Ya pasti berpengaruh sih.pcx wrote: Tue May 29, 2018 5:52AgreedOmnibus wrote: Thu May 24, 2018 21:06 coba sekali2 buka google map trus zoom out paling luar. disitu bisa kelihatan kl secara geografis indo ga akan menang cost competitiveness dgn negara lain yg letaknya lbh strategis (dkt dgn pusat dunia). sama deserted nya dgn oz n nz, sama2 jg ekonomi ditopang oleh domestic consumption bedanya disana better governance.
jd kl product-based battle tdk competitive di international arena, maka hrs mengedepankan service industry. apa coba jagonya? training (pencegahan) korupsi atau dakwah.
tp tenang aja, hidup dimana2 sama ada enaknya ada engganya.
Dulu di sekolah slalu diajarkan letak Indonesia itu strategis diapit 2 benua dan dilewatin 2 samudera, bro![]()
Jika sampe Terusan Kra di Thailand benar2 jadi kenyataan apakah akan membunuh jalur sibuk Selat Malaka yang melewati Indonesia, Malaysia dan terutama Singapura yg jadi salah satu port tersibuk dunia ?
Sehingga berdampak pada PDB 3 negara di atas
![]()
Cuma masalahnya, motong waktu di kra canal itu kan gaseberapa, sementara sandar di singapore dapat benefit dekat dengan 2 market besar (Malay + Indo). Mungkin logicnya Kra canal itu, buat meringankan traffic di selat malaka yang sempit tp padat.
Beda kasusnya sama Suez Canal dan Panama Canal, signifikan bedanya sebelum dan setelah ada kanal, yang tadinya harus muterin benua ke selatan jauh, sekarang motong di tengah.