Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Fookyoo wrote:
Ini sedikit banyak juga faktor dari user2 mobil juga, Om. IMHO ya.... maunya terlihat keren doang (mobil baru, dll dll). Tapi running cost ditekan segila-gilanya.
Ada beberapa temen ane bahkan mikirnya, "ah pake mobil max 4-5 tahun, nanti dijual.... kalo diisi bensin mahal terus, nanti owner berikutnya enak dong sedangkan kita yang keluar ongkos bensin mahal, buat apaan?."
Susah ngomong sama yang model begini
Itu sayah om *ngacung jari
Pake mbl paling lama 5 thn or 100k km, udah itu diganti baru sm cop perusahaan. Mobil disiksa puas2 in aja 5 thn asal jgn sampe rontok yg keliatan banget bikin nilai jual jatuh.
Gausah pikir mobil awet buat jk panjang, tahan 5 thn cukup.
Pernah jg piara mbl 5thn km cm 24rb krn males pake nya. Jual jg harganya mirip2 aja sm yg cape....
Fookyoo wrote: Fri Jul 06, 2018 5:19
Ini sedikit banyak juga faktor dari user2 mobil juga, Om. IMHO ya.... maunya terlihat keren doang (mobil baru, dll dll). Tapi running cost ditekan segila-gilanya.
Ada beberapa temen ane bahkan mikirnya, "ah pake mobil max 4-5 tahun, nanti dijual.... kalo diisi bensin mahal terus, nanti owner berikutnya enak dong sedangkan kita yang keluar ongkos bensin mahal, buat apaan?."
Susah ngomong sama yang model begini
Tp gak salah loh.. bener 5 thn ketika dijual harga jg gk beda.
jika mobil 5thn jadi 100rb KM, asumsi 1:9 km/ltr (11.111 liter Bensin)
jika selisih 3rb, sudah 33jt (lumayan buat nambahin beli model baru)
jika kredit 2thn dgn bunga 3,5% (sudah save 35jt)
hehehe....
tapi ya mesti terima kata om Crz, gk dpt potensi maximal mobil.
yah memang preference sih ane akui, ada yang memang gak minat "menikmati" mobil. Mobil hanya alat transport dari point A ke point B. That's it.
Cuma temen ane emang agak ajaib sih, bagi dia mobil sama sekali gak perlu disayang2/diurusin...... gak pernah service selama 3 tahunan sejak beli sampai dijual
IMHO makanya orang klo beli mobil yang buat operasional sehari-hari mah jangan yang kecanggihan...
apalagi, maaf ngomong, yang pake wanita... jarang ada yang mau ngerti. Pokok'e gas, mana rela duid belanja dipake beli bbm bagus. bisa yang murah kenapa yang mahal. LMPV-LCGC sekarang teknologinya udah tepat gak ada yang terlalu sophisticated jadi gak ada cerita diisi premium jarang serpis mogok. Serpisnya ganti oli doank juga jalan.
klo saya sih penikmat mobil... gregetan nyetir mobil yang gak bisa keluarin performa optimalnya hehehe... kelas avanza sekalipun... tapi avanza di rumah jg isinya pertalet, operasionalnya nyokap... haerpi adek juga kayaknya isi pertalet... ya cocok sih teknologinya sederhana semua jd gak kuatir kenapa-napa.
klo mobil yang ane pake sendiri minimal pertamak malah skrg hi-end semua mintanya (Dex dan pertabo). Berasa soalnya dua mobil ini pake bensin bagus dan enggak...
pengen tau nanti kalo semisal 5 thn lagi CRV/Civic turbo bekas emak-emak atau nonik-nonik yang ngisi pertalet terus gimana nasibnya ya...
Jadi tertarik ikut nimbrung Mobil dipake asal asalan APA diurus
Buat saya si,Karena sehari2 make Mobil sering jarak jauh,suka kecepatan tinggi Mobil wajib diurus, diservis dibengkel yg rekomen(bengkel biasa tp montir bagus)
Kasih minum BBM oktan yg sesuai, dilihat tekanan angim ban,blablabla, kilo g enak dikit dicari penyebabnya apa.
Bukannya mikir ah keenakan orang lain yg Beli Mobil ini 5thn lagi, tapi mikir keselamatan, amit2 celaka nyawa g Ada gantinya,kalau uang Masih bisa dicari.
Mobil diganti 3/4thn paling lama Jazz 5tahun Baru ganti, orang yg Beli Mobil bekas sy biasanya ngomong klo Mobil nya terawat.
Buat saya selama saya Masih pake ya Masih dirawat, ibaratnya itu kaki saya kemana mana nyari duit, Mobil terlihat kusam,klien pasti mikir beda, Mobil g enak dipake amit2 celaka , waktu yg terbuang Karena itu jauh lebih rugi dibanding maintenance cost yg saya keluarin ( saya org dagang,kalau Yang fasilitas Kantor ya mungkin pemikirannya beda)
Abangaja wrote: Fri Jul 06, 2018 7:42
Jadi tertarik ikut nimbrung Mobil dipake asal asalan APA diurus
Buat saya si,Karena sehari2 make Mobil sering jarak jauh,suka kecepatan tinggi Mobil wajib diurus, diservis dibengkel yg rekomen(bengkel biasa tp montir bagus)
Kasih minum BBM oktan yg sesuai, dilihat tekanan angim ban,blablabla, kilo g enak dikit dicari penyebabnya apa. Bukannya mikir ah keenakan orang lain yg Beli Mobil ini 5thn lagi, tapi mikir keselamatan, amit2 celaka nyawa g Ada gantinya,kalau uang Masih bisa dicari. Mobil diganti 3/4thn paling lama Jazz 5tahun Baru ganti, orang yg Beli Mobil bekas sy biasanya ngomong klo Mobil nya terawat.
Buat saya selama saya Masih pake ya Masih dirawat, ibaratnya itu kaki saya kemana mana nyari duit, Mobil terlihat kusam,klien pasti mikir beda, Mobil g enak dipake amit2 celaka , waktu yg terbuang Karena itu jauh lebih rugi dibanding maintenance cost yg saya keluarin ( saya org dagang,kalau Yang fasilitas Kantor ya mungkin pemikirannya beda)
Setuju bingit, kalo orang yang beli mbl kita dapet mobil enak jg ga rugi apa2 kita... itung2 amal baik sama orang lah. Kita pake mobil seneng karena enak terus, yang beli seneng dan rela beli tanpa nawar (krn minus-minus di mobil biasanya dijadiin alesan buat nawar murah)...
Sering sy dibilang temen "mobil mau lu jual koq masih aja diurusin". soalnya kadang mau dijual aja klo dah waktunya masih tetep sy ganti olinya
terkadang pikiran petrolheads memang agak rewel mobil bunyi apa dikit dibenerin... tapi kita emang penikmat mobil jadi ya begini ini... pengen mobilnya enak terus sampe dijual
karena keluarga ane kalangan penadah sekenan, demen bli mobil seken, jd ngerasain banget dpt mobil terawat dan enggak...
ane kebetulan dagang jg.. barusan ganti ban L300 sepasang baru... yg lama mengenaskan udh ga layak pake. Klo supir kenapa-napa krn selip ban malah repot ujungnya...
Abangaja wrote: Fri Jul 06, 2018 7:42
Jadi tertarik ikut nimbrung Mobil dipake asal asalan APA diurus
Buat saya si,Karena sehari2 make Mobil sering jarak jauh,suka kecepatan tinggi Mobil wajib diurus, diservis dibengkel yg rekomen(bengkel biasa tp montir bagus)
Kasih minum BBM oktan yg sesuai, dilihat tekanan angim ban,blablabla, kilo g enak dikit dicari penyebabnya apa. Bukannya mikir ah keenakan orang lain yg Beli Mobil ini 5thn lagi, tapi mikir keselamatan, amit2 celaka nyawa g Ada gantinya,kalau uang Masih bisa dicari. Mobil diganti 3/4thn paling lama Jazz 5tahun Baru ganti, orang yg Beli Mobil bekas sy biasanya ngomong klo Mobil nya terawat.
Buat saya selama saya Masih pake ya Masih dirawat, ibaratnya itu kaki saya kemana mana nyari duit, Mobil terlihat kusam,klien pasti mikir beda, Mobil g enak dipake amit2 celaka , waktu yg terbuang Karena itu jauh lebih rugi dibanding maintenance cost yg saya keluarin ( saya org dagang,kalau Yang fasilitas Kantor ya mungkin pemikirannya beda)
Setuju bingit, kalo orang yang beli mbl kita dapet mobil enak jg ga rugi apa2 kita... itung2 amal baik sama orang lah. Kita pake mobil seneng karena enak terus, yang beli seneng dan rela beli tanpa nawar (krn minus-minus di mobil biasanya dijadiin alesan buat nawar murah)...
Sering sy dibilang temen "mobil mau lu jual koq masih aja diurusin". soalnya kadang mau dijual aja klo dah waktunya masih tetep sy ganti olinya
terkadang pikiran petrolheads memang agak rewel mobil bunyi apa dikit dibenerin... tapi kita emang penikmat mobil jadi ya begini ini... pengen mobilnya enak terus sampe dijual
karena keluarga ane kalangan penadah sekenan, demen bli mobil seken, jd ngerasain banget dpt mobil terawat dan enggak...
ane kebetulan dagang jg.. barusan ganti ban L300 sepasang baru... yg lama mengenaskan udh ga layak pake. Klo supir kenapa-napa krn selip ban malah repot ujungnya...
Iya, kuping kadang suka gatel pengen Cari tau suara2 aneh apa penyebabnya, bener Mobil dipake buat dinikmatin,buat dipake seoptimal mungkin kemampuan Sama fiturnya sayang Kan klo ga.
Buat saya biaya Mobil udh dimasukkin didalam operational cost bisnis(Mobil pribadi jg saya itung costnya), jadi ya kalau memang udh harus keluar uang ya sudah ada hitungannya, secara bisnis juga Mobil udh 5thn Kita pake udh bisa hasilin profit tuh jadi BEP nya udh dapet,tinggal bonusnya Aja dari Jual Mobil ganti baru
Mobil kok disayang,pacar atau bini yg disayang
Uang selisih nya bisa buat tambahin uang belanja bini
Bisa jg buat beliin pacar bunga atau ajak mkn di resto mewah
Atau dikumpulin buat beli kado pas anniversary
Jual mobil bekas isi pertabo trus servis di beres paling lebih tinggi 5-10 jt aja
Ya jangan protes kalo yang laku toyota dan gampang dijual kembali toyota terus yak... Hehehe...
Yang tahan diperlakukan tanpa bensin mahal dan oli mahal toyota kok. Pantes aja toyota laku... Klo cm buat gantiin kaki ya bener sih. Kasi aja bensin ron83 klo ada. Oli ganti minyak tanah.
Abangaja wrote: Fri Jul 06, 2018 7:42
Jadi tertarik ikut nimbrung Mobil dipake asal asalan APA diurus
Buat saya si,Karena sehari2 make Mobil sering jarak jauh,suka kecepatan tinggi Mobil wajib diurus, diservis dibengkel yg rekomen(bengkel biasa tp montir bagus)
Kasih minum BBM oktan yg sesuai, dilihat tekanan angim ban,blablabla, kilo g enak dikit dicari penyebabnya apa. Bukannya mikir ah keenakan orang lain yg Beli Mobil ini 5thn lagi, tapi mikir keselamatan, amit2 celaka nyawa g Ada gantinya,kalau uang Masih bisa dicari. Mobil diganti 3/4thn paling lama Jazz 5tahun Baru ganti, orang yg Beli Mobil bekas sy biasanya ngomong klo Mobil nya terawat.
Buat saya selama saya Masih pake ya Masih dirawat, ibaratnya itu kaki saya kemana mana nyari duit, Mobil terlihat kusam,klien pasti mikir beda, Mobil g enak dipake amit2 celaka , waktu yg terbuang Karena itu jauh lebih rugi dibanding maintenance cost yg saya keluarin ( saya org dagang,kalau Yang fasilitas Kantor ya mungkin pemikirannya beda)
Setuju bingit, kalo orang yang beli mbl kita dapet mobil enak jg ga rugi apa2 kita... itung2 amal baik sama orang lah. Kita pake mobil seneng karena enak terus, yang beli seneng dan rela beli tanpa nawar (krn minus-minus di mobil biasanya dijadiin alesan buat nawar murah)...
Sering sy dibilang temen "mobil mau lu jual koq masih aja diurusin". soalnya kadang mau dijual aja klo dah waktunya masih tetep sy ganti olinya
terkadang pikiran petrolheads memang agak rewel mobil bunyi apa dikit dibenerin... tapi kita emang penikmat mobil jadi ya begini ini... pengen mobilnya enak terus sampe dijual
karena keluarga ane kalangan penadah sekenan, demen bli mobil seken, jd ngerasain banget dpt mobil terawat dan enggak...
ane kebetulan dagang jg.. barusan ganti ban L300 sepasang baru... yg lama mengenaskan udh ga layak pake. Klo supir kenapa-napa krn selip ban malah repot ujungnya...
Nah itu dia Om, saya juga termasuk menikmati sebuah driving pleasure. Pleasure disini ya sesuai peruntukan, seperti jok nyaman diduduki, getaran mesin wajar, rem bagus, kabin bersih dll. Kebanyakan saya pakai mobil dekat batas limit. Maksudnya kalau mobil bisa jalan 150 saya bakal pakai sampai 140-145. Jadi ya saya sesuaikan.
Saya juga suka beli mobil bekas, dan senang kalau dapat mobil bagus. Terakhir mobil yang saya jual kondisinya lebih bagus dari saat saya beli.
antihero wrote: Wed Jun 27, 2018 1:43
Seriusan gan mobilio e cvt 185 juta? Ane lagi cari mobilio seken facelift 2017 harga sekitar 165-170, belum BBN dan pajak bisa hampir 10 juta.
Iy om. Cari yg wholesale nya tinggi tp retail nya mlempen (barang numpuk di dealer). Cari dealer yg baru (<2 tahun), dan timing di akhir kuartal. Apalagi nik tahun lalu di akhir q1(maret), sasaran diskon sadis itu. Dealer jg dah pengen item itu keluar dr stockpile
Misi, maaf ngangkat thread lama nih.
Mau tanya kalo civic/crv turbo gini masih perlu buat nunggu turbo cooling down sebelum matiin mesin ga ya? Apa ga perlu?
kingpower wrote: Tue Aug 14, 2018 10:10
Misi, maaf ngangkat thread lama nih.
Mau tanya kalo civic/crv turbo gini masih perlu buat nunggu turbo cooling down sebelum matiin mesin ga ya? Apa ga perlu?
klo menurut sesepuh disini, klo pas pulang masuk komplek mmg sdh jalan pelan, bgitu nyampe rumah matiin mesin gkpp, tp klo abis joging lgs berenti mampir makan pinggir jalan, sebaiknya tunggu cooldown dl
Zaxis wrote: Fri Jul 06, 2018 12:52
Mobil kok disayang,pacar atau bini yg disayang
Uang selisih nya bisa buat tambahin uang belanja bini
Bisa jg buat beliin pacar bunga atau ajak mkn di resto mewah
Atau dikumpulin buat beli kado pas anniversary
Jual mobil bekas isi pertabo trus servis di beres paling lebih tinggi 5-10 jt aja
Lah emang org yg ngisi pertabo dan servis di beres bakal expect lebih tinggi 5-10 juta? Bisa aja dia males servis diluar karena cuma mau tau beres doang (apalagi kl di daerah yg pelosok). Org ngisi pertabo ya kembali lagi ke orangnya aja sih, dia nikmatin mobilnya dengan bbm itu, ya apa salahnya?
Dengan kaitin hal macam ginian ama “mending beliin pacar/bini blablabla” aja dah ga nyambung dengan topik otomotif.
kingpower wrote: Tue Aug 14, 2018 10:10
Misi, maaf ngangkat thread lama nih.
Mau tanya kalo civic/crv turbo gini masih perlu buat nunggu turbo cooling down sebelum matiin mesin ga ya? Apa ga perlu?
klo menurut sesepuh disini, klo pas pulang masuk komplek mmg sdh jalan pelan, bgitu nyampe rumah matiin mesin gkpp, tp klo abis joging lgs berenti mampir makan pinggir jalan, sebaiknya tunggu cooldown dl
Ohh gitu thanks om infonya. Intinya untuk jaga2 aja ya. Kalo turbo civic/crv ini spoolingnya di rpm berapa ya?
Zaxis wrote: Fri Jul 06, 2018 12:52
Mobil kok disayang,pacar atau bini yg disayang
Uang selisih nya bisa buat tambahin uang belanja bini
Bisa jg buat beliin pacar bunga atau ajak mkn di resto mewah
Atau dikumpulin buat beli kado pas anniversary
Jual mobil bekas isi pertabo trus servis di beres paling lebih tinggi 5-10 jt aja
Lah emang org yg ngisi pertabo dan servis di beres bakal expect lebih tinggi 5-10 juta? Bisa aja dia males servis diluar karena cuma mau tau beres doang (apalagi kl di daerah yg pelosok). Org ngisi pertabo ya kembali lagi ke orangnya aja sih, dia nikmatin mobilnya dengan bbm itu, ya apa salahnya?
Dengan kaitin hal macam ginian ama “mending beliin pacar/bini blablabla” aja dah ga nyambung dengan topik otomotif.
Saya termasuk yang pakai pertamax turbo di T32. Kenapa pakai turbo? Karena tarikan sedikit lebih ringan, sedikit lebih irit, dan saya rencana mau pakai mobil ini dalam jangka waktu lama, jadi harapan saya sih, minimal 100-150rb km tidak ada masalah dengan mesin dan tidak perlu perawatan ini itu.
Cari resale value lebih tinggi? Nda peduli dengan resale value sih, kalo peduli resale value, belinya avanza dan innova, jangan di luar dua itu.
Menurut saya nih, kalo mau beli mobil masih bingung mau pakai bensin murah, mungkin memang belum siap untuk punya mobil. Mungkin ya...
ChZ wrote:Nggak adakah mahasiswa marketing yang mau bikin survey soal ini ? Menarik loh buat dikaji. Pergeseran konsumen selama 10 tahun terakhir atau pengaruh kualitas buatan mobil Honda terhadap angka penjualan.
PlantFoot wrote: Mon Apr 23, 2018 3:05
ya setuju oom, faktor nya mmg krn pesaingnya yg ladder frame skrg dandan luxury yg sbnrnya sih rd aneh jg..ibaratnya postur macho offroad, tapi dandannya buat k mall..
tp ya buat d indo yg kondisi kualitas jalannya msh ga merata..mmg lbh cocok pk ladder frame..ditambah skrg dandan mewah harga mirip ya wajar juga pasar suv non ladder kemakan...
kembali k kondisi jln & bbm sih..toh dsini crv & civic turbo sering seliweran..cx-5 msh mending lah..forester jg mayan...yg plg jrg mlh fortuner baru..pas ktm jg paling srz..vrz pernah ktm sekali doank..org sini kl ladder frame mending beli d-cab..sekalian buat usaha
Di luar jawa kah om ?
Itu dia, klo dibilang karena BQ... terus sekian banyak pembeli CR-V nih larinya kemana... bengkel Honda bejibun di endonesa raya dibanding Nissan/Mazda yang beli kemane semua... klo pesaingnya yang lebih oke sama-sama nyungsep kan malah lucu brarti isunya bukan BQ tapi memang selera konsumennya bergeser.
Yang batal beli karena BQ mungkin sekitar 10% aja. Itupun larinya juga ke .... Pajero / Fortuner lagi *siap-siap gue dituduh ngebela HPM lagi*
dan yang lucu DCab skrg juga "dandan" ... contohnya All New Navara... Hilux nggak dandan-dandan banget tapi dalemnya tetep meVVah Triton malah barusan ngeluarin Triton Athlete
Sy coba iseng bikin research ttg fenomena ini, lumayan buat bahan publikasi...
Zaxis wrote: Fri Jul 06, 2018 12:52
Mobil kok disayang,pacar atau bini yg disayang
Uang selisih nya bisa buat tambahin uang belanja bini
Bisa jg buat beliin pacar bunga atau ajak mkn di resto mewah
Atau dikumpulin buat beli kado pas anniversary
Jual mobil bekas isi pertabo trus servis di beres paling lebih tinggi 5-10 jt aja
Lah emang org yg ngisi pertabo dan servis di beres bakal expect lebih tinggi 5-10 juta? Bisa aja dia males servis diluar karena cuma mau tau beres doang (apalagi kl di daerah yg pelosok). Org ngisi pertabo ya kembali lagi ke orangnya aja sih, dia nikmatin mobilnya dengan bbm itu, ya apa salahnya?
Dengan kaitin hal macam ginian ama “mending beliin pacar/bini blablabla” aja dah ga nyambung dengan topik otomotif.
Saya termasuk yang pakai pertamax turbo di T32. Kenapa pakai turbo? Karena tarikan sedikit lebih ringan, sedikit lebih irit, dan saya rencana mau pakai mobil ini dalam jangka waktu lama, jadi harapan saya sih, minimal 100-150rb km tidak ada masalah dengan mesin dan tidak perlu perawatan ini itu.
Cari resale value lebih tinggi? Nda peduli dengan resale value sih, kalo peduli resale value, belinya avanza dan innova, jangan di luar dua itu.
Menurut saya nih, kalo mau beli mobil masih bingung mau pakai bensin murah, mungkin memang belum siap untuk punya mobil. Mungkin ya...
*lempar spiritus*
Setuju dengan ini, yang penting pakai nyaman enggak ngerepotin, toh klo ngerepotin malah ga bisa cari uang, wkwkwk
klo kita pakai BBM yang sesuai dengan spek yang bagus, akhirnya mobil jadi enggak rewel juga, worry free di kita'nya
Logika'nya bisa beli mobil dengan harga segini kok masih nawar pakai BBM yang seliter masih di kisaran cebanan
mike22 wrote:
Lah emang org yg ngisi pertabo dan servis di beres bakal expect lebih tinggi 5-10 juta? Bisa aja dia males servis diluar karena cuma mau tau beres doang (apalagi kl di daerah yg pelosok). Org ngisi pertabo ya kembali lagi ke orangnya aja sih, dia nikmatin mobilnya dengan bbm itu, ya apa salahnya?
Dengan kaitin hal macam ginian ama “mending beliin pacar/bini blablabla” aja dah ga nyambung dengan topik otomotif.
Saya termasuk yang pakai pertamax turbo di T32. Kenapa pakai turbo? Karena tarikan sedikit lebih ringan, sedikit lebih irit, dan saya rencana mau pakai mobil ini dalam jangka waktu lama, jadi harapan saya sih, minimal 100-150rb km tidak ada masalah dengan mesin dan tidak perlu perawatan ini itu.
Cari resale value lebih tinggi? Nda peduli dengan resale value sih, kalo peduli resale value, belinya avanza dan innova, jangan di luar dua itu.
Menurut saya nih, kalo mau beli mobil masih bingung mau pakai bensin murah, mungkin memang belum siap untuk punya mobil. Mungkin ya...
*lempar spiritus*
Setuju dengan ini, yang penting pakai nyaman enggak ngerepotin, toh klo ngerepotin malah ga bisa cari uang, wkwkwk
klo kita pakai BBM yang sesuai dengan spek yang bagus, akhirnya mobil jadi enggak rewel juga, worry free di kita'nya
Logika'nya bisa beli mobil dengan harga segini kok masih nawar pakai BBM yang seliter masih di kisaran cebanan
Jadi ingat pas pertamax melesat tinggi harganya. Yang biasa beli pertamax pada cari solusi supaya bisa nenggak premium. Banyak muncul iklan stel mesin supaya bisa minum premium tanpa gelitik[emoji1]
liemivan86 wrote: Wed Aug 15, 2018 5:45
Saya termasuk yang pakai pertamax turbo di T32. Kenapa pakai turbo? Karena tarikan sedikit lebih ringan, sedikit lebih irit, dan saya rencana mau pakai mobil ini dalam jangka waktu lama, jadi harapan saya sih, minimal 100-150rb km tidak ada masalah dengan mesin dan tidak perlu perawatan ini itu.
Cari resale value lebih tinggi? Nda peduli dengan resale value sih, kalo peduli resale value, belinya avanza dan innova, jangan di luar dua itu.
Menurut saya nih, kalo mau beli mobil masih bingung mau pakai bensin murah, mungkin memang belum siap untuk punya mobil. Mungkin ya...
*lempar spiritus*
Setuju dengan ini, yang penting pakai nyaman enggak ngerepotin, toh klo ngerepotin malah ga bisa cari uang, wkwkwk
klo kita pakai BBM yang sesuai dengan spek yang bagus, akhirnya mobil jadi enggak rewel juga, worry free di kita'nya
Logika'nya bisa beli mobil dengan harga segini kok masih nawar pakai BBM yang seliter masih di kisaran cebanan
Jadi ingat pas pertamax melesat tinggi harganya. Yang biasa beli pertamax pada cari solusi supaya bisa nenggak premium. Banyak muncul iklan stel mesin supaya bisa minum premium tanpa gelitik[emoji1]
klo pertalite ke pertamax turbo masih 3 : 4 harga'nya, itu aja masih banyak yang kompromi
SolBus sama Dex yang beda 1 : 2, makanya 4N15 sama 2GD banyak yang nenggak Solar Subsidi
Om2 mau tanya, CRV-Turbo apakah akan ada minor FL taon depan? Moga2 aja BQnya makin baik & kalau lihat article link https://www.autoevolution.com/news/hond ... 29200.html sptnya akan ada sedikit revisi di enginenya ya atau isu stalling ini sptnya hanya muncul khusus Honda CRV di North America
Setuju sama Om2 diatas, kalau bisa kasih bensin terbaik utk mobil kita kalau memang enjoy driving. Mobil ane si Euro yg uda dijual aja masih going strong sama pemilik berikutnya, sudah tahun ke 14, spt ada kepuasan tersendiri melihat org senang. Selama ane pake 10taonan dicekokin trus RON98 (minimum 95) kecuali ada pom bensin yg gaq jual 98 ane isi 95 (seperti sugesti kalau isi 95 VTEC kickin yoo berasa kurang).