Resah Suspensi SX4 *ganti judul aja deh*
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4612
- Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
- Location: jauh di mata, dekat di hati
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 991
- Joined: Mon May 08, 2006 7:32
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1142
- Joined: Wed May 02, 2007 16:45
hehehe.. cara ganti judul gimana yah? mmh.. overall, mobil nya oke.. feature nya lengkap.. *cuman ac nya pake manual* anyway.. pas malem saya nyalain lampu.. weh.. lampu interior nya kinclong banget.. interior nya kaga membosankan.. banyak maenan nya.. huehuehue..
mmh.. bsok mo ganti nitro n ngatur tekanan ban lagi.. trus pasang kaca film.. mmh.. btw tadi sales nya telp.. ati2 kl pasang kaca film.. jgn sampe ada carian apapun jatuh di dashboard.. tar onboard computer nya rusak..
mmh.. bsok mo ganti nitro n ngatur tekanan ban lagi.. trus pasang kaca film.. mmh.. btw tadi sales nya telp.. ati2 kl pasang kaca film.. jgn sampe ada carian apapun jatuh di dashboard.. tar onboard computer nya rusak..
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 75
- Joined: Fri Mar 23, 2007 5:11
- Location: Kelapa Gading
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1142
- Joined: Wed May 02, 2007 16:45
huehuehue.. mr Mill pesen nya baru2 ini yah? di kota apa?
baru aja putar2 lagi.. hehehe.. suspensi emang keras.. tp ngga sekeras CRV kok.. n ngga limbung.. rigid..
duh surat jalan dari polda lama bener.. grr.. kalo kelamaan ya rugi d beli surat jalan.. tar lagi plat nomer juga keluar.. 350rb sia2 d..
baru aja putar2 lagi.. hehehe.. suspensi emang keras.. tp ngga sekeras CRV kok.. n ngga limbung.. rigid..
duh surat jalan dari polda lama bener.. grr.. kalo kelamaan ya rugi d beli surat jalan.. tar lagi plat nomer juga keluar.. 350rb sia2 d..
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 125
- Joined: Mon Apr 09, 2007 2:36
Bung John... edit judulnya ... modifiy aja di postingan anda yg petama u/ buka topik ini (ada tomnol modify) kemudian ganti subjectnya..... done...johnlegend wrote:hehehe.. cara ganti judul gimana yah? mmh.. overall, mobil nya oke.. feature nya lengkap.. *cuman ac nya pake manual* anyway.. pas malem saya nyalain lampu.. weh.. lampu interior nya kinclong banget.. interior nya kaga membosankan.. banyak maenan nya.. huehuehue..

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1142
- Joined: Wed May 02, 2007 16:45
uda ganti lho.. hehehe.. thx for the help..gubraks wrote:Bung John... edit judulnya ... modifiy aja di postingan anda yg petama u/ buka topik ini (ada tomnol modify) kemudian ganti subjectnya..... done...johnlegend wrote:hehehe.. cara ganti judul gimana yah? mmh.. overall, mobil nya oke.. feature nya lengkap.. *cuman ac nya pake manual* anyway.. pas malem saya nyalain lampu.. weh.. lampu interior nya kinclong banget.. interior nya kaga membosankan.. banyak maenan nya.. huehuehue..
mmh.. surat jalan nya uda keluar.. hehehe.. tp pas mo pasang.. kaga ada mur baut nya.. hahaha..
btw mo tanya neh.. bensin mobil yg diater itu emang selalu dikasi dikiiittttt banget ya? trus livina juga dikiiiittt banget.. lebi dikit dari sx4 malahan..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 977
- Joined: Fri Sep 01, 2006 17:51
- Location: sby
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 977
- Joined: Fri Sep 01, 2006 17:51
- Location: sby
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 18
- Joined: Wed May 16, 2007 15:19
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 646
- Joined: Sun Jul 23, 2006 17:54
- Location: Surabaya
krang tahu juga ya bro, BTW terima kasih atas infonya, nanti kalau lagi cari makan di daerah sana sekalian saja saya tanya-tanyaGood_boy86 wrote:@yusaku
apa mungkin nama bengkel nya "josuha" ??
itu yang gw tau di kali kepiting, pernah nganter temen bawa cr-v nya kesana.
temen gw yang punya civic juga dibw ke sana..
pas di sana emang mobilnya HONDA semua,sampe odisey jg ada.

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1142
- Joined: Wed May 02, 2007 16:45
eh ralaattt... ternyata suspensi sx4 enakk.. tadi sempet ragu2 juga.. ternyata empuk.. tp tetep rigid..
pertama2 saya ngrasa keras itu soal nya suara kaki2 nya yg kedengeran.. jd sugesti suspensi keras muncul.. tp bis muter2 kira 50km.. ternyataaaa.. empukk.. hehehehe.. *walaupun ga seempuk livina*
trus sx4 hemat abis.. ganti gigi nya kaga kerasaa..
dari bokap, nyokap.. semua bilang dengan harga segini.. kaga rugi.. hehehe.. *seriously*
cuman pas mobil pertama dateng kudu dicek baek baekk baek baekkk.. jgn sampe kyk pengalaman gw.. bt banget..
pertama2 saya ngrasa keras itu soal nya suara kaki2 nya yg kedengeran.. jd sugesti suspensi keras muncul.. tp bis muter2 kira 50km.. ternyataaaa.. empukk.. hehehehe.. *walaupun ga seempuk livina*
trus sx4 hemat abis.. ganti gigi nya kaga kerasaa..
dari bokap, nyokap.. semua bilang dengan harga segini.. kaga rugi.. hehehe.. *seriously*
cuman pas mobil pertama dateng kudu dicek baek baekk baek baekkk.. jgn sampe kyk pengalaman gw.. bt banget..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3721
- Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
- Location: Bdg
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 75
- Joined: Fri Mar 23, 2007 5:11
- Location: Kelapa Gading
Iya bong john.johnlegend wrote:huehuehue.. mr Mill pesen nya baru2 ini yah? di kota apa?
baru aja putar2 lagi.. hehehe.. suspensi emang keras.. tp ngga sekeras CRV kok.. n ngga limbung.. rigid..
duh surat jalan dari polda lama bener.. grr.. kalo kelamaan ya rugi d beli surat jalan.. tar lagi plat nomer juga keluar.. 350rb sia2 d..
Lagi kemaren akhir mei.
Dapetnya Oktober. G indent di cempaka putih jakpus.
Dari Testi bung john kayaknya semakin bikin ga sabar nih.....
Menurut bung John, dashboradnya gimana?
Dari penampakan kok kayak punya avanza ya?
Dari hasiljalan2 konsumsi BBM dapet berapa nih? Trus pake RON 90 apa 88?
Siap-Siap Bergabung SX4ers
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1158
- Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
- Location: Solo
gue punya juga udah mendarat di garasi bro.... tanpa indent soalnya kemarin pas ada satu unit azure grey dateng yang pesan gak kasih kabar setelah 3 hari... so... gue sikat aja..... SX4 MT, sengaja pilih yang manual karena coba test yang matic kalo pas kick down tarikan kurang sip perpindahan giginya... ngedrop banget dari gigi 2 ke 3 nya... ( 6500 an RPM ke 4000, berasa banget dropnya - apalagi dibandingin ama CVT nya jazz- buat yang suka performa - go manual tranny) secara overall memang puasss banget pake nih mobil..... lebih asyik dibanding jazz vtec AT 2005 gue.... untuk harga yang dibayar.... heran juga bisa dapet mobil selengkap ini di indo. ntar gue review lagi dech... soalnya belum banyak pake.... maklum nomor belum keluar.....johnlegend wrote:eh ralaattt... ternyata suspensi sx4 enakk.. tadi sempet ragu2 juga.. ternyata empuk.. tp tetep rigid..
pertama2 saya ngrasa keras itu soal nya suara kaki2 nya yg kedengeran.. jd sugesti suspensi keras muncul.. tp bis muter2 kira 50km.. ternyataaaa.. empukk.. hehehehe.. *walaupun ga seempuk livina*
trus sx4 hemat abis.. ganti gigi nya kaga kerasaa..
dari bokap, nyokap.. semua bilang dengan harga segini.. kaga rugi.. hehehe.. *seriously*
cuman pas mobil pertama dateng kudu dicek baek baekk baek baekkk.. jgn sampe kyk pengalaman gw.. bt banget..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1142
- Joined: Wed May 02, 2007 16:45
wah lama juga yah.. saya kapan hari indent pas 2 hari setelah peluncuran SX4..MILL wrote:Iya bong john.johnlegend wrote:huehuehue.. mr Mill pesen nya baru2 ini yah? di kota apa?
baru aja putar2 lagi.. hehehe.. suspensi emang keras.. tp ngga sekeras CRV kok.. n ngga limbung.. rigid..
duh surat jalan dari polda lama bener.. grr.. kalo kelamaan ya rugi d beli surat jalan.. tar lagi plat nomer juga keluar.. 350rb sia2 d..
Lagi kemaren akhir mei.
Dapetnya Oktober. G indent di cempaka putih jakpus.
Dari Testi bung john kayaknya semakin bikin ga sabar nih.....
Menurut bung John, dashboradnya gimana?
Dari penampakan kok kayak punya avanza ya?
Dari hasiljalan2 konsumsi BBM dapet berapa nih? Trus pake RON 90 apa 88?
Siap-Siap Bergabung SX4ers
tentang dashboard, saya kira ngga ada bunyi aneh2 kok.. *mungkin belum ya* tapi kalau sampai ada bunyi, coba cek perkakas kerja yang terletak dibawah kursi penumpang depan.. nah disitu ada laci yg bisa ditarik keluar.. n voila.. u might find the problem..
hari ini baru aja sls pasang kaca film.. coz my car is black.. jd pasang yg item juga.. punya johnson.. *murah tp kualitas nya lumayan bagus..* value for money nya oke.. similar to the car

mmh.. dashboard nya bgs kok.. warna lampu interior nya eye catching banget.. ngga membosankan si.. a bit sporty look..
ttg bbm, isi premium aja.. hehehehe.. kl pertamax mahal.. lagian, ama sales nya dibolehin minum premium kok.. btw kalo bisa hindari octan booster.. katanya si ngga baek pake kyk gitu.. oh trus kalo lagi cruising speed around 50-60km/h.. *pas ngga accelerasi.. konsumsi bbm yg tertera di MID bisa 30km per liter.. hemat abis.. ya belajar buat drive secara ekonomis lah.. hehehe..
mudah2an membantu..

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1142
- Joined: Wed May 02, 2007 16:45
hehehe.. congratulation.. welcome to the clubpiterr wrote:gue punya juga udah mendarat di garasi bro.... tanpa indent soalnya kemarin pas ada satu unit azure grey dateng yang pesan gak kasih kabar setelah 3 hari... so... gue sikat aja..... SX4 MT, sengaja pilih yang manual karena coba test yang matic kalo pas kick down tarikan kurang sip perpindahan giginya... ngedrop banget dari gigi 2 ke 3 nya... ( 6500 an RPM ke 4000, berasa banget dropnya - apalagi dibandingin ama CVT nya jazz- buat yang suka performa - go manual tranny) secara overall memang puasss banget pake nih mobil..... lebih asyik dibanding jazz vtec AT 2005 gue.... untuk harga yang dibayar.... heran juga bisa dapet mobil selengkap ini di indo. ntar gue review lagi dech... soalnya belum banyak pake.... maklum nomor belum keluar.....johnlegend wrote:eh ralaattt... ternyata suspensi sx4 enakk.. tadi sempet ragu2 juga.. ternyata empuk.. tp tetep rigid..
pertama2 saya ngrasa keras itu soal nya suara kaki2 nya yg kedengeran.. jd sugesti suspensi keras muncul.. tp bis muter2 kira 50km.. ternyataaaa.. empukk.. hehehehe.. *walaupun ga seempuk livina*
trus sx4 hemat abis.. ganti gigi nya kaga kerasaa..
dari bokap, nyokap.. semua bilang dengan harga segini.. kaga rugi.. hehehe.. *seriously*
cuman pas mobil pertama dateng kudu dicek baek baekk baek baekkk.. jgn sampe kyk pengalaman gw.. bt banget..

iya.. emang tarikan ngga terlalu heboh.. soal nya sx4 yg masuk indo, mesin nya pake mesin swift.. dengan bobot yg bertambah tentu nya.. airbag, abs, ebd.. i dunno what else.. mmh.. saya belum coba buat kebut2an si.. km nya masi cupu.. sayank neh.. hehehe..
tp tadi pas saya liat baek2.. body mobil nya ada beset dikit2.. bukan swirl mark.. tp kyk beset memanjang gitu.. baru sadar.. mmh.. its okay lah.. tinggal di masukin k pps ato glare beres..
oh iya, ada yg uda coba suspensi nya kaga? suara suspensi kedengeran sampe dalem kabin yah? tapi tetep empuk kok.. ada yg bisa kasi saran?
kalo semprot anti karat di tempat ban gimana yah? saya baca di majalan otomotif katanya bisa membantu peredaman.. *apa ngaruh ama bunyi suspensi pas lagi bekerja?*
SX4 pake ladder frame ato mono. ya? mmh.. kata orang kl pake ladder frame emang kyk gitu..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2961
- Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1142
- Joined: Wed May 02, 2007 16:45
mmh.. kl inden skrg kyk nya bakal lama.. coba telp langsung ato dateng k dealer nya.. sekalian coba test drive.. hehehe.. kalo kaga salah, kapan hari dikasi tau ama yg ngater mobil nya.. sx4 kl pesen skrg, dateng nya mungkin bisa beberapa bulan dari skrg..udz wrote:wuaaah, jd pengen pny sx4 nih. kalo inden sekarang, kira2 dapet unit nya berapa lm ya? posisi di sby.
thankz,-
coba cari aja yg ready.. tp jgn lupa cek interior2 yg letak nya sejajar ama kaki.. takut nya banyak beset2.. *pengalaman tak terlupakan.. huehueheue*
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1158
- Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
- Location: Solo
mau review pengalaman naik SX4 ke semarang nih.... berangkat malam cukup puas, sebab headlamp terang banget apalagi lampu high beam nya... ditambah lagi ada sepasang foglamp jadi tambah terang... kalo ada lubang dari jauh udah keliatan.... apalagi posisi mengemudi cukup tinggi dibanding kan sedan/ MPV jadi lebih PD jalan kenceng di malem hari, mau nyalip pun lebih PD. spion tengah bisa dilipat night mode... jadi gak silau.... panel instrument nya eye catching banget di malem hari.... cuman sayang... serba merah jadi agak monoton karena lampu lampu indikator di dash juga kebanyakan merah wiper sangat lengkap modenya, intermittent ada adjust untuk speed... jadi kalo hujan rintik rintik tapi mau jalan kenceng, tinggal di adjust speed nya di mode intermittent. perjalana solo semarang yang banyak tanjakan dilalui dalam waktu 2 jam an, cukup cepat mengingat hujan di beberapa tempat, kecepatan berkisar di 40 km- 100 km/j lum berani lebih kenceng dari itu, maklum odometer baru 200 an. konsumsi BBM yang dilihat dari MID berkisar di 1.6km/l (saat ditarikin di gigi 1) sampai 29,4 km/l saat cruising jalan agak menurun di sekitar salatiga, sebagai catatan MID nya cukup reaktif terhadap injakan gas, mungkin karena pedal udah DBW.... yang gue dapet pelajaran dari MID ini, kalo kita injek pedal di titik tertentu setiap RPM naik serta kecepatan nya, konsumsi BBM juga ternyata lebih ngirit lho.... tapi injakan gak mesti stabil..... jadi ternyata kalo kita narikin mobil sedangkan kaki cukup terkontrol tanpa bernafsu nginjek lebih dalem.... BBM nya gak tambah boros, justru irit.
sampai di semarang dilihat konsumsi BBM rata rata ternyata mencapai 14,9km/l mengingat jalan berkelok dan naik turun, diambil kesimpulan mesin ini cukup cocok dipasang di SX4. meskipun gak se irit honda Jazz VTEC (pernah test juga tanpa MID) mencapai 1:16.
demikian sekilas driving impression gue naik SX4 dari solo ke semarang... semoga info ini bermanfaat, mhn maaf jika tulisan nya gak berurutan hehehe
sampai di semarang dilihat konsumsi BBM rata rata ternyata mencapai 14,9km/l mengingat jalan berkelok dan naik turun, diambil kesimpulan mesin ini cukup cocok dipasang di SX4. meskipun gak se irit honda Jazz VTEC (pernah test juga tanpa MID) mencapai 1:16.
demikian sekilas driving impression gue naik SX4 dari solo ke semarang... semoga info ini bermanfaat, mhn maaf jika tulisan nya gak berurutan hehehe
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 125
- Joined: Mon Apr 09, 2007 2:36
Koreksi Bung Conan, SX4 pakai unibody kok...sharing ama swift.. nggak pake ladder:conan wrote:SX4 memang ladder-frame, karena aslinya sebagai crossover AWD dirancang untuk bisa mild offroad juga.
"The chassis of the SX4 sedan evolved from the award-winning Suzuki Swift... The SX4 sedan features a rigid steel unibody underpinned by a well-controlled chassis that was fine-tuned in Europe to provide stability, crisp and responsive handling and braking, and minimal body roll".
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2961
- Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34
Thanks atas koreksinya, Mr. Gubraks. Ternyata SX4 memang unibody, ya. Tadinya kupikir hanya SX4 sedan alias new Baleno yang unibody, sedangkan yang SX4 crossover hatchback-SUV, kupikir ladder-on-frame.gubraks wrote:Koreksi Bung Conan, SX4 pakai unibody kok...sharing ama swift.. nggak pake ladder:conan wrote:SX4 memang ladder-frame, karena aslinya sebagai crossover AWD dirancang untuk bisa mild offroad juga.
"The chassis of the SX4 sedan evolved from the award-winning Suzuki Swift... The SX4 sedan features a rigid steel unibody underpinned by a well-controlled chassis that was fine-tuned in Europe to provide stability, crisp and responsive handling and braking, and minimal body roll".
Karena yang SX4 sedan ini tidak memiliki ground clearance seperti yang crossover.
Thanks again atas koreksinya

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1142
- Joined: Wed May 02, 2007 16:45
waduh2.. *tidak mengerti..* unibody? pertama kali denger.. huehuehue..
mmh.. hari ini, muter2 sby lagi.. capek banget.. macet dimana2.. *anak nya pakuwon married kali ya* tadi liat ada roll royce phantom melaju kearah pakuwon.. ruma nya kali.. wah.. gede banget.. tinggi, panjang.. lebar..
tadi muter2 jalan di sby.. duh.. jarang sekali kecepatan lebih dari 40kmh.... takut banyak lubang2.. suspensi sx4 kyk terlalu jujur neh.. peredaman nya kurang gimana gitu.. sx4 yg laen sama kaga ya?
punya saya, kecepatan 30kmh, kena aspal yg ngga rata, terasa sekali bump nya..
mmh.. hari ini, muter2 sby lagi.. capek banget.. macet dimana2.. *anak nya pakuwon married kali ya* tadi liat ada roll royce phantom melaju kearah pakuwon.. ruma nya kali.. wah.. gede banget.. tinggi, panjang.. lebar..
tadi muter2 jalan di sby.. duh.. jarang sekali kecepatan lebih dari 40kmh.... takut banyak lubang2.. suspensi sx4 kyk terlalu jujur neh.. peredaman nya kurang gimana gitu.. sx4 yg laen sama kaga ya?
punya saya, kecepatan 30kmh, kena aspal yg ngga rata, terasa sekali bump nya..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2010
- Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
- Location: Casablanca
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2610
- Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
- Location: Kemanggisan, Jakarta Barat
[quote="johnlegend"]
mmh.. kl inden skrg kyk nya bakal lama.. coba telp langsung ato dateng k dealer nya.. sekalian coba test drive.. hehehe.. kalo kaga salah, kapan hari dikasi tau ama yg ngater mobil nya.. sx4 kl pesen skrg, dateng nya mungkin bisa beberapa bulan dari skrg.. [quote]
Kadang saya bingung dengan statement-2 dari para sales... karena awal Mei saya ke Suzuki Pondok Indah... melihat buanyak sekali SX4 di tempat parkir... dan Jum'at kemarin (1 bulan kemudian), saya lihat juga masih segitu-segitu juga... Apakah itu pesanan perorangan atau pesanan sub-dealer (showroom independent) yang belum ditebus. Kalau ditanya ke sales di sana sih bilangnya sudah "pesanan" saja. Jadi kemungkinan banyak juga yang hanya inden tapi tidak menebus.. hehheee...
unibody = unit body = monocoque = single shell = mobil yang tidak pakai besi kanan-kiri seperti tangga yang biasa disebut ladder frame / chassis.. seperti mobil jaman dulu.. sekarang hanya jip off-road atau truck yang masih pakai chassis.
mmh.. kl inden skrg kyk nya bakal lama.. coba telp langsung ato dateng k dealer nya.. sekalian coba test drive.. hehehe.. kalo kaga salah, kapan hari dikasi tau ama yg ngater mobil nya.. sx4 kl pesen skrg, dateng nya mungkin bisa beberapa bulan dari skrg.. [quote]
Kadang saya bingung dengan statement-2 dari para sales... karena awal Mei saya ke Suzuki Pondok Indah... melihat buanyak sekali SX4 di tempat parkir... dan Jum'at kemarin (1 bulan kemudian), saya lihat juga masih segitu-segitu juga... Apakah itu pesanan perorangan atau pesanan sub-dealer (showroom independent) yang belum ditebus. Kalau ditanya ke sales di sana sih bilangnya sudah "pesanan" saja. Jadi kemungkinan banyak juga yang hanya inden tapi tidak menebus.. hehheee...
unibody = unit body = monocoque = single shell = mobil yang tidak pakai besi kanan-kiri seperti tangga yang biasa disebut ladder frame / chassis.. seperti mobil jaman dulu.. sekarang hanya jip off-road atau truck yang masih pakai chassis.
Dari Solo ke Oslo

