Nainggolan21 wrote: Mon May 14, 2018 6:23
Senang bisa TD mobil ini dipanasnya suhu Bukit Jaddih Bangkalan Madura.
Dan VNT putih berhati hitam juga bisa pose bareng disana
wah baru nyadar mbah nai nongol disini... sungkem dulu... serem liat VNT putih berhati hitamnya...
jdm86 wrote: Thu May 17, 2018 7:46
Yang AWD airbagnya 6 kok mod, nanti kalau nemu brochurenya saya upload
oh 6 ya... makanya seinget saya yang AWD fullspek 6 airbag...
liemivan86 wrote: Thu May 17, 2018 17:45
Santa Fe.. Mobil idaman ini...
Sempat test drive sebelum ambil T32, tapi mundur teratur karena harga barunya ngeri banget, plus diskon minim. Waktu saya coba di jalan (semi) off road di daerah galaxy mall Surabaya, istri yang duduk di row 2 santai aja, bahkan dia suka banget duduk di sana, jauh sekali dibanding pajero sport lama yang waktu itu saya pakai. Dan waktu iseng coba pedal to (almost) carpet, literally badan ini nempel di kursi dan nda bisa maju in badan. Mesin nya ngeri banget torsi nya, tapi super fun dengan tenaga sebesar itu.
230 murah sih, di Surabaya rata-rata bekas 2013-2014 minta kisaran 300 an, cuma memang ya kilometer cuma 50rb an sih biasa nya. Kalo uda 70rb, saya uda serem sendiri.
Btw Chris, bengkel Hyundai Sulawesi ok ya? Saya agak ngeri liat bengkel nya kecil banget gitu, mirip kayak bengkel perorangan gitu. Terus untuk diagnosa sebelum pembelian gimana? Apa lumayan detail untuk tahu pr nya apa aja sebelum beli?
Oh, dan kalo mau, safari utama di a yani juga masih bengkel authorized Hyundai, cuma memang dia bukan dealer lagi. Saya kebetulan kenal sama om Hendro, yang punya.
Hyundai Sulawesi secara SDM sebenernya oke tapi kurang update dengan informasi terbaru... contoh soal sensor ABS nyala itu kemarin ngobrol sama anak2 SOCI bisa ganti switch nya aja 200ribu... di sono dibilang mesti ganti assy hubnya... 2.5juta bok. 10x lipet. Makanya dirujuk sama anak2 ke Wiyung aja... tp jauhnya
dan SOP yang menurut saya kurang diperhatikan... barang simpel : se kacrut kacrutnya SDM di BeRes Honda SOPnya jelas : selesai servis dianter SA ke kasir bayar lalu dianter ke mobil. Ini habis bayar SA nya malah duduk diem gak nganterin ke mobil... ya saya sih cuek ya, tapi klo user lain yang biasa dapet layanan kelas wahid dari A2k pasti langsung kaget liat betapa jomplangnya SOP nya...
Saya jujur beli ndak terlalu liat kondisi mobil... cuma PR kaki-kaki aja waktu itu karena pemakaian. Penting sih tetep record ya... Santi ini cukup reliabel kok, cuma switch ABS itu yang lumayan rewel.
Thanks om buat referensinya...
diidoot wrote: Thu May 17, 2018 3:05
wah saya baru baca ada yang review hando miring. Excited aja bacanya kalau ada yang review mobil korea gini karena sebagai user mobil korea pasti ada rasa gimana pas merk mobilnya direview
nice review om as usual. Semenjak angkatan i10, i20, i30 (grand avega), new tucson, H1 sama santa fe ini, desain H miring emang mayan outstanding di tahunnya. Bahkan i20 ibu saya kalau disebelahin sama jazz baru juga ga keliatan tua.
Sebenernya saya masih penasaran sama crdi si i20, tapi adanya yang manual tok dan dari trim terbawah. i20 ibu saya yang tipe SG (dapet sunroof sama fitur gimmick yang banyak berguna)
hooh... user mobil Korea di SM aja udah jadi minoritas apalagi di indo... sering kok ditanya "kok ngambil hyundai? sparepart gimana tuh ? gampang ga servisnya" sukses bikin banyak orang penasaran... bahkan kemaren digilir di Jaddih sama rekan-rekan SM Road Trip yang penasaran
Agak ada bangga nya gitu karena sering jadi bahan pembicaraan orang...

entah kenapa juga sense of brotherhoodnya kuat banget sesama user koreaan
evolution21 wrote: Thu May 17, 2018 3:58
ini mobil yg bikin gw kepikiran terus buat family car
kepengen karena exterior gagah, tenaga besar, nyaman, dengernya irit, kayanya cocok utk perjalanan luar kota yg kondisi aspal ga menentu
tp yg bikin ragu, mau ganti model, setirnya ga fun (gw dulu pake captiva bosen krn hal ini), interior jadul, masuk baris 3 ga praktis, transmisi gak pinter? (mirip kaya captiva jg brati ya?)
akhirnya sampe skarang masi mikir2 sambil dipake dulu grandisnya buat family cAR.. hehehe
To be simple : iya. Agak mirip Captiva karakternya, apalagi ngomongin setirnya yang aduhai... besar sekali. Klo nyari fun emang mobil ini fun nya sebatas bunyiin ban di gerbang tol atau lamer...

dibelokin bodyroll masih besar... dan terkesan gak lincah juga beda sama bawa CR-V atau CX-5.
dknee wrote: Fri May 18, 2018 6:12
Gabung SOCI aja om Chz...
Spare parts 10%
Service 15%
Itu sudah pasti heheh
oiya nice review om
saya kan dah di SOCI oom...

baru gabung kemarin Jumat...
Krn buta mobil Korea jd lumayan membantu info-infonya di SOCI...
syafimsa wrote: Sat May 19, 2018 23:10
ngalih wrote: Sat May 19, 2018 21:19
syafimsa wrote: Sat May 19, 2018 13:39
mod kris gmana rasanya pake mesin dijel yg harus "nggantung gas" padahal dulunya pake civic FB dan full throttle, apa santafe ini trasa rada "kosong" juga rpm tingginya kaya dijel 2gd gitu?
Nggantung gas yg gmn ya?
maksudnya kalo dijel torq nya ngisi di low to middle rev om. seinget saya modkris pernah blg di review mblnya om Jose cmiiw.
efact wrote: Sun May 20, 2018 2:46
Turbo disel seh harusnya / umumnya bawah kopong cenderung laggy, tengah ngejambak, atasnya bengek wkkwk, ntah di santi ini...
gaspol wrote: Sun May 20, 2018 5:40
kalo santafe yang saya rasa sih powernya lebih merata di tiap range rpm nya..sampai 4k rpm masih ngisi kok saya perhatikan.
kalo saya bandingkan dengan karakter diesel nya captiva yang non facelift & facelift yang saya punya terlebih dahulu cenderung rpm bawahnya berasa lag nya, rpm atasnya cenderung flat mulai rpm 3k-3,5k. atau kalo saya bandingkan dgn karakter mesin old pjs dakar yang rpm bawahnya kosong, tenaga kumpul di rpm menengah - atas saja
Nah justru itu... di SantaFe dari Civic FB itu yang paling kentara adalah udah punya torsi gede jadi nggantung gas pun udah rasanya powerful, mau nyusul tambah gas dikit aja dah ngejambak... masalahnya si Santi klo gasnya dinakalin dikit setirnya jadi liar...
Betul powernya cukup merata kok, low revnya gak berasa se- "jambak" Fortuner VRZ tapi masuk 2000 RPM lewat ya kelibas itu VRZ...

sweet spotnya ada di sekitar 2000 - 3000 RPM saat torque nya flat. Kurang lebih karena udah terbiasa dengan karakter mesin torsi flat di CiBo jadi gak terlalu banyak penyesuaian.
Malah gara-gara bawa Santi, skrg nyetir 2000 RPM aja rasanya kok tinggi amat ya... gara-gara display tachonya jaraknya jauh-jauh... kirain udah 3000an eh ternyata masih 2000 RPM...