Car's Technology...is it make better to drive than previous old car?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 24
- Joined: Tue Apr 10, 2018 5:57
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Civic FD1 MT
Re: Car's Technology...is it make better to drive than previous old car?
Topiknya menarik banget nih, jawaban-jawaban SM-ers juga luas banget karena topik ini bener-bener bisa dilihat dari banyak faktor dan sudut pandang.
Secara safety, tentu aja menurut ane semuanya pasti setuju kok sama yang namanya teknologi. Mulai dari ABS, EBD, VSC, Traction control, airbag, dll. Gunanya tentu aja biar kita bawa mobil makin nyaman dan makin pede karna udah ga khawatir akan keselamatan dan khawatir ga bisa ngendaliin mobil.
Secara fitur (kenyamanan, kepraktisan, multimedia) bisa banyak opini. Secara kenyamanan tentu aja semua pengendara pengen mobil yang nyaman, jok empuk, bantingan enak, material interior ok, dan lain sebagainya. Untuk multimedia dan kepraktisan, ga semua orang pengen multimedia canggih dan mobil yg praktis. Ok lah kita semua pengen audio mobil itu enak, namun beberapa orang masih suka pakai tape single din, ga suka touch screen, terlepas dari majunya teknologi sekarang yang boleh dibilang hampir semua mobil HU udah pake touch screen. Soal kepraktisan jg sama, ga semua org suka cruise control, ga semua suka ada tombol2 di setir, ga semua suka ac climate control atau dual zone, dll. Ambil contoh ane, ane ngambil civic fd 2006 meskipun sebenarnya ane bisa milih mobil lain yg lebih canggih dan modern let's say civic fb 2012. Ane pribadi masih lebih suka ac pake puter2, dan ane ga seberapa suka ada tombol2 di setir meskipun tentu aja secara logika itu sebenarnya lebih membantu dan praktis. Perihal urusan parkir juga ane pribadi cukup rem tangan hidrolik + nambah sensor parkir. Ane ga butuh dan ga suka tuh electric parking, kamera parkir, atau kamera 360.
Soal mesin, akan lebih luas lagi karena menyangkut inti dari mobil itu sendiri. Teknologi makin canggih, dan pada intinya adalah gimana menghasilkan tenaga paling optimal dan seefisien mungkin dari mesin. Nah masalahnya hal itu dampaknya banyak. Mulai dari driver yang ga suka karakter mesinnya, mesin yang terlalu computerized jg, hingga perawatan. Mobil makin canggih, pemilik makin susah buat benerin klo ada trouble, mau utak atik jg susah mesinnya udh canggih banget, ujung2nya ada apa-apa dikit ya ke beres, dan biaya juga makin mahal karena penanganannya khusus.
Secara safety, tentu aja menurut ane semuanya pasti setuju kok sama yang namanya teknologi. Mulai dari ABS, EBD, VSC, Traction control, airbag, dll. Gunanya tentu aja biar kita bawa mobil makin nyaman dan makin pede karna udah ga khawatir akan keselamatan dan khawatir ga bisa ngendaliin mobil.
Secara fitur (kenyamanan, kepraktisan, multimedia) bisa banyak opini. Secara kenyamanan tentu aja semua pengendara pengen mobil yang nyaman, jok empuk, bantingan enak, material interior ok, dan lain sebagainya. Untuk multimedia dan kepraktisan, ga semua orang pengen multimedia canggih dan mobil yg praktis. Ok lah kita semua pengen audio mobil itu enak, namun beberapa orang masih suka pakai tape single din, ga suka touch screen, terlepas dari majunya teknologi sekarang yang boleh dibilang hampir semua mobil HU udah pake touch screen. Soal kepraktisan jg sama, ga semua org suka cruise control, ga semua suka ada tombol2 di setir, ga semua suka ac climate control atau dual zone, dll. Ambil contoh ane, ane ngambil civic fd 2006 meskipun sebenarnya ane bisa milih mobil lain yg lebih canggih dan modern let's say civic fb 2012. Ane pribadi masih lebih suka ac pake puter2, dan ane ga seberapa suka ada tombol2 di setir meskipun tentu aja secara logika itu sebenarnya lebih membantu dan praktis. Perihal urusan parkir juga ane pribadi cukup rem tangan hidrolik + nambah sensor parkir. Ane ga butuh dan ga suka tuh electric parking, kamera parkir, atau kamera 360.
Soal mesin, akan lebih luas lagi karena menyangkut inti dari mobil itu sendiri. Teknologi makin canggih, dan pada intinya adalah gimana menghasilkan tenaga paling optimal dan seefisien mungkin dari mesin. Nah masalahnya hal itu dampaknya banyak. Mulai dari driver yang ga suka karakter mesinnya, mesin yang terlalu computerized jg, hingga perawatan. Mobil makin canggih, pemilik makin susah buat benerin klo ada trouble, mau utak atik jg susah mesinnya udh canggih banget, ujung2nya ada apa-apa dikit ya ke beres, dan biaya juga makin mahal karena penanganannya khusus.
-
- SM Specialist
- Posts: 16681
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Car's Technology...is it make better to drive than previous old car?
Dari pengalaman liat mobil Eropa tua rata-rata bnyk yg gak awet elektroniknya... Klo ABS dll sih masi oke. Tp yang bersifat gimmick/entertainment umurnya gak lama.deddytok wrote:Walau agak melenceng..
New technologies on car jika dihubungkan dengan reliability mobil itu sendiri gimana relate ny ya..
Apakah akan seawet teknologi jadul yg serba mekanikal..
Mungkin perlu waktu 10 sampai 20 tahun kemudian buat kita tahu..
Saya kepikiran gimana misal ny sebuah mobil yg full tech eh dalam jangka yg tidak begitu panjang let's say 10 tahun reliability ny gak oke..
Even kalo itu mobil tetep fun to drive tapi kalo gak reliabel yo males jugak..
Masalahnya mobil Eropa sistemnya semua terintegrasi e....
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: Car's Technology...is it make better to drive than previous old car?
Car's Technology...is it make better to drive than previous old car?
Di Era 90an memang teknologi yang dikembangkan itu jelas make better to drive than previous old car. Lebih tepatnya memudahkan pengguna dalam berkendara, contohnya:
1. Power steering
2. Power window
3. Central lock
4. Electric mirror
Bayangkan saja kalau tidak ada power steering&power window saat kita mau puter balik sambil ngasih recehan ke pak ogah pas lg hujan. effort nya luar biasa.
Tapi semakin kesini teknologi yang disematkan di mobil lebih ke arah gimmick / kebutuhan tersier. yang menurut saya sih malah makin lama makin menurunkan skill driver, karena sudah terlena dengan teknologi-teknologi yang disematkan. jadi bikin driver semakin males gerak.
Untuk automotive enthusiast apalagi yang hobi nyetir, feel&sensasi nyetirnya nya kurang dapet. saya sih ngerasainnya gitu.
Di Era 90an memang teknologi yang dikembangkan itu jelas make better to drive than previous old car. Lebih tepatnya memudahkan pengguna dalam berkendara, contohnya:
1. Power steering
2. Power window
3. Central lock
4. Electric mirror
Bayangkan saja kalau tidak ada power steering&power window saat kita mau puter balik sambil ngasih recehan ke pak ogah pas lg hujan. effort nya luar biasa.
Tapi semakin kesini teknologi yang disematkan di mobil lebih ke arah gimmick / kebutuhan tersier. yang menurut saya sih malah makin lama makin menurunkan skill driver, karena sudah terlena dengan teknologi-teknologi yang disematkan. jadi bikin driver semakin males gerak.
Untuk automotive enthusiast apalagi yang hobi nyetir, feel&sensasi nyetirnya nya kurang dapet. saya sih ngerasainnya gitu.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1960
- Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
- Location: jkt
Re: Car's Technology...is it make better to drive than previous old car?
Tenkyu opininya um"...
Harapannya sih...tech yg ada itu bersifat assist atopun adding esensi dr driving itu sendiri, which are fun n enjoyable. Not to replace the driver in order to make more comfort/safety.
At ths moment (or maybe already superseeded) cars has reached such a max point of balance between tecnical n interactive brilliance, that makes them still a great fun to drive.
In the nxt coming gen ...nightmare bayanginnya.
Tech is removing the need to be a good driver, or even to drive at all ( think self parking,adaptive cruise, lane assist, etc)
uber sdh memulainya (bbrp neg) replace armadanya dg mbl pinter releasan ford/volvo klo nda salah, fungsi driver perhaps cm sbg monkey yg jagaiin kontrol rem
ditarik k kondisi kita, harapannya bs lbh selective n kritis menilai tech. Mindset more tech equals luxuries or enhance our driving enjoyment..blm tentu rasanya.
N ada tendency mbl" that comes fm old gen yg less nany electric become more collectible items, since it is still fun to drive..
Hurry...buy n collect one while it lasts.
Harapannya sih...tech yg ada itu bersifat assist atopun adding esensi dr driving itu sendiri, which are fun n enjoyable. Not to replace the driver in order to make more comfort/safety.
At ths moment (or maybe already superseeded) cars has reached such a max point of balance between tecnical n interactive brilliance, that makes them still a great fun to drive.
In the nxt coming gen ...nightmare bayanginnya.
Tech is removing the need to be a good driver, or even to drive at all ( think self parking,adaptive cruise, lane assist, etc)
uber sdh memulainya (bbrp neg) replace armadanya dg mbl pinter releasan ford/volvo klo nda salah, fungsi driver perhaps cm sbg monkey yg jagaiin kontrol rem

ditarik k kondisi kita, harapannya bs lbh selective n kritis menilai tech. Mindset more tech equals luxuries or enhance our driving enjoyment..blm tentu rasanya.
N ada tendency mbl" that comes fm old gen yg less nany electric become more collectible items, since it is still fun to drive..
Hurry...buy n collect one while it lasts.

4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 724
- Joined: Mon Jul 04, 2016 16:27
- Daily Vehicle: Ga Kencang Tapi Menggetarkan
Re: Car's Technology...is it make better to drive than previous old car?
ABS , EBD, BA, VSA , airbag 7 udh cukup lah saya mah
- yang kenceng kalah sama yang wet look
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: Car's Technology...is it make better to drive than previous old car?
Termasuk transmisi manual column shift yg bikin bingung utk org yg blm biasaChZ wrote: Mon May 28, 2018 2:26Nah ini nih... Kadang excitement saya naik 1000% waktu disuruh bawa mobil taon 80-90an daripada bawa mobil zaman now.pengendiesel wrote: But anyhow, saat pindah dari mobil yg berteknologi jaman now ke mobil jadul2, emang ada kenikmatan tersendiri yang bikin kangen.
Sensasi liat semuanya masih analog, klasik, apalagi kalo dapet yang terawat duh... Keren abis.
Sensasi ngengkol jendela, setirnya yang berat, suspensi yang ngayun ngayun ga jelas gak kerasa rigidnya sama sekali... Dan suara mesin+knalpot yang khas banget...

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1960
- Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
- Location: jkt
Re: Car's Technology...is it make better to drive than previous old car?
Akur..., jk rem tangan di rasa tdk bikin susah mengoperasikannya n lbh kecil probablitas errornya d banding EPB ....ya kenapa tdk.
ngeri mw fully trust bhw cmputer will do its job flawless, Can never iron out all bug/glitch in the system all the times.Rundeer wrote: Sun May 27, 2018 9:36 Kalo untuk safety purpose oke lah... Tapi untuk fun to drive.. hmm... kekuatan komputer gak bakal pernah mengalahkan sensasi dari mengemudi yg pake skill manusia itu sendiri![]()
Dbw...ada lag/jedah waktu ant input kaki um sm mbl br responRakean wrote: Sun May 27, 2018 10:16 me love diesel konvensional compare crdi dalam hal kegesitan tarikan awal... drive by wire sucks

bbrp kali sy ada nonton Tron Legacy tuhbero89 wrote: Sun May 27, 2018 10:36
Pandangan saya..
Lambat laun semua bakal jadi kendaraan berteknologi, saya mengamini sekali sewaktu nonton Tron Legacy ketika tokoh utama begitu menikmati ducati nya disaat dunia sudah serba elektrik. .....
Lama-lama offroad hanya tekan tombol mode berkendara dan auto pilot melewati track. [emoji37][emoji40]

One day perhaps...klo um mw menikmati sensasi nyetir mbl hrs pergi k daerah pinggiran...lengkap dg track yg ada n pastinya bakal di tagih mahal utk merasakan sensasi tsb, mirip klo skrn um mw berkuda...hrs pergi k bromo, lembang, atopun lombok sana..and bayar!! Hobby nya org" tajir ini.

Trus road trip k bsb...komputernya bilang dah ente leha" saja dlm mbl sambil makan jagung rebus or gorengan...ngga usah capek" ngcek mbl atopun batu gede.....judulnya nyampe aja di puncak

4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1960
- Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
- Location: jkt
Re: Car's Technology...is it make better to drive than previous old car?
pribadi, yg berkenaan dg safety fitur msh ok, tapi perlu jg d ketahui...bhw safety fitur tg terpasang...majority basisnya drancang utk para unskilled driver agar terlindung dr segala kemungk resiko. Makanya annoying banget klo bentar" sistem bunyi beeps ...beeps ...atopun bentar" brisik ngasi tau distance mbl terlalu dekat dg kend di dpn. We don't need dictated by the system on what to do.Harchi wrote: Sun May 27, 2018 10:09 Ane termasuk yg kurang peduli sama fitur2 begitu. Tapi klo ada pengen ada fitur stability control aja untuk tambahan keamanan sewaktu2. Lainnya ane masih pengguna fitur2 90an. Paling fitur agak modern yg ane rasa sangat membantu ya cuman sensor parkir

HPS tetep akan lbh direct n komunikatif vs epsmichaelgiri93 wrote: Sun May 27, 2018 11:39 Hmmm
Safer yes, fun to drive no(?)
Tapi yang jelas feel eps sama hps imho enak hps banget
Gak cuma feedback tapi setir lebih terasa direct.
Drive by wire juga tidak lebih enak dibandingkan gas yang masih pake kawat.

4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1960
- Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
- Location: jkt
Re: Car's Technology...is it make better to drive than previous old car?
agree....all that stuff hrsnya membantu kenyamana saat berkendara n ikut menjaga agar pandangan tetap k arah depan jalan...bukan sibuk ngtak ngatik nyari tombol.bismo16 wrote: Sun May 27, 2018 12:47 Makin banyak fitur & tombol kok makin bikin lebih banyak distraction buat driver.
GPS, HU canggih, etc..
Apapagi pengoperasiannya sambil jalan..
Tech MID car incl Idrive bmw yg jd bencmarknya, in real life (apalagi saat b'jln) msh d rasakan sulit dlm pengoperasiannya..apalagi masuk" ke sub forum menu yg d tuju.
Cth Lain...system navigasi mbl yg tdk intuitive.
N bbrp mfg minta cost extra utk menu ini. Dg kondisi diatas.....jika di tangan anda sdh ada ada device iphone yg punya system navigasi yg lbh akurat serta bs kasih gratis...trus buat apa di ambil

nda tau sy um...pernah bc yg mod adjay dg um kumpre soal statement new model pasti lbh ok.
"Tetep msh enak" mungkin tepatnya "bkn lbh enak", dtambah kenyamanan yg d dpt saat macet, apa krn ini under bmw badge y..yg notabene hrs ada feeling setirnya (meski eps). By most bmw hooligans....e46 steering feels dianggap better sih d banding model brktnya yg sdh adopt eps.Tats wrote: Sun May 27, 2018 13:05 Jujur saya malah senang mobil sekarang sudah electric power steering (eps)
Secara overall eps bagi saya meningkatkan fun to drive apalagi di mobil eropa
Pas macet dan di parkiran setir ringan, pas ngebut feedback masih ada dan setir memberat
Di f30 eps-nya enak, setirnya ringan dan komunikatif juga kok
Malah sejak sy pakai f30 rasanya feedback setir e36 dan e90 saya dulu ga begitu terasa karena setirnya terlalu berat
Tapi kalau eps di mobil jepang komentar saya beda ya...
Every discipline or bidang area pasti akan trus melakukan imprvmnt, termasuk autoindustry. Stand point yg cb di highlight...bagaiman tech itu sendiri justru meningkatkan esensi dr aktivitas driving itu, tdk meng overtake nya.qushay20019 wrote: Sun May 27, 2018 13:49 Rasanya semua teknologi itu awalnya pasti disruptive, lama2 baru jadi terbiasa & saat itulah bari dirasa memudahkan dan menyenangkan. Contoh:
- No power steering to HPS to EPS
- Aki basah ke aki maintenance free
- Wiper biasa ke auto wiper
- No spion lipat ke spion lipat manual ke electric retractable mirror ke auto retract mirror
- Ban dalam ke ban radial ke ban RFT
- No reverse sensor to reverse sensor to recerse camera to 360/ bird eye view camera
- dst silahkan dilanjutin sendiri.
Intinya menurut ane sih, nikmatin aja yh udah ada. Kalo di garasi adanya AMG GT R, nikmatin aja. Kalo adanya bekas mobil alias udah setengah bahan, ya “nikmati” aja juga, siapa tau nanti2 kesampean beli tuh “green beast from green hell”
Sy cb ambl cth misalanya tech improvent di bidang stick golf atopun raket ant jaman dulu vs skrg. Any average ppl rasanya akan bs bermain lbh baik jk dberikan stick golf/raket badminto tech jaman now d banding jmn dulu....n tech imprvt di stick/raket tsb tdk mengeser kesenangan dr aktivitas bermain golf/badminton mlh justru memabntu menajkan kualitas n kesenangan bermain..
Imo y um

4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5952
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Car's Technology...is it make better to drive than previous old car?
Trit mantep dari om jipos.
Ane sendiri jg suka mobil2 jaman dulu.
Dengan fitur secukupnya aja, malah menurut ane terlalu banyk fitur sama gimmick malah kadang menjadi gangguan buat ane.
Belom lg, mengurangin skill sama experience berkendara.
Ane sendiri jg suka mobil2 jaman dulu.
Dengan fitur secukupnya aja, malah menurut ane terlalu banyk fitur sama gimmick malah kadang menjadi gangguan buat ane.
Belom lg, mengurangin skill sama experience berkendara.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3209
- Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
- Location: idn, 18 mdpl
- Daily Vehicle: b48 1gd 4a9
Re: Car's Technology...is it make better to drive than previous old car?
Tp mobil saat ini jugalah bukan taknologi yg gmn2.. mostly uda sudah ada dari thn 90an (di line up atas)
engine roaring!
-
- SM Specialist
- Posts: 2794
- Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup
Re: Car's Technology...is it make better to drive than previous old car?
Me want agya trd 1vd-ftv,... Resing 

FWD + FWD + 4WD + 4WD = 

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5952
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Car's Technology...is it make better to drive than previous old car?
Ai won dat-go panca with Rb26dett.
Moar resing.

-
- SM Specialist
- Posts: 2794
- Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup
Re: Car's Technology...is it make better to drive than previous old car?
Real man use FRD fuel

FWD + FWD + 4WD + 4WD = 

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 77
- Joined: Sat Jun 21, 2014 23:05
Re: Car's Technology...is it make better to drive than previous old car?
Share pengalaman nyetir dari jaman masih sma- awal kuliah 2006-2007 sampai skrg kerja.
1. Jaman dulu pake mobil2 tua mesin karbu (kyk classy, esteem, katana, karko, carry,dll) start mesin klo pagi ga langsung nyala, musti 2-3x start. Itupun pakai ritual manasin mesin lebih dari 5 menitan biar pas jalan lancar ga pake brebet. Jaman skrg pakai mobil udah injeksi, start 1x nyala. Manasin mesin sekedarnya 1-2 menit, langsung jalan.
2. Dulu transmisi matic dianggap aneh, susah penyesuaian, lelet, mobil matic dianggep rv nya jeblok. Now jalanan tambah padet, macet, males ijek kopling ganti2 presneling. Maunya ya pake matic. Dirumah pun semua mobil convert ke matic.
1. Jaman dulu pake mobil2 tua mesin karbu (kyk classy, esteem, katana, karko, carry,dll) start mesin klo pagi ga langsung nyala, musti 2-3x start. Itupun pakai ritual manasin mesin lebih dari 5 menitan biar pas jalan lancar ga pake brebet. Jaman skrg pakai mobil udah injeksi, start 1x nyala. Manasin mesin sekedarnya 1-2 menit, langsung jalan.
2. Dulu transmisi matic dianggap aneh, susah penyesuaian, lelet, mobil matic dianggep rv nya jeblok. Now jalanan tambah padet, macet, males ijek kopling ganti2 presneling. Maunya ya pake matic. Dirumah pun semua mobil convert ke matic.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1960
- Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
- Location: jkt
Re: Car's Technology...is it make better to drive than previous old car?
Sy ngeliatnya ..sepanjang tech tsb bs m'bantu performa dr driver/rider sbg subyek/actor utama dlm mlkkn aktivtas driving/riding yg dilakoninya, dan tidak bersifat determine/take over... ..hrsnya sih ok" saja.Pugman wrote: Sun May 27, 2018 13:50 Kalau menurut saya pribadi tergantung dari PWR mobil-mobil itu sendiri. Ya Power to Weight Ratio, menurut saya mobil yang powernya diatas 250Hp dan bobot tidak sampai 1500kg, maka sistem elektronik yang lebih kompleks akan membantu, dimana Safety, fun to drive dan time attacking lebih mudah dicapai. Karena hanya orang-orang yang memang terlatih dan terbiasa bawa mobil power besar dengan bobot ringan yang bisa merasakan manfaatnya. Namun dengan Electronic yang baik maka lebih banyak orang yang bisa memanfaatkannya.
Untuk mobil di bawah 200hp, penerapan teknologi elektronik yang tepat lebih kearah safety dan comfort, kenapa ada beberapa orang yang bilang menjadi tidak fun to drive?
Ya menurut saya karena dalam range power tersebut masih dalam jangkauan sistem mekanis dan banyak orang yang mampu mengendalikan tanpa bantuan sistem elektronik.........
Adopt technology tdk akan memilah milih karakter dr suatu kendaraan (spt pwr/bobot). Ntah nantinya d sengaja/tdk...pd akhirnya tech tsb memudahkan bg para pemula utk bs ikut m'cobanya, cth: keberadaan AT transmisi sbg pintu akses bagi pemula utk bs driving dg cepat n mudah.
Utk statement mbl d bwh 200hp..jd less fun to drive dg alasan krn kan semua msh dlm jangkauan mekanis n banyak org yg bs mengendalikan tanpa bantuan tech.
....kurang tepat. sensasi being capable to control dg less aid dr tech....seharusnya membuatnya menjadi fun to drive.
mike22 wrote: Sun May 27, 2018 14:40 Intinya kecanggihan teknologi yg dikembangkan untuk mobil itu bikin semua makin praktis.
Biar tetep bisa komunikasi ada android auto sm carplay, gaperlu lagi megang hp selagi nyetir.
Biar engga usah cape2 nahan gas di tanjakan, ada auto hold sm hill start assist.
Mau parkir ada kamera mundur, 360, bird eye view, sampe autonomus parking. (Padahal ukuran mobilnya ga segede land cruiser ato s-class).
Mau cruising di jalan tol ada cruise control, sampe udh ada sensor sm radar rem otomatis.
Mungkin jg dg alasan praktis tsb dia ada, di sisi lain (manufacture) mlhtnya sbg opportunity utk m'charge cost per items atas fitur diatas with less care...apakah actually efektif terpakai/tdk, refined/tdk, costly/tdk servicenya klo error, dll.
Better to drive dlm artian lbh nyaman n safety mungkin iya (asumsi all tech bkerja sebagamana mestinya) tp dlm artian fun to drive...ini yg msh blm yakin....Disisi positif, pengguna semakin dimudahkan.
Disisi negatif, hal-hal esensial dan dasar dalam mengemudi sudah mulai memudar.
Cukup menjelaskan kan mengapa akhir2 ini makin banyak orang yg parkirnya aja ga bisa rapi trus markirinnya lama jd bikin orang nunggu lama, padahal mobilnya citycar/lcgc.
Trus karena ketidakmampuan dia untuk memarkirkan mobilnya, dia menuntut mobil harus ada kamera parkir blablabla..
Ya mirip2 lah ama smartphone, kok rasanya skrg lebih pinter smartphone daripada usernya.. seharusnya kan usernya yang bisa memanfaatkan smartphone untuk memaksimalkan hidupnya, bukan hanya karena dimudahkan trus ya cuma untuk dinikmati saja, tanpa ada manfaat/faedah.
Kembali ke pertanyaan awal, ya beberapa pabrikan masih ada yg tetap memperhatikan user experience kok ga cuma membabi buta masukkin fitur ini itu... Harus diakui teknologi2 diatas memang makes better drive, dan lebih aman juga.
Yup kedepan b'harap sj msh ada pabrikan yg mau mengeluarkan model" spt gt86/brz/miata ato sejenisnya.
Ngarepin model" diatas datang dr pabrikan ferari, lambo, porsche yg semua line up nya skrg tinggal pencet" tombol atopun mainin paddleshift pdk nya ...kecil kemungkinan. bbrp fansnya mlh menganggap 911 dianggap sdh mati begitu pdk transmissi menggantikan mt gb nya.
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1422
- Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09
Re: Car's Technology...is it make better to drive than previous old car?
hal2/fitur yang tidak saya sukai di mobil2 jaman now itu electric parking brake, drive by wire lemot, speedometer digital, eps yang kelewat ringan setir nya
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1960
- Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
- Location: jkt
Re: Car's Technology...is it make better to drive than previous old car?
* fitur" yg bs d overide on/off olh driver ..setujugeofreyap wrote: Sun May 27, 2018 14:44 Kehadiran teknologi yg lebih advance pasti membantu sih, no matter what, no matter how.
Lihat balapan kelas dewa. Teknologi yg ada membuat displacement semakin kecil, jadi fuel efficient, dan nyatanya laptime bisa lebih cepat dibanding generasi sebelumnya.
Tinggal sediakan switch off button / menu options untuk fitur² yg di rasa akan terlalu intrusive saat tidak di perlukan, supaya di saat² tertentu, kita bisa merasakan raw sensation of driving.
Contoh VSC yg bisa di off-kan, SCBS yg bisa di off-kan, dst.
* jk berandai" um di ksh kesempatan bw mobil k puncak bogor.
mana kira" yg lbh fun n enjoyable bw miata yg serba basic n lelet tp bs kasih applause lbh k Drivernya, ato bw supercar yg capable dlm hitungan menit sdh sampai k puncak, tp less rewarding di bawanya?
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1960
- Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
- Location: jkt
Re: Car's Technology...is it make better to drive than previous old car?
Utk safety, sepanjang msh bs di akses utk on/off nya ok ok sajalah.ChZ wrote: Sun May 27, 2018 16:05
......
Gak ada masalah ane kalau alasan keamanan seperti ABS, EBD, kontrol stabilitas dan HDC / HSA...
Basically tc khan dimaksudkan utk safety..cegah roda spin dg system automatically mereduksi pwr atopun applying brake.Cuman nah ini... Makanya kenapa di supercar biasanya launch control pasti matiin kontrol traksi... karena elektronik itu tujuannya buat "safe" termasuk ngurangin output, sementara untuk launch di aspal kering lurus justru sebaliknya fitur ini malah intrusif krn you can't get the most out of your car... Ini ngomong supercar modern ya.
Problemnya...launching dg kondisi tc on, bukan slh satu cara to get fastest moving, krn pd timing tertentu dia akan cut input throatle kita saat di bejek. Tc off meski roda akan nyepin..masih lbh cepat larinya di banding sebaliknya.
CTR FK2/FK8 dg opsi cm ada FWD n MT,Makanya waktu Honda Civic Type R FK8 diperkenalkan, hampir semua jurnalis otomotif yang udah nyoba, langsung freaks out. Di saat today's hothatch install DSG instead of MT, Honda stays with MT only, suara knalpot saking bandelnya Honda gak mau suara artifisial dibuatlah 3 lobang knalpot yang tengah jadi resonator buat bikin semacem efek kayak valvetronic... Steering axle, Differential, dan camber roda depan pun didesain buat mereduksi torque steer sehingga tanpa AWD CTR tetep bisa nahan tenaga sebesar 320ps (spek luar, spek Indo jadi 310ps) dan torsi masif dari mesin turbonya... pengembangan CTR FK8 tetap fokus pada mekanikal, elektroniknya hanya safety support...
Cth bentuk brave statement dr pabrikan yg tdk ikutan latah dg trend yg skrg. Peduli amat dia whether u r going to hate/like/buy it....judulnya itu sdh w bikinin mbl nya yg ok

Utk mark x yg kopongan bs dijadikan pembanding dg mbl yg sdh full featured.Yang ane masalah adalah ketika orang lebih mengagungkan namanya gimmick atau luxuries yang harganya gak seberapa daripada refined engineering...
Dan dari perspektif saya nyetir Toyota Mark X spek indo a.k.a audioless / spek taksi... Merasa mobil ini lebih kerasa "mahal" (memang sih...) dibanding Wuling Cortez yang lebih berlimpah fitur (jauuuuuh)... multimedia pastinya canggih Wuling Cortez atau Confero wong aslinya audioless...
Cb saja hitung" brp prosentase nilai dr fitur tsb thd total cost produksi per unitnya. Sy pikir hanya sepersekian persen jk di bandingkan prosentase cost chasis, mesin, tranny, atopun layout kakinya.
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
-
- SM Specialist
- Posts: 16681
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Car's Technology...is it make better to drive than previous old car?
Yang lucu, FK8 CTR malah lebih banjir pujian daripada supercar flagship nya Honda : NSX...jivos wrote: Mon May 28, 2018 20:55
Utk safety, sepanjang msh bs di akses utk on/off nya ok ok sajalah.
Basically tc khan dimaksudkan utk safety..cegah roda spin dg system automatically mereduksi pwr atopun applying brake.
Problemnya...launching dg kondisi tc on, bukan slh satu cara to get fastest moving, krn pd timing tertentu dia akan cut input throatle kita saat di bejek. Tc off meski roda akan nyepin..masih lbh cepat larinya di banding sebaliknya.
CTR FK2/FK8 dg opsi cm ada FWD n MT,
Cth bentuk brave statement dr pabrikan yg tdk ikutan latah dg trend yg skrg. Peduli amat dia whether u r going to hate/like/buy it....judulnya itu sdh w bikinin mbl nya yg ok![]()
Utk mark x yg kopongan bs dijadikan pembanding dg mbl yg sdh full featured.
Cb saja hitung" brp prosentase nilai dr fitur tsb thd total cost produksi per unitnya. Sy pikir hanya sepersekian persen jk di bandingkan prosentase cost chasis, mesin, tranny, atopun layout kakinya.

NSX lebih ke tech showcase kalo Honda bisa bikin hybrid supercar (selama ini belum ada pabrikan Jepang yang bikin hybrid supercar), sedangkan CTR lebih ke trackday car dan gak lepas dari filosofi Type-R malah IMHO menyempurnakan filosofi typeR : trackday car yang bisa buat dipake sehari-hari. Ane blom pernah coba sih, cuman denger dari banyak review CTR terbaru itu sangat user friendly dipake harian dan karakter suspensinya di mode comfort bikin mobil ini kayak bawa Civic HB normal biarpun pake profil ban setipis itu

Ya exteriornya norak sih... banget... padahal CTR bikinnya di Inggris bukan di Amerika yang mana Honda identik sama ricer

Itu dia oom yang mau saya sampaikan... seberapa besar sih ongkosnya integrated multimedia system dibandingkan dengan let's say suspensi belakang multi-link, chassis full aluminium, engine dual charger, etc... tapi orang lebih bingung soal elektronik yang gak seberapa dibanding hal-hal krusial seperti ini.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 196
- Joined: Sat Oct 15, 2016 12:19
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Motor
Re: Car's Technology...is it make better to drive than previous old car?
Nah nah,,ya ini maksudnya, leres mas chris sepakat, pinginku ngomong gitu juga cuma perbedaan jam terbang & pengetahuan jadinya ya cuma gitu aja yang tersampaikan versi saya [emoji23][emoji106]ChZ wrote:I like this kind of topic... Bisa puas curhat colongan...
Terus terang ane dapat pencerahan setelah nyetir Mark X 2013 salah seorang rekan SM... Tentang how a car should be... Mobil sekarang rasanya kebanyakan kayak orang dulu dikasih makan daging dan sayur yang rasanya alami sekarang makannya micin dan gula... artifisial semua rasanya.
Masalahnya ya , sama kayak gula, orang sekarang makan gak pake micin atau gula ya hambar... krn lidahnya udah biasa... Makanya giliran ane ngomong begini nanti pasti ada yang langsung ad hominem (google kalo gak mudeng) mod ChZ orang yang saklek dan anti teknologi, sampe ada yang bilang ntar mod ChZ tinggal nangis di pojokan liat mobil makin canggih ... no... I'm much simpler than that.
Gak ada masalah ane kalau alasan keamanan seperti ABS, EBD, kontrol stabilitas dan HDC / HSA... kemaren nyetir ke malang selatan baru berasa perlunya VSC di Hyundai SantaFe yang torsinya gede penggerak roda depan... hampir nubruk motor ane krn kombinasi torque steer dan jalanan licin menanjak tanpa ada VSC. Makin efficient mobil, makin butuh fitur keamanan... paradoksnya disitu... efficiency adalah less energy used to gain more output. More output = more torque, more HP... klo kata spiderman "with great power comes great responsibility".
Cuman nah ini... Makanya kenapa di supercar biasanya launch control pasti matiin kontrol traksi... karena elektronik itu tujuannya buat "safe" termasuk ngurangin output, sementara untuk launch di aspal kering lurus justru sebaliknya fitur ini malah intrusif krn you can't get the most out of your car... Ini ngomong supercar modern ya.
Jujur ane gak masalah intrusif di mobil "eco" karena user ecocar biasanya newbie, di Toyota Mark X juga intrusif tapi ya udahlah bukan karakter mobilnya untuk digeber di sirkuit atau ngedrift... tapi di sportcar dan supercar, terkadang kita pengen denger rasanya ban disiksa waktu belok atau waktu akselerasi brutal dan sensasi ngendaliin traksi mobil pake tangan dan kaki sendiri... pake "otot" sendiri.
Makanya waktu Honda Civic Type R FK8 diperkenalkan, hampir semua jurnalis otomotif yang udah nyoba, langsung freaks out dan memuji-muji mobil ini... cuma trio GT (duo sih, selain James May) yang hina jelek itupun karena exteriornya norak. Di saat today's hothatch install DSG instead of MT, Honda stays with MT only, suara knalpot saking bandelnya Honda gak mau suara artifisial dibuatlah 3 lobang knalpot yang tengah jadi resonator buat bikin semacem efek kayak valvetronic... Steering axle, Differential, dan camber roda depan pun didesain buat mereduksi torque steer sehingga tanpa AWD CTR tetep bisa nahan tenaga sebesar 320ps (spek luar, spek Indo jadi 310ps) dan torsi masif dari mesin turbonya... pengembangan CTR FK8 tetap fokus pada mekanikal, elektroniknya hanya safety support... meskipun agak kecewa karena parking brake tetep elektronik. (terserah mau dianggep fanboy atau apa... I'm just saying the fact).
Yang ane masalah adalah ketika orang lebih mengagungkan namanya gimmick atau luxuries yang harganya gak seberapa daripada refined engineering... Makanya saya di review paling jarang bahas sesuatu yang bersifat gimmick atau multimedia mobil... gak guna menurut saya, bisa dipelajari sendiri dari sales mobil. Kalo ngomongin performa kenyamanan dan handling kan jelas tergantung butt-o-meter dan itu yang bikin seru diskusinya.... IMHO...
Dan dari perspektif saya nyetir Toyota Mark X spek indo a.k.a audioless / spek taksi... Merasa mobil ini lebih kerasa "mahal" (memang sih...) dibanding Wuling Cortez yang lebih berlimpah fitur (jauuuuuh)... multimedia pastinya canggih Wuling Cortez atau Confero wong aslinya audioless...
Plus kalo mau ekstrim, mobil yang sering jadi bahan guyonan member SM lama : Mazda8, ayolah, meskipun kalian bully mobil itu lebih minim fitur dari Ertiga tapi tetep buat yang udah naik, lebih kerasa bedanya tho secara kualitas dan naikan dari Ertiga atau ANKI Q yang berlimpah fitur... Mosok kalian ditawarin naik MPV 500 juta minim fitur nolak milih naik LMPV yang banyak fiturnya... kan lucu...
Saya bukan tipe yang anti teknologi banget sampe lebih mengagungkan mobil 80an dibanding mobil modern... sungguh... Krn ada banyak orang yang begitu dan saya jg gak setuju... Mobil 80s tetep inferior dari sisi efficiency dan safety...
Yang masih suka saya bayangkan itu pembalap era world gp jaman baheula-90an (mik dohan dkk) yang belum merasakan pengontrol traksi, sliper clurcth, rem masih tromol, ban alakadarnya, ketika disuruh bawa m1 rossi mungkin bisa lebih sruntulan lagi melebihi marquez, late break seeanaknya sendiri, cornering ala alay naik beat/mio, saking lebih majunya teknologi pada motor balap sekarang dibanding dahulu kemenangan tergantung segila apa pembalapnya karena motor lebih sulit terkontrol. Gak kebayang nanti Honda menyematkan fitur keseimbangan (yang sekarang dikembangkan) pada seekor Beat [emoji58]
Semua berubah semenjak negara api menyerang..
..cuma curcol..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1612
- Joined: Thu Oct 01, 2015 1:05
Re: Car's Technology...is it make better to drive than previous old car?
Enakan bawa mazda2 manual.jivos wrote: Mon May 28, 2018 16:00* fitur" yg bs d overide on/off olh driver ..setujugeofreyap wrote: Sun May 27, 2018 14:44 Kehadiran teknologi yg lebih advance pasti membantu sih, no matter what, no matter how.
Lihat balapan kelas dewa. Teknologi yg ada membuat displacement semakin kecil, jadi fuel efficient, dan nyatanya laptime bisa lebih cepat dibanding generasi sebelumnya.
Tinggal sediakan switch off button / menu options untuk fitur² yg di rasa akan terlalu intrusive saat tidak di perlukan, supaya di saat² tertentu, kita bisa merasakan raw sensation of driving.
Contoh VSC yg bisa di off-kan, SCBS yg bisa di off-kan, dst.
* jk berandai" um di ksh kesempatan bw mobil k puncak bogor.
mana kira" yg lbh fun n enjoyable bw miata yg serba basic n lelet tp bs kasih applause lbh k Drivernya, ato bw supercar yg capable dlm hitungan menit sdh sampai k puncak, tp less rewarding di bawanya?

Nyetir mobil yg kecil & tidak kencang² amat lebih fun krn bisa di push lebih sering mendekati limit.
Dibanding nyetir mobil yg peformance oriented tapi ga bisa menikmati seluruh kemampuannya

SUBARU INDONESIA
Instagram : subaru.sales.id
Instagram : subaru.sales.id
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 196
- Joined: Sat Oct 15, 2016 12:19
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Motor
Re: Car's Technology...is it make better to drive than previous old car?
Sepakat omm,,karena masih ketakar powernya tapi gak kehilangan sensasinya. Makanya cita-cita bisa punya cbr 250 4cyl, pasti menggairahkan memacunya [emoji7]geofreyap wrote:Enakan bawa mazda2 manual.jivos wrote: Mon May 28, 2018 16:00* fitur" yg bs d overide on/off olh driver ..setujugeofreyap wrote: Sun May 27, 2018 14:44 Kehadiran teknologi yg lebih advance pasti membantu sih, no matter what, no matter how.
Lihat balapan kelas dewa. Teknologi yg ada membuat displacement semakin kecil, jadi fuel efficient, dan nyatanya laptime bisa lebih cepat dibanding generasi sebelumnya.
Tinggal sediakan switch off button / menu options untuk fitur² yg di rasa akan terlalu intrusive saat tidak di perlukan, supaya di saat² tertentu, kita bisa merasakan raw sensation of driving.
Contoh VSC yg bisa di off-kan, SCBS yg bisa di off-kan, dst.
* jk berandai" um di ksh kesempatan bw mobil k puncak bogor.
mana kira" yg lbh fun n enjoyable bw miata yg serba basic n lelet tp bs kasih applause lbh k Drivernya, ato bw supercar yg capable dlm hitungan menit sdh sampai k puncak, tp less rewarding di bawanya?![]()
Nyetir mobil yg kecil & tidak kencang² amat lebih fun krn bisa di push lebih sering mendekati limit.
Dibanding nyetir mobil yg peformance oriented tapi ga bisa menikmati seluruh kemampuannya
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1612
- Joined: Thu Oct 01, 2015 1:05
Re: Car's Technology...is it make better to drive than previous old car?
250cc 4cyl utk traffic jakarta macam begini kalau buat oe sih way too much ya.bero89 wrote: Tue May 29, 2018 11:33Sepakat omm,,karena masih ketakar powernya tapi gak kehilangan sensasinya. Makanya cita-cita bisa punya cbr 250 4cyl, pasti menggairahkan memacunya [emoji7]geofreyap wrote:Enakan bawa mazda2 manual.jivos wrote: Mon May 28, 2018 16:00
* fitur" yg bs d overide on/off olh driver ..setuju
* jk berandai" um di ksh kesempatan bw mobil k puncak bogor.
mana kira" yg lbh fun n enjoyable bw miata yg serba basic n lelet tp bs kasih applause lbh k Drivernya, ato bw supercar yg capable dlm hitungan menit sdh sampai k puncak, tp less rewarding di bawanya?![]()
Nyetir mobil yg kecil & tidak kencang² amat lebih fun krn bisa di push lebih sering mendekati limit.
Dibanding nyetir mobil yg peformance oriented tapi ga bisa menikmati seluruh kemampuannya
Oe lebih prefer bebek ayam jago 100cc - 150cc + light modification, karena bisa di pacu sampai ke limit.
Salah 1 motor yg oe maksud adalah suzuki satria F115 young star.
Atau motor sport fairing 125cc yg sayangnya tdk masuk ke market indo. Sebut saja YZF R125, CBR 125, Aprilia Rs125, dst.

Bebek 110cc light mod yamaha oe punya masih bisa buntutin 250cc 2cyl di traffic jkt.

Maap oot

SUBARU INDONESIA
Instagram : subaru.sales.id
Instagram : subaru.sales.id
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 617
- Joined: Thu Jan 22, 2015 11:45
- Location: +62 / +65
Re: Car's Technology...is it make better to drive than previous old car?
Saya kurang suka sama dash yg menghilangkan indikator temperatur. Entah, ada sesuatu yg hilang rasanya, sama matic2 kekinian yang entah istilahnya apa dibuat responsive or auto adaptive, menghilangkan jedak, kalau matic model entah zf/al yah yang di d8/d9, di m104 atau red block nya volvo masih lebih berasa greng enaknya.
Entah mungkin saya yg sedang nostalgik he he
Entah mungkin saya yg sedang nostalgik he he
Ron Asheton Forever