Innova 2.0 kurang kuat menanjak
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 518
- Joined: Fri Aug 12, 2016 6:31
- Location: Bekasi, Jawa Barat
- Daily Vehicle: Satria FU
Re: Innova 2.0 kurang kuat menanjak
Kalau di tanjakan bawa innova itu emang greget om. Pakai gigi 1 gak tega dengar gerungan mesinnya di rpm tinggi plus bau kampas kopling yang menyengat. Pindah ke gigi2 langsung drop rpm nya dan gak ada tenaga.
"Bukan yang paling baik, tapi satu diantara yang terbaik"
Kalo bisa no. 2 ngapain jadi no. 1 "Capek jadi no. 1, selalu jadi Bench mark buat yang lain"
Kalo bisa no. 2 ngapain jadi no. 1 "Capek jadi no. 1, selalu jadi Bench mark buat yang lain"
-
- SM Moderator
- Posts: 812
- Joined: Thu Jul 17, 2014 5:10
- Location: Mampang Prapatan
- Daily Vehicle: Gerobak sayur
Re: Innova 2.0 kurang kuat menanjak
Sekarang sukanya diesel ya omNainggolan21 wrote: Mon May 14, 2018 5:59 Kalau di tanjakan bawa innova itu emang greget om. Pakai gigi 1 gak tega dengar gerungan mesinnya di rpm tinggi plus bau kampas kopling yang menyengat. Pindah ke gigi2 langsung drop rpm nya dan gak ada tenaga.

---Diesel ayukkk, Bensin ayukkk------
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 518
- Joined: Fri Aug 12, 2016 6:31
- Location: Bekasi, Jawa Barat
- Daily Vehicle: Satria FU
Re: Innova 2.0 kurang kuat menanjak
Yang Pasti suka yang "GREGET" Gitu omr12qiSonH4ji wrote: Mon May 14, 2018 6:00Sekarang sukanya diesel ya omNainggolan21 wrote: Mon May 14, 2018 5:59 Kalau di tanjakan bawa innova itu emang greget om. Pakai gigi 1 gak tega dengar gerungan mesinnya di rpm tinggi plus bau kampas kopling yang menyengat. Pindah ke gigi2 langsung drop rpm nya dan gak ada tenaga.![]()



"Bukan yang paling baik, tapi satu diantara yang terbaik"
Kalo bisa no. 2 ngapain jadi no. 1 "Capek jadi no. 1, selalu jadi Bench mark buat yang lain"
Kalo bisa no. 2 ngapain jadi no. 1 "Capek jadi no. 1, selalu jadi Bench mark buat yang lain"
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2899
- Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
- Location: Jabodetabek
- Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 30
- Joined: Mon Feb 09, 2015 23:01
Re: Innova 2.0 kurang kuat menanjak
yup, klo pas nanjak ke pegunungan, penting buat kenali dulu karakter mobil :terutama mesin & tranmisinya (gear ratio). Mesin bensin biasanya peak HP & torque di rpm menengah atas (yg repot klo lalin lagi macet di tanjakangaspol wrote: Mon May 14, 2018 5:45 Salam kenal om ts..saya user ipah bengsin mt 2012. Mobil harian saya selama saya tinggal di papua yg notabene daerah perbukitan dan pegunungan..
Imho untuk nanjak2 apalagi bawa penumpang, mau nyalip pula itu mesti pakai gigi 2 om..mesti tega denger raungan mesinnya. Jgn lupa ancang2 dr bawah. Saya biasanya main di 3500-4000 rpm oom..gada patokan sih,disesuaikan sm kondisi jalan aja..yg pasti main rpm menengah atas terus.

Perlu juga pengenalan kondisi jalan & sikap main aman (jika tidak yakin tentang sudut tanjakan: pake gear 2 atau bahkan 1).
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 724
- Joined: Mon Jul 04, 2016 16:27
- Daily Vehicle: Ga Kencang Tapi Menggetarkan
Re: Innova 2.0 kurang kuat menanjak
Agak loyo ya innova bensin, saya sebelumnya pakai hrv, kemufian dpt fasilitas kantor GNKI V matic bensin 2014, lemot sekali ya di rpm bawah buat sruntulan dimacet kurang pas , apa dengan pakai pivot TC bisa lebih sigap ya ?
- yang kenceng kalah sama yang wet look
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 697
- Joined: Tue Apr 07, 2015 12:25
- Location: Perawang, Riau
- Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z
Re: Innova 2.0 kurang kuat menanjak
Malo nanjak apalagi bawa beban mau gak mau harus main gigi rendah & rpm tinggi, kalo nggak ya nggak keluar tenaganya. Pengalaman nanjak di Lembah Anai & Malalak Sumbar pake gerobak 1500 cc full loaded main digigi 1, 2 rpm 3000-4500an. Mesin meraung macam peresan tebu kata Om DOHC, daripada ndak kuat nanjak. Kalo nggak gas dikocok bukan pedal to karpet, kalo dikocok gasnya lumayan keluar tenaga. Pernah mendaki gas mentok bukannya kuat malah mati mesin ditanjakanMellow wrote: Mon May 14, 2018 7:29yup, klo pas nanjak ke pegunungan, penting buat kenali dulu karakter mobil :terutama mesin & tranmisinya (gear ratio). Mesin bensin biasanya peak HP & torque di rpm menengah atas (yg repot klo lalin lagi macet di tanjakangaspol wrote: Mon May 14, 2018 5:45 Salam kenal om ts..saya user ipah bengsin mt 2012. Mobil harian saya selama saya tinggal di papua yg notabene daerah perbukitan dan pegunungan..
Imho untuk nanjak2 apalagi bawa penumpang, mau nyalip pula itu mesti pakai gigi 2 om..mesti tega denger raungan mesinnya. Jgn lupa ancang2 dr bawah. Saya biasanya main di 3500-4000 rpm oom..gada patokan sih,disesuaikan sm kondisi jalan aja..yg pasti main rpm menengah atas terus., ini yg sering bikin kopling M/T cepet aus, krn start di tanjakan ). mesin diesel dah dapat peak HP & torque di rpm bawah-tengah.
Perlu juga pengenalan kondisi jalan & sikap main aman (jika tidak yakin tentang sudut tanjakan: pake gear 2 atau bahkan 1).
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 168
- Joined: Mon Feb 15, 2016 2:18
- Location: Jawa Timur - Nusa Tenggara Timur
Re: Innova 2.0 kurang kuat menanjak
saya pernah nanjak agak curam +tikungan tajam (gk ada ancang2) pakai innova 2.0 MT gen 1 memang berasa loyo om, saya kebiasaan naik panther LV non-turbo lewat jalur situ juga.
jadi kalau pake panther bisa pake gigi 2 dg RPM rendah, klo innova harus gigi 1 dg RPM yg cukup tinggi, sekitar 4000rpm, tp setelah dapet peak power langsung bisa naik enteng aja, jadi emang feel-nya beda om antara innova bensin dg panther.
jadi kalau pake panther bisa pake gigi 2 dg RPM rendah, klo innova harus gigi 1 dg RPM yg cukup tinggi, sekitar 4000rpm, tp setelah dapet peak power langsung bisa naik enteng aja, jadi emang feel-nya beda om antara innova bensin dg panther.

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: Innova 2.0 kurang kuat menanjak
Intinya kalo nanjak jangan males downshift
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 812
- Joined: Fri Jan 15, 2016 15:00
- Location: Bandar Lampung, Lampung
- Daily Vehicle: Innova
Re: Innova 2.0 kurang kuat menanjak
Saya jg pengguna Ipah bensin m/t 2012. Kalo misalnya kerasa boyo emg normal sih, karakter mesinnya emg begitu. Ini mesin enak di jalan lurus, kalo tanjakan ya harus downshift ke gigi 2.
Btw karakter mesin 1TR ini kaya mood mood an menurut saya, kadang enak dibawa lari, kadangan ogah ogahan malah ngeden n teriak tapi gak ngebut
Btw karakter mesin 1TR ini kaya mood mood an menurut saya, kadang enak dibawa lari, kadangan ogah ogahan malah ngeden n teriak tapi gak ngebut

Jangan nginjek gas dalam dalam, boros, mending nyantai aja 

-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 174
- Joined: Mon Mar 26, 2018 13:04
- Location: Indnesia
- Daily Vehicle: Car
Re: Innova 2.0 kurang kuat menanjak
Kalo dr pengalaman ane bolak balik selalu mdn-kabanjahe-keliling Toba, pake mesin bensin MT mau nyalip di tanjakan apalagi yg disalip itu mbl truk/truk galon Pertamina, musti tega main rpm tinggi ,gear 2 , atau gak musti bikin ancang-ancang. Ga mungkin ECO drive, tp kalo sekedar naik nanjak sih mesin ga perlu maksa jg bisa, lain cerita kalo mau nyalip. Fwd/Rwd, LMPV,LCGC 3silinder jg kuat kok nanjak2 sekalipun macet2an atau jalan non-aspal(light off-road). Cuman masing2 tipe memang beda karakternya hrs tau kita kail torsinya biar pas.