 60 taun sekaligus yg punya bengkel. Dia ngerjain AC mobil sama bis juga, jadi ane pikir harusnya bagus nih kerjaannya Jadi ane dateng tuh jam 8 pagi si opa blom selesai mandi (bengkel sekaligus rumahnya sih). Seharian dikerja, ternyata freon kurang, oli kompresor kurang, filter dryer harus ganti krn gak pernah ganti dari baru. Eeh, pas dryer mo dilepas dari kondensor, gak bisa2. Si opa sama 2 anak buahnya udah keringetan. Janji2 3 jam selesai total malah 6 jam dikerja, soalnya harus buka bemper depan buat ganti dryer sekalian kondensor, sama expansion valve. Si opa ngecas ane 2.6 jeti. AC beneran dingin sih, dan ane jauh lebih seneng “buang duit” 2.6 jeti tapi dingin daripada beres-engsek yg makan 1.1. jeti ane tapi yg dikerjain cuma nyuci blower sama evaporator…
PR 6: BODY
Satu yang bikin ane gendek banget sama perilaku bokap soal perawatan mobil tuh soal risiko karat. Jadi garasi rumah ane semi open krn ada atap tapi dinding samping terbuka jadi kalo ada ujan pasti mobil basah semua. Nah, menurut bokap gak papa tuh garasi kayak gitu. Gak papa tuh mobil basah kena ujan trus dibiarin aja kering sendiri, toh gak kelur rumah ini. Gitu logikanya… Hadeuuh…. Pas ane ngecek bener bodi mobil, korban perilaku bokap tersebut adalah pintu belakang kanan sisi dalam yang gak pernah dikeringin akhirnya mulai retak2 & ancur sedikit demi sedikit gara2 rembesan ujan yg turun lewat kaca jendela masuk ke sisi dalam pintu keluar lagi lewat lubang di bawah. Selain itu, atap mobil & bagasi ada penyok2 mini tapi banyaaak banget. Penyok mini ini gak sampe ngerusak cat sih, tapi keliatan banget kalo mobil baru dicuci. Ane curiga kucing suka mendarat di atap & kap bagasi sampe banyak penyok mininya. Akhirnya ane browsing lagi dimana bengkel body repair yg gak mahal2 amat. Akhirnya ane nemu, ane bawa, & didiagnosis perlu repaint 6 panel: bemper depan, bemper belakang, pintu 2, sama quarter panel 2. Setelah 2 minggu lewat, ane liat hasil kerjanya yah lumayanlah buat 3.5 jeti duit ane. Hasil2nya gak sesempurna yg ane mau, tapi minimal bocel2 yg paling parah udah tertangani. PR 7: SMELLY BRAKE, BROKEN ME
Pada titik ini ane udah mulai muak ngurus nih mobil. Tapi suatu pagi pas ane baru nyampe kantor, ane nyium bau kampas kebakar. Perasaan ane tadi nyetir nyante banget, tapi baunya jelas sangit kampas kebakar. Ane kelilingin si neng City, trus baunya dari ban kanan belakang, Ane pegang ban, oucchh panas banget sementara 3 ban lagi normal. Ane ke beres lagi deh…
Diagnosis: piston rem lengket. Harus ganti piston rem sama karetnya. Trus ditemukan rembes oli dari sisi mesin sama perbatasan mesin & transmisi. Saran: ganti 2 seal oli (seal panggung ama seal bulan) sama lem ulang bak oli mesin (carter oli). Ya udah, ane udah males nego. Kerjain aja dah semua. Total DC: 3.1 jeti. Yang bikin mahal gila: jasa ganti seal panggung 1.1 jeti (katanya gara2 harus turun transmisi) sementara sealnya sendiri 200 rebuan doang. Ampuuun, ampuuun…
Inilah PR terakhir yang ane kerjain di nih eneng tua. Semua tabungan ane juga udah ludes des des. Di tabungan ane tersisa duit beli bensin doang. Ane udah pinjem duit tabungan istri belasan juta lebih buat ngedanain grobak ane. Bokap ane bantu nalangin 10.8 jeti. Bokap bantu nalangin sekitar 10.7 jeti dari grand total 34.3 jeti. TIGA PULUH EMPAT JUTA RUPIAH MAAAANNN!!!!!!
Niat ane pelan2 mo bikin nih mobil jadi 100% factory standard trus gak dijual sampe nih mobil umurnya kepala 3. Soalnya ane paling seneng liat Civic bangkotan taun 70an di ol-eks, apalagi yg emblem2nya masih utuh & velg nya masih OEM.
Masih banyak PR yang nyisa:
- ganti kaca film yg udah mulai gak kuat nahan panas. Aslinya V-Kool. Mo pake V-Kool lagi 6 juta. Itu 2x gaji ane..
- ganti shock belakang. Masih glodakan. 1 Shock 800an rebu yg asli Ahond. Estimasi biaya + jasa 2 juta
- ganti lampu tombol AC. Nyari2 di toped 200 rebu. Sama ongkir ya 250-300 rebu lah. - total body repaint buat ngilangin penyok2 kecil. Kalo di beres 16 jeti. Kalo di bengkel bodi sebelumnya 13 juta. Still waaaay beyond my budget.
- karpet beludru asli Ahond 250an rebu di toped.
- ganti karpet dasar, karet lis2 jendela, trim2 plastik interior yg bocel2: ??? jeti. Masih gelap - ganti velg OEM nya, 6 palang double spoke. Blum tanya harga di Ahond. Kalo bekasan 2-4 juta/ 4 biji.
----
EPILOG (untuk saat ini...)
Kalo ente2 nanya, apakah layak ngerawat sebuah sedan 10 taun yg gak keren2 amat & gak kenceng2 amat (ini City manual, bukan Civic FD2R sodara2), maka jelas jawabannya:
T E R G A N T U N G
Kenapa ane bilang tergantung? Soalnya bagi ane layak, makanya ane bela2in kerja ini semua. Kalo buat ente mungkin gak layak. Kenapa bagi ane layak? Karena meskipun ngelawan semua logika, ini urusan emosi, man.
Ane gak pernah nyetir sampe 160 kph selain di mobil ini.
Ane gak pernah nyari2 alasan keluar rumah biar bisa nyetir selain bawa mobil ini.
Yang namanya fun to drive ane dapetin di mobil ini.
Dan yang paling penting, ane dianter kawin sama bokap nyokap ane pake mobil ini. Taun 2011 Desember tanggal 10 pagi, bokap ane jadi sopirnya nih City, nyokap di sampingnya, ane di blakang sendiri pake baju manten dengan penuh keharuan. Saat orang2 dianter manten pake limosin, pake mersi, pake mobil mentereng/ unik sana sini, ane dibawa sama ortu ane sendiri pake mobil yang mereka beli cash pertama kali. Pake sedan pertama (dan mungkin terakhir) di keluarga ane. Sedan yg ane tabrakin ke tiang rambu pas mundur di kantor nyokap beberapa minggu sebelumnya gara2 kurang konsen & kurang tidur ngurus ini itu acara pernikahan.
Jadi itulah sodara2. By any logic, spending 30+ million on a 10 years old entry level sedan is utterly irrational. Tapi nilai kelayakan itu gak bisa selalu pake logika.
That's my story with the City VTEC MT 2007. Thanks for reading this far.