Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 24
- Joined: Tue Apr 10, 2018 5:57
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Civic FD1 MT
Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka
Pertama turut berduka cita buat driver Datsun Go. Mungkin emang udah waktunya dipanggil sama Tuhan YME.
Terlepas dari guard rail, pemasangan guard railnya sendiri udah bener, ga ada masalah, dan ga perlu diperdebatkan.
Permasalahan mobil juga saya kira tidak ada masalah. Selama mobil kondisi bagus dan prima tetap ok kok dipakai 'normal' baik dalam kota maupun cruising di tol (100-120) walau untuk lcgc sekalipun. Pabrikan ga membuat mobil secetek itu dimana lari 100km aja udah oleng dll.
Yang jadi masalah adalah etika berkendara di indonesia. Jujur aja lah buka2an di indo sih mungkin cuma 30% pengemudi yang punya sim (artinya hanya 3 dari setiap 10 kendaraan yang anda temui yang punya sim) sisanya 70% ga punya sim. Dan dari yang punya sim itu ya may be 90% adalah sim tembak (hanya 1 dari tiap 10 orang yang punya sim yang bener2 lulus tes, sisanya ga ikut tes dan ga dijelasin peraturan berkendara sama sekali). Akhirnya tiap peraturan cuma ditafsirkan masing2 ga tau aturan yang jelasnya yang benar kayak gimana, belum etika2 berupa aturan ga tertulis. Bandingin sama negara maju kayak jepang atau singapura dimana sim itu bener2 harus lewat tes teori dan praktek yang berat (di jepang biaya bikin sim biasa 40jt, yang bus 80-120jt, praktek ga mungkin sekali lulus bisa lebih dari 5x uji baru lulus). Efeknya setiap pengemudi tau aturan dan etika yang berlaku. Ga perlu pakai pengatur lalu lintas dll, cukup rambu aja udah lebih dari cukup disana.
Terlepas dari guard rail, pemasangan guard railnya sendiri udah bener, ga ada masalah, dan ga perlu diperdebatkan.
Permasalahan mobil juga saya kira tidak ada masalah. Selama mobil kondisi bagus dan prima tetap ok kok dipakai 'normal' baik dalam kota maupun cruising di tol (100-120) walau untuk lcgc sekalipun. Pabrikan ga membuat mobil secetek itu dimana lari 100km aja udah oleng dll.
Yang jadi masalah adalah etika berkendara di indonesia. Jujur aja lah buka2an di indo sih mungkin cuma 30% pengemudi yang punya sim (artinya hanya 3 dari setiap 10 kendaraan yang anda temui yang punya sim) sisanya 70% ga punya sim. Dan dari yang punya sim itu ya may be 90% adalah sim tembak (hanya 1 dari tiap 10 orang yang punya sim yang bener2 lulus tes, sisanya ga ikut tes dan ga dijelasin peraturan berkendara sama sekali). Akhirnya tiap peraturan cuma ditafsirkan masing2 ga tau aturan yang jelasnya yang benar kayak gimana, belum etika2 berupa aturan ga tertulis. Bandingin sama negara maju kayak jepang atau singapura dimana sim itu bener2 harus lewat tes teori dan praktek yang berat (di jepang biaya bikin sim biasa 40jt, yang bus 80-120jt, praktek ga mungkin sekali lulus bisa lebih dari 5x uji baru lulus). Efeknya setiap pengemudi tau aturan dan etika yang berlaku. Ga perlu pakai pengatur lalu lintas dll, cukup rambu aja udah lebih dari cukup disana.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 75
- Joined: Sun Jan 15, 2017 15:15
Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka
Tapi sering banget nemu driver yg lambat di kanan, di dim" jg tetep g responPRBS wrote: Mon Jun 18, 2018 1:50THIS! Yg saya bold, itu etika yg seharusnya dilakukan di toll indo..exflowly wrote: Sun Jun 17, 2018 18:40
Menyingkapi lanehogger ~ tata krama di jalan tetap berlaku. Kalo yang belakang lebih cepat (entah karena lagi ngetest tarikan mobil atau memang lebih cepat atau remnya blong atau emergency vehicle dll...) dan kita menghambat/lbh lambat, silakan cari tempat paling aman buat minggir ke jalur kiri (kalo di toll/jalan) atau ya kiri sampe pinggir jalan (dan berhenti ~ kalau memang itu yang paling aman). Kalau belum memungkinkan untuk minggir, ya silakan kasih kode ke mobil belakang memang kita belum bisa.
Intinya jangan bikin bumpet flow kendaraan di toll.. kalau ada jarak lowong dengan mobil didepannya (>10 meter), lebih bijak kasih jalan mobil dibelakangnya.
Akhirnya ambil kiri tengah buat nyalip

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2308
- Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00
Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka
Kenyataan memang ga semanis teorinya.. setidaknya, dari kita sendiri tidak melakukan praktek yg salah seperti itu..fuchu92 wrote: Mon Jun 18, 2018 2:25Tapi sering banget nemu driver yg lambat di kanan, di dim" jg tetep g responPRBS wrote: Mon Jun 18, 2018 1:50
THIS! Yg saya bold, itu etika yg seharusnya dilakukan di toll indo..
Intinya jangan bikin bumpet flow kendaraan di toll.. kalau ada jarak lowong dengan mobil didepannya (>10 meter), lebih bijak kasih jalan mobil dibelakangnya.
Akhirnya ambil kiri tengah buat nyalip![]()
1 orang melakukan hal benar, pasti akan jadi role model untuk orang sekitarnya. Lama2 pengendara yg buruk (tidak paham aturan) akan tersingkir sendiri..
Pengendara semacam lanehogger gitu, nanti kena batunya sendiri kok.. entah ditilang polisi atau kena usil pengendara lain yg sudah kesal bgt.
Kalau di toll antar propinsi macam cipali dkk, pelaku lanehogger malah bis2 besar AKAP.

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1624
- Joined: Thu May 28, 2015 0:12
Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka
kalau misal khusus pasar sini ada aturan limit kecepatan berdasar tipe dan kelas mobil
contoh lcgc dan minibus limit di di bawah 100 atau 70 saja sekalian asal bisa masuk tol wkwkwk...
lmpv dn lsuv limit di 100 an
mpv macam ipah, crossover dan HB macam jazz di 120 an saja
dst sampe kelas big sedan di 250km/jam
modul limiternya kasih seal segel yg di cek saat razia dan perpanjangan surat kendaraan
lumayan buat mengkebiri bocah tengik dan alay tuwir
contoh lcgc dan minibus limit di di bawah 100 atau 70 saja sekalian asal bisa masuk tol wkwkwk...
lmpv dn lsuv limit di 100 an
mpv macam ipah, crossover dan HB macam jazz di 120 an saja
dst sampe kelas big sedan di 250km/jam
modul limiternya kasih seal segel yg di cek saat razia dan perpanjangan surat kendaraan
lumayan buat mengkebiri bocah tengik dan alay tuwir
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 679
- Joined: Thu Oct 29, 2015 17:33
Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka
Kalo di semarang lagi musim lcgc masuk got/parit,yg lagi ngetrend itu pintu bagasi+rear bumper mobilio dipeyokin,jarang yg fatal ditol,kebanyak suv macam for*tuner kalo ditol...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 372
- Joined: Fri Nov 06, 2015 1:53
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Escape
Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka
Jeles ya mas....paidjho wrote: Sun Jun 17, 2018 12:02 Pernah nemuin lane hogger paling kerennn....
Sekitar tol serpong arah karawaci, swift jalan 80 kpj di lajur paling kanan. yg nyetir cowok, penumpang kiri cewek hanya setengah badan di jok....
Setengah badannya lagi ke jok driver...
Aka hugging...
Jd mikir hogger tuh diambil dr kata hughing kali ya...
Piye jal????
[emoji85][emoji85][emoji85]
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 294
- Joined: Thu Nov 26, 2015 12:52
Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka
Btw di instagram ada akun khusus yg isinya bokong mobilio penyok hahaipat wrote: Mon Jun 18, 2018 3:30 Kalo di semarang lagi musim lcgc masuk got/parit,yg lagi ngetrend itu pintu bagasi+rear bumper mobilio dipeyokin,jarang yg fatal ditol,kebanyak suv macam for*tuner kalo ditol...
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 93
- Joined: Tue Oct 03, 2017 9:15
Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka
Masalahnya yg nge dim minta di kasih jalan, setelah kita minggir dia lanehogger juga, intinya sih gak mau ada mobil di depan dia.PRBS wrote:THIS! Yg saya bold, itu etika yg seharusnya dilakukan di toll indo..exflowly wrote: Sun Jun 17, 2018 18:40
Menyingkapi lanehogger ~ tata krama di jalan tetap berlaku. Kalo yang belakang lebih cepat (entah karena lagi ngetest tarikan mobil atau memang lebih cepat atau remnya blong atau emergency vehicle dll...) dan kita menghambat/lbh lambat, silakan cari tempat paling aman buat minggir ke jalur kiri (kalo di toll/jalan) atau ya kiri sampe pinggir jalan (dan berhenti ~ kalau memang itu yang paling aman). Kalau belum memungkinkan untuk minggir, ya silakan kasih kode ke mobil belakang memang kita belum bisa.
Intinya jangan bikin bumpet flow kendaraan di toll.. kalau ada jarak lowong dengan mobil didepannya (>10 meter), lebih bijak kasih jalan mobil dibelakangnya.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 166
- Joined: Mon Feb 02, 2015 17:02
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Xtrail T31
Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka
Baru semalem di tol jorr, ada new rush di jalur kanan, di kasih dim dari jauh ga mau minggir. Ya udah gw ngalah salip dari kiri, pas udah di depan itu rush, dia malah bales ngedim.
Gw Lgsg ambil jalur kiri kurangin gas sampe dia nyalip, ambil jarak 5meter dibelakang itu mobil dan tembak pake roof lamp sampe gw keluar tol.
Entah apa yg ada di otak itu rush lane hooger ngebales dim orang yg minta jalan.
Gw Lgsg ambil jalur kiri kurangin gas sampe dia nyalip, ambil jarak 5meter dibelakang itu mobil dan tembak pake roof lamp sampe gw keluar tol.
Entah apa yg ada di otak itu rush lane hooger ngebales dim orang yg minta jalan.

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 643
- Joined: Tue Apr 22, 2008 14:51
Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka
WKWKWKKWKW JANTAN dan gak lebayDnisbo wrote: Mon Jun 18, 2018 6:04 Baru semalem di tol jorr, ada new rush di jalur kanan, di kasih dim dari jauh ga mau minggir. Ya udah gw ngalah salip dari kiri, pas udah di depan itu rush, dia malah bales ngedim.
Gw Lgsg ambil jalur kiri kurangin gas sampe dia nyalip, ambil jarak 5meter dibelakang itu mobil dan tembak pake roof lamp sampe gw keluar tol.
Entah apa yg ada di otak itu rush lane hooger ngebales dim orang yg minta jalan.![]()
Musim mudik ini juga gw liat2 ya di jakarta yang kosong malah jalur kiri, tengah dan kanan semua lambat2, cape ati di dim di klakson gak minggir.
dan banyak banget yang sepertinya baru belajar nyetir.

-
- SM Specialist
- Posts: 2794
- Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup
Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka
100% setuju.dsign1990 wrote: Mon Jun 18, 2018 3:12 kalau misal khusus pasar sini ada aturan limit kecepatan berdasar tipe dan kelas mobil
contoh lcgc dan minibus limit di di bawah 100 atau 70 saja sekalian asal bisa masuk tol wkwkwk...
lmpv dn lsuv limit di 100 an
mpv macam ipah, crossover dan HB macam jazz di 120 an saja
dst sampe kelas big sedan di 250km/jam
modul limiternya kasih seal segel yg di cek saat razia dan perpanjangan surat kendaraan
lumayan buat mengkebiri bocah tengik dan alay tuwir
Dan ane akan segera menyiapkan paket speed limit unlock,...

FWD + FWD + 4WD + 4WD = 

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 812
- Joined: Fri Jan 15, 2016 15:00
- Location: Bandar Lampung, Lampung
- Daily Vehicle: Innova
Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka
Hahaha... Kayanya emg hampir 80% mobilio yg seliweran pada penyok semua pintunya. Pernah iseng ngitungin, dari setiap 5 mobilio yg ketemu, 4nya penyokfikrirukmanaa wrote: Mon Jun 18, 2018 4:22Btw di instagram ada akun khusus yg isinya bokong mobilio penyok hahaipat wrote: Mon Jun 18, 2018 3:30 Kalo di semarang lagi musim lcgc masuk got/parit,yg lagi ngetrend itu pintu bagasi+rear bumper mobilio dipeyokin,jarang yg fatal ditol,kebanyak suv macam for*tuner kalo ditol...

Jangan nginjek gas dalam dalam, boros, mending nyantai aja 

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 176
- Joined: Tue Feb 09, 2016 2:03
Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka
Khusus di indo memang seakan2 peraturan lalin (dan peraturan lainnya) dibikin utk dilanggar, kalo aturan jalan arteri saja uda dilanggar jgn harap jalan tol bisa lbh nurut, pernah liat mbl xtrail plat aparat ngambil uturn di tempat yg tidak diperbolehkan, lah role model saja uda begini, ngapain citizen obey the law??
Beda dgn nyetir diluar, aturan lbh jelas, speed limit sangat jelas dan konsisten, kalo melanggar siap2 saja dendanya setinggi langit.
Kalo ada kecelakaan fatal, kembali lg ke attitude driver, kaki dan tangannya apakah bisa dikontrol? Apakah terbawa emosi? Apakah ngerti dgn jelas kalo mbl yg dikendarai ada batasan2 safetynya ? Kalo kaki dan tangan masih ala hukum rimba, dan ngerasa mblnya adalah sport car ya bakalan rugikan sendiri dan org lain.
Beda dgn nyetir diluar, aturan lbh jelas, speed limit sangat jelas dan konsisten, kalo melanggar siap2 saja dendanya setinggi langit.
Kalo ada kecelakaan fatal, kembali lg ke attitude driver, kaki dan tangannya apakah bisa dikontrol? Apakah terbawa emosi? Apakah ngerti dgn jelas kalo mbl yg dikendarai ada batasan2 safetynya ? Kalo kaki dan tangan masih ala hukum rimba, dan ngerasa mblnya adalah sport car ya bakalan rugikan sendiri dan org lain.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2083
- Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
- Location: CGK-BDO-JOG
Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka
Kyknya gara2 pintu bagasinya nongol kebelakang ya, kepentok dikit penyokRundeer wrote:Hahaha... Kayanya emg hampir 80% mobilio yg seliweran pada penyok semua pintunya. Pernah iseng ngitungin, dari setiap 5 mobilio yg ketemu, 4nya penyokfikrirukmanaa wrote: Mon Jun 18, 2018 4:22Btw di instagram ada akun khusus yg isinya bokong mobilio penyok hahaipat wrote: Mon Jun 18, 2018 3:30 Kalo di semarang lagi musim lcgc masuk got/parit,yg lagi ngetrend itu pintu bagasi+rear bumper mobilio dipeyokin,jarang yg fatal ditol,kebanyak suv macam for*tuner kalo ditol...
Rocky R ADS CVT 2021
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 679
- Joined: Thu Oct 29, 2015 17:33
Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka
Barusan ketemu di jalur pantura,ada bagasi brv plat B yg sampe amblas kaca retak semua,alvin23 wrote: Mon Jun 18, 2018 15:06Kyknya gara2 pintu bagasinya nongol kebelakang ya, kepentok dikit penyokRundeer wrote:Hahaha... Kayanya emg hampir 80% mobilio yg seliweran pada penyok semua pintunya. Pernah iseng ngitungin, dari setiap 5 mobilio yg ketemu, 4nya penyokfikrirukmanaa wrote: Mon Jun 18, 2018 4:22
Btw di instagram ada akun khusus yg isinya bokong mobilio penyok haha
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 427
- Joined: Sat Apr 30, 2016 9:04
Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka
Setuju 100% sama om PRBS. Tata krama tuh nggak selalu tertulis/ada di Kitab Undang-undang, tapi sifatnya (hampir) universal. Karma berkendara (mau tidak mau) saya jumpai juga bersifat universal.PRBS wrote: Mon Jun 18, 2018 2:40
Kenyataan memang ga semanis teorinya.. setidaknya, dari kita sendiri tidak melakukan praktek yg salah seperti itu..
1 orang melakukan hal benar, pasti akan jadi role model untuk orang sekitarnya. Lama2 pengendara yg buruk (tidak paham aturan) akan tersingkir sendiri..
Pengendara semacam lanehogger gitu, nanti kena batunya sendiri kok.. entah ditilang polisi atau kena usil pengendara lain yg sudah kesal bgt.
Kalau di toll antar propinsi macam cipali dkk, pelaku lanehogger malah bis2 besar AKAP.
![]()
Makanya saya suka kalau orang kita (Indonesia) sering jalan ke luar negeri dan nyetir di sana, entah di Timor Leste, entah di Singapura, entah di Autobahn entah di Amerika entah di Antartica... Pengalaman memang gak bisa boong. Pasti ketemu prinsip berkendara teraman yang universal di semua tempat, dan gak pake nyalahin jalannya yang kosong (buat ngantuk) atau permukaan gak rata (jadi oleng) atau malah lebih parah lagi, ditemukan modifikasi pada pintu belakang sehingga ada korban jiwa dari mobil yang TERtabrak di toll Jagorawi pada saat bawa SUV BMW. Lha wong yang nabrak dari belakang yang salah kok malah nyalahin modifikasi pintu dan tempat duduk belakang. Tapi mungkin juga kalo si mobil yang tertabrak itu di jalur paling kiri (1), dia malah nggak kena tabrak si BMW.
Duluuuu saya pernah ketemu temen yang bilang orang kalo nyetir di Amerika pada kenceng-kenceng, terus juga ada yang bilang di Belanda itu kalau naik autobahn terus ke arah Jerman langsung kerasa... karena orang Jerman bawanya kenceng semua (tapi tertib)... ada yang kemarin pulang dari Alaska kecewa, karena jalanan yang biasanya beku di musim dingin ternyata enggak terlalu beku jadi nggak bisa ke sana naik mobil....
Nah, mereka semua pas nyetir di Jakarta/Bandung/Bogor/Depok dan ngadepin sepeda motor langsung "culture shock". Langsung geser setir ke sopir masing-masing.
Wkwkwkwkwkwk....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1224
- Joined: Wed May 07, 2014 2:36
Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka
BETUL!!!osbertc0ol wrote: Mon Jun 18, 2018 6:10WKWKWKKWKW JANTAN dan gak lebayDnisbo wrote: Mon Jun 18, 2018 6:04 Baru semalem di tol jorr, ada new rush di jalur kanan, di kasih dim dari jauh ga mau minggir. Ya udah gw ngalah salip dari kiri, pas udah di depan itu rush, dia malah bales ngedim.
Gw Lgsg ambil jalur kiri kurangin gas sampe dia nyalip, ambil jarak 5meter dibelakang itu mobil dan tembak pake roof lamp sampe gw keluar tol.
Entah apa yg ada di otak itu rush lane hooger ngebales dim orang yg minta jalan.![]()
Musim mudik ini juga gw liat2 ya di jakarta yang kosong malah jalur kiri, tengah dan kanan semua lambat2, cape ati di dim di klakson gak minggir.
dan banyak banget yang sepertinya baru belajar nyetir.
![]()
Gue ke bogor pas hari H lebaran sore via tol ByPass-Jagorawi. Tersendat mulai dari cawang sampe lewat kolong JORR krn bottleneck.
Setelah itu sampai cibubur ramai lancar.
Ehhh, lepas cibubur kok yg ramai jalur tengah ama kanan ya??
Kiri kosong!!!
![Yes / No [emo-yesno]](./images/smilies/2017-yesno.gif)
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 439
- Joined: Wed Dec 16, 2015 2:27
Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka
Bener, krn nggejar design dan ruang bagasi yg paling luas. Jadi nya body lebih nongol dr bemper.alvin23 wrote: Mon Jun 18, 2018 15:06Kyknya gara2 pintu bagasinya nongol kebelakang ya, kepentok dikit penyokRundeer wrote:Hahaha... Kayanya emg hampir 80% mobilio yg seliweran pada penyok semua pintunya. Pernah iseng ngitungin, dari setiap 5 mobilio yg ketemu, 4nya penyokfikrirukmanaa wrote: Mon Jun 18, 2018 4:22
Btw di instagram ada akun khusus yg isinya bokong mobilio penyok haha
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 916
- Joined: Tue Mar 08, 2016 12:16
Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka
Yg satu merasa benar jalan kanan utk ngebut..
Yg satu merasa benar kalo ngebut itu berbahaya..
Berdasarkan peraturan pemerintah (PP) no. 79 th 2013 kecepatan di jalan tol:
- Maksimal 100 KPJ
- Minimal 60 KPJ
Tidak usah sok2an ngedim kalo kecepatan mobil didepan anda sudah mentok 100 kpj.. apalagi pake acara salip lewat kiri..
Begitu juga sebaliknya, ngga usah sok2an masuk jalan tol kalo mobilnya cuma sanggup jalan 50 kpj kebawah.. lewat arteri saja..
Yg satu merasa benar kalo ngebut itu berbahaya..
Berdasarkan peraturan pemerintah (PP) no. 79 th 2013 kecepatan di jalan tol:
- Maksimal 100 KPJ
- Minimal 60 KPJ
Tidak usah sok2an ngedim kalo kecepatan mobil didepan anda sudah mentok 100 kpj.. apalagi pake acara salip lewat kiri..
Begitu juga sebaliknya, ngga usah sok2an masuk jalan tol kalo mobilnya cuma sanggup jalan 50 kpj kebawah.. lewat arteri saja..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1224
- Joined: Wed May 07, 2014 2:36
Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka
PP lebih rendah daripada UU.Bulgogi wrote: Wed Jun 20, 2018 2:52 Yg satu merasa benar jalan kanan utk ngebut..
Yg satu merasa benar kalo ngebut itu berbahaya..
Berdasarkan peraturan pemerintah (PP) no. 79 th 2013 kecepatan di jalan tol:
- Maksimal 100 KPJ
- Minimal 60 KPJ
Tidak usah sok2an ngedim kalo kecepatan mobil didepan anda sudah mentok 100 kpj.. apalagi pake acara salip lewat kiri..
Begitu juga sebaliknya, ngga usah sok2an masuk jalan tol kalo mobilnya cuma sanggup jalan 50 kpj kebawah.. lewat arteri saja..
UU Lalu Lintas mewajibkan pengguna jalan utk PATUH pada rambu2x.
Ada rambu LAJUR KANAN HANYA UNTUK MENDAHULUI, ya silahkan dipatuhi.

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 916
- Joined: Tue Mar 08, 2016 12:16
Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka
PP itu utk mentekniskan / mendetailkan UU..adityabp wrote:PP lebih rendah daripada UU.Bulgogi wrote: Wed Jun 20, 2018 2:52 Yg satu merasa benar jalan kanan utk ngebut..
Yg satu merasa benar kalo ngebut itu berbahaya..
Berdasarkan peraturan pemerintah (PP) no. 79 th 2013 kecepatan di jalan tol:
- Maksimal 100 KPJ
- Minimal 60 KPJ
Tidak usah sok2an ngedim kalo kecepatan mobil didepan anda sudah mentok 100 kpj.. apalagi pake acara salip lewat kiri..
Begitu juga sebaliknya, ngga usah sok2an masuk jalan tol kalo mobilnya cuma sanggup jalan 50 kpj kebawah.. lewat arteri saja..
UU Lalu Lintas mewajibkan pengguna jalan utk PATUH pada rambu2x.
Ada rambu LAJUR KANAN HANYA UNTUK MENDAHULUI, ya silahkan dipatuhi.
Kalo mau nyalip ya mentok di 100 kpj.. yg disalip harus mobil dibawah 100 kpj.. kalo udah 100 kpj ya jangan disalip..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1224
- Joined: Wed May 07, 2014 2:36
Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka
Tinggal patuhi rambu aja kok susah amat sih?Bulgogi wrote: Wed Jun 20, 2018 3:05PP itu utk mentekniskan / mendetailkan UU..adityabp wrote:PP lebih rendah daripada UU.Bulgogi wrote: Wed Jun 20, 2018 2:52 Yg satu merasa benar jalan kanan utk ngebut..
Yg satu merasa benar kalo ngebut itu berbahaya..
Berdasarkan peraturan pemerintah (PP) no. 79 th 2013 kecepatan di jalan tol:
- Maksimal 100 KPJ
- Minimal 60 KPJ
Tidak usah sok2an ngedim kalo kecepatan mobil didepan anda sudah mentok 100 kpj.. apalagi pake acara salip lewat kiri..
Begitu juga sebaliknya, ngga usah sok2an masuk jalan tol kalo mobilnya cuma sanggup jalan 50 kpj kebawah.. lewat arteri saja..
UU Lalu Lintas mewajibkan pengguna jalan utk PATUH pada rambu2x.
Ada rambu LAJUR KANAN HANYA UNTUK MENDAHULUI, ya silahkan dipatuhi.
Kalo mau nyalip ya mentok di 100 kpj.. yg disalip harus mobil dibawah 100 kpj.. kalo udah 100 kpj ya jangan disalip..
Gak heran ampe kiamat persoalan ini gak akan kelar2x.

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2308
- Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00
Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka


Perkara lanehogging etc memang sampai kiamat ga akan selesai.
Saya tim ga munafik deh.. pasti sering nyetir diatas 100kmh.. kalau didepan ada halangan ya mau tidak mau ambil jalur lainnya (tapi tidak jalur darurat, haram buat saya nyalip di jalur darurat)
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2083
- Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
- Location: CGK-BDO-JOG
Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka
Ttp aja dong itu mobil menyalahi aturan kalo di kiri kosong tp dia ttp di kanan walaupun udh 100km/h hahahaha
Kan ini ngomongnya ideal idealan ya
Kan ini ngomongnya ideal idealan ya
Rocky R ADS CVT 2021
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 518
- Joined: Fri Aug 12, 2016 6:31
- Location: Bekasi, Jawa Barat
- Daily Vehicle: Satria FU
Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka
Turut berduka cita buat keluarga dan pengemudi Datsun Go....
Keliatan pengemudi ngebut di lajur kanan.
Saran saya kalo bawa mobil kecil ambil lajur kiri atau tengah dan maintenen speed di 80-100 kpj.
Karena kalo dilajur kanan sering menimbulkan ketidaksenangan dari pemilik mobil yg merasa mobilnya lebih superior sehingga timbul ketersinggunggungan yang bisa menjadi penyebab ugal2an bawa mobil. Karena udah sifat dasar manusia yang ingin pembuktian (gak ingin direndahkan)
Keliatan pengemudi ngebut di lajur kanan.
Saran saya kalo bawa mobil kecil ambil lajur kiri atau tengah dan maintenen speed di 80-100 kpj.
Karena kalo dilajur kanan sering menimbulkan ketidaksenangan dari pemilik mobil yg merasa mobilnya lebih superior sehingga timbul ketersinggunggungan yang bisa menjadi penyebab ugal2an bawa mobil. Karena udah sifat dasar manusia yang ingin pembuktian (gak ingin direndahkan)

"Bukan yang paling baik, tapi satu diantara yang terbaik"
Kalo bisa no. 2 ngapain jadi no. 1 "Capek jadi no. 1, selalu jadi Bench mark buat yang lain"
Kalo bisa no. 2 ngapain jadi no. 1 "Capek jadi no. 1, selalu jadi Bench mark buat yang lain"