First Drive : 2018 Suzuki Ertiga GX AT
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1464
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Re: First Drive : 2018 Suzuki Ertiga GX AT
Nice review Om, ya saya setuju meskipun LMPV tetapi pemilihan dan pembuatan platform yang lebih serius bisa mendatangkan rasa berkendara yang lebih menyenangkan. Dimana untuk hal yang 1 ini tidak ada obat aftermarketnya..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2308
- Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00
Re: First Drive : 2018 Suzuki Ertiga GX AT
Headunitnya merk MTECH kalo ga salah.. untuk ignis ada yg ukuran 10”, layarnya betul2 besar sampai kesannya frameless.. kalo ga salah buat xpander juga ada.
Kalo yg buat all new xtrail malah layarnya sampai gantiin tombol acnya.. (ala2 tesla)

#bukansalesheadunit #bukantukangaudio
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 916
- Joined: Tue Mar 08, 2016 12:16
Re: First Drive : 2018 Suzuki Ertiga GX AT
Nah gini reviewer yg bagus..
Highlight itu aspek teknikal, jangan fitur mulu, wkwkwk..
Btw saya udah nyoba all new ertiga, powernya uweenaakk tenan.. di toll masih enak buat selap selip.. powernya lebih mirip bawa veloz 1.5 .. tapi masih dibawah mobilio.. & jauh diatas xpander..
Suspensinya lebih refine dr yg lama, hajar tambelan aspal lebih kalem ngga terlalu bunyi "gubrak" kaya versi old.. handling juga lebih mantep..
Kalo cuma diliat & diraba ANertiga banyak kurangnya, kalo udah test drive baru terasa valuenya.. apalagi kalo pernah punya old ertiga..
Sayang sih, aspek teknis udah bagus "bungkus"nya jelek amat pake masukin selera orang india segala.. plus fitur printilan di hilangkan..
*Saya pengguna old ertiga matic..
Highlight itu aspek teknikal, jangan fitur mulu, wkwkwk..
Btw saya udah nyoba all new ertiga, powernya uweenaakk tenan.. di toll masih enak buat selap selip.. powernya lebih mirip bawa veloz 1.5 .. tapi masih dibawah mobilio.. & jauh diatas xpander..
Suspensinya lebih refine dr yg lama, hajar tambelan aspal lebih kalem ngga terlalu bunyi "gubrak" kaya versi old.. handling juga lebih mantep..
Kalo cuma diliat & diraba ANertiga banyak kurangnya, kalo udah test drive baru terasa valuenya.. apalagi kalo pernah punya old ertiga..
Sayang sih, aspek teknis udah bagus "bungkus"nya jelek amat pake masukin selera orang india segala.. plus fitur printilan di hilangkan..
*Saya pengguna old ertiga matic..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1074
- Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39
Re: First Drive : 2018 Suzuki Ertiga GX AT
Barusan liat lagi di supermal Surabaya, iseng masuk tes baris ke 3 nya. Surprisingly, ini mobil memang well designed. Waktu mau ubah kemiringan sandaran baris ketiga, biasanya yang berubah hanya sandaran nya saja, tapi di ertiga baru ini alas dudukan juga berubah posisi. Saya tidak terlalu perhatikan berubah nya gimana, tapi yang pasti enak sih duduk di baris 3 untuk saya yang 178 cm.
Baris kedua memang harus maju sedikit, tapi masih cukup lega dibanding ertiga lama, dan bagian bawah baris 2 kosong, jadi kaki penumpang baris 3 bisa masuk di bawah baris 2.
Dan yang paling enak, sekarang bisa langsung lipat rata baris 3 walaupun baris 2 mentok ke belakang, tidak perlu maju kan dulu baris kedua nya..
Overall, memang ertiga baru ini lebih refined dibanding ertiga lama. Dan memang pasar yang dituju beda dibanding Xpander.
Baris kedua memang harus maju sedikit, tapi masih cukup lega dibanding ertiga lama, dan bagian bawah baris 2 kosong, jadi kaki penumpang baris 3 bisa masuk di bawah baris 2.
Dan yang paling enak, sekarang bisa langsung lipat rata baris 3 walaupun baris 2 mentok ke belakang, tidak perlu maju kan dulu baris kedua nya..
Overall, memang ertiga baru ini lebih refined dibanding ertiga lama. Dan memang pasar yang dituju beda dibanding Xpander.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 435
- Joined: Thu Nov 26, 2015 16:27
Re: First Drive : 2018 Suzuki Ertiga GX AT
Koreksi mod chz, veloz 1.5 udah pake projector
-
- SM Specialist
- Posts: 16678
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: First Drive : 2018 Suzuki Ertiga GX AT
Betul oom, kalo saya suka pake istilah second-tier LMPV yang isinya Xenia, Mobilio.gadjahalphien wrote:Review nya bagus om Chz..
Ada ada ulasan ttg fasilitas dan teknoginya.
Btw untuk ertiga ini, jika melihat segmentnya cenderung marketnya Xenia dan mobilio yg di tuju.
Kelihatan dari trend bulan ke bulan, trio ini cenderung konstan 2000-3000
Beda ma expander dan avanza,, dua ini sepertinya bunuh-bunuhan.
Back to topic :
Gmana kenyamanannya dibandingkan ertiga lawas? Terutama saat jadi penumpang.
Mengingat sebelum expander muncul, ertiga merupakan LMPV yg paling nyaman dibanding kompetitornya.
Sedangkan kayak Xpander dan Avanza itu first tier.
Wuling Confero masih third tier yang mau ngejar first tier... Dari konteks kelengkapannya dan layout RWD keliatan mau saingan sama first tier.
Yang ESP (tipe GS) ready Agustus, dan harga beda 5juta sama yang GX.batumakam wrote:Itu kenapa knop rinnai masih ada? Damn...
Apa susahnya bikin ac digital wahai suzuki wkwkkw..
Kayaknya bakal dipasang di ertiga berpopok..
Anyway kemarin iseng nanya ke sales langganan, yg pake esp belom ada Unit nya kemungkinan iims baru ada...? Btw esp suzuki include hsa ga si?
Ane setuju sama target pasar suzuki, ditempat saya rata rata juragan pickup pake futura, mobil harian mereka ya suzuki juga (sx-4,ertiga, swift) beberapa ada yg pake grand vitara...
Layak ditungguin sih. Yang ini mungkin manfaatin moment lebaran jd ga mau ketinggalan, bahkan dah siap unitnya di gudang.
Pembeli Suzuki profilnya rata-rata beda sama pembeli Toyota yang abis pake avanza innova mungkin bisa beli mobil mewah lain... Loyalistnya diem diem banyak ini Suzuki.
Harganya nurut saya bagus sih oom, masih reasonable dibanding Mobilio ya.merkapa wrote:Kok sayang itu harganya hihihi. Sebagai pemilik grand livina salut ama New ertiga karena baris ke tiga ya sangat manusiawi
Pugman wrote:Nice review Om, ya saya setuju meskipun LMPV tetapi pemilihan dan pembuatan platform yang lebih serius bisa mendatangkan rasa berkendara yang lebih menyenangkan. Dimana untuk hal yang 1 ini tidak ada obat aftermarketnya..
Betul, tech aspect itu sering diabaikan di pasar MPV. Akhirnya MPV jadi gendut, tenaga pas-pasan cenderung lemot, dan boros.Bulgogi wrote:Nah gini reviewer yg bagus..
Highlight itu aspek teknikal, jangan fitur mulu, wkwkwk..
Btw saya udah nyoba all new ertiga, powernya uweenaakk tenan.. di toll masih enak buat selap selip.. powernya lebih mirip bawa veloz 1.5 .. tapi masih dibawah mobilio.. & jauh diatas xpander..
Suspensinya lebih refine dr yg lama, hajar tambelan aspal lebih kalem ngga terlalu bunyi "gubrak" kaya versi old.. handling juga lebih mantep..
Kalo cuma diliat & diraba ANertiga banyak kurangnya, kalo udah test drive baru terasa valuenya.. apalagi kalo pernah punya old ertiga..
Sayang sih, aspek teknis udah bagus "bungkus"nya jelek amat pake masukin selera orang india segala.. plus fitur printilan di hilangkan..
*Saya pengguna old ertiga matic..
Masalahnya konsumen ya gitu. Kebanyakan cuma liat covernya... Oh modelnya keren... Oh fiturnya banyak... Disetir kok "njeketek"... Gak bisa lari, boros...
Cuma berat di fitur dan mikir gimana bikin mobilnya muat 10 orang tanpa mikirin apakah bobot 1.5 ton sanggup dibawa full load dengan tenaga 90 hp... Flexing chassis besar, mobilnya gak lincah, ngerem kedodoran. Kacau.
Makanya surprise sekali kalo Suzuki ngenalin platform baru yang lebih ringan dengan dimensi ertiga yang tambah gendut. Plus bonus mesin naik 100cc.
Tinggal kelengkapannya aja. Kalo nggak sunat sana sini fix deh paling worth the money, secara Xpander udah naik harga berkali kali...
Yups itu yang ane demen dari baris ketiganya, recline nya semua ngikut gak cuma sandaran jadi selalu dapet legroom yang enak.liemivan86 wrote:Barusan liat lagi di supermal Surabaya, iseng masuk tes baris ke 3 nya. Surprisingly, ini mobil memang well designed. Waktu mau ubah kemiringan sandaran baris ketiga, biasanya yang berubah hanya sandaran nya saja, tapi di ertiga baru ini alas dudukan juga berubah posisi. Saya tidak terlalu perhatikan berubah nya gimana, tapi yang pasti enak sih duduk di baris 3 untuk saya yang 178 cm.
Baris kedua memang harus maju sedikit, tapi masih cukup lega dibanding ertiga lama, dan bagian bawah baris 2 kosong, jadi kaki penumpang baris 3 bisa masuk di bawah baris 2.
Dan yang paling enak, sekarang bisa langsung lipat rata baris 3 walaupun baris 2 mentok ke belakang, tidak perlu maju kan dulu baris kedua nya..
Overall, memang ertiga baru ini lebih refined dibanding ertiga lama. Dan memang pasar yang dituju beda dibanding Xpander.
Sudah dikoreksi, oom.rajapb wrote:Koreksi mod chz, veloz 1.5 udah pake projector
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 39
- Joined: Thu Feb 02, 2017 8:26
Re: First Drive : 2018 Suzuki Ertiga GX AT
Nambah satu lagi fitur yang disunat di All New R3 :
- Fitur semburan AC, yang baru jadi cuma 2 pilihan, berasa old Avanza
- Fitur semburan AC, yang baru jadi cuma 2 pilihan, berasa old Avanza
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 796
- Joined: Sat Jan 03, 2015 12:58
Re: First Drive : 2018 Suzuki Ertiga GX AT
Nice review Mod ChZ.. Dari segi akomodasi masing-masing 1st row, 2nd row, 3rd row, dan bagasi lebih oke mana sama expander?
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 93
- Joined: Wed May 30, 2018 4:49
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: B100RS
Re: First Drive : 2018 Suzuki Ertiga GX AT
Sangat disayangkan udah kabin semewah itu yang bikin ilfeel sih handgrip nya, mana nonton reviewnya di youtube bautnya masih keliatan pula kalah sama LCGC astra yang udah ditutup lobang bautnya. BTW kalo handgrip itu common ama ertiga lawas gak ya yg udah retract, kalo common sih enak tinggal ganti aja.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 141
- Joined: Tue Mar 29, 2016 10:02
- Location: DKI Jakarta
- Daily Vehicle: Ertiga
Re: First Drive : 2018 Suzuki Ertiga GX AT
Om, klo diliat dr spec India, ini AC uda digital ya, lalu arm rest baris ke 2 masih adaIndra97 wrote: Tue May 29, 2018 11:38 Bukannya yang beda ESP doang itu GX ESP ya? Mungkin apakah di atasnya (i mean tipe GS) bakal beda selain ESP? Btw ini dejavu sama facelift 2015 dulu, ABSnya disunat beberapa bulan kemudian Drezza keluar dgn ABS dan standar akhirnya dipasang lagi ABS, akankah akan terulang lagi?
Spyshot Ertiga India, denger2 manualnya 6 speed
https://motoroctane.com/news/47487-maru ... ndia-price
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 354
- Joined: Thu Dec 03, 2009 2:31
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Xpander exceed AT
Re: First Drive : 2018 Suzuki Ertiga GX AT
Setuju...dulu keunggulan ertiga adalah mode semburan ACnya yg lengkap, jadi pembeda dgn mobilio, grand livina & avanza-xenia (baik old maupun new).S13rra wrote: Wed May 30, 2018 2:39 Nambah satu lagi fitur yang disunat di All New R3 :
- Fitur semburan AC, yang baru jadi cuma 2 pilihan, berasa old Avanza

Mobilio, sampai trim RS sekalipun, walau penampilan tombol ACnya digital, tapi tetap saja modenya hanya 2... cuma pencitraan...

Sekarang new ertiga dikebiri gak bisa ke kaca depan. Bagi saya ini fitur yg penting & berguna saat cuaca diluar dingin (hujan lebat/kabut tebal)
Sudah gitu desain tombolnya yg menyedihkan....


Bagi saya, tombol puteran ala rinnai gak masalah, selama desainnya bagus seperti di mirage/xpander. Desain tombol AC new ertiga hanya pantas untuk trim terendah saja.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 130
- Joined: Fri Feb 28, 2014 6:39
Re: First Drive : 2018 Suzuki Ertiga GX AT
Di india bakal dapat 6 speed, disini koq engga?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1112
- Joined: Wed Mar 15, 2017 9:14
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Yamaha
Re: First Drive : 2018 Suzuki Ertiga GX AT
Wani piro... ? mungkin itu problemnya..
eh.. btw.. komparasi harganya sama yg diindia gimana ?
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 19
- Joined: Fri May 05, 2017 16:37
Re: First Drive : 2018 Suzuki Ertiga GX AT
Saya pengguna ertiga gx.
Kok saya tidak menemukan kegunaan semprotan AC yang ke kaca depan ya?...
Beberapa kali coba malah bikin kaca depan semakin berembun. Tetep aja harus pake flow AC yang biasa untuk bisa bikin kaca bening lagi.
CMIIW
Kok saya tidak menemukan kegunaan semprotan AC yang ke kaca depan ya?...
Beberapa kali coba malah bikin kaca depan semakin berembun. Tetep aja harus pake flow AC yang biasa untuk bisa bikin kaca bening lagi.
CMIIW
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 141
- Joined: Tue Mar 29, 2016 10:02
- Location: DKI Jakarta
- Daily Vehicle: Ertiga
Re: First Drive : 2018 Suzuki Ertiga GX AT
Saya juga pengguna Ertiga Gan, setau saya sih, semburan kaca depan, itu harus dibarengin sama penggunaan sirkulasi udara dr luar juga.lkybstrd wrote: Thu May 31, 2018 6:11 Saya pengguna ertiga gx.
Kok saya tidak menemukan kegunaan semprotan AC yang ke kaca depan ya?...
Beberapa kali coba malah bikin kaca depan semakin berembun. Tetep aja harus pake flow AC yang biasa untuk bisa bikin kaca bening lagi.
CMIIW
Tp emang sih, fitur ini jarang banget kepake.

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3044
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: First Drive : 2018 Suzuki Ertiga GX AT
Tergantung tinggalnya dimana dulu om. Kalau di Bandung malam hari dan saat musim penghujan sih berguna. Biasanya saat hujan2 deras atau malam yg dingin banget, masuk mobil baru duduk 1-2 menit udah lgsg berembun kaca depan bagian dalamnya (karena di luar lebih dingin daripada di dalam). Otomatis harus semprot AC ke kaca depan biar embun dalem mobil cepet hilang. Kalau di jakarta atau kota2 lainnya yang di ketinggian beberapa meter above sea level sih ga kepake.lkybstrd wrote: Thu May 31, 2018 6:11 Saya pengguna ertiga gx.
Kok saya tidak menemukan kegunaan semprotan AC yang ke kaca depan ya?...
Beberapa kali coba malah bikin kaca depan semakin berembun. Tetep aja harus pake flow AC yang biasa untuk bisa bikin kaca bening lagi.
CMIIW

-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 19
- Joined: Fri May 05, 2017 16:37
Re: First Drive : 2018 Suzuki Ertiga GX AT
menariknya itu yg saya lakukan.
kan ada petunjuk dengan gambar di kenop AC nya bahwa untuk flow ke kaca, sirkulasi harus dibuka (lampu sirkulasi mati), tapi hasilnya ya begitu, malah semakin berembun [emoji28]
entahlah, kemungkinan saya yang salah sih.
kebetulan saya di Bandung
kan ada petunjuk dengan gambar di kenop AC nya bahwa untuk flow ke kaca, sirkulasi harus dibuka (lampu sirkulasi mati), tapi hasilnya ya begitu, malah semakin berembun [emoji28]
entahlah, kemungkinan saya yang salah sih.
kebetulan saya di Bandung
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 916
- Joined: Tue Mar 08, 2016 12:16
Re: First Drive : 2018 Suzuki Ertiga GX AT
Sirkulasi terbuka ditandai lampunya hidup om.. kalo lampu mati tandanya ngga ada sirkulasi udara. Ya pantes aja makin ngembun, hahaha..lkybstrd wrote:menariknya itu yg saya lakukan.
kan ada petunjuk dengan gambar di kenop AC nya bahwa untuk flow ke kaca, sirkulasi harus dibuka (lampu sirkulasi mati), tapi hasilnya ya begitu, malah semakin berembun [emoji28]
entahlah, kemungkinan saya yang salah sih.
kebetulan saya di Bandung
Coba aja di belakang truk, trus lampu sirkulasi mati. Dijamin sesak napas sama asep truk..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1060
- Joined: Tue Aug 20, 2013 8:41
Re: First Drive : 2018 Suzuki Ertiga GX AT
Jadi verdictnya gimana om CHZ?
Kalau dibanding sama ertiga lama banyak perbedaan ga dari sisi kenyamanan? Apakah sudah coba yang manual juga?
Masih galau ama mobil mertua, ertiganya awet bener ga rusak rusak.. hehehe
Kalau dibanding sama ertiga lama banyak perbedaan ga dari sisi kenyamanan? Apakah sudah coba yang manual juga?
Masih galau ama mobil mertua, ertiganya awet bener ga rusak rusak.. hehehe
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 19
- Joined: Fri May 05, 2017 16:37
Re: First Drive : 2018 Suzuki Ertiga GX AT
hmm sepertinya di ertiga saya (ada gambarnya juga di beberapa post sebelum ini) sirkulasi luar itu kalau lampunya mati.
di kenop sirkulasi AC (pilihan 4 dan 5) ada petunjuk gambar ‘use with outside sirculation’.
CMIIW
BTT IMHO kenapa sirkulasi di AN Ertiga cuma ada 2 mungkin mempertimbangkan karena jarang dipakai juga. Tapi ya better tetap seperti yang sekarang sih.
di kenop sirkulasi AC (pilihan 4 dan 5) ada petunjuk gambar ‘use with outside sirculation’.
CMIIW
BTT IMHO kenapa sirkulasi di AN Ertiga cuma ada 2 mungkin mempertimbangkan karena jarang dipakai juga. Tapi ya better tetap seperti yang sekarang sih.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4359
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: First Drive : 2018 Suzuki Ertiga GX AT
first impression ini mobil dimari: exteriornya ganteng, saya vote ini kedua paling serius setelah xpander, asal jangan lihat velg ya, karena itu dari depan ke belakang bener2 niat banget, ga ada aneh2 pula dengan rasa indihe padahal ini mobil akan dijual juga di sana, untuk front end bener2 kasih identitas bagus, dan kesannya besar mengesankan ini MPV besar (emang besar tapi dibandingkan yang dulu), untuk buntut memang love and hate, saya termasuk yang ga terlalu suka, tapi ya soal design toh itu selalu subyektif.
interior top, seandainya itu ac digital dan model frame HU ga bau2 aftermarket akan mengesankan nuansa mewah yang terbaik, yang mungkin terbaik di kelasnya. saya termasuk yang tidak suka dengan panjang yang melar tapi ternyata dimaksimalkan dengan baik oleh suzuki untuk bagasi yang jauh lebih lega dan jok belakang tetap rata lantai, akses masuk ke baris ketiga pun jadi lebih masuk akal.
overall, dari segi pricing pun memang suzuki menghindar (dan ini cerdas) dari xpander, coba2 saja colong konsumen yang inden xpander kelamaan, males hunting batalan spk xpander, ngantri terios kelamaan, ga doyan mobilio seperti saya, eneg sama duo kaleng, dan tentu ex ertiga user. oh ya entah perasaan saya saja atau gimana, ini ertiga baru diatas kertas lebih rendah sedikit tapi kalau dilihat dari luar kok rasanya jauh lebih tinggi.
interior top, seandainya itu ac digital dan model frame HU ga bau2 aftermarket akan mengesankan nuansa mewah yang terbaik, yang mungkin terbaik di kelasnya. saya termasuk yang tidak suka dengan panjang yang melar tapi ternyata dimaksimalkan dengan baik oleh suzuki untuk bagasi yang jauh lebih lega dan jok belakang tetap rata lantai, akses masuk ke baris ketiga pun jadi lebih masuk akal.
overall, dari segi pricing pun memang suzuki menghindar (dan ini cerdas) dari xpander, coba2 saja colong konsumen yang inden xpander kelamaan, males hunting batalan spk xpander, ngantri terios kelamaan, ga doyan mobilio seperti saya, eneg sama duo kaleng, dan tentu ex ertiga user. oh ya entah perasaan saya saja atau gimana, ini ertiga baru diatas kertas lebih rendah sedikit tapi kalau dilihat dari luar kok rasanya jauh lebih tinggi.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3044
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: First Drive : 2018 Suzuki Ertiga GX AT
hmmm strange juga ya hahahaha. Soalnya saya dulu di dago pakar ampir pasti kepake tuh kalau malam2 hujan mau keluar model2 AC nyembur ke kaca depan.lkybstrd wrote: Thu May 31, 2018 6:54 menariknya itu yg saya lakukan.
kan ada petunjuk dengan gambar di kenop AC nya bahwa untuk flow ke kaca, sirkulasi harus dibuka (lampu sirkulasi mati), tapi hasilnya ya begitu, malah semakin berembun [emoji28]
entahlah, kemungkinan saya yang salah sih.
kebetulan saya di Bandung
anyway, tetep saja memang sih ya ada penyunatan fitur sistem AC. Ini juga lg nunggu temen di kantor ada yg beli, masih nunggu dikirim, ga sabar pengen icip TD juga jadinya.

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 183
- Joined: Thu Oct 02, 2014 3:42
Re: First Drive : 2018 Suzuki Ertiga GX AT

di all new ertiga ini, juga ada mirip sama ANKI.
apalagi kalo malem, hehe.
jadi pengen TD abis baca review om Chz.

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: First Drive : 2018 Suzuki Ertiga GX AT
Kl dah pernah nyetir old ertiga, om pasti bakal ngerasa ride qualitynya bener2 improve. Mentul2 ilang, steering response lbh enak, gludak gluduk lbh berkurangjosomba wrote: Thu May 31, 2018 10:06hmmm strange juga ya hahahaha. Soalnya saya dulu di dago pakar ampir pasti kepake tuh kalau malam2 hujan mau keluar model2 AC nyembur ke kaca depan.lkybstrd wrote: Thu May 31, 2018 6:54 menariknya itu yg saya lakukan.
kan ada petunjuk dengan gambar di kenop AC nya bahwa untuk flow ke kaca, sirkulasi harus dibuka (lampu sirkulasi mati), tapi hasilnya ya begitu, malah semakin berembun [emoji28]
entahlah, kemungkinan saya yang salah sih.
kebetulan saya di Bandung
anyway, tetep saja memang sih ya ada penyunatan fitur sistem AC. Ini juga lg nunggu temen di kantor ada yg beli, masih nunggu dikirim, ga sabar pengen icip TD juga jadinya.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 399
- Joined: Thu Mar 01, 2018 6:39
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: SR3
Re: First Drive : 2018 Suzuki Ertiga GX AT
Siplah kalo begitu..
Berarti tinggal nunggu improvement facelift.
Mesin dan handling sudah improved.
Saya sudah sempat pesan 1 yg lama stok akhir.
Nanti kalo facelift sudah keluar, semoga sesuai ekspetasi dr penyempurnaan yg banyak dikeluhkan
Berarti tinggal nunggu improvement facelift.
Mesin dan handling sudah improved.
Saya sudah sempat pesan 1 yg lama stok akhir.
Nanti kalo facelift sudah keluar, semoga sesuai ekspetasi dr penyempurnaan yg banyak dikeluhkan