z3r099 wrote:Mohon info dan bimbingan suhu sekalian.
Ini cuma pemikiran nubie sih, tlg dikoreksi klo salah, ane pake panther grand touring 2012, dan ane pake ferrox sbgai filternya, rajin sih ane bersihkan, kdg ga sampai 2k km pas lagi bersih2 mesin/cek aki pasti ane bersihkan juga sampai dalam tempatnya. Nah tapi ga menutup kemungkinan kan debu2 halus masuk ke mesin, pasti ada secara ferrox cma menang di tarikan enteng tapi ngorbanin penyaringan debu tadi. Tapi kira2 menurut suhu sekalian, klo ane pake addiktif yg diiskan ke bahan bakar utk membersihkan mesin yg ada detergentnya, kira2 bisa dan ngefek ga utk menanggulangi kekurangan dari filter tadi? Anggaplah sementara kita mengesampingkan biaya yg tambah mahal utk perawatannya. Bagaimana para pendapat suhu sekalian? Mohon bimbingannya.
Sebaiknya pilih yg ada semacam kainnya om.
Partikel debu sangat kecil pasti lolos.
Kalau bertemu uap oli, bisa jadi semacam lumpur di intake.
Kalau sampai tersedot ke ruang bakar (apalagi diesel turbo yg pressure nya tinggi), bisa melukai dinding silinder.
Ujungnya kompresi akan turun.
Dan tekanan ruang bakar akan lolos ke ruang kruk as, dan akan membuat oli cepet berkurang, karena lebih banyak lolos ke intake lagi, dan seterusnya.
Meskipun panther parts nya tergolong murah, kalau turun mesin ya pasti abis banyak, karena kalau ganti liner silinder yg sudah baret, satu-satunya jalan ya turun mesin.
Mending kalo mau produk aftermarket, pakai aja yg semacam JFC, BMC atau semacamnya.
Flow lebih bagus dari std, tapi masih bisa menyaring debu dan partikel kecil (dengan catatan rutin cleaning).
CMIIW ya.