Pugman wrote:Hallo suhu, nubie lagi cari kendaraan keluarga yang besar dan nyaman. Pilihan sudah strict jatuh pada Ertiga KW dual pipe (M8) atau Odyssey Rb3 (jangan saranin yang lain)..
Mobil yang dicari adalah seken tahun 2011 atau 2012. Dari data-data yang saya dapat, saya rangkum sebagai berikut
1. Harga, rata-rata M8 lebih murah 25-35juta untuk tahun yang sama
2. Pajak, M8 5,5jt Tangerang, Odyssey sekitar 6,7jt kalau tidak salah
3. Mesin, M8 2300cc Topspeed sudah dilimit 180 on speedo, Rb3 2400cc lebih powerfull pastinya..
Untuk M8 sudah beberapa kali testdrive dan menurut saya Ok, untuk RB3 saya belum test drive tapi bayangan saya rasanya mungkin tidak beda jauh dari RA6. Yang ingin saya tanyakan
1. Antara dua itu mana yang lebih irit?
2. Part kaki-kaki lebih mahal mana? Mana yang lebih awet?
3. Apa kelebihan masing-masing dalam hal driving experience dan comfort?
4. Dalam keadaan normal, dengan pemakaian 20rb km/tahun berbagai kondisi jalan dan lalin, berapa estimasi biaya tahunan? Di atas atau di bawah 20juta?
Tolong ceritakan hal lain selama suhu menggunakan mobil-mobil tersebut.. Atas sharingnya, nubie ucapkan terima kasih.

Saya kebetulan pakai mazda 8 om, tp baru setahunan, ambil bekas suhu disini...
Saya jawab sebisanya yah, karna saya mobilnya juga jarang pakai, harian pake D4D
1. Saya ga tahu kalo odyssey, ga pernah punya, kalau M8 juga ga pernah hitung full to full hahaha...stgh tangki pertamax 400rb tembus, tangkinya gede ini mobil.
2. Kaki2 dari saya beli juga ga ganti apa2, semua masih sehat...saya dapat di 33rb km kalau ga salah, skrg 35rb km (jarang pakai), tapi rasanya parts kaki2 mazda agak mahal.
3. Driving experience mazda 8 sih masih termasuk oke untuk dibawa sendiri, cuma setir yg cuma bisa tilt ga bisa teleskopic ini salah satu minus, karna posisi setirnya terlalu maju menurut saya, buat penumpang minusnya ac belakang lsng kena kepala, dan yg paling mengganggu menurut saya itu kalo full load ga boleh ketemu polisi tidur, tghnya pasti mentok om.
4. belum tahu.
Satu hal yang dimiliki M8, tp tidak dipunyai rivalnya bahkan alphard vellfire gen2 aja ga ada (saya ga tahu kalo gen3), ada dedicated button buat buka tutup sliding door di pilar B, ini sangat membantu, ga usah susah2 tarik handle pintu.
Auto lock, kalo kita bawa kunci dan menjauh dari mobil, maka dia akan otomatis mengunci, vell di rumah aja belum bisa hahaha.
Minusnya :
- belum auto door lock baik by speed maupun brake
- terlalu pendek, saya skrg ganti velgnya ke R18, pake ban suv masih masuk, mobilnya jadi tinggi, lbh enak dibawa kemana2
- no MID
- no steering switch
- HU mahal tp bluetooth cuma untuk telephony aja
- power back door sangat lambat, dan by default kalo buka dari luar dia ga otomatis buka, mesti diangkat manual, satpam mall kalo ga dibilangin ya main banting aja.
Apalagi ya? Nanti kalo ingat ditambahkan deh