sintoni wrote:Harusnya batumakam ini punya banyak peluru sih buat ngeramein pasar Indo.
LMPV bisa keluarin GL baru, pake basis Xpander.
Di kelas medium MPV ada Serena baru yang ga dikeluarin disini.
Di kelas medium SUV bisa keluarin Xtrail T32 Facelift, terus tahan harga dibawah 500 juta.
Kalo ga masukin Qashai aja, main under 400 juta.
Kelas SUV 7 seater juga ada Nissan Terra itu, tahan harga juga dibawah 500 juta, main lawan MUX atau TB.
Tapi yang paling penting sih keluarin LMPV, jadi volume maker dulu, kalo sudah agak rame dapet puteran uang banyak baru masukin yang lain2.
Sbnrnya bukan masalah produk atau pricing sih, bro Toni... Pricing tepat produk tepat ga menjamin produk akan laris.
Pricing nissunk apa ada yang gak tepat? Kurasa T32 yang skrg pricing nya pantes banget, harga topline nya masih mepet sama CRV base model. Grand Livina ? Skrg avanza sama livina harga mepet2 selisih tipis. Fitur dan gimmick ga kurang lah.
Apa nissan lebih jelek dari wuling? kan tentu enggak. Tp bisa kalah sama wuling kan lucu ya.
Masalahnya Nissan mau branding mereknya seperti apa itu yang nurut saya blm mateng.
Konsep branding Nissan Intelligent Mobility nya yang dipamerin di GIIAS lalu itu sebenernya bagus sayang produknya gak ada yang relevan... Jadul semua.
Dulu T32 pertama heboh dia satu satunya yang punya camera 360 view sampe bikin lomba blind parking, skrg? Halah udah banyak yang punya fitur gitu.
Kalahnya sama wuling, wuling marketing nya gila, bahkan buzzer internet nya udah macem bikin cult baru. Terlepas dari sintingnya fans wuling, mereka berhasil bikin basis fans sendiri. Nissan? Kok jarang sy denger orang konsumen dari zaman Terrano konsisten pake Nissan karena udah fanatik...
Tapi memang sebenernya nissan global masalahnya jg gini ga sih... GT-R dan Fairlady jg hype nya dah redup di kalangan sports car... Palagi sejak NSX baru muncul.
Fairlady sejak 370Z rasanya namanya gak sekuat 240Z, 280Z, 300ZX, atau bahkan 350Z... Anak milenial baru kenal mobil ditanya nama Fairlady ingetnya jg paling 350Z...