jangan dikatakan gila dong om, tuh montir dah kepala 6, pamali ngatain orang tua gila... hehehe.. widih, ilmunya ente dah sampai level turun mesin.. lah ane cuma supir doang, asal jalannya enak, rutin ganti fluida, isi angin ban.. dah jalan wes.. kalau ada berbagai saran, ane tampung om.. karena ilmu tiap orang beda, meski pada hal yang samamarmut wrote:nunggu 1000km??? montir gila... kenapa nggak sekalian nunggu olinya kering?
itulah sebabnya saya lebih suka memperbaiki mobil sendiri dirumah, termasuk turun mesin.
Baleno
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 74
- Joined: Tue Jan 05, 2016 9:33
Re: RE: Re: Baleno
whatever your flag..we share the same road..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11854
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Baleno
jadi intinya gini pakdhe,
1. pastiin dulu asap/uap yang keluar dari ujung knalpot itu benar asap dari oli mesin yang masuk ke combustion chamber dan ikut terbakar atau hanya asap/uap air hasil pembakaran.
2. saat mesin idle, angkat dipstick dan perhatikan apa ada asap/uap keluar dari situ? bisa juga dengan cara membuka tutup pengisian oli di valve cover.
kalau ada asap/uap keluar dari lubang dipstick, dipastikan oli mesin sudah rembes ke ruang bakar bisa melalui seal klep, bos klep/valve guide, klep, liner/boring, ring piston, atau kombinasi dari yang saya tulis tadi.
dicoba saja dulu angkat dipstick dan saat itu juga bisa keluar vonis apakah harus turun mesin total atau cukup angkat cylinder head. nggak perlu nunggu 1000km.
semoga bisa membantu dan saya tunggu hasilnya.
1. pastiin dulu asap/uap yang keluar dari ujung knalpot itu benar asap dari oli mesin yang masuk ke combustion chamber dan ikut terbakar atau hanya asap/uap air hasil pembakaran.
2. saat mesin idle, angkat dipstick dan perhatikan apa ada asap/uap keluar dari situ? bisa juga dengan cara membuka tutup pengisian oli di valve cover.
kalau ada asap/uap keluar dari lubang dipstick, dipastikan oli mesin sudah rembes ke ruang bakar bisa melalui seal klep, bos klep/valve guide, klep, liner/boring, ring piston, atau kombinasi dari yang saya tulis tadi.
dicoba saja dulu angkat dipstick dan saat itu juga bisa keluar vonis apakah harus turun mesin total atau cukup angkat cylinder head. nggak perlu nunggu 1000km.
semoga bisa membantu dan saya tunggu hasilnya.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 74
- Joined: Tue Jan 05, 2016 9:33
Re: RE: Re: Baleno
marmut wrote:jadi intinya gini pakdhe,
1. pastiin dulu asap/uap yang keluar dari ujung knalpot itu benar asap dari oli mesin yang masuk ke combustion chamber dan ikut terbakar atau hanya asap/uap air hasil pembakaran.
2. saat mesin idle, angkat dipstick dan perhatikan apa ada asap/uap keluar dari situ? bisa juga dengan cara membuka tutup pengisian oli di valve cover.
kalau ada asap/uap keluar dari lubang dipstick, dipastikan oli mesin sudah rembes ke ruang bakar bisa melalui seal klep, bos klep/valve guide, klep, liner/boring, ring piston, atau kombinasi dari yang saya tulis tadi.
dicoba saja dulu angkat dipstick dan saat itu juga bisa keluar vonis apakah harus turun mesin total atau cukup angkat cylinder head. nggak perlu nunggu 1000km.
semoga bisa membantu dan saya tunggu hasilnya.

tidak ada asap sama sekali saat ku buka oil dipstick & tutup oli om.. asap keluar saat pagi & saat kick down pedal gas.. itu artinya apa ya.. kata montir sepuh.. masih ada kemungkinan glass wool knalpot yang kotor juga turut andil keluar nya asap..
Sent from my Lenovo_S930 using Tapatalk
whatever your flag..we share the same road..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11854
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Baleno
jadi sudah yakin asap oli berwarna putih ya? bukan uap air? walaupun tidak 100%, dugaan saya seal klep.
cukup angkat head aja. tapi sebelum dibongkar alangkah baiknya pressuse tiap silinder diperiksa dulu supaya ketauan berapa PSI pressure-nya.
cukup angkat head aja. tapi sebelum dibongkar alangkah baiknya pressuse tiap silinder diperiksa dulu supaya ketauan berapa PSI pressure-nya.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 74
- Joined: Tue Jan 05, 2016 9:33
Re: RE: Re: Baleno
yang keluar hanya asap om.. kalau pagi ya masih ada air yang keluar.. tapi dikit.. thanks berat om saran nya.. ntar ku sampaikan ke montir sepuh [emoji106]marmut wrote:jadi sudah yakin asap oli berwarna putih ya? bukan uap air? walaupun tidak 100%, dugaan saya seal klep.
cukup angkat head aja. tapi sebelum dibongkar alangkah baiknya pressuse tiap silinder diperiksa dulu supaya ketauan berapa PSI pressure-nya.
Sent from my Lenovo_S930 using Tapatalk
whatever your flag..we share the same road..
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 101
- Joined: Mon Mar 05, 2018 9:21
- Location: Pati
- Daily Vehicle: Suzuki
Re: Baleno (Ask: seal Driveshaft Matic)
Numpang nanya,
Buat yang punya Baleno Matic 2001, ada yang pernah ganti seal driveshaft transmisi matic nya? Atau, ada yang tau nomor sparepart nya?
Olinya rembes.
BeRes Kudus tempat saya servis, katanya ga punya bukunya. Saya di Pati Jawa Tengah.
Maaf saya numpang di sini, setelah sebelumnya numpang di thread mas Memphisraines viewtopic.php?f=19&t=24061&start=25#p996076
Matur nuwun
Buat yang punya Baleno Matic 2001, ada yang pernah ganti seal driveshaft transmisi matic nya? Atau, ada yang tau nomor sparepart nya?
Olinya rembes.
BeRes Kudus tempat saya servis, katanya ga punya bukunya. Saya di Pati Jawa Tengah.
Maaf saya numpang di sini, setelah sebelumnya numpang di thread mas Memphisraines viewtopic.php?f=19&t=24061&start=25#p996076
Matur nuwun
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 26
- Joined: Tue Jun 12, 2018 9:33
Re: Baleno
Met sore ..Newbie ijin menyapa..barusan ambil baleno tahun 2002 .. saya di jatim apakah msh hidup ya thread ini...mkasih...