Belajar nyetir
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 339
- Joined: Fri Jul 01, 2016 10:16
Re: Belajar nyetir
Kalo masih ragu dengan penempatan roda dll, jangan sungkan utk turun dari mobil dan lihat posisinya bro.. makin banyak latian makin bagus
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1510
- Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35
Re: Belajar nyetir
ini sih soal kebiasaan aja. kalo saya malah sejak awal sama yang ngajarin dibiasain nengok 3 spion.
kalo pake mobil blindvan / box malah ga bisa nengok.
seingat saya kalo ujian SIM juga suruh lihat spion

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 232
- Joined: Fri Feb 23, 2018 8:02
Re: Belajar nyetir
Baca thread ini bikin senyum2 sendiri.
CMIIW, waktu tes SIM A harus lihat spion lho, ga boleh nengok2 ke belakang.
Jadi mas2 ini pada tes ga waktu bikin SIM?
CMIIW, waktu tes SIM A harus lihat spion lho, ga boleh nengok2 ke belakang.
Jadi mas2 ini pada tes ga waktu bikin SIM?

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 196
- Joined: Sat Oct 15, 2016 12:19
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Motor
Re: Belajar nyetir
Yak saya bikin sim langsung 2*, A & C, praktek pertama mobil dahulu baru motor, pakai apv, nanjak dari posisi diam ditengah tanjakan lolos, parkir mundur gagal karena gak dikasih setel spion dahulu untuk lihat body bawah yang hasilnya ternyata bikin injak garis, si polisi bilang "kamu gimana ini garis kalau tembok sudah lecet mobilnya", ya gak mungkin juga saya mundur samperin tembok karena pasti lebih terlihat tembok daripada garis.RCMN wrote:Baca thread ini bikin senyum2 sendiri.
CMIIW, waktu tes SIM A harus lihat spion lho, ga boleh nengok2 ke belakang.
Jadi mas2 ini pada tes ga waktu bikin SIM?
1 poin gagal harus dilunasi dengan praktik motor yang harus sempurna atau ulang 2 minggu lagi, dan langsung berhasil dengan mudah.
*230rb 2011
-The end-
Well sama aja sih mau liat spion aja atau dari tengah, cuma nyaman yang mana & kondisional, syarat ketentuan berlaku
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1093
- Joined: Thu Dec 30, 2004 19:23
Re: Belajar nyetir
SIM A saya nembak, bukan karena kepengen, tapi ya saat urus diurus orang lain, hasilnya ya tanpa tes tertulis dan mengemudi.
Untuk tes tertulis dan mengemudi saya pernah waktu tinggal di Ohio, US tempatnya om Posvett. Tes jalan, maju mundur dengan cone bebas kok mau setel spion atau lihat2 belakang. Tapi kalau lihat rintangan cone begitu memang lebih gampang dari spion daripada nongol kepala.
Untuk mobil memang tergantung feeling. Dari kemarin pakai Jazz, Freed, Sienta dan Xpander ini benar2 kesulitan pakai Xpander karena posisi kap depan yg tinggi. Saat gathering juga pada ngeluh nabrak atau senggol karena sulit perkirakan posisi mobil.
Kalau saya sih posisi jalan sulit, semua jurus ya dipakai. Mau nongol kepala, setel spion, lihat reverse cam, percaya sensor parkir dan kalau semua masih kurang ya mau ga mau: minta orang lain jadi tukang parkir
Untuk tes tertulis dan mengemudi saya pernah waktu tinggal di Ohio, US tempatnya om Posvett. Tes jalan, maju mundur dengan cone bebas kok mau setel spion atau lihat2 belakang. Tapi kalau lihat rintangan cone begitu memang lebih gampang dari spion daripada nongol kepala.
Untuk mobil memang tergantung feeling. Dari kemarin pakai Jazz, Freed, Sienta dan Xpander ini benar2 kesulitan pakai Xpander karena posisi kap depan yg tinggi. Saat gathering juga pada ngeluh nabrak atau senggol karena sulit perkirakan posisi mobil.
Kalau saya sih posisi jalan sulit, semua jurus ya dipakai. Mau nongol kepala, setel spion, lihat reverse cam, percaya sensor parkir dan kalau semua masih kurang ya mau ga mau: minta orang lain jadi tukang parkir
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1422
- Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09
Re: Belajar nyetir
kalo saya, pakai spion ok dan lihat belakang pun juga ok. terkadang klo kondisi2 tertentu, lihat ke belakang langsung (kaca belakang atau nongol jendela pintu) lebih pede
saya sim a memang nembak. belajar nyetir pake kijang super masih smu kelas 1 kalo gak salah dan itupun gak lama. setelah itu vacuum bbrp tahun (sampe merried punya 2 anak) trus saya belajar lagi selama 3 hari sebelum kena demam berdarah. tapi setelah 3 hari itu, saya langsung jalan di jalan utama antar kota (mobil saya bawa buat kerja) dan alhamdulillah lancar
mobil atau motor kan soal feeling. buat saya melatih feeling yang baik itu dari ban. kalo ada lubang lurus di jalan dan ban bisa napak setengah ban di lubang itu tanpa melihat, feeling nya udah baik. imho
saya sim a memang nembak. belajar nyetir pake kijang super masih smu kelas 1 kalo gak salah dan itupun gak lama. setelah itu vacuum bbrp tahun (sampe merried punya 2 anak) trus saya belajar lagi selama 3 hari sebelum kena demam berdarah. tapi setelah 3 hari itu, saya langsung jalan di jalan utama antar kota (mobil saya bawa buat kerja) dan alhamdulillah lancar
mobil atau motor kan soal feeling. buat saya melatih feeling yang baik itu dari ban. kalo ada lubang lurus di jalan dan ban bisa napak setengah ban di lubang itu tanpa melihat, feeling nya udah baik. imho
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: Belajar nyetir
Nah kebetulan ane juga sama ortu ngga dibolehin nyetir ke jalan raya dulu sebelum bisa parkir dengan baik, terutama masuk garasi.bero89 wrote: Thu May 03, 2018 11:30 Saya juga jadi hapal dimensi (terutama haluan)mobil karena belajar parkir, Timor dulu yang jadi korban parkir dirumah, medan parkir dirumah memang sulit tapi jadinya ketika mobil mau diarahkan kesuatu arah paham harus ambil arah mana dahulu, sekalian perpaduan kopling rem gas ketika maju sedikit2. Setir mundur juga adopsi metode tengok belakang.
Garasi rumah ane agak salah desain sih, waktu renovasi ngga mikirin mobilnya, cuma ngeliat ukurannya bisa buat mobil masuk aja,
Garasi ane lebar pintu nya 2,8 meter, lebar jalanan depan rumah itu 2 mobil pas jadi beloknya patah banget. posisi garasi sekitar 60cm dari jalan jadi nanjak lumayan tinggi, udah gitu lantai garasinya pake keramik. sehingga kalo ngga pas posisi buat ngebelokinnya pasti ada satu ban yg selip karena ngegantung, dan kalo lg hujan, pasti selip karena lantainya pake keramik yg pasti jd licin kalo kena air dan akibatnya bisa nyundul tembok/pager.
Begitulah perjuangan ane kalo mau masukin mobil ke garasi


1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 232
- Joined: Fri Feb 23, 2018 8:02
Re: Belajar nyetir
bero89 wrote: Sun May 06, 2018 17:58Yak saya bikin sim langsung 2*, A & C, praktek pertama mobil dahulu baru motor, pakai apv, nanjak dari posisi diam ditengah tanjakan lolos, parkir mundur gagal karena gak dikasih setel spion dahulu untuk lihat body bawah yang hasilnya ternyata bikin injak garis, si polisi bilang "kamu gimana ini garis kalau tembok sudah lecet mobilnya", ya gak mungkin juga saya mundur samperin tembok karena pasti lebih terlihat tembok daripada garis.RCMN wrote:Baca thread ini bikin senyum2 sendiri.
CMIIW, waktu tes SIM A harus lihat spion lho, ga boleh nengok2 ke belakang.
Jadi mas2 ini pada tes ga waktu bikin SIM?
1 poin gagal harus dilunasi dengan praktik motor yang harus sempurna atau ulang 2 minggu lagi, dan langsung berhasil dengan mudah.
*230rb 2011
-The end-
Well sama aja sih mau liat spion aja atau dari tengah, cuma nyaman yang mana & kondisional, syarat ketentuan berlaku
liat2aja wrote: Mon May 07, 2018 0:01 SIM A saya nembak, bukan karena kepengen, tapi ya saat urus diurus orang lain, hasilnya ya tanpa tes tertulis dan mengemudi.
Untuk tes tertulis dan mengemudi saya pernah waktu tinggal di Ohio, US tempatnya om Posvett. Tes jalan, maju mundur dengan cone bebas kok mau setel spion atau lihat2 belakang. Tapi kalau lihat rintangan cone begitu memang lebih gampang dari spion daripada nongol kepala.
Untuk mobil memang tergantung feeling. Dari kemarin pakai Jazz, Freed, Sienta dan Xpander ini benar2 kesulitan pakai Xpander karena posisi kap depan yg tinggi. Saat gathering juga pada ngeluh nabrak atau senggol karena sulit perkirakan posisi mobil.
Kalau saya sih posisi jalan sulit, semua jurus ya dipakai. Mau nongol kepala, setel spion, lihat reverse cam, percaya sensor parkir dan kalau semua masih kurang ya mau ga mau: minta orang lain jadi tukang parkir
Betul, memang tes SIM kalo diikuti benar sulit sekali lho. Bahkan beberapa bagian tes kadang terasa mustahil.iwing wrote: Mon May 07, 2018 0:26 kalo saya, pakai spion ok dan lihat belakang pun juga ok. terkadang klo kondisi2 tertentu, lihat ke belakang langsung (kaca belakang atau nongol jendela pintu) lebih pede
saya sim a memang nembak. belajar nyetir pake kijang super masih smu kelas 1 kalo gak salah dan itupun gak lama. setelah itu vacuum bbrp tahun (sampe merried punya 2 anak) trus saya belajar lagi selama 3 hari sebelum kena demam berdarah. tapi setelah 3 hari itu, saya langsung jalan di jalan utama antar kota (mobil saya bawa buat kerja) dan alhamdulillah lancar
mobil atau motor kan soal feeling. buat saya melatih feeling yang baik itu dari ban. kalo ada lubang lurus di jalan dan ban bisa napak setengah ban di lubang itu tanpa melihat, feeling nya udah baik. imho
Saya pertama kali bikin SIM A & C "nembak" keduanya waktu zaman SMA.
Tapi setelah habis, karena lupa perpanjang, akhirnya harus bikin baru lagi.
Tahun lalu saya akhirnya ke Daan Mogot, kali ini coba ikut tes jalur resmi.
Harus sampe bolak-balik 3x buat ulang tes yg gagal... buset dah, ada aja salahnya... zzzzz
Kalo baca2 komentar suhu2 yg tes di luar negeri sepertinya beda2 ya tiap negara aturan tesnya.
Btw mengenai "feeling" saat menyetir saya juga setuju bahwa jam terbang berbicara paling banyak ya.
Makin sering menyetir mobil sendiri ya makin paham "feeling"-nya. Apalagi kalo bawa mobil yang sama terus.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: Belajar nyetir
Dulu ane pas bikin sim sih niatnya udah mau nembak aja pake calo, pas dateng ke daan mogot eh ternyata lagi sterilisasi dalam rangka HUT apa gitu, jadi ya malah ujian normal.RCMN wrote: Mon May 07, 2018 9:24
Betul, memang tes SIM kalo diikuti benar sulit sekali lho. Bahkan beberapa bagian tes kadang terasa mustahil.
Saya pertama kali bikin SIM A & C "nembak" keduanya waktu zaman SMA.
Tapi setelah habis, karena lupa perpanjang, akhirnya harus bikin baru lagi.
Tahun lalu saya akhirnya ke Daan Mogot, kali ini coba ikut tes jalur resmi.
Harus sampe bolak-balik 3x buat ulang tes yg gagal... buset dah, ada aja salahnya... zzzzz
Kalo baca2 komentar suhu2 yg tes di luar negeri sepertinya beda2 ya tiap negara aturan tesnya.
Btw mengenai "feeling" saat menyetir saya juga setuju bahwa jam terbang berbicara paling banyak ya.
Makin sering menyetir mobil sendiri ya makin paham "feeling"-nya. Apalagi kalo bawa mobil yang sama terus.
Sempet ragu bakal lulus apa ngga, soalnya denger orang-orang disana sampe ngulang 3x lebih.
Eh untungnya sih dilulusin. Waktu itu tes mobilnya pake APV, motornya pake shogun 125.
lumayan menghemat, budget 1 juta waktu itu untuk sim A&C, karena ujian normal jd cuma 290rb udah termasuk asuransinya


1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 196
- Joined: Sat Oct 15, 2016 12:19
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Motor
Re: Belajar nyetir
Yup, idem motor uji prakteknya shogun. Dan sewaktu tes ditawari pake motor sendiri atau yang disediakan panitian, motor matic dan motor bebek. Banyak yang pake motor pribadi yang rata-rata motor matic, yasudah "oknum" petugas panen tawari untuk (di)lulus(kan) uji prakteknya karena banyak yang kesulitan dengan rintangan faktor dari pilihan motornya.evanbngdor wrote:Dulu ane pas bikin sim sih niatnya udah mau nembak aja pake calo, pas dateng ke daan mogot eh ternyata lagi sterilisasi dalam rangka HUT apa gitu, jadi ya malah ujian normal.RCMN wrote: Mon May 07, 2018 9:24
Betul, memang tes SIM kalo diikuti benar sulit sekali lho. Bahkan beberapa bagian tes kadang terasa mustahil.
Saya pertama kali bikin SIM A & C "nembak" keduanya waktu zaman SMA.
Tapi setelah habis, karena lupa perpanjang, akhirnya harus bikin baru lagi.
Tahun lalu saya akhirnya ke Daan Mogot, kali ini coba ikut tes jalur resmi.
Harus sampe bolak-balik 3x buat ulang tes yg gagal... buset dah, ada aja salahnya... zzzzz
Kalo baca2 komentar suhu2 yg tes di luar negeri sepertinya beda2 ya tiap negara aturan tesnya.
Btw mengenai "feeling" saat menyetir saya juga setuju bahwa jam terbang berbicara paling banyak ya.
Makin sering menyetir mobil sendiri ya makin paham "feeling"-nya. Apalagi kalo bawa mobil yang sama terus.
Sempet ragu bakal lulus apa ngga, soalnya denger orang-orang disana sampe ngulang 3x lebih.
Eh untungnya sih dilulusin. Waktu itu tes mobilnya pake APV, motornya pake shogun 125.
lumayan menghemat, budget 1 juta waktu itu untuk sim A&C, karena ujian normal jd cuma 290rb udah termasuk asuransinya
![]()
Maap oot
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 729
- Joined: Thu Jan 21, 2016 11:01
- Location: Semarang
Re: Belajar nyetir
Aturannya di negara yang ambil SIM nya bener (alias di luar negeri), kalau mundur memang harus menengok ke belakang. Mundur cuma lihat spion saja, langsung tidak lulus, karena membahayakan.
Bahkan sebelum belok pindah jalur pun, seharusnya kepala menoleh ke arah jalur yang akan dimasuki, karena adanya blind spot di spion.
Masalahnya hal seperti ini tidak pernah diajarkan instruktur mengemudi disini. Ujian SIM disini juga isinya melewati rintangan patok², bukan mengawasi test real di jalanan bagaimana mengemudi dan mengatasi kondisi yang terjadi waktu real mengemudi dengan baik dan tidak melanggar peraturan lalu lintas.
Maka.... Ga heran banyak yang punya SIM, namun tidak bisa mengemudi dengan baik dan benar. Taunya yang penting bisa nyetir, dan ga nabrak. Masalah lajur gimana, mau belok gimana, mau berhenti gimana, mau jalan pelan di lajur cepat, mau jalan terlalu lambat (alias 10-20kmh dibawah kecepatan maximal) sehingga menghambat pengguna jalan lain, semua ga pedulikan....
(Ngomongin bukan cuma mobil yah.... Pengemudi roda 2, angkot, bus, truck, sama semua nyetir seenaknya ga tau aturan semua)
Bahkan sebelum belok pindah jalur pun, seharusnya kepala menoleh ke arah jalur yang akan dimasuki, karena adanya blind spot di spion.
Masalahnya hal seperti ini tidak pernah diajarkan instruktur mengemudi disini. Ujian SIM disini juga isinya melewati rintangan patok², bukan mengawasi test real di jalanan bagaimana mengemudi dan mengatasi kondisi yang terjadi waktu real mengemudi dengan baik dan tidak melanggar peraturan lalu lintas.
Maka.... Ga heran banyak yang punya SIM, namun tidak bisa mengemudi dengan baik dan benar. Taunya yang penting bisa nyetir, dan ga nabrak. Masalah lajur gimana, mau belok gimana, mau berhenti gimana, mau jalan pelan di lajur cepat, mau jalan terlalu lambat (alias 10-20kmh dibawah kecepatan maximal) sehingga menghambat pengguna jalan lain, semua ga pedulikan....
(Ngomongin bukan cuma mobil yah.... Pengemudi roda 2, angkot, bus, truck, sama semua nyetir seenaknya ga tau aturan semua)
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 85
- Joined: Mon Sep 26, 2016 9:31
Re: Belajar nyetir
yang sampe skrg saya lakukan kalo parkir yg belakangnya ada pembatas batu beton pasti buka pintu sambil mundur tengok bumper blkg takut kena lips nya dan ujung knalpot krn takut gasroook


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: Belajar nyetir
Bahkan mungkin orang tua atau siapapun skg yg ngasih nasehat untuk berkendara aja paling cuma nyebutin:Koddy wrote: Thu May 10, 2018 23:25 Aturannya di negara yang ambil SIM nya bener (alias di luar negeri), kalau mundur memang harus menengok ke belakang. Mundur cuma lihat spion saja, langsung tidak lulus, karena membahayakan.
Bahkan sebelum belok pindah jalur pun, seharusnya kepala menoleh ke arah jalur yang akan dimasuki, karena adanya blind spot di spion.
Masalahnya hal seperti ini tidak pernah diajarkan instruktur mengemudi disini. Ujian SIM disini juga isinya melewati rintangan patok², bukan mengawasi test real di jalanan bagaimana mengemudi dan mengatasi kondisi yang terjadi waktu real mengemudi dengan baik dan tidak melanggar peraturan lalu lintas.
Maka.... Ga heran banyak yang punya SIM, namun tidak bisa mengemudi dengan baik dan benar. Taunya yang penting bisa nyetir, dan ga nabrak. Masalah lajur gimana, mau belok gimana, mau berhenti gimana, mau jalan pelan di lajur cepat, mau jalan terlalu lambat (alias 10-20kmh dibawah kecepatan maximal) sehingga menghambat pengguna jalan lain, semua ga pedulikan....
(Ngomongin bukan cuma mobil yah.... Pengemudi roda 2, angkot, bus, truck, sama semua nyetir seenaknya ga tau aturan semua)
- Hati-hati dijalan
- Jangan ngebut-ngebut
- Kalo capek berhenti dulu
- Jangan main gadget
Kalo prinsip ane yg bakal ane tanamkan ke anak ane nanti sih:
- Jaga perilaku berkendara, jangan sampe merugikan orang lain
- Patuhi budaya lokal yang tidak melanggar peraturan
- Harus paham kondisi kendaraan sendiri
Mudah-mudahan prinsip ane sih udah bs mencakup semua safety rules.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1112
- Joined: Wed Mar 15, 2017 9:14
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Yamaha
Re: Belajar nyetir
jadi pengen share pengalaman weekend kemaren,
punya ipar ABG yang baru selesai kursus nyetir, minta temenin muter2 buat ngelancarin bawa mobil.
pertama masuk mobil, sebelum nyalain mesin;
Me: "check posisi duduk, liat and setel posisi spion udah pas apa belum.."
ipar: "cara nyetelnya gimana ko.. ?"
Lewat perempatan..
Me : "kok nyalain hazard.. ?"
ipar:"kemarin waktu kursus diajarinnya begitu.. "
masuk pom bensin
ipar: "tanki nya sebelah kanan apa kiri ya ko..?"
jalur pulang..
Me:"tuh angkot terlalu masuk jalur kita, kasih lampu dim.. "
ipar:"lampu dim yang mana ko.. ?"

punya ipar ABG yang baru selesai kursus nyetir, minta temenin muter2 buat ngelancarin bawa mobil.
pertama masuk mobil, sebelum nyalain mesin;
Me: "check posisi duduk, liat and setel posisi spion udah pas apa belum.."
ipar: "cara nyetelnya gimana ko.. ?"

Lewat perempatan..
Me : "kok nyalain hazard.. ?"
ipar:"kemarin waktu kursus diajarinnya begitu.. "

masuk pom bensin
ipar: "tanki nya sebelah kanan apa kiri ya ko..?"

jalur pulang..
Me:"tuh angkot terlalu masuk jalur kita, kasih lampu dim.. "
ipar:"lampu dim yang mana ko.. ?"

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5951
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Belajar nyetir
Emang kursus gitu om.IGedeAmat wrote: Fri May 11, 2018 2:22 jadi pengen share pengalaman weekend kemaren,
punya ipar ABG yang baru selesai kursus nyetir, minta temenin muter2 buat ngelancarin bawa mobil.
pertama masuk mobil, sebelum nyalain mesin;
Me: "check posisi duduk, liat and setel posisi spion udah pas apa belum.."
ipar: "cara nyetelnya gimana ko.. ?"
![]()
Lewat perempatan..
Me : "kok nyalain hazard.. ?"
ipar:"kemarin waktu kursus diajarinnya begitu.. "
![]()
masuk pom bensin
ipar: "tanki nya sebelah kanan apa kiri ya ko..?"
![]()
jalur pulang..
Me:"tuh angkot terlalu masuk jalur kita, kasih lampu dim.. "
ipar:"lampu dim yang mana ko.. ?"
![]()
Dulu istri ane jg kursus mobil kayak ga diajarin apa2, yang penting bisa jalan tapi ga nabrak.
Belajar parkir jg di halaman luas, kasi cone ruangnya lebar banget, jadi ga riil. Ga bisa belajar haluan dll.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 397
- Joined: Wed Feb 01, 2017 3:23
Re: Belajar nyetir
hahahahaa... jadi yg diajarin pas latihan apa aja donk?IGedeAmat wrote: Fri May 11, 2018 2:22 jadi pengen share pengalaman weekend kemaren,
punya ipar ABG yang baru selesai kursus nyetir, minta temenin muter2 buat ngelancarin bawa mobil.
pertama masuk mobil, sebelum nyalain mesin;
Me: "check posisi duduk, liat and setel posisi spion udah pas apa belum.."
ipar: "cara nyetelnya gimana ko.. ?"
![]()
Lewat perempatan..
Me : "kok nyalain hazard.. ?"
ipar:"kemarin waktu kursus diajarinnya begitu.. "
![]()
masuk pom bensin
ipar: "tanki nya sebelah kanan apa kiri ya ko..?"
![]()
jalur pulang..
Me:"tuh angkot terlalu masuk jalur kita, kasih lampu dim.. "
ipar:"lampu dim yang mana ko.. ?"
![]()

padahal salah satu basic kan harusnya pengemudi menguasai instrument yg ada di dalem kendaraan...

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1112
- Joined: Wed Mar 15, 2017 9:14
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Yamaha
Re: Belajar nyetir
kayak yg om sintoni bilang diatas,c4b13 wrote: Fri May 11, 2018 3:51
hahahahaa... jadi yg diajarin pas latihan apa aja donk?![]()
padahal salah satu basic kan harusnya pengemudi menguasai instrument yg ada di dalem kendaraan...![]()
yang penting kagak nabrak...

-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 170
- Joined: Fri Jun 12, 2009 7:47
Re: Belajar nyetir
Perlu sertifikasi kali ya, kalo buka sekolah mengemudi?
Sampe dim dan hazard aja murid nya ngga paham
Sampe dim dan hazard aja murid nya ngga paham

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 196
- Joined: Sat Oct 15, 2016 12:19
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Motor
Re: Belajar nyetir
Salah 1 uji kehandalan parkir roda 4 untuk saya itu kalo udah bisa parkir paralel di roti bakar edi al azhar pusat (tempat kongkow era SMA), karena space yang sempit jadi harus handal manuver tipis ikut instruksi juru parkir disana ditambah presure klakson mobil pengunjung lain (dimomen ini nyalakan semburan ac paling besar sambil buka jendela selebar mungkin untuk mengimbangi produksi keringat yang meningkat) yang bisa macet mengular kalau terlalu lama proses parkirnya, dan menurut saya juru parkir disana adalah yang terbaik, instruksinya presisi, tinggal bagaimana pilotnya.sintoni wrote:Emang kursus gitu om.IGedeAmat wrote: Fri May 11, 2018 2:22 jadi pengen share pengalaman weekend kemaren,
punya ipar ABG yang baru selesai kursus nyetir, minta temenin muter2 buat ngelancarin bawa mobil.
pertama masuk mobil, sebelum nyalain mesin;
Me: "check posisi duduk, liat and setel posisi spion udah pas apa belum.."
ipar: "cara nyetelnya gimana ko.. ?"
![]()
Lewat perempatan..
Me : "kok nyalain hazard.. ?"
ipar:"kemarin waktu kursus diajarinnya begitu.. "
![]()
masuk pom bensin
ipar: "tanki nya sebelah kanan apa kiri ya ko..?"
![]()
jalur pulang..
Me:"tuh angkot terlalu masuk jalur kita, kasih lampu dim.. "
ipar:"lampu dim yang mana ko.. ?"
![]()
Dulu istri ane jg kursus mobil kayak ga diajarin apa2, yang penting bisa jalan tapi ga nabrak.
Belajar parkir jg di halaman luas, kasi cone ruangnya lebar banget, jadi ga riil. Ga bisa belajar haluan dll.
Entah bagaimana sekarang, sudah lama gak kesana.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 170
- Joined: Fri Jun 12, 2009 7:47
Re: Belajar nyetir
Juru parkir di dalam kapal ferry... Saat nyebrang dari Bali ke Jawa. Apalagi pas pelabuhan sibuk (biasanya lebaran, libur panjang, th baru...)
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 830
- Joined: Mon Sep 09, 2013 11:59
Re: Belajar nyetir
Ada yg punya saran tempat kursus stir yg rekomen di solo? Adik udah waktunya belajar, saya ga ada waktu buat ngajarin...
Yg penting ngerti dulu lah ntar lancarin bisa kapan kapan hahahaha
Yg penting ngerti dulu lah ntar lancarin bisa kapan kapan hahahaha
always believe something wonderful about to happen.......
oh my.....
oh my.....
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 171
- Joined: Sun Mar 05, 2017 7:05
- Location: Bandung
Re: Belajar nyetir
Pasang kamera 360 akan sangat membantu Parkir buat yg baru belajar mobil ..biaya nya lebih murah ketimbang berkali2 nubruk 