Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Turut berduka & RIP utk pengendara Datsun Go.
Berdasarkan exp saya nyetir di aussie >10yrs & >200.000 km. Sim Aussie juga jadi mestinya cukup qualified ya
Jalur kanan harus kosong, hanya utk overtaking. Orang bisa overtaking diatas 100km/h asal gak terus menerus, maksudnya misal mau overtake 120km/h silahkan (untuk sementara), asal setelah itu masuk jalur tengah lagi walaupun peraturan sana utk speed limit 100-110km/h tapi dikasih batas toleransi 5-10 km/h tergantung negara bagian. Tapi bule2 dengan mesin V8 & V6nya yg berkapasitas besar, kalau overtake kebayakan ud pasti diatas itu semua. Belum lagi aksi burnout mereka di traffic lights & corner jalan2 kecil/arteri, mantap abis juga sering saya lakukan & tidak pernah kena ticket untuk itu. Road fatality juga sangat rendah. Malah mereka selalu curhat ke saya "Asian" cannot drive, ya maksudnya lane hogger ini & parking skill kurang. Pernah saya nyetir di jalan arteri dengan speed limit 60km/h sering saya lewat sana, tapi pas 1 hari itu saya ambil jalur kanan terus & jalannya kosong (speed 60km/h), gak sadar ternyata dibelakang ada mobil pickup Hillux lagi buru2. Pas lampu merah, org bulenya keluar mobil, ngetok kaca & saya tanya kenapa, dia jawab "Loe gaq sadar, your speed is too slow", gw bilang uda 60km/h, dia suruh gw jalannya jalur kiri sambil marah2. Ya memang gak setiap jalan ada tulisan "Keep Left unless overtaking" Tapi disana uda jadi semacam common knowledge kalau mau lari santai/cruising ambil jalur kiri, kanan only to overtake, kecuali jalanan lagi macet. Just my 2 cents ini perlu diajarkan juga di Indonesia biar jalan Tol semakin lancar, jangan cruising pas speed limit di jalur kanan
Rundeer wrote:
Hahaha... Kayanya emg hampir 80% mobilio yg seliweran pada penyok semua pintunya. Pernah iseng ngitungin, dari setiap 5 mobilio yg ketemu, 4nya penyok
Kyknya gara2 pintu bagasinya nongol kebelakang ya, kepentok dikit penyok
Barusan ketemu di jalur pantura,ada bagasi brv plat B yg sampe amblas kaca retak semua,
Kalo boleh tau oom.
itu mobilio penyok krn metaknya tipis bin lembek, atau memang kena senggol motor, mobil ??
alvin23 wrote: Mon Jun 18, 2018 15:06
Kyknya gara2 pintu bagasinya nongol kebelakang ya, kepentok dikit penyok
Barusan ketemu di jalur pantura,ada bagasi brv plat B yg sampe amblas kaca retak semua,
Kalo boleh tau oom.
itu mobilio penyok krn metaknya tipis bin lembek, atau memang kena senggol motor, mobil ??
Saya juga heran..saya malah berasumsi, mungkin ga karena platnya tipis, jadi setiap tutup bagasi (secara berturut2) lama2 platnya dekok kedalam.. (kecuali yg bonyok, ya mungkin itu disundul mobil)
ipat wrote:
Barusan ketemu di jalur pantura,ada bagasi brv plat B yg sampe amblas kaca retak semua,
Kalo boleh tau oom.
itu mobilio penyok krn metaknya tipis bin lembek, atau memang kena senggol motor, mobil ??
Saya juga heran..saya malah berasumsi, mungkin ga karena platnya tipis, jadi setiap tutup bagasi (secara berturut2) lama2 platnya dekok kedalam.. (kecuali yg bonyok, ya mungkin itu disundul mobil)
Menurut asumsi saya,dari 10 mobilio 9 penyok,1 udah dikenteng..
Kalo penyok garis lurus vertikal brarti pas mundur nabrak tiang, kalo blok brarti ditabrak dari belakang.,
kebanyakan dijalan yg model blok sperti abis dicium kijang
Pas lampu merah, org bulenya keluar mobil, ngetok kaca & saya tanya kenapa, dia jawab "Loe gaq sadar, your speed is too slow", gw bilang uda 60km/h, dia suruh gw jalannya jalur kiri sambil marah2. Ya memang gak setiap jalan ada tulisan "Keep Left unless overtaking" Tapi disana uda jadi semacam common knowledge kalau mau lari santai/cruising ambil jalur kiri, kanan only to overtake, kecuali jalanan lagi macet.
-
coba itu bule berlaku hal yang sama pas di indo, saya yakin akan berakhir dengan adu jotos. karena mayoritas orang indo itu selalu benar, tidak pernah salah, dan pasti marah saat diingatkan.
Bulgogi wrote: Wed Jun 20, 2018 3:05
Kalo mau nyalip ya mentok di 100 kpj.. yg disalip harus mobil dibawah 100 kpj.. kalo udah 100 kpj ya jangan disalip..
terlepas dari batas kecepatan maksimal dan alasan pengemudi dibelakang yang mau nyalip tapi kecepatannya sudah melewati batas, nggak ada salahnya minggir sebentar kasih jalan kalau memang memungkinkan.
jika ternyata yang nyalip ugal-ugalan dan didepan sana mobilnya terbalik kan tinggal bersorak sorai tepuk tangan.....
Jadi harus berbagi, jangan di tengah tengah sendiri. Kalau habis salip ke kiri. Kalau kecepatan 120 KM/jam dan dibelakang masih ada yang mau salip yah diberi jalan, asal bias ke kiri sebentar.
Jangan pernah menghalangi jalan orang lain, selama kita bisa ke kiri, maka minggir dulu ke kiri biar di belakang menyalip.
Sama sama bayar pajak ... Jalan milik UMUM untuk dipakai bersama .... jangan dimiliki sendiri ...
bensinsolar wrote: Wed Jun 20, 2018 4:58
Turut berduka & RIP utk pengendara Datsun Go.
Berdasarkan exp saya nyetir di aussie >10yrs & >200.000 km. Sim Aussie juga jadi mestinya cukup qualified ya
Jalur kanan harus kosong, hanya utk overtaking. Orang bisa overtaking diatas 100km/h asal gak terus menerus, maksudnya misal mau overtake 120km/h silahkan (untuk sementara), asal setelah itu masuk jalur tengah lagi walaupun peraturan sana utk speed limit 100-110km/h tapi dikasih batas toleransi 5-10 km/h tergantung negara bagian. Tapi bule2 dengan mesin V8 & V6nya yg berkapasitas besar, kalau overtake kebayakan ud pasti diatas itu semua. Belum lagi aksi burnout mereka di traffic lights & corner jalan2 kecil/arteri, mantap abis juga sering saya lakukan & tidak pernah kena ticket untuk itu. Road fatality juga sangat rendah. Malah mereka selalu curhat ke saya "Asian" cannot drive, ya maksudnya lane hogger ini & parking skill kurang. Pernah saya nyetir di jalan arteri dengan speed limit 60km/h sering saya lewat sana, tapi pas 1 hari itu saya ambil jalur kanan terus & jalannya kosong (speed 60km/h), gak sadar ternyata dibelakang ada mobil pickup Hillux lagi buru2. Pas lampu merah, org bulenya keluar mobil, ngetok kaca & saya tanya kenapa, dia jawab "Loe gaq sadar, your speed is too slow", gw bilang uda 60km/h, dia suruh gw jalannya jalur kiri sambil marah2. Ya memang gak setiap jalan ada tulisan "Keep Left unless overtaking" Tapi disana uda jadi semacam common knowledge kalau mau lari santai/cruising ambil jalur kiri, kanan only to overtake, kecuali jalanan lagi macet. Just my 2 cents ini perlu diajarkan juga di Indonesia biar jalan Tol semakin lancar, jangan cruising pas speed limit di jalur kanan
Nah, bener ini om.
Rasanya sudah jadi common knowledge disana.
Belom lg, kalo belok itu harus ngalah sama yang sama yang lurus, termasuk jg keluar dari jalan kecil, harus ngalah sama yang di jalan besar.
Juga kalo di bunderan, selama masih ada mobil dari kanan ga boleh maju, harus sampe kosong dulu. Coba kalo di Indo ada beginian, ga ada yang mau kalah lah.
Rasanya sih yang utama harus dari kesadaran setiap pengemudi, ga semua harus ditaro secara tertulis atau gimana.
ipat wrote:
Barusan ketemu di jalur pantura,ada bagasi brv plat B yg sampe amblas kaca retak semua,
Kalo boleh tau oom.
itu mobilio penyok krn metaknya tipis bin lembek, atau memang kena senggol motor, mobil ??
Saya juga heran..saya malah berasumsi, mungkin ga karena platnya tipis, jadi setiap tutup bagasi (secara berturut2) lama2 platnya dekok kedalam.. (kecuali yg bonyok, ya mungkin itu disundul mobil)
Ane liat bumper dan pintu belakang mobilio itu sama rata om, jadi mungkin pas disundul ya langsung kena pintunya. CMIIW
Pas lampu merah, org bulenya keluar mobil, ngetok kaca & saya tanya kenapa, dia jawab "Loe gaq sadar, your speed is too slow", gw bilang uda 60km/h, dia suruh gw jalannya jalur kiri sambil marah2. Ya memang gak setiap jalan ada tulisan "Keep Left unless overtaking" Tapi disana uda jadi semacam common knowledge kalau mau lari santai/cruising ambil jalur kiri, kanan only to overtake, kecuali jalanan lagi macet.
-
coba itu bule berlaku hal yang sama pas di indo, saya yakin akan berakhir dengan adu jotos. karena mayoritas orang indo itu selalu benar, tidak pernah salah, dan pasti marah saat diingatkan.
Iya Om, saya sih harus nahan emosi karena yg dihadapi sekelas bogan. Di aussie sering masuk news orang gebuk2an dijalan, one on one tp brutal
bensinsolar wrote: Wed Jun 20, 2018 4:58
Turut berduka & RIP utk pengendara Datsun Go.
Berdasarkan exp saya nyetir di aussie >10yrs & >200.000 km. Sim Aussie juga jadi mestinya cukup qualified ya
Jalur kanan harus kosong, hanya utk overtaking. Orang bisa overtaking diatas 100km/h asal gak terus menerus, maksudnya misal mau overtake 120km/h silahkan (untuk sementara), asal setelah itu masuk jalur tengah lagi walaupun peraturan sana utk speed limit 100-110km/h tapi dikasih batas toleransi 5-10 km/h tergantung negara bagian. Tapi bule2 dengan mesin V8 & V6nya yg berkapasitas besar, kalau overtake kebayakan ud pasti diatas itu semua. Belum lagi aksi burnout mereka di traffic lights & corner jalan2 kecil/arteri, mantap abis juga sering saya lakukan & tidak pernah kena ticket untuk itu. Road fatality juga sangat rendah. Malah mereka selalu curhat ke saya "Asian" cannot drive, ya maksudnya lane hogger ini & parking skill kurang. Pernah saya nyetir di jalan arteri dengan speed limit 60km/h sering saya lewat sana, tapi pas 1 hari itu saya ambil jalur kanan terus & jalannya kosong (speed 60km/h), gak sadar ternyata dibelakang ada mobil pickup Hillux lagi buru2. Pas lampu merah, org bulenya keluar mobil, ngetok kaca & saya tanya kenapa, dia jawab "Loe gaq sadar, your speed is too slow", gw bilang uda 60km/h, dia suruh gw jalannya jalur kiri sambil marah2. Ya memang gak setiap jalan ada tulisan "Keep Left unless overtaking" Tapi disana uda jadi semacam common knowledge kalau mau lari santai/cruising ambil jalur kiri, kanan only to overtake, kecuali jalanan lagi macet. Just my 2 cents ini perlu diajarkan juga di Indonesia biar jalan Tol semakin lancar, jangan cruising pas speed limit di jalur kanan
Nah, bener ini om.
Rasanya sudah jadi common knowledge disana.
Belom lg, kalo belok itu harus ngalah sama yang sama yang lurus, termasuk jg keluar dari jalan kecil, harus ngalah sama yang di jalan besar.
Juga kalo di bunderan, selama masih ada mobil dari kanan ga boleh maju, harus sampe kosong dulu. Coba kalo di Indo ada beginian, ga ada yang mau kalah lah.
Rasanya sih yang utama harus dari kesadaran setiap pengemudi, ga semua harus ditaro secara tertulis atau gimana.
Iya Om, disini ya siapa berani dia maju duluan, paling seru kalau liat turis Indo bawa mobil pas hook turn pada kebingungan semua, hahaha.
Kalau disini kadang uda dikasih jalan malah jadi ngalangin/melambat bikin emosi, itu gunanya ganti klakson Flosser, Denso Keong disini, serasa bwt ngusir nyamuk
bensinsolar wrote: Wed Jun 20, 2018 7:35
Iya Om, disini ya siapa berani dia maju duluan, paling seru kalau liat turis Indo bawa mobil pas hook turn pada kebingungan semua, hahaha.
Kalau disini kadang uda dikasih jalan malah jadi ngalangin/melambat bikin emosi, itu gunanya ganti klakson Flosser, Denso Keong disini, serasa bwt ngusir nyamuk
Bekas anak Melbourne ya om?
Hahahaha.
Emang kalo ga biasa hook turn bingung lah, apalg kalo ada tram tracknya.
bensinsolar wrote: Wed Jun 20, 2018 7:35
Iya Om, disini ya siapa berani dia maju duluan, paling seru kalau liat turis Indo bawa mobil pas hook turn pada kebingungan semua, hahaha.
Kalau disini kadang uda dikasih jalan malah jadi ngalangin/melambat bikin emosi, itu gunanya ganti klakson Flosser, Denso Keong disini, serasa bwt ngusir nyamuk
Bekas anak Melbourne ya om?
Hahahaha.
Emang kalo ga biasa hook turn bingung lah, apalg kalo ada tram tracknya.
Hehehehe,
Iya, Melb & Syd, tp banyakan di Melb. Hook turn pasti kalau ada tram track, karena gabisa motong langsung.
Om dari sana juga kah?
bensinsolar wrote: Wed Jun 20, 2018 7:35
Iya Om, disini ya siapa berani dia maju duluan, paling seru kalau liat turis Indo bawa mobil pas hook turn pada kebingungan semua, hahaha.
Kalau disini kadang uda dikasih jalan malah jadi ngalangin/melambat bikin emosi, itu gunanya ganti klakson Flosser, Denso Keong disini, serasa bwt ngusir nyamuk
Bekas anak Melbourne ya om?
Hahahaha.
Emang kalo ga biasa hook turn bingung lah, apalg kalo ada tram tracknya.
Hehehehe,
Iya, Melb & Syd, tp banyakan di Melb. Hook turn pasti kalau ada tram track, karena gabisa motong langsung.
Om dari sana juga kah?
Hook turn di jakarta juga banyak om. Kalo di persimpangan ga boleh belok kanan, nah, dia ke kiri dl deh tu.. Baru ntar lurus..
Kebanyakan motor.. Hihihi
bensinsolar wrote: Wed Jun 20, 2018 7:35
Iya Om, disini ya siapa berani dia maju duluan, paling seru kalau liat turis Indo bawa mobil pas hook turn pada kebingungan semua, hahaha.
Kalau disini kadang uda dikasih jalan malah jadi ngalangin/melambat bikin emosi, itu gunanya ganti klakson Flosser, Denso Keong disini, serasa bwt ngusir nyamuk
Bekas anak Melbourne ya om?
Hahahaha.
Emang kalo ga biasa hook turn bingung lah, apalg kalo ada tram tracknya.
Hehehehe,
Iya, Melb & Syd, tp banyakan di Melb. Hook turn pasti kalau ada tram track, karena gabisa motong langsung.
Om dari sana juga kah?
Iye om, dulu bekas Melb. Hehe.
Ga jg om, kadang ada di belokan ga ada tram kayak di King St atau Lonsdale st gitu.
Kadang bingung liat org yg ngotot di lajur kanan tol, pdhl udh jelas tulisan pas masuk tol LAJUR KANAN HANYA UNTUK MENDAHULUI, entah mereka ini buta huruf, pura2 ga tau, lupa, atau apa yahh.....
barusan lewat tol bawen - kaligawe semarang. cruising di 100 kpj, mostly berada di lajur kanan, dan kebanyakan mobil juga dilajur kanan. lajur kiri cenderung sepi, jarak satu mobil dg mobil lain kira 200 - 500m (kira2). dg situasi jalan seperti itu, nampaknya kewajiban setelah take over harus segera balik kiri, justru berbahaya, bikin kita sering banget pindah lajur. lbh aman anteng di kanan...
dg kecepatan 100kpj, kalo ada mobil di depan di lajur kanan dg kecepatan mirip, sy lbh suka mbuntutin aja, kalo sy ambil kirinya, malah ngeblock seluruh jalan...
btw, tol smg itu rata2 cuma dua lajur. utk tol dg 3 lane ato lebih, ceritanya mungkin beda...
saridin wrote: Wed Jun 20, 2018 12:25
barusan lewat tol bawen - kaligawe semarang. cruising di 100 kpj, mostly berada di lajur kanan, dan kebanyakan mobil juga dilajur kanan. lajur kiri cenderung sepi, jarak satu mobil dg mobil lain kira 200 - 500m (kira2). dg situasi jalan seperti itu, nampaknya kewajiban setelah take over harus segera balik kiri, justru berbahaya, bikin kita sering banget pindah lajur. lbh aman anteng di kanan...
dg kecepatan 100kpj, kalo ada mobil di depan di lajur kanan dg kecepatan mirip, sy lbh suka mbuntutin aja, kalo sy ambil kirinya, malah ngeblock seluruh jalan...
btw, tol smg itu rata2 cuma dua lajur. utk tol dg 3 lane ato lebih, ceritanya mungkin beda...
Pas lampu merah, org bulenya keluar mobil, ngetok kaca & saya tanya kenapa, dia jawab "Loe gaq sadar, your speed is too slow", gw bilang uda 60km/h, dia suruh gw jalannya jalur kiri sambil marah2. Ya memang gak setiap jalan ada tulisan "Keep Left unless overtaking" Tapi disana uda jadi semacam common knowledge kalau mau lari santai/cruising ambil jalur kiri, kanan only to overtake, kecuali jalanan lagi macet.
-
coba itu bule berlaku hal yang sama pas di indo, saya yakin akan berakhir dengan adu jotos. karena mayoritas orang indo itu selalu benar, tidak pernah salah, dan pasti marah saat diingatkan.
Wa ini...jangankan yang masih bias macam speed limit jalur kanan tol
Turut berduka utk korban. Sbg penikmat jalur ini tiap hr krn kerja n malah kaga bs 2x pp. Emang plg nyaman n safe max 120 kpj, n jalur tengah cruise, kanan nyali, kiri balas wa customer plus sent email.
bensinsolar wrote: Wed Jun 20, 2018 4:58
Jalur kanan harus kosong, hanya utk overtaking. Orang bisa overtaking diatas 100km/h asal gak terus menerus, maksudnya misal mau overtake 120km/h silahkan (untuk sementara), asal setelah itu masuk jalur tengah lagi walaupun peraturan sana utk speed limit 100-110km/h tapi dikasih batas toleransi 5-10 km/h tergantung negara bagian. Tapi bule2 dengan mesin V8 & V6nya yg berkapasitas besar, kalau overtake kebayakan ud pasti diatas itu semua. Belum lagi aksi burnout mereka di traffic lights & corner jalan2 kecil/arteri, mantap abis juga sering saya lakukan & tidak pernah kena ticket untuk itu. Road fatality juga sangat rendah. Malah mereka selalu curhat ke saya "Asian" cannot drive, ya maksudnya lane hogger ini & parking skill kurang. Pernah saya nyetir di jalan arteri dengan speed limit 60km/h sering saya lewat sana, tapi pas 1 hari itu saya ambil jalur kanan terus & jalannya kosong (speed 60km/h), gak sadar ternyata dibelakang ada mobil pickup Hillux lagi buru2. Pas lampu merah, org bulenya keluar mobil, ngetok kaca & saya tanya kenapa, dia jawab "Loe gaq sadar, your speed is too slow", gw bilang uda 60km/h, dia suruh gw jalannya jalur kiri sambil marah2. Ya memang gak setiap jalan ada tulisan "Keep Left unless overtaking" Tapi disana uda jadi semacam common knowledge kalau mau lari santai/cruising ambil jalur kiri, kanan only to overtake, kecuali jalanan lagi macet. Just my 2 cents ini perlu diajarkan juga di Indonesia biar jalan Tol semakin lancar, jangan cruising pas speed limit di jalur kanan
Sama juga dengan di Inggris. Keep left unless overtake, baik itu di jalan biasa maupun tol/motorway. Jadi sekalipun Anda jalan 200km/h, kalau tol sepi tetap saja Anda harus ambil lajur paling kiri. Karena asumsinya, siapa tahu ada mobil lain yang jalan 250km/h di belakang Anda. Common knowledge begini jadi materi saat ujian SIM (termasuk mobil/arah mana yang harus diprioritaskan, gimana cara melewati bunderan/roundabout, dsb).
Bagaimana dengan batas kecepatan? Umumnya ada toleransi +/- 10 persen. Kalau jalan lebih dari speed limit? Ya monggo saja. Speed cameras ada di mana-mana. Kalau nekat, paling seminggu kemudian dapat kiriman surat tilang dan tagihan dendanya. Tapi dengan sistem dan common knowledge begini, tol/motorway di sana menyenangkan (kecuali bila ada kecelakaan atau perbaikan jalan).
Di suatu negara Asia Tenggara yang konon penduduknya paling besar itu sepertinya pengemudinya nggak punya humility dalam berlalu-lintas. Nyetir di lajur kiri, berasa inferior. Disalip kendaraan lain, nggak terima. Kalau udah jalan di paling kanan, berasa jumawa. Apalagi kalo udah di-dim minta jalan, langsung tersinggung dan pasang badan. Ya gitu deh.
bensinsolar wrote: Wed Jun 20, 2018 7:35
Iya Om, disini ya siapa berani dia maju duluan, paling seru kalau liat turis Indo bawa mobil pas hook turn pada kebingungan semua, hahaha.
Kalau disini kadang uda dikasih jalan malah jadi ngalangin/melambat bikin emosi, itu gunanya ganti klakson Flosser, Denso Keong disini, serasa bwt ngusir nyamuk
Bekas anak Melbourne ya om?
Hahahaha.
Emang kalo ga biasa hook turn bingung lah, apalg kalo ada tram tracknya.
Hehehehe,
Hidup Hook Turn, kadang-kadang ngangenin juga nyetir disana yah.
Kaga ada tuh yg brutal nyetirnya, paling 1-2 with their v8.
bensinsolar wrote: Wed Jun 20, 2018 7:35
Iya Om, disini ya siapa berani dia maju duluan, paling seru kalau liat turis Indo bawa mobil pas hook turn pada kebingungan semua, hahaha.
Kalau disini kadang uda dikasih jalan malah jadi ngalangin/melambat bikin emosi, itu gunanya ganti klakson Flosser, Denso Keong disini, serasa bwt ngusir nyamuk
Bekas anak Melbourne ya om?
Hahahaha.
Emang kalo ga biasa hook turn bingung lah, apalg kalo ada tram tracknya.
Hehehehe,
Hidup Hook Turn, kadang-kadang ngangenin juga nyetir disana yah.
Kaga ada tuh yg brutal nyetirnya, paling 1-2 with their v8.
Lah jadi OOT
Ngangenin banget om.
Biasa suka malam2 ga ada kerjaan,
Telpon temen jemput cuci mobil baru keliling suburb lah sampe subuh. Hahaha.