Dua model baru Chery, senjata masuk ke pasar global
(06/06/2007) - Kegigihan produsen otomotif China Chery untuk masuk ke pasar dunia termasuk USA mulai menampakkan titik terang. Sebuah perusahaan Amerika, Quantum LLC, anak perusahaan Israel Corp., mengikat kerjasama dengan Chery untuk memproduksi serangkaian mobil untuk dipasarkan di China dan pasar global.
Modal yang disedot joint venture itu sebesar $743 juta dimana investasi Quantum $225 juta dan menguasai 43% saham. Menurut China Times, salah satu aspek dari kerjasama itu adalah Chery bisa menggunakan brand-nya sendiri, beda dengan Dodge, dimana merk dibawah Chrysler itu akan memasarkan setiap model Chery dengan merek Dodge.
Bulan lalu, Wall Street Journal melaporkan, Chery merencanakan empat model baru termasuk sedan dan SUV. Laporan itu menyebutkan Chery berharap bisa memproduksi 150,000 unit pertahun, termasuk high-end sedan pertamanya.

Di China Chery baru saja memperkenalkan dua model sedan akhir tahun lalu dan awal tahun ini yang diberi nama Chery F11 dan Chery M11. Chery F11 mungkin dipasarkan 2008/09 dan menggunakan mesin V6 3.0 liter dan V8 4.2 liter yang dikembangkan sendiri oleh Chery.
Yang menarik adalah badge M11 yang beda dengan biasanya. Konon, itu badge yang akan dipakai Chery di pasar USA. Model ini akan hadir dalam versi sedan saloon empat pintu dan coupe dua pintu.

Di Indonesia, perusahaan yang spesialis sedan ini, sudah berhasil menjual 400 unit dalam beberapa bulan terakhir. Dan kabarnya Chery siap melansir model baru di sini. Bahkan Chery siap menjadikan Indonesia basis produksi untuk pasar global.