jivos wrote: Tue Jun 26, 2018 17:14
Share dikit dr crita libur panjang kemarin..berkenaan topic ini.
Libur lebaran d hbskan ke rmh kel besar d bandung, sy pake sedan. saudara" lain sebahagian pk kendaraan GC tinggi..SUV/MPv. Mengingat bbrp saudara rumahnya daerah peebukitan.
Sy yg pake sedan...ngalamin d slh satu rmh..nyakut ngga bs keluar pulang meski sdh ganti manuver mundur atopun ganti posisi serong depan. Bbrp ruas jalan ngalamin kolong mobil nyerok jalanan/poldur.
VS
Krn saudara sebagian pk SUV/MPv...jd ini kesempataan buat saling gonta/i tukar posisi bawa mobil.
Krg gesit...kgedean...limbung...body roll...itu yg drasakan. Cuma hepi n worry free bawanya krn ngga perlu xtra hati" dg kondisi jalan kek apapun d depan...lobang dalem (pk banget) ketinggian bahu jalan, jln rusak dll.
Saat balik kembali k mbl sendri...kepala dah automatic blg (ngga pk lama)...this is it, ths is me. this is what i want n expect dr sbh mbl...gesit n ringkes bermanuver
summarizednya:
1. Ada problem dg gc sedan yg suka nyangkut
2. Ada problem dg bodyroll n nimbleness dr dimensi SUV yg besar, tinggi, & berat.
Mungkin itu kenapa mbl" wrc rally car sll menarik mata sy...capable/gesit bermanuver meski kondisi medan yg berbeda"
Spt yg dilakukan bbrp org diluaran sana..
this car needed to be the antithesis of that. This car needed to be as at home on rutted log trails, as it was on the highway.
Hahaha, saya kebalikan om, dl saya sempet pindah dari suv ke sedan bintang, bawa daily stress nya bukan main, lobang mesti pelan2, harus banyak ngelus dada kalau di potong sama orang uda ngantri lama2, metromini dan angkot semena2, dan deal breaker buat saya visibility, karena kalau di suv saya bisa lihat 2-3 mobil kedepan jadi antisipasi jalan bisa lebih bagus dan bisa pilih jalur yang lebih baik kalau macet.
Akhirnya saya jual sedan nya pedahal baru pake 5 bulan beli baru ganti SUV lagi.
Tapi in all fairness pas dl pake E53 BMW dan sempet E70, itu SUV rasa sedan, lincah banget dan 3.0L straight six nya ok, dan very minimal body roll. At least going 80 kph di putaran semanggi berasa gampang dan masih berasa bisa lebih, mkn karena awd juga sih.
Kalau kayak fortuner, pajero sport, rush body roll nya parah dan gak lincah.
Nah balik ke alasan pake SUV
- good road visibility dan kemampuan jelajah
- penting karena bisa di ajak tamasya ke tempat2 yang eksotis di indonesia.
- 4x4 wajib, bukan cumang offroad tapi untuk handling apalagi mobil high GC.
- kita masih pake pajak berdasarkan cc dan penggerak roda jadi yah gitu deh. Pasrah aja.