MITSU KUDA, kenapa diesel 2.5 L boros?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Sun Apr 08, 2007 0:57
MITSU KUDA, kenapa diesel 2.5 L boros?
teman - teman SM, mau nanya nich...btw anyway busway kq kuda desel gw boros ya?gw bawa kuliah rawamangun depok lewat tol rata2 speed 90km/h kq kayaknya dibawah 1:9 ya?ada apakah gerangan?adakah yang bisa membantu?abis kq kayaknya tuw solar turunya cepet banget, kalah ma galant gw yang kena rata2 1:8...help me please...thx b4...
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 69
- Joined: Thu Apr 26, 2007 4:20
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 142
- Joined: Mon Apr 24, 2006 9:08
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 18
- Joined: Wed May 16, 2007 15:19
dhejay wrote:kok boros banget?
Kuda diesel saya yg mesinnya std dan udah di-ALTO-in (pake ban 235/70-15 trus pake velg jeep yg lumayan berat) aja masih 1:10 (underread) kalo diitung bener pake konversi ban lama : ban baru bisa 1:10.5
sebelum pake ban besar sekitar 1:11 (dalkot) dan 1:13 (luar kota)
hai, ikut nimbrung ya..
masak bisa 1:11 mas? kuda saya ada pake 205/60/r15 rata2 dalam kota 1:9, dan luar kota sekitar 1:11.
rekan2 disini pernah nyoba kuda top speed berapa ya?
thanks,-
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 889
- Joined: Wed Mar 14, 2007 4:28
- Location: Jakarta
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 142
- Joined: Mon Apr 24, 2006 9:08
1:11 waktu masih pakai ban&velg std (185/80 R-14)udz wrote: hai, ikut nimbrung ya..
masak bisa 1:11 mas? kuda saya ada pake 205/60/r15 rata2 dalam kota 1:9, dan luar kota sekitar 1:11.
rekan2 disini pernah nyoba kuda top speed berapa ya?
thanks,-
kemaren aja saya jalan total 297km isi bensin kembali full 30 ltr berarti 9.9:1
tapi karena saya sekarang pakai 235/70 R15. odotrip udah underread 8%
kalau mau fair ngitung odometer yg bener seharusnya 297x108%=320.76km jadi 320km/30ltr= 10.7:1
tapi ya tetep aja lebih boros dari Is-Pan gue dulu yg taon 97

soal top speed saya sampai sekarang baru nyoba sampe 125km/jam aja. ngeri kenceng2 pake minibus kalo sedan baru deh berani lebih dari 125

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1355
- Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
- Location: jkt
bro, koq kuda diesel di isi bensin?dhejay wrote:1:11 waktu masih pakai ban&velg std (185/80 R-14)udz wrote: hai, ikut nimbrung ya..
masak bisa 1:11 mas? kuda saya ada pake 205/60/r15 rata2 dalam kota 1:9, dan luar kota sekitar 1:11.
rekan2 disini pernah nyoba kuda top speed berapa ya?
thanks,-
kemaren aja saya jalan total 297km isi bensin kembali full 30 ltr berarti 9.9:1
tapi karena saya sekarang pakai 235/70 R15. odotrip udah underread 8%
kalau mau fair ngitung odometer yg bener seharusnya 297x108%=320.76km jadi 320km/30ltr= 10.7:1
soal top speed saya sampai sekarang baru nyoba sampe 125km/jam aja. ngeri kenceng2 pake minibus kalo sedan baru deh berani lebih dari 125
bro dhejay punya diesel apa bensin?
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: MITSU KUDA, kenapa diesel 2.5 L boros?
coba cek berapa tekanan angin bannya? trus uda dicek ke bengkel blon?chaos_loki wrote:teman - teman SM, mau nanya nich...btw anyway busway kq kuda desel gw boros ya?gw bawa kuliah rawamangun depok lewat tol rata2 speed 90km/h kq kayaknya dibawah 1:9 ya?ada apakah gerangan?adakah yang bisa membantu?abis kq kayaknya tuw solar turunya cepet banget, kalah ma galant gw yang kena rata2 1:8...help me please...thx b4...

-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 18
- Joined: Wed May 16, 2007 15:19
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 142
- Joined: Mon Apr 24, 2006 9:08
eh maap. maksud gue isi solar bos. salah ketik.ween wrote:bro, koq kuda diesel di isi bensin?dhejay wrote:1:11 waktu masih pakai ban&velg std (185/80 R-14)udz wrote: hai, ikut nimbrung ya..
masak bisa 1:11 mas? kuda saya ada pake 205/60/r15 rata2 dalam kota 1:9, dan luar kota sekitar 1:11.
rekan2 disini pernah nyoba kuda top speed berapa ya?
thanks,-
kemaren aja saya jalan total 297km isi bensin kembali full 30 ltr berarti 9.9:1
tapi karena saya sekarang pakai 235/70 R15. odotrip udah underread 8%
kalau mau fair ngitung odometer yg bener seharusnya 297x108%=320.76km jadi 320km/30ltr= 10.7:1
soal top speed saya sampai sekarang baru nyoba sampe 125km/jam aja. ngeri kenceng2 pake minibus kalo sedan baru deh berani lebih dari 125
bro dhejay punya diesel apa bensin?

-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 142
- Joined: Mon Apr 24, 2006 9:08
sebenernya bisa diitung pake rumus keliling lingkaran yg kita pelajari di sekolahudz wrote:@ mas dhejay,
gimana cara perhitungan underread atau overread terhadap penggantian ban yg tidak sesuai standart pabrik?
thanks,-

tapi kalau mau lebih gampang bisa liat disini bos
http://www.tyresave.co.uk/tyresize.html
kalau diameter ban baru nya lebih besar daripada ban lama berarti itungan odometer akan underread
begitu sebaliknya
oh iya, ban standar pabrik untuk mitsubishi kuda itu ada 2
1. Velg 14, bannya 185/80 R14
2. Velg 15, bannya 195/70 R15
(based on http://www.mykuda.com/spesifikasi/ )
kalau dihitung keliling ke dua ban tsb perbedaannya cuma 2mm (+/- 0.3%)
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 69
- Joined: Thu Apr 26, 2007 4:20
Betul lho, untuk dalam kota 1:11 dan luar kota 1:14, bahkan pernah 1:15.udz wrote:dhejay wrote:kok boros banget?
Kuda diesel saya yg mesinnya std dan udah di-ALTO-in (pake ban 235/70-15 trus pake velg jeep yg lumayan berat) aja masih 1:10 (underread) kalo diitung bener pake konversi ban lama : ban baru bisa 1:10.5
sebelum pake ban besar sekitar 1:11 (dalkot) dan 1:13 (luar kota)
hai, ikut nimbrung ya..
masak bisa 1:11 mas? kuda saya ada pake 205/60/r15 rata2 dalam kota 1:9, dan luar kota sekitar 1:11.
rekan2 disini pernah nyoba kuda top speed berapa ya?
thanks,-
Top speed yang pernah dicoba 160 km/jam ..Pengendalian masih enak (karena suspensi cenderung keras)..
Kalo dibandingin Panther 2.5l, di tanjakan tenaganya lebih enak Kuda, kalo di jalan datar Panther lebih enak, karena perbandingan gigi Kuda (terutama 1 & 2) rasanya lebih rapat.
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 18
- Joined: Wed May 16, 2007 15:19
waduh, berarti kalo dari itung2an di tyresave itu, kuda saya overread dong. jadi apa yg tampak di odometer lebih cepat dibanding jarak aktual nya ya bos? (yg lama2 jadi bingung sendiri antara under/over read).dhejay wrote:
sebenernya bisa diitung pake rumus keliling lingkaran yg kita pelajari di sekolah
tapi kalau mau lebih gampang bisa liat disini bos
http://www.tyresave.co.uk/tyresize.html
kalau diameter ban baru nya lebih besar daripada ban lama berarti itungan odometer akan underread
begitu sebaliknya
oh iya, ban standar pabrik untuk mitsubishi kuda itu ada 2
1. Velg 14, bannya 185/80 R14
2. Velg 15, bannya 195/70 R15
(based on http://www.mykuda.com/spesifikasi/ )
kalau dihitung keliling ke dua ban tsb perbedaannya cuma 2mm (+/- 0.3%)

kalo pembacaan di odometer gak sama, berarti speedometer juga nipu dong?
tolong infonya ya.
*bingung mode is ON*
thanks,-
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 18
- Joined: Wed May 16, 2007 15:19
wah, berarti saya harus cek filter solar nih, sama sekalian bersihin filter udara nya. kalo gak salah terakhir ganti filter solar taon 2002 (padahal kuda nya taon 2000). nanti setelah ganti filter saya coba ukur lagi.maxhari wrote:
Betul lho, untuk dalam kota 1:11 dan luar kota 1:14, bahkan pernah 1:15.
Top speed yang pernah dicoba 160 km/jam ..Pengendalian masih enak (karena suspensi cenderung keras)..
Kalo dibandingin Panther 2.5l, di tanjakan tenaganya lebih enak Kuda, kalo di jalan datar Panther lebih enak, karena perbandingan gigi Kuda (terutama 1 & 2) rasanya lebih rapat.
thanks,-
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 142
- Joined: Mon Apr 24, 2006 9:08
betul bos.udz wrote:
waduh, berarti kalo dari itung2an di tyresave itu, kuda saya overread dong. jadi apa yg tampak di odometer lebih cepat dibanding jarak aktual nya ya bos? (yg lama2 jadi bingung sendiri antara under/over read).![]()
kalo pembacaan di odometer gak sama, berarti speedometer juga nipu dong?
tolong infonya ya.
*bingung mode is ON*
thanks,-
bos udz kalo nggak salah bilangnya sekarang pakai 205/60 R15 ya?
berarti keakuratan odometer sudah berbeda -3.83% dibulatkan jadi -4% aja biar gampang

berarti odometer dan speedometer sudah nipu sebanyak itu.
jadi kalau di odometer jarak tempuh udah 200km. sebenernya tu mobil baru menempuh 192km.
begitu juga speedometer, kalau bos udz ngebut 100km/h sebenernya mobil bos udz baru lari di 96km/h
cmiiw
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 142
- Joined: Mon Apr 24, 2006 9:08
hah?! terakhir ganti filter solar th2002???? bujug dahhhudz wrote: wah, berarti saya harus cek filter solar nih, sama sekalian bersihin filter udara nya. kalo gak salah terakhir ganti filter solar taon 2002 (padahal kuda nya taon 2000). nanti setelah ganti filter saya coba ukur lagi.
thanks,-
nggak kurang lama tuh


trus filter oli ganti brapa tahun sekali? hihihi...
bos, mendingan rutin setiap 10rb-15rb diganti deh tu filter solar. tau sendiri kan SPBU dan solar di indo itu busuk banget
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 18
- Joined: Wed May 16, 2007 15:19
ooh gitu ya. ok deh, sekarang saya ngerti. makasih bos.dhejay wrote:
betul bos.
bos udz kalo nggak salah bilangnya sekarang pakai 205/60 R15 ya?
berarti keakuratan odometer sudah berbeda -3.83% dibulatkan jadi -4% aja biar gampang
berarti odometer dan speedometer sudah nipu sebanyak itu.
jadi kalau di odometer jarak tempuh udah 200km. sebenernya tu mobil baru menempuh 192km.
begitu juga speedometer, kalau bos udz ngebut 100km/h sebenernya mobil bos udz baru lari di 96km/h
cmiiw
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 18
- Joined: Wed May 16, 2007 15:19
suwer bos, sejak tahun 2000, tahun 2001 br jalan 30.000km, itu saya ganti filter solar. terus tahun 2002 ganti lagi, waktu itu kira2 60.000km. sekarang posisi di 120.000km n belum pernah ganti lagi.dhejay wrote:
hah?! terakhir ganti filter solar th2002???? bujug dahhh
nggak kurang lama tuhjangan2 didalem filter solar udah banyak lumutnya
trus filter oli ganti brapa tahun sekali? hihihi...
bos, mendingan rutin setiap 10rb-15rb diganti deh tu filter solar. tau sendiri kan SPBU dan solar di indo itu busuk banget

saya memang berpikir buat ganti lagi, tapi waktunya yang belum sempat, soalnya biasanya saya ganti sendiri. sekalian sama nge-vet-i balljoint. minggu ini dah saya ganti.
kalo filter oli rajin bos, tiap 3x ganti oli, pasti ganti filter oli nya.

anyway, thanks saran nya bos.
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Wah amazingudz wrote:suwer bos, sejak tahun 2000, tahun 2001 br jalan 30.000km, itu saya ganti filter solar. terus tahun 2002 ganti lagi, waktu itu kira2 60.000km. sekarang posisi di 120.000km n belum pernah ganti lagi.dhejay wrote:
t![]()

SPBU tempat bang udz beli solar boleh dicatat nih, 60.000 Km filter solarnya kaga mampet, mantap ciinkkkk

Kalau solarnya kurang bagus 17.000 Km aja udah mampet filternya, kalo solanya busuk di bawah 10.000 Km juga bisa mampet.
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 18
- Joined: Wed May 16, 2007 15:19
Turboman wrote:
Wah amazing
SPBU tempat bang udz beli solar boleh dicatat nih, 60.000 Km filter solarnya kaga mampet, mantap ciinkkkk![]()
Kalau solarnya kurang bagus 17.000 Km aja udah mampet filternya, kalo solanya busuk di bawah 10.000 Km juga bisa mampet.
siap, terus terang saya jarang banget pindah2 spbu.
di sby, saya kalo ngisi ya di spbu deket rumah.
bos2 di sini, tau kan ada baut setelan yg ada tutupnya di boschpump yg konon katanya buat nyetel banyak/sedikitnya solar yg masuk ke boschpump? ada yg pernah utik2 baut itu gak?
baut itu di kuda saya, udah disetel, efeknya: asap yg keluar di knalpot lebih hitam dari biasanya, n rasanya berpengaruh terhadap tarikan. bener atau hanya perasaan hati aja sih?
thanks,-
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 142
- Joined: Mon Apr 24, 2006 9:08
nah, mendingan ganti filter solarnya dibarengin aja dengan ganti filter oli.udz wrote: kalo filter oli rajin bos, tiap 3x ganti oli, pasti ganti filter oli nya.![]()
anyway, thanks saran nya bos.
jadi waktu ganti filter oli sekalian minta tolong montirnya buat ngegantiin filter solar
kesian pompa dan nosel injektor bos kalo sampe kotoran masuk kesana. ntar buat benerinnya ongkosnya lebih mahal daripada harga filter nya

wah di sby SPBU nya ternyata. jauh amat ya dari rumah gue di serpong hihihihi....udz wrote: siap, terus terang saya jarang banget pindah2 spbu.
di sby, saya kalo ngisi ya di spbu deket rumah.
setau saya memang kalau baut setelan itu disetel memang tarikan lebih enak, tapi ya itu asep dan konsumsi solar agak sedikit bertambahudz wrote: bos2 di sini, tau kan ada baut setelan yg ada tutupnya di boschpump yg konon katanya buat nyetel banyak/sedikitnya solar yg masuk ke boschpump? ada yg pernah utik2 baut itu gak?
baut itu di kuda saya, udah disetel, efeknya: asap yg keluar di knalpot lebih hitam dari biasanya, n rasanya berpengaruh terhadap tarikan. bener atau hanya perasaan hati aja sih?
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 142
- Joined: Mon Apr 24, 2006 9:08
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 18
- Joined: Wed May 16, 2007 15:19
iya bos, punya saya udah dipuntir dikit.dhejay wrote: setau saya memang kalau baut setelan itu disetel memang tarikan lebih enak, tapi ya itu asep dan konsumsi solar agak sedikit bertambah
saya biasanya ganti filter2 itu sendiri bos, ga pakai montir.

hmm, soal turbo dr 4D56T, saya rasa kalo cuma 0,5bar gak terlalu nambah tenaga bos, cmiiw, maklum saya juga denger2 aja, n kuda saya blm di cangkok tuh turbo.
anda kalo mau bisa cari info di milis kuda-club. ada bos dari jogya yg udah pasang di kuda nya.
anyway, buat ngatur bar turbo itu dari perangkat tambahan lagi ya, ga bisa dari unit turbo nya kan?
thanks,-
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 142
- Joined: Mon Apr 24, 2006 9:08