Mungkin itu karena waktu Om prlihara tuh mobil, masih relatif baru ya om... Atau malah beli dari baru..pernahmiskin wrote:Diantara pilihan itu koq saya mikih city z ya...
Pernah pelihara dr 2004-2010 ga pernah jajan aneh2
Pilih Aerio, CityZ atau Santa Fe
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Newbie
- Posts: 13
- Joined: Mon Jun 25, 2018 5:45
- Location: Indonesia
- Daily Vehicle: Nissan Evalia
Re: Pilih Aerio, CityZ atau Santa Fe
-
- Newbie
- Posts: 13
- Joined: Mon Jun 25, 2018 5:45
- Location: Indonesia
- Daily Vehicle: Nissan Evalia
Re: Pilih Aerio, CityZ atau Santa Fe
He... Sempat mempertimbangkan juga sih om. Pertimbangannya ya kepraktisan seperti yang Om bilang. Tapi dengan segala hormat, saya memilih mobil dengan beberapa kriteria, salah satunya gaya. Nah panther seharga budget saya belum memenuhi kriteria om. Ya ini sih soal selera saja...akubocahnakal wrote:Kenapa gak ada pilihan panther ya?? Siapa yg gak kenal panther??? Rajanya diesel.. minum solar busuk..irit.. spare part samoe desa terpencil ada..he..he...
Selera orang kan beda2. He...
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 26
- Joined: Tue Jun 12, 2018 9:33
Re: Pilih Aerio, CityZ atau Santa Fe
Iya gpapa gan.... klo memang model panther itu jadul apalagi yg tahun 2000 kebawah..klo 2000 keatas sih msh oke.kesannya mobil orang tua dan dari desa..he..he...supermahrus17 wrote: Wed Jun 27, 2018 5:02He... Sempat mempertimbangkan juga sih om. Pertimbangannya ya kepraktisan seperti yang Om bilang. Tapi dengan segala hormat, saya memilih mobil dengan beberapa kriteria, salah satunya gaya. Nah panther seharga budget saya belum memenuhi kriteria om. Ya ini sih soal selera saja...akubocahnakal wrote:Kenapa gak ada pilihan panther ya?? Siapa yg gak kenal panther??? Rajanya diesel.. minum solar busuk..irit.. spare part samoe desa terpencil ada..he..he...
Selera orang kan beda2. He...
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 159
- Joined: Sat Nov 26, 2016 6:44
Re: Pilih Aerio, CityZ atau Santa Fe
pernah megang aerio 2003 m/t. so far mobilnya enak, kabin kedap, ruang kabin juga lega, headroom terluas dibanding list mobil yang ts sebutkan. GC lumayan tinggi kok, jarang mentok bawahnya. kecuali kalo lagi full orang + barang, pernah mentok di bagian knalpot tengah yang paling menonjol ke bawah. mesin gak pernah rewel, nyaris handsfree buat mesinnya. spare parts juga murah2 ( dulu ), gak tau ya sekarang hahaha...
yang jadi masalah itu dulu boros aki, paling cepet setaun aki mati, paling lama 2 tahun aki mati dan harus ganti baru. kondisi kelistrikan normal, audio standar, gak aneh2 tapi akinya cepet banget mati. gak tau kenapa. dan ini juga terjadi di aerio sepupu yang newmod 2005, aki baru setaun kurang tiba2 mati gak bisa starter. ganti aki yaudah cespleng lagi.
salam
yang jadi masalah itu dulu boros aki, paling cepet setaun aki mati, paling lama 2 tahun aki mati dan harus ganti baru. kondisi kelistrikan normal, audio standar, gak aneh2 tapi akinya cepet banget mati. gak tau kenapa. dan ini juga terjadi di aerio sepupu yang newmod 2005, aki baru setaun kurang tiba2 mati gak bisa starter. ganti aki yaudah cespleng lagi.
salam
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 822
- Joined: Tue Feb 02, 2016 3:34
- Location: +62-21
- Daily Vehicle: K I J A N G
Re: Pilih Aerio, CityZ atau Santa Fe
kalo antara 2 itu saya lebih ke Aerio
take note:
- mesin kudu sehat, terutama bagian koil dan sensor sensor
- kaki kaki kalo bisa karet2nya jangan ada bunyi dan sokbrekernya masi bagus, sama sensor ABS terkutuk itu
- AC, jangan sampe bermasalah, satu masalah ngerembet kemana mana
- power window pengemudi dan penumpang depan dengan penyakit khas Suzuki taun segitu
- speedometer digital yang... jangan ampe rusak
minusnya aja deh kalo Aerio:
- GC pendek, kalo suka liwat jalur makadam mah uda pasti gasruk
- kopling sama shifter yang kerasnya amit amit kalo manual, kalo matic ngeden di RPM bawah
- sensor sensor yang ngelewatin usianya. ini mubil biar kata kolot juga teknologinya melebihi jaman
- kalo dipake dalem kota apalagi macet, boros
plus nya:
membahagiakan sekali mobil ini kalo lagi sehat
tapi City Z lebih membahagiakan lagi sih
take note:
- mesin kudu sehat, terutama bagian koil dan sensor sensor
- kaki kaki kalo bisa karet2nya jangan ada bunyi dan sokbrekernya masi bagus, sama sensor ABS terkutuk itu
- AC, jangan sampe bermasalah, satu masalah ngerembet kemana mana
- power window pengemudi dan penumpang depan dengan penyakit khas Suzuki taun segitu
- speedometer digital yang... jangan ampe rusak
minusnya aja deh kalo Aerio:
- GC pendek, kalo suka liwat jalur makadam mah uda pasti gasruk
- kopling sama shifter yang kerasnya amit amit kalo manual, kalo matic ngeden di RPM bawah
- sensor sensor yang ngelewatin usianya. ini mubil biar kata kolot juga teknologinya melebihi jaman
- kalo dipake dalem kota apalagi macet, boros
plus nya:
membahagiakan sekali mobil ini kalo lagi sehat
tapi City Z lebih membahagiakan lagi sih
Daily Warrior:
GN5 / Rallye Red / Gasoline / CVT / 2021 / Odd
MAGH10 / Black Mica / Hybrid / CVT-e / 2024 / Even
two-wheeler:
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007
KR150P-SE / White / 2012
GN5 / Rallye Red / Gasoline / CVT / 2021 / Odd
MAGH10 / Black Mica / Hybrid / CVT-e / 2024 / Even
two-wheeler:
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007
KR150P-SE / White / 2012
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1584
- Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10
Re: Pilih Aerio, CityZ atau Santa Fe
* Ground Clearance ga tinggi ah..... malah kalau yang facelift lebih sering gasruk lagi karena lebih rendah model bumpernyawaterlo wrote: Wed Jun 27, 2018 15:18 pernah megang aerio 2003 m/t. so far mobilnya enak, kabin kedap, ruang kabin juga lega, headroom terluas dibanding list mobil yang ts sebutkan. GC lumayan tinggi kok, jarang mentok bawahnya. kecuali kalo lagi full orang + barang, pernah mentok di bagian knalpot tengah yang paling menonjol ke bawah. mesin gak pernah rewel, nyaris handsfree buat mesinnya. spare parts juga murah2 ( dulu ), gak tau ya sekarang hahaha...
yang jadi masalah itu dulu boros aki, paling cepet setaun aki mati, paling lama 2 tahun aki mati dan harus ganti baru. kondisi kelistrikan normal, audio standar, gak aneh2 tapi akinya cepet banget mati. gak tau kenapa. dan ini juga terjadi di aerio sepupu yang newmod 2005, aki baru setaun kurang tiba2 mati gak bisa starter. ganti aki yaudah cespleng lagi.
salam
* Aki ga boros kok secara umum, bisa2 aja 3 tahun lebih, temen2 yang lain yang pakai aerio/next g juga ga ada keluhan soal aki boros. Mungkin kasus per kasus kali. Kalau starter sih memang banyak kasus biasanya service motor starter plus tambah relay, sepertinya penyakit kabel udah tua. Abis itu cespleng lagi.
* sparepart, masa murah ya ? standard lah, banyak kw kalau sekarang, dan ada part copotan juga dari kanibalan

tapi kalau mau part resmi bisa cek di eparts suzuki, tertera harga pricelist, beli di toko biasanya diskon up to 18% dari pricelist itu.... ini part ori yah.
skrg ada toko2 online gampang2 juga kalau mau cek n ricek harga
- Nah GC pendek aku setuju.....vulvy8858 wrote: Thu Jun 28, 2018 2:59 kalo antara 2 itu saya lebih ke Aerio
take note:
- mesin kudu sehat, terutama bagian koil dan sensor sensor
- kaki kaki kalo bisa karet2nya jangan ada bunyi dan sokbrekernya masi bagus, sama sensor ABS terkutuk itu
- AC, jangan sampe bermasalah, satu masalah ngerembet kemana mana
- power window pengemudi dan penumpang depan dengan penyakit khas Suzuki taun segitu
- speedometer digital yang... jangan ampe rusak
minusnya aja deh kalo Aerio:
- GC pendek, kalo suka liwat jalur makadam mah uda pasti gasruk
- kopling sama shifter yang kerasnya amit amit kalo manual, kalo matic ngeden di RPM bawah
- sensor sensor yang ngelewatin usianya. ini mubil biar kata kolot juga teknologinya melebihi jaman
- kalo dipake dalem kota apalagi macet, boros
plus nya:
membahagiakan sekali mobil ini kalo lagi sehat
tapi City Z lebih membahagiakan lagi sih
- kopling punyaku (aerio 2003 m/t) enteng kok om, memang ada punya temen yang ngeluh berat juga. Kemungkinan dari master kopling atas/bawah atau blom kuras atau dekrup pakai punya futura 1.3 atau dah waktunya ganti..... aku ganti ori aerio (lokal part) enteng lagi.
Dibandingkan innova 2014 vvti jauh lebih enteng aerio koplingnya
- mesin ya perhatikan aja saluran irigasi / pendingin. kalau pakai air ya biasanya pada keropos. juga kalau pemakai lama membiarkan sampe overheat dibiarkan ya bisa kompresi udah bocor. part yang banyak kasus bocor OCV. Sensor yang banyak kasus CKP/CMP meski ga semua kena.
ya namanya mobil tua ada aja..... koil memang banyak kasus bocor, bisa ditambal epoxy, kalau matot bisa opsi ori-nya APV harga separonya.
- power window sisi driver memang bener, udah usia....
- 2004 mulai ada facelift yg speedo analog kalau mau menghindari digital. tapi digitalpun relatif ga ada masalah kok (ya satu dua kasus ada yang rusak tapi persentase kecil dibanding populasi)
- ABS, sensor masih mendingan harganya dibanding ABS module nya yang rusak x_x tapi harga sensornya ABS nya mahal memang dibanding sensor ABS nya ertiga
- AC kalau kena kompresor ya mayan jebol kantong buat ganti, biasanya condensor ikutan ganti kalau kompresor ganti.
- kaki2 indipenden depant belakang plus stabilizer, ya harga kalau ori mayan lah..... blom termasuk cv joint, balljoint yang kalau orinya berasa.
- pompa ps juga perhatikan, selang hipressure nya juga. steering rack juga dicek, mahal kalau steering rack.
- karet-karet pintu, engine mounting, support shock, ya macem2 lah..... blom fuel pump
ga tau TS downgrade masalah apa ya, kalau misal sebagian untuk modal trus sisanya buat ganti mobil, tetep diinget ini mobil tua, kadang ada 'kagetan' part yang rusak ya lumayan, belum termasuk waktu yang kesita buat nge-bengkel atau benerin mobil. Tapi kalau memang siap untuk itu ya monggo.... Tapi kalau pinginnya mobil isi bensin dan rawat rutin aja, apa ga cari yang tahun muda aja ? Aerio paling muda taon 2006-2007..... 11-12 tahun sudah.
regards,
singachu
-
- Newbie
- Posts: 13
- Joined: Mon Jun 25, 2018 5:45
- Location: Indonesia
- Daily Vehicle: Nissan Evalia
Re: Pilih Aerio, CityZ atau Santa Fe
Terima kasih sarannya, om...waterlo wrote: Wed Jun 27, 2018 15:18 pernah megang aerio 2003 m/t. so far mobilnya enak, kabin kedap, ruang kabin juga lega, headroom terluas dibanding list mobil yang ts sebutkan. GC lumayan tinggi kok, jarang mentok bawahnya. kecuali kalo lagi full orang + barang, pernah mentok di bagian knalpot tengah yang paling menonjol ke bawah. mesin gak pernah rewel, nyaris handsfree buat mesinnya. spare parts juga murah2 ( dulu ), gak tau ya sekarang hahaha...
yang jadi masalah itu dulu boros aki, paling cepet setaun aki mati, paling lama 2 tahun aki mati dan harus ganti baru. kondisi kelistrikan normal, audio standar, gak aneh2 tapi akinya cepet banget mati. gak tau kenapa. dan ini juga terjadi di aerio sepupu yang newmod 2005, aki baru setaun kurang tiba2 mati gak bisa starter. ganti aki yaudah cespleng lagi.
salam
aki yang boros dan mati mendadak ngeri juga ya kalau lagi di daerah antah berantah..
Xie xie sarannya, om...vulvy8858 wrote: Thu Jun 28, 2018 2:59 kalo antara 2 itu saya lebih ke Aerio
take note:
- mesin kudu sehat, terutama bagian koil dan sensor sensor
- kaki kaki kalo bisa karet2nya jangan ada bunyi dan sokbrekernya masi bagus, sama sensor ABS terkutuk itu
- AC, jangan sampe bermasalah, satu masalah ngerembet kemana mana
- power window pengemudi dan penumpang depan dengan penyakit khas Suzuki taun segitu
- speedometer digital yang... jangan ampe rusak
minusnya aja deh kalo Aerio:
- GC pendek, kalo suka liwat jalur makadam mah uda pasti gasruk
- kopling sama shifter yang kerasnya amit amit kalo manual, kalo matic ngeden di RPM bawah
- sensor sensor yang ngelewatin usianya. ini mubil biar kata kolot juga teknologinya melebihi jaman
- kalo dipake dalem kota apalagi macet, boros
plus nya:
membahagiakan sekali mobil ini kalo lagi sehat
tapi City Z lebih membahagiakan lagi sih
Saya jadikan pertimbangan.
Tapi kalimat terakhirnya kok bikin penasaran ya? "tapi City Z lebih membahagiakan lagi sih". Jadi pengen tahu apa yang City Z punya yang bikin Om bahagia...
Wowww... Banyak banget ya titik rawan yang harus diwaspadai. Terima kasih om atas saran-sarannya.singachu wrote: Thu Jun 28, 2018 3:41* Ground Clearance ga tinggi ah..... malah kalau yang facelift lebih sering gasruk lagi karena lebih rendah model bumpernyawaterlo wrote: Wed Jun 27, 2018 15:18 pernah megang aerio 2003 m/t. so far mobilnya enak, kabin kedap, ruang kabin juga lega, headroom terluas dibanding list mobil yang ts sebutkan. GC lumayan tinggi kok, jarang mentok bawahnya. kecuali kalo lagi full orang + barang, pernah mentok di bagian knalpot tengah yang paling menonjol ke bawah. mesin gak pernah rewel, nyaris handsfree buat mesinnya. spare parts juga murah2 ( dulu ), gak tau ya sekarang hahaha...
yang jadi masalah itu dulu boros aki, paling cepet setaun aki mati, paling lama 2 tahun aki mati dan harus ganti baru. kondisi kelistrikan normal, audio standar, gak aneh2 tapi akinya cepet banget mati. gak tau kenapa. dan ini juga terjadi di aerio sepupu yang newmod 2005, aki baru setaun kurang tiba2 mati gak bisa starter. ganti aki yaudah cespleng lagi.
salam
* Aki ga boros kok secara umum, bisa2 aja 3 tahun lebih, temen2 yang lain yang pakai aerio/next g juga ga ada keluhan soal aki boros. Mungkin kasus per kasus kali. Kalau starter sih memang banyak kasus biasanya service motor starter plus tambah relay, sepertinya penyakit kabel udah tua. Abis itu cespleng lagi.
* sparepart, masa murah ya ? standard lah, banyak kw kalau sekarang, dan ada part copotan juga dari kanibalan![]()
tapi kalau mau part resmi bisa cek di eparts suzuki, tertera harga pricelist, beli di toko biasanya diskon up to 18% dari pricelist itu.... ini part ori yah.
skrg ada toko2 online gampang2 juga kalau mau cek n ricek harga
- Nah GC pendek aku setuju.....vulvy8858 wrote: Thu Jun 28, 2018 2:59 kalo antara 2 itu saya lebih ke Aerio
take note:
- mesin kudu sehat, terutama bagian koil dan sensor sensor
- kaki kaki kalo bisa karet2nya jangan ada bunyi dan sokbrekernya masi bagus, sama sensor ABS terkutuk itu
- AC, jangan sampe bermasalah, satu masalah ngerembet kemana mana
- power window pengemudi dan penumpang depan dengan penyakit khas Suzuki taun segitu
- speedometer digital yang... jangan ampe rusak
minusnya aja deh kalo Aerio:
- GC pendek, kalo suka liwat jalur makadam mah uda pasti gasruk
- kopling sama shifter yang kerasnya amit amit kalo manual, kalo matic ngeden di RPM bawah
- sensor sensor yang ngelewatin usianya. ini mubil biar kata kolot juga teknologinya melebihi jaman
- kalo dipake dalem kota apalagi macet, boros
plus nya:
membahagiakan sekali mobil ini kalo lagi sehat
tapi City Z lebih membahagiakan lagi sih
- kopling punyaku (aerio 2003 m/t) enteng kok om, memang ada punya temen yang ngeluh berat juga. Kemungkinan dari master kopling atas/bawah atau blom kuras atau dekrup pakai punya futura 1.3 atau dah waktunya ganti..... aku ganti ori aerio (lokal part) enteng lagi.
Dibandingkan innova 2014 vvti jauh lebih enteng aerio koplingnya
- mesin ya perhatikan aja saluran irigasi / pendingin. kalau pakai air ya biasanya pada keropos. juga kalau pemakai lama membiarkan sampe overheat dibiarkan ya bisa kompresi udah bocor. part yang banyak kasus bocor OCV. Sensor yang banyak kasus CKP/CMP meski ga semua kena.
ya namanya mobil tua ada aja..... koil memang banyak kasus bocor, bisa ditambal epoxy, kalau matot bisa opsi ori-nya APV harga separonya.
- power window sisi driver memang bener, udah usia....
- 2004 mulai ada facelift yg speedo analog kalau mau menghindari digital. tapi digitalpun relatif ga ada masalah kok (ya satu dua kasus ada yang rusak tapi persentase kecil dibanding populasi)
- ABS, sensor masih mendingan harganya dibanding ABS module nya yang rusak x_x tapi harga sensornya ABS nya mahal memang dibanding sensor ABS nya ertiga
- AC kalau kena kompresor ya mayan jebol kantong buat ganti, biasanya condensor ikutan ganti kalau kompresor ganti.
- kaki2 indipenden depant belakang plus stabilizer, ya harga kalau ori mayan lah..... blom termasuk cv joint, balljoint yang kalau orinya berasa.
- pompa ps juga perhatikan, selang hipressure nya juga. steering rack juga dicek, mahal kalau steering rack.
- karet-karet pintu, engine mounting, support shock, ya macem2 lah..... blom fuel pump
ga tau TS downgrade masalah apa ya, kalau misal sebagian untuk modal trus sisanya buat ganti mobil, tetep diinget ini mobil tua, kadang ada 'kagetan' part yang rusak ya lumayan, belum termasuk waktu yang kesita buat nge-bengkel atau benerin mobil. Tapi kalau memang siap untuk itu ya monggo.... Tapi kalau pinginnya mobil isi bensin dan rawat rutin aja, apa ga cari yang tahun muda aja ? Aerio paling muda taon 2006-2007..... 11-12 tahun sudah.
regards,
singachu
Betul, om.. Downgrade mobil memang tujuannya sebagian hasil penjualan Evalia mau saya pakai untuk keperluan lain, sedang sisanya saya jatahkan 70 jt untuk mobil penggantinya. Mau gak mau memang harus pelihara mobil tua. siap gak siap ya harus saya jalani. Tapi kalau bisa meminimalisir resiko, itu yang saya inginkan dengan berkonsultasi dengan para suhu di sini
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1584
- Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10
Re: Pilih Aerio, CityZ atau Santa Fe
Ga semua titik rawannya itu crusial.... cuman kalau "orot-orot" beruntun kadang yang sebel aja....supermahrus17 wrote: Thu Jun 28, 2018 3:53Wowww... Banyak banget ya titik rawan yang harus diwaspadai. Terima kasih om atas saran-sarannya.singachu wrote: Thu Jun 28, 2018 3:41* Ground Clearance ga tinggi ah..... malah kalau yang facelift lebih sering gasruk lagi karena lebih rendah model bumpernyawaterlo wrote: Wed Jun 27, 2018 15:18 pernah megang aerio 2003 m/t. so far mobilnya enak, kabin kedap, ruang kabin juga lega, headroom terluas dibanding list mobil yang ts sebutkan. GC lumayan tinggi kok, jarang mentok bawahnya. kecuali kalo lagi full orang + barang, pernah mentok di bagian knalpot tengah yang paling menonjol ke bawah. mesin gak pernah rewel, nyaris handsfree buat mesinnya. spare parts juga murah2 ( dulu ), gak tau ya sekarang hahaha...
yang jadi masalah itu dulu boros aki, paling cepet setaun aki mati, paling lama 2 tahun aki mati dan harus ganti baru. kondisi kelistrikan normal, audio standar, gak aneh2 tapi akinya cepet banget mati. gak tau kenapa. dan ini juga terjadi di aerio sepupu yang newmod 2005, aki baru setaun kurang tiba2 mati gak bisa starter. ganti aki yaudah cespleng lagi.
salam
* Aki ga boros kok secara umum, bisa2 aja 3 tahun lebih, temen2 yang lain yang pakai aerio/next g juga ga ada keluhan soal aki boros. Mungkin kasus per kasus kali. Kalau starter sih memang banyak kasus biasanya service motor starter plus tambah relay, sepertinya penyakit kabel udah tua. Abis itu cespleng lagi.
* sparepart, masa murah ya ? standard lah, banyak kw kalau sekarang, dan ada part copotan juga dari kanibalan![]()
tapi kalau mau part resmi bisa cek di eparts suzuki, tertera harga pricelist, beli di toko biasanya diskon up to 18% dari pricelist itu.... ini part ori yah.
skrg ada toko2 online gampang2 juga kalau mau cek n ricek harga
- Nah GC pendek aku setuju.....vulvy8858 wrote: Thu Jun 28, 2018 2:59 kalo antara 2 itu saya lebih ke Aerio
take note:
- mesin kudu sehat, terutama bagian koil dan sensor sensor
- kaki kaki kalo bisa karet2nya jangan ada bunyi dan sokbrekernya masi bagus, sama sensor ABS terkutuk itu
- AC, jangan sampe bermasalah, satu masalah ngerembet kemana mana
- power window pengemudi dan penumpang depan dengan penyakit khas Suzuki taun segitu
- speedometer digital yang... jangan ampe rusak
minusnya aja deh kalo Aerio:
- GC pendek, kalo suka liwat jalur makadam mah uda pasti gasruk
- kopling sama shifter yang kerasnya amit amit kalo manual, kalo matic ngeden di RPM bawah
- sensor sensor yang ngelewatin usianya. ini mubil biar kata kolot juga teknologinya melebihi jaman
- kalo dipake dalem kota apalagi macet, boros
plus nya:
membahagiakan sekali mobil ini kalo lagi sehat
tapi City Z lebih membahagiakan lagi sih
- kopling punyaku (aerio 2003 m/t) enteng kok om, memang ada punya temen yang ngeluh berat juga. Kemungkinan dari master kopling atas/bawah atau blom kuras atau dekrup pakai punya futura 1.3 atau dah waktunya ganti..... aku ganti ori aerio (lokal part) enteng lagi.
Dibandingkan innova 2014 vvti jauh lebih enteng aerio koplingnya
- mesin ya perhatikan aja saluran irigasi / pendingin. kalau pakai air ya biasanya pada keropos. juga kalau pemakai lama membiarkan sampe overheat dibiarkan ya bisa kompresi udah bocor. part yang banyak kasus bocor OCV. Sensor yang banyak kasus CKP/CMP meski ga semua kena.
ya namanya mobil tua ada aja..... koil memang banyak kasus bocor, bisa ditambal epoxy, kalau matot bisa opsi ori-nya APV harga separonya.
- power window sisi driver memang bener, udah usia....
- 2004 mulai ada facelift yg speedo analog kalau mau menghindari digital. tapi digitalpun relatif ga ada masalah kok (ya satu dua kasus ada yang rusak tapi persentase kecil dibanding populasi)
- ABS, sensor masih mendingan harganya dibanding ABS module nya yang rusak x_x tapi harga sensornya ABS nya mahal memang dibanding sensor ABS nya ertiga
- AC kalau kena kompresor ya mayan jebol kantong buat ganti, biasanya condensor ikutan ganti kalau kompresor ganti.
- kaki2 indipenden depant belakang plus stabilizer, ya harga kalau ori mayan lah..... blom termasuk cv joint, balljoint yang kalau orinya berasa.
- pompa ps juga perhatikan, selang hipressure nya juga. steering rack juga dicek, mahal kalau steering rack.
- karet-karet pintu, engine mounting, support shock, ya macem2 lah..... blom fuel pump
ga tau TS downgrade masalah apa ya, kalau misal sebagian untuk modal trus sisanya buat ganti mobil, tetep diinget ini mobil tua, kadang ada 'kagetan' part yang rusak ya lumayan, belum termasuk waktu yang kesita buat nge-bengkel atau benerin mobil. Tapi kalau memang siap untuk itu ya monggo.... Tapi kalau pinginnya mobil isi bensin dan rawat rutin aja, apa ga cari yang tahun muda aja ? Aerio paling muda taon 2006-2007..... 11-12 tahun sudah.
regards,
singachu
Betul, om.. Downgrade mobil memang tujuannya sebagian hasil penjualan Evalia mau saya pakai untuk keperluan lain, sedang sisanya saya jatahkan 70 jt untuk mobil penggantinya. Mau gak mau memang harus pelihara mobil tua. siap gak siap ya harus saya jalani. Tapi kalau bisa meminimalisir resiko, itu yang saya inginkan dengan berkonsultasi dengan para suhu di sini
contoh sensor yang sering (baca banyak tapi ga semua) itu CMP dan CKP. Tapi itupun buat yang sudah ganti baru ya sudah, ga sampe tiap sekian tahun ganti. Aku pelihara aerio next g taon 2003 masih aku pakai sampe sekarang, CMP dan CKP masih bawaan mobil blom pernah ganti..... ya kalau liat history temen2 kadang ya aku harus bersiap juga kalau misal punyaku kena, soalnya ya umur 15 taon yah.....sensor itu harga masing-masing 450an lah kira2.... ya itu maksudku di atas soal 'kagetan part yang rusak', elektronik kalau rusak kadang ga ada tanda2nya.... ada elektronik 'muda' udah rusak elektronik 'tua' masih tokcer, ga bisa ditebak, cuman umur dah 'tua' pasti ada perasaan was-was juga, itu yang aku bilang asal om siap 'waktu kesita buat mobil'...... komponen yang terbuat karet juga gitu om, karet pasti makin tua makin keras / getas, ya karet kan banyak dipakai di mobil mulai dari wiper/karet pintu/wheatherstrip/bushing/selang/engine mounting/boot cv joint/de el el you name it lah.....
Mungkin kalau udah ada gambaran mobil yang diincer, coba maen2 ke group2 mobil yang bersangkutan, biar bisa buat kira2 juga.....
btw Evalianya om tahun berapa ?
regards,
singachu
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 158
- Joined: Wed Jan 24, 2018 3:08
Re: Pilih Aerio, CityZ atau Santa Fe
City Z testimoni dari temen sih asal dapet yg sehat ga ngrepotin kok, dia beli seken dipakai setahun lebih cuma ganti oli aja. emang lagi kebetulan beruntung kali ya.
Kakak saya pernah melihara baleno next g permasalahan nya di :
1. sensor ABS. wafat tapi ga mengganggu sistem pengereman sama sekali.
2. koil pernah ganti.
sisanya ga ada problem, ini mobil mesin dan kaki2 nya kuat banget. saya juga heran, mobil pake pelek R17 diisi full 5 orang+barang diajak jalan menyusuri pantura dan pansela jaman dulu waktu belum ada tol dan kaki kaki nya ga rewel sama sekali.
mesin nya cukup irit, bandel (banget) dan spare part nya relatif murah.
Kakak saya pernah melihara baleno next g permasalahan nya di :
1. sensor ABS. wafat tapi ga mengganggu sistem pengereman sama sekali.
2. koil pernah ganti.
sisanya ga ada problem, ini mobil mesin dan kaki2 nya kuat banget. saya juga heran, mobil pake pelek R17 diisi full 5 orang+barang diajak jalan menyusuri pantura dan pansela jaman dulu waktu belum ada tol dan kaki kaki nya ga rewel sama sekali.
mesin nya cukup irit, bandel (banget) dan spare part nya relatif murah.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1112
- Joined: Wed Mar 15, 2017 9:14
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Yamaha
Re: Pilih Aerio, CityZ atau Santa Fe
Kayaknya seh ada hubungannya ama VTEC Kickin' yo....supermahrus17 wrote: Thu Jun 28, 2018 3:53Xie xie sarannya, om...vulvy8858 wrote: Thu Jun 28, 2018 2:59 kalo antara 2 itu saya lebih ke Aerio
take note:
- mesin kudu sehat, terutama bagian koil dan sensor sensor
- kaki kaki kalo bisa karet2nya jangan ada bunyi dan sokbrekernya masi bagus, sama sensor ABS terkutuk itu
- AC, jangan sampe bermasalah, satu masalah ngerembet kemana mana
- power window pengemudi dan penumpang depan dengan penyakit khas Suzuki taun segitu
- speedometer digital yang... jangan ampe rusak
minusnya aja deh kalo Aerio:
- GC pendek, kalo suka liwat jalur makadam mah uda pasti gasruk
- kopling sama shifter yang kerasnya amit amit kalo manual, kalo matic ngeden di RPM bawah
- sensor sensor yang ngelewatin usianya. ini mubil biar kata kolot juga teknologinya melebihi jaman
- kalo dipake dalem kota apalagi macet, boros
plus nya:
membahagiakan sekali mobil ini kalo lagi sehat
tapi City Z lebih membahagiakan lagi sih
Saya jadikan pertimbangan.
Tapi kalimat terakhirnya kok bikin penasaran ya? "tapi City Z lebih membahagiakan lagi sih". Jadi pengen tahu apa yang City Z punya yang bikin Om bahagia...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5951
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Pilih Aerio, CityZ atau Santa Fe
Si Siti sih emang harusnya ga rewel.
Mobil Honda jarang yang rewel sih, apalg yang jaman lama.
Tapi sparepart agak mahal aja, apalg bagian kaki2.
Mobil Honda jarang yang rewel sih, apalg yang jaman lama.
Tapi sparepart agak mahal aja, apalg bagian kaki2.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 822
- Joined: Tue Feb 02, 2016 3:34
- Location: +62-21
- Daily Vehicle: K I J A N G
Re: Pilih Aerio, CityZ atau Santa Fe
Hellow om Singachu, nice to meet you here.singachu wrote: Thu Jun 28, 2018 3:41 * Ground Clearance ga tinggi ah..... malah kalau yang facelift lebih sering gasruk lagi karena lebih rendah model bumpernya
* Aki ga boros kok secara umum, bisa2 aja 3 tahun lebih, temen2 yang lain yang pakai aerio/next g juga ga ada keluhan soal aki boros. Mungkin kasus per kasus kali. Kalau starter sih memang banyak kasus biasanya service motor starter plus tambah relay, sepertinya penyakit kabel udah tua. Abis itu cespleng lagi.
* sparepart, masa murah ya ? standard lah, banyak kw kalau sekarang, dan ada part copotan juga dari kanibalan![]()
tapi kalau mau part resmi bisa cek di eparts suzuki, tertera harga pricelist, beli di toko biasanya diskon up to 18% dari pricelist itu.... ini part ori yah.
skrg ada toko2 online gampang2 juga kalau mau cek n ricek harga
- Nah GC pendek aku setuju.....
- kopling punyaku (aerio 2003 m/t) enteng kok om, memang ada punya temen yang ngeluh berat juga. Kemungkinan dari master kopling atas/bawah atau blom kuras atau dekrup pakai punya futura 1.3 atau dah waktunya ganti..... aku ganti ori aerio (lokal part) enteng lagi.
Dibandingkan innova 2014 vvti jauh lebih enteng aerio koplingnya
- mesin ya perhatikan aja saluran irigasi / pendingin. kalau pakai air ya biasanya pada keropos. juga kalau pemakai lama membiarkan sampe overheat dibiarkan ya bisa kompresi udah bocor. part yang banyak kasus bocor OCV. Sensor yang banyak kasus CKP/CMP meski ga semua kena.
ya namanya mobil tua ada aja..... koil memang banyak kasus bocor, bisa ditambal epoxy, kalau matot bisa opsi ori-nya APV harga separonya.
- power window sisi driver memang bener, udah usia....
- 2004 mulai ada facelift yg speedo analog kalau mau menghindari digital. tapi digitalpun relatif ga ada masalah kok (ya satu dua kasus ada yang rusak tapi persentase kecil dibanding populasi)
- ABS, sensor masih mendingan harganya dibanding ABS module nya yang rusak x_x tapi harga sensornya ABS nya mahal memang dibanding sensor ABS nya ertiga
- AC kalau kena kompresor ya mayan jebol kantong buat ganti, biasanya condensor ikutan ganti kalau kompresor ganti.
- kaki2 indipenden depant belakang plus stabilizer, ya harga kalau ori mayan lah..... blom termasuk cv joint, balljoint yang kalau orinya berasa.
- pompa ps juga perhatikan, selang hipressure nya juga. steering rack juga dicek, mahal kalau steering rack.
- karet-karet pintu, engine mounting, support shock, ya macem2 lah..... blom fuel pump
ga tau TS downgrade masalah apa ya, kalau misal sebagian untuk modal trus sisanya buat ganti mobil, tetep diinget ini mobil tua, kadang ada 'kagetan' part yang rusak ya lumayan, belum termasuk waktu yang kesita buat nge-bengkel atau benerin mobil. Tapi kalau memang siap untuk itu ya monggo.... Tapi kalau pinginnya mobil isi bensin dan rawat rutin aja, apa ga cari yang tahun muda aja ? Aerio paling muda taon 2006-2007..... 11-12 tahun sudah.
regards,
singachu

1. masalah aki ga jauh jauh dari alternator, um. biasanya arang nya uda ga beres dan pulley nya uda ga maksimal. penyebab yaa ga jauh jauh dari usia. kalo dinamo starter juga ga jauh2 dari arang nya dan dari kabel yang getas..
2. kalo sparepart murah sih buat tipikal manusia tukang bandrek / nyampur dengan mobil lain ya murah, om. kalo yang kudu aseli Baleno / Aerio / SX4, Swift deh, meringis bener om.
3. bisa jadi karena dekrupnya ngebandrek punya Futura, om. soalnya kawan saya emang nyari part yang murah. bandingin sama Innova yang koplingnya kayak truk engkel malah mirip mirip sama Aerio yang dulu dipake kawan saya, aneh.
4. kalo kena kompresor mah uda semua muanya, om ahahahahaha.
5. justru kaki kaki independen yang njelimet ini om yang menurut saya jadi nilai plus nya Aerio dibandingkan dengan ANJ GK paling baru sekalipun.
6. yaa pompa PS uda ketauan kepala 2, selang 500rb, steering rack yaa satu Revo baru lah kalo orijinale, kalo rebuild yaa seekor Samsung J7 baru.
1. siapkan kabel jumper. yang bagus cuma 200-300 ribuan. dan ga akan kejadian kalo elektrikal ente langsung dibenerin begitu ada indikasi bermasalah.supermahrus17 wrote: Thu Jun 28, 2018 3:53 Terima kasih sarannya, om...
aki yang boros dan mati mendadak ngeri juga ya kalau lagi di daerah antah berantah..
Xie xie sarannya, om...
Saya jadikan pertimbangan.
Tapi kalimat terakhirnya kok bikin penasaran ya? "tapi City Z lebih membahagiakan lagi sih". Jadi pengen tahu apa yang City Z punya yang bikin Om bahagia...
Wowww... Banyak banget ya titik rawan yang harus diwaspadai. Terima kasih om atas saran-sarannya.
Betul, om.. Downgrade mobil memang tujuannya sebagian hasil penjualan Evalia mau saya pakai untuk keperluan lain, sedang sisanya saya jatahkan 70 jt untuk mobil penggantinya. Mau gak mau memang harus pelihara mobil tua. siap gak siap ya harus saya jalani. Tapi kalau bisa meminimalisir resiko, itu yang saya inginkan dengan berkonsultasi dengan para suhu di sini
2. HAHAHAHAHA PITEK om, PITEK. koncinya disono.. ringan, kencang, irit, stabil dan gesit, sangat fun to drive. tapi tidak nyaman.
3. sebenernya bukan titik rawan, namun semua mubil lawas yang teknologinya baru dipake dipake wasir / njess di taun 2010 keatas pasti banyak sensor dan lebih banyak yang perlu diperhatikan.
uda dijelaskan dengan sangat baik sama om singachu:
saya ga paham apa arti yang saya bold, namun kalo rusaknya berkelanjutan sih siapapun akan sebel ya om ahahahahaha.singachu wrote: Fri Jun 29, 2018 1:27 Ga semua titik rawannya itu crusial.... cuman kalau "orot-orot" beruntun kadang yang sebel aja....
contoh sensor yang sering (baca banyak tapi ga semua) itu CMP dan CKP. Tapi itupun buat yang sudah ganti baru ya sudah, ga sampe tiap sekian tahun ganti. Aku pelihara aerio next g taon 2003 masih aku pakai sampe sekarang, CMP dan CKP masih bawaan mobil blom pernah ganti..... ya kalau liat history temen2 kadang ya aku harus bersiap juga kalau misal punyaku kena, soalnya ya umur 15 taon yah.....sensor itu harga masing-masing 450an lah kira2.... ya itu maksudku di atas soal 'kagetan part yang rusak', elektronik kalau rusak kadang ga ada tanda2nya.... ada elektronik 'muda' udah rusak elektronik 'tua' masih tokcer, ga bisa ditebak, cuman umur dah 'tua' pasti ada perasaan was-was juga, itu yang aku bilang asal om siap 'waktu kesita buat mobil'...... komponen yang terbuat karet juga gitu om, karet pasti makin tua makin keras / getas, ya karet kan banyak dipakai di mobil mulai dari wiper/karet pintu/wheatherstrip/bushing/selang/engine mounting/boot cv joint/de el el you name it lah.....
Mungkin kalau udah ada gambaran mobil yang diincer, coba maen2 ke group2 mobil yang bersangkutan, biar bisa buat kira2 juga.....
regards,
singachu
komponen dari besi juga um, berpotensi terserang karat dan korosi, apapun mubilnya.
yap benar
Daily Warrior:
GN5 / Rallye Red / Gasoline / CVT / 2021 / Odd
MAGH10 / Black Mica / Hybrid / CVT-e / 2024 / Even
two-wheeler:
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007
KR150P-SE / White / 2012
GN5 / Rallye Red / Gasoline / CVT / 2021 / Odd
MAGH10 / Black Mica / Hybrid / CVT-e / 2024 / Even
two-wheeler:
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007
KR150P-SE / White / 2012
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Pilih Aerio, CityZ atau Santa Fe
kayanya stelah dipikir2 mateng... mending ambil cityZ sehh.. ambil yg vti (VTEC) MANUAL.. siapin budget ama waktu agak lebihan buat ngebengkel, itung2 nambah ilmu.. ntar kl ud keranjingan, pelan2 swap itu enjin head nya.. trus header nya... trakir ECU nya d kobel ... dapet dehh small sedan 130 hp ++
percaya deh, serempong2 nya kaki2 cityZ, masi lebi ngelus dada betulin batu makam.. at least kl cityZ skali kluar duit jebret banyak tp hasil nya enak dan awet... kl yg itu, ahh sudahlah, ntar fans [cencored] nya kuping panas lg..
percaya deh, serempong2 nya kaki2 cityZ, masi lebi ngelus dada betulin batu makam.. at least kl cityZ skali kluar duit jebret banyak tp hasil nya enak dan awet... kl yg itu, ahh sudahlah, ntar fans [cencored] nya kuping panas lg..
numpang lewat aja....


-
- Newbie
- Posts: 13
- Joined: Mon Jun 25, 2018 5:45
- Location: Indonesia
- Daily Vehicle: Nissan Evalia
Re: Pilih Aerio, CityZ atau Santa Fe
Evalia saya tahun 2012, om... Type SV matic. Tertarik meminang? He...singachu wrote:Ga semua titik rawannya itu crusial.... cuman kalau "orot-orot" beruntun kadang yang sebel aja....supermahrus17 wrote: Thu Jun 28, 2018 3:53Wowww... Banyak banget ya titik rawan yang harus diwaspadai. Terima kasih om atas saran-sarannya.singachu wrote: Thu Jun 28, 2018 3:41 * Ground Clearance ga tinggi ah..... malah kalau yang facelift lebih sering gasruk lagi karena lebih rendah model bumpernya
* Aki ga boros kok secara umum, bisa2 aja 3 tahun lebih, temen2 yang lain yang pakai aerio/next g juga ga ada keluhan soal aki boros. Mungkin kasus per kasus kali. Kalau starter sih memang banyak kasus biasanya service motor starter plus tambah relay, sepertinya penyakit kabel udah tua. Abis itu cespleng lagi.
* sparepart, masa murah ya ? standard lah, banyak kw kalau sekarang, dan ada part copotan juga dari kanibalan![]()
tapi kalau mau part resmi bisa cek di eparts suzuki, tertera harga pricelist, beli di toko biasanya diskon up to 18% dari pricelist itu.... ini part ori yah.
skrg ada toko2 online gampang2 juga kalau mau cek n ricek harga
- Nah GC pendek aku setuju.....
- kopling punyaku (aerio 2003 m/t) enteng kok om, memang ada punya temen yang ngeluh berat juga. Kemungkinan dari master kopling atas/bawah atau blom kuras atau dekrup pakai punya futura 1.3 atau dah waktunya ganti..... aku ganti ori aerio (lokal part) enteng lagi.
Dibandingkan innova 2014 vvti jauh lebih enteng aerio koplingnya
- mesin ya perhatikan aja saluran irigasi / pendingin. kalau pakai air ya biasanya pada keropos. juga kalau pemakai lama membiarkan sampe overheat dibiarkan ya bisa kompresi udah bocor. part yang banyak kasus bocor OCV. Sensor yang banyak kasus CKP/CMP meski ga semua kena.
ya namanya mobil tua ada aja..... koil memang banyak kasus bocor, bisa ditambal epoxy, kalau matot bisa opsi ori-nya APV harga separonya.
- power window sisi driver memang bener, udah usia....
- 2004 mulai ada facelift yg speedo analog kalau mau menghindari digital. tapi digitalpun relatif ga ada masalah kok (ya satu dua kasus ada yang rusak tapi persentase kecil dibanding populasi)
- ABS, sensor masih mendingan harganya dibanding ABS module nya yang rusak x_x tapi harga sensornya ABS nya mahal memang dibanding sensor ABS nya ertiga
- AC kalau kena kompresor ya mayan jebol kantong buat ganti, biasanya condensor ikutan ganti kalau kompresor ganti.
- kaki2 indipenden depant belakang plus stabilizer, ya harga kalau ori mayan lah..... blom termasuk cv joint, balljoint yang kalau orinya berasa.
- pompa ps juga perhatikan, selang hipressure nya juga. steering rack juga dicek, mahal kalau steering rack.
- karet-karet pintu, engine mounting, support shock, ya macem2 lah..... blom fuel pump
ga tau TS downgrade masalah apa ya, kalau misal sebagian untuk modal trus sisanya buat ganti mobil, tetep diinget ini mobil tua, kadang ada 'kagetan' part yang rusak ya lumayan, belum termasuk waktu yang kesita buat nge-bengkel atau benerin mobil. Tapi kalau memang siap untuk itu ya monggo.... Tapi kalau pinginnya mobil isi bensin dan rawat rutin aja, apa ga cari yang tahun muda aja ? Aerio paling muda taon 2006-2007..... 11-12 tahun sudah.
regards,
singachu
Betul, om.. Downgrade mobil memang tujuannya sebagian hasil penjualan Evalia mau saya pakai untuk keperluan lain, sedang sisanya saya jatahkan 70 jt untuk mobil penggantinya. Mau gak mau memang harus pelihara mobil tua. siap gak siap ya harus saya jalani. Tapi kalau bisa meminimalisir resiko, itu yang saya inginkan dengan berkonsultasi dengan para suhu di sini
contoh sensor yang sering (baca banyak tapi ga semua) itu CMP dan CKP. Tapi itupun buat yang sudah ganti baru ya sudah, ga sampe tiap sekian tahun ganti. Aku pelihara aerio next g taon 2003 masih aku pakai sampe sekarang, CMP dan CKP masih bawaan mobil blom pernah ganti..... ya kalau liat history temen2 kadang ya aku harus bersiap juga kalau misal punyaku kena, soalnya ya umur 15 taon yah.....sensor itu harga masing-masing 450an lah kira2.... ya itu maksudku di atas soal 'kagetan part yang rusak', elektronik kalau rusak kadang ga ada tanda2nya.... ada elektronik 'muda' udah rusak elektronik 'tua' masih tokcer, ga bisa ditebak, cuman umur dah 'tua' pasti ada perasaan was-was juga, itu yang aku bilang asal om siap 'waktu kesita buat mobil'...... komponen yang terbuat karet juga gitu om, karet pasti makin tua makin keras / getas, ya karet kan banyak dipakai di mobil mulai dari wiper/karet pintu/wheatherstrip/bushing/selang/engine mounting/boot cv joint/de el el you name it lah.....
Mungkin kalau udah ada gambaran mobil yang diincer, coba maen2 ke group2 mobil yang bersangkutan, biar bisa buat kira2 juga.....
btw Evalianya om tahun berapa ?
regards,
singachu
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 36
- Joined: Mon Jul 14, 2014 9:32
- Daily Vehicle: BMW_E36_323i
Re: Pilih Aerio, CityZ atau Santa Fe
dari 3 pilihan saya vote city z,walaupun nyamannya bisa dibilang soso, tapi handling paling bagus...
alt: toyota greco, corona..
etapiiii, gak lirik mobil yurop om?
lebih nyaman e.g: merc c180, pug 406, pug 307
atau juga bisa dapet mobil yang handlingnya lebih superb: bmw e36
kayaknya dengan budget segitu bisa dapet, tentunya dengan resiko dan pros and cons masing2 ya ...
--sukses huntingnya om
alt: toyota greco, corona..
etapiiii, gak lirik mobil yurop om?
lebih nyaman e.g: merc c180, pug 406, pug 307
atau juga bisa dapet mobil yang handlingnya lebih superb: bmw e36
kayaknya dengan budget segitu bisa dapet, tentunya dengan resiko dan pros and cons masing2 ya ...
--sukses huntingnya om

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3052
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760
Re: Pilih Aerio, CityZ atau Santa Fe
Jangan dikasi 406 lah.. nanti mobil2 lain dibilang kerasmekitokazi wrote: Sat Jun 30, 2018 2:23 dari 3 pilihan saya vote city z,walaupun nyamannya bisa dibilang soso, tapi handling paling bagus...
alt: toyota greco, corona..
etapiiii, gak lirik mobil yurop om?
lebih nyaman e.g: merc c180, pug 406, pug 307
atau juga bisa dapet mobil yang handlingnya lebih superb: bmw e36
kayaknya dengan budget segitu bisa dapet, tentunya dengan resiko dan pros and cons masing2 ya ...
--sukses huntingnya om![]()
Apa lg kl doyan pasang aksesoris yg berhubungan listrik, gausah deh
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1493
- Joined: Wed Dec 23, 2009 4:16
Re: Pilih Aerio, CityZ atau Santa Fe
Nissan Latio 2007-2009, nyaman.. tenaga lmyn mesin 1.8L.
Etme Bulma Dünyası
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1584
- Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10
Re: Pilih Aerio, CityZ atau Santa Fe
Halo om Vulvyvulvy8858 wrote: Fri Jun 29, 2018 8:58
Hellow om Singachu, nice to meet you here.
<cut>
6. yaa pompa PS uda ketauan kepala 2, selang 500rb, steering rack yaa satu Revo baru lah kalo orijinale, kalo rebuild yaa seekor Samsung J7 baru.
<cut>
saya ga paham apa arti yang saya bold, namun kalo rusaknya berkelanjutan sih siapapun akan sebel ya om ahahahahaha.singachu wrote: Fri Jun 29, 2018 1:27 Ga semua titik rawannya itu crusial.... cuman kalau "orot-orot" beruntun kadang yang sebel aja....
<cut>
regards,
singachu
komponen dari besi juga um, berpotensi terserang karat dan korosi, apapun mubilnya.
<cut>
selang hi pressure ps udah 1jt lebih sekarang om kalau ori

biasanya kalau mau sip tapi murah itu dibawa ke toko selang hidrolik alat2 berat, bisa dipress ulang diganti selang dengan ukuran yang sama..... harga selangnya itu per centimeter.. ya lumayan juga sih harganya, bisa lebih mahal dari kw komplit, tapi bebas dengung
"orot-orot" maksudnya keluar duit yang lumayan secara terus2an

iya besi juga, cuman so far di aerio next g agak jarang.... eh beberapa kasus ada yang kropos di deket kaca depan, bikin bocor.... ama bagasi tempat ban cadangan kudu dicek.
belum omsupermahrus17 wrote: Fri Jun 29, 2018 16:31Evalia saya tahun 2012, om... Type SV matic. Tertarik meminang? He...

untuk aerio/next g yang facelift (speedo analog), ketambahan penyakit dashboardnya retak2..... solusi ya bungkus dashboard pakai kulit sintetis
regards,
singachu
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 654
- Joined: Sat Nov 02, 2013 8:00
Re: Pilih Aerio, CityZ atau Santa Fe
Honda CityZ sama sekali bukan mobil nyaman dan suspensi terasa keras. Saya dulu sering setir punya teman baik yang lansiran tahun 2001. Kencang tapi terasa melayang kalau di jalan tol. Belum lagi masalah klasik Hondacars: suara ban masuk ke kabin. Saking klasiknya sampai sudah dimaklumin. Walau diberi peredam pun juga tidak membantu banyak.
SantaFe lebih tepat jika concern pada kenyamanan apalagi Hyuncars sebenarnya mobil nyaman dan laku keras di EUDM dan USDM. Banyak turunan Hyuncars dari platform Mitsucars
Karena TS pemakai Nissan Evalia, mungkin bisa coba hunting Old GL 1.8L atau cari informasi di Nissan used cars. Sepertinya harga sudah sangat bersahabat dan sesuai budget, bro TS. Karena saya juga lagi hunting ini mobil tapi sudah harus mundur. Yang jadi masalah adalah cari unitnya susah karena hampir 99% GL di pasar mobil second adalah 1.5L.hahaha
SantaFe lebih tepat jika concern pada kenyamanan apalagi Hyuncars sebenarnya mobil nyaman dan laku keras di EUDM dan USDM. Banyak turunan Hyuncars dari platform Mitsucars
Karena TS pemakai Nissan Evalia, mungkin bisa coba hunting Old GL 1.8L atau cari informasi di Nissan used cars. Sepertinya harga sudah sangat bersahabat dan sesuai budget, bro TS. Karena saya juga lagi hunting ini mobil tapi sudah harus mundur. Yang jadi masalah adalah cari unitnya susah karena hampir 99% GL di pasar mobil second adalah 1.5L.hahaha
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 822
- Joined: Tue Feb 02, 2016 3:34
- Location: +62-21
- Daily Vehicle: K I J A N G
Re: Pilih Aerio, CityZ atau Santa Fe
buset uda cetiau lebi yesingachu wrote: Sat Jun 30, 2018 5:13 Halo om Vulvy
selang hi pressure ps udah 1jt lebih sekarang om kalau ori![]()
biasanya kalau mau sip tapi murah itu dibawa ke toko selang hidrolik alat2 berat, bisa dipress ulang diganti selang dengan ukuran yang sama..... harga selangnya itu per centimeter.. ya lumayan juga sih harganya, bisa lebih mahal dari kw komplit, tapi bebas dengung
"orot-orot" maksudnya keluar duit yang lumayan secara terus2an![]()
iya besi juga, cuman so far di aerio next g agak jarang.... eh beberapa kasus ada yang kropos di deket kaca depan, bikin bocor.... ama bagasi tempat ban cadangan kudu dicek.
regards,
singachu

kalo ngepres gitu hoki2an juga sih om, tapi persentase bener nya lebi gede
KW juga untung2an, kalo ga bunyi dengung, worst case, baru dipasang langsung pecah ahahahahahaha
keroposnya lumayan bahaya juga ya.
well mubil uda 15 taun wajar sih ehehehehehehe
Daily Warrior:
GN5 / Rallye Red / Gasoline / CVT / 2021 / Odd
MAGH10 / Black Mica / Hybrid / CVT-e / 2024 / Even
two-wheeler:
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007
KR150P-SE / White / 2012
GN5 / Rallye Red / Gasoline / CVT / 2021 / Odd
MAGH10 / Black Mica / Hybrid / CVT-e / 2024 / Even
two-wheeler:
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007
KR150P-SE / White / 2012