Medium truck: Hino vs Mitsubishi

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

satriakarisma
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 617
Joined: Thu Oct 13, 2016 4:34

Medium truck: Hino vs Mitsubishi

Post by satriakarisma »

Dear teman-teman yang baik,

Perusahaan tempat saya bekerja akan membeli truck baru untuk penambahan armada. Dari tiga merek ini: Isuzu, Hino dan Mitsubishi, maka dikerucutkan hanya menjadi Hino vs Mitsubishi saja. Karena di pabrik sudah ada Isuzu giga.

Adapun typenya yaitu Hino FG325JP vs Mitsubishi FM517HL 220PS, keduanya belum commonrail.

Harga untuk Hino 742 juta dan Mitsubishi adalah 788 juta (incl. BBN,AC n wing box)

Rute paling jauh dari Cibitung ke Serang (vv)

Apakah teman teman ada pengalaman kedua merek ini?

Mohon dibantu untuk masalah kehandalan mesin, peforma, kenyamanan, harga spare parts dan after sales servicenya.


Terima kasih SM
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1485
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: Medium truck: Hino vs Mitsubishi

Post by Pugman »

Medium truk Hino saya hanya suka numpang kendaraan milik kontraktor, kondisinya ga terlalu bagus tapi kalau soal suspensi lebih nyaman dari Mitsubishi. Soal tenaga, handling saya ga tahu karena hanya numpang.

Medium truk Mitsubishi yang panjang sekitar 7meter pernah pakai 2 tahun, kondisi dari baru, digunakan hanya untuk keliling site, beban juga tidak pernah full hanya kadang mengangkut beberapa orang dibelakang dan sedikit barang. 1 tahun pakai hanya ganti oli saja, tenaga besar, suspensi keras kalau kosong, handling rasanya ga beda jauh sama panther DC.
satriakarisma
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 617
Joined: Thu Oct 13, 2016 4:34

Re: Medium truck: Hino vs Mitsubishi

Post by satriakarisma »

Pugman wrote: Fri May 04, 2018 8:20 Medium truk Hino saya hanya suka numpang kendaraan milik kontraktor, kondisinya ga terlalu bagus tapi kalau soal suspensi lebih nyaman dari Mitsubishi. Soal tenaga, handling saya ga tahu karena hanya numpang.

Medium truk Mitsubishi yang panjang sekitar 7meter pernah pakai 2 tahun, kondisi dari baru, digunakan hanya untuk keliling site, beban juga tidak pernah full hanya kadang mengangkut beberapa orang dibelakang dan sedikit barang. 1 tahun pakai hanya ganti oli saja, tenaga besar, suspensi keras kalau kosong, handling rasanya ga beda jauh sama panther DC.
Makasih om Pug, ya denger denger dari driver sih Hino lebih empuk. Tapi nggak tahu masalah after sales servicenya. Sekarang pake Isuzu agak susah sparepart n servis nya ( padahal sudah contract dengan bengkel resmi ny)
efact
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 520
Joined: Thu Jan 12, 2017 2:11

Re: Medium truck: Hino vs Mitsubishi

Post by efact »

Mohon dibantu untuk masalah kehandalan mesin, peforma, kenyamanan, harga spare parts dan after sales servicenya.

kehandalan mesin, dua duanya cukup reliable alias sebelas duabelas,
performa, secara garis besar Hino one step better, krn basicnya mesinnya sama dg yang dipakai di versi 260ps nya,
kenyamanan, Hino much better,
harga spare parts, original line kira kira sebelas dua belas, tp Fuso unggul krn banyaknya pilihan spare parts aftermarket / kw , murah meriah kuat,
after sales service, ini juga sebelas dua belas, tp to be honest untuk fleet customer, Hino lebih baik.
2011 Hyundai ix35
2001 BMW E39 530i
Nugrohonug
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 193
Joined: Sat Sep 10, 2016 16:26
Daily Vehicle: D4-D and CRDi

Re: Medium truck: Hino vs Mitsubishi

Post by Nugrohonug »

Menurut pengalaman ane dikelas 4x2 mirip mirip lah lah walaupun diatas kertas hino lebih gede tenaganya,fuso punya nafas mesin yg lebih pnjang dibanding hino, dua duanya pake mesin yg sama sama legendaris di kelasnya terbukti awet dan tahan banting,cuma fuso punya kelemahan di rem yg kalah dibanding hino
satriakarisma
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 617
Joined: Thu Oct 13, 2016 4:34

Re: Medium truck: Hino vs Mitsubishi

Post by satriakarisma »

Terima kasih banyak atas informasinya ya.
Di kantor juga lebih condong ke Hino, selain lebih murah juga model baru.
Yg parah discountnya cuma 10 juta
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10471
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Medium truck: Hino vs Mitsubishi

Post by ak4ng »

Dua2nya oke2. Kalo saya malah nyaranin yang CRD, untuk mengurangi resiko dikadalin supir yang tuker2 parts di jalan, yang crd blm familier di pinggir jalan and ga seberapa banyak bila dibandingkan dgn noncrd. Cmiiw.
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
pernahmiskin
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 677
Joined: Tue Apr 19, 2016 5:48
Location: jogja, blitar, jakarta

Re: Medium truck: Hino vs Mitsubishi

Post by pernahmiskin »

Dari kedua pilihan tsb, sy vote hino.
Lebih bertenaga
Dan harga jual kembali lebih baik banding kompetitor

Tp pastikan aja unit ready ga indent..
Jangan menghina kalau masih bisa di hina
Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang
:big_exellent:
flamboyan
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 235
Joined: Tue Nov 18, 2014 1:58

Re: Medium truck: Hino vs Mitsubishi

Post by flamboyan »

ak4ng wrote: Fri May 04, 2018 10:55 Dua2nya oke2. Kalo saya malah nyaranin yang CRD, untuk mengurangi resiko dikadalin supir yang tuker2 parts di jalan, yang crd blm familier di pinggir jalan and ga seberapa banyak bila dibandingkan dgn noncrd. Cmiiw.
Truk CRD tuh masih bisa minum solbus?
bryan_miner
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 119
Joined: Fri Sep 11, 2009 11:35

Re: Medium truck: Hino vs Mitsubishi

Post by bryan_miner »

Sekedar sumbang saran dari POV saya, jadi dilihat dari tipenya ini chassis truk engkel 6 roda 4x2 dan dipasang wingbox aluminium ya.

Mitsubishi FM517HL
Pros :
- The great legendary 6D16 engine & nama besar Fuso. Ini juga separuh kelemahan krn ga pernah update dari 1985, cuma nambah Turbo Intercooler sama setelan injector aja naik dari 190 ke 220PS
- After sales terkesan lebih luas baik beres maupun warung spare part pinggir jalan, namun hal ini identik dgn adiknya Colt Diesel, utk kategori 3 rasanya sama saja harus ke dealer atau distributor/pedagang spesialis.
Cons :
- Model Kuno, bentuk kabin masih sama dari tahun 1985. Ini truk dgn model terlama yg ga pernah difacelift apalagi all new. Pengaruh juga dgn koefisien hambatan angin di jalan tol dgn kabin yg kotak sabun dibanding Hino yg sudah design aerodynamics dan wind tunnel tested. Ujungnya konsumsi solar.
- Gardan dan perabotan kaki lemah, ini penyakit abadi yang tidak pernah sembuh, mau per suspensi, as roda, kopel, gigi suri, crown wheel - pinion (gearset), hanger, karet karet payah semua.
- Baut roda 8, dan braking system masih minyak
- Lebar chassis sekitar 84cm, lebih sempit dan limbung.

Hino FG235JP
Pros :
- Engine J08E yang legendaris juga, output 235 PS, torsi jg lebih unggul.
- Model lebih fresh dan update karena penjualan Hino di Indonesia adalah yang tertinggi di seluruh dunia bersama pasar Jepang. Jadi setiap perubahan model dari R&D prinsipal akan segera diaplikasikan juga di pasar Indo.
- Sektor kaki lebih kuat, Warisan DNA dari pendahulunya Super Ranger/Jumbo Ranger yang terkenal di kalangan pemain proyek.
- Baut roda 10 titik dan pengereman sudah full air brake
- Lebar chassis 87cm lebih stabil saat manuver.

Cons :
- Harga lebih mahal (saya tidak tahu mengapa Anda dapat penawaran Fuso lebih mahal) dan sedang rawan indent saat ini utk tipe trontonnya.


Resale value sama sama baik, karena masing masing memiliki pasar dan penggemarnya masing masing.

Apabila anda mempertimbangkan Fuso, baiknya mencoba FJ series built up India yang merupakan rebadge dari seri Mercedes Benz Axor yg juga sudah dijual di Indonesia. Mesin, transmisi, dan teknologi semua dari Bharat Benz India. Duo kembar ini seperti Avanza Xenia. Memang mesin menganut CRD diesel, tapi rasanya lebih worth to try. Pertimbangkan juga bahwa MFTBC selaku prinsipal dari Fuso saat ini sudah full milik Daimler AG, jadi ke depannya seri yang lama ini akan discontinue dan digantikan line up dari pengembangan Mercedes Benz.

Hino saat ini adalah subsidiary dari Toyota, jadi ke depannya tetap akan rasa Jepang.

Apabila Anda tidak memiliki tim mekanik yg dedicated, dan menyerahkan maintenance ke kontrak fleet service, Hino jauh lebih unggul utk profesionalitasnya. Transjakarta bus way contoh fleet maintenance contract skala besar yg saya lihat.

Terakhir, saran saya lakukan Split PO utk chassis dan karoseri. Perusahaan Anda nego dan beli chassis di dealer, lalu kirim ke perusahaan karoseri yang sudah Anda pilih dan nego sendiri. Sehingga Anda mendapatkan penawaran dan spesifikasi karoseri sesuai dengan keinginan.

Semoga lancar usahanya.
🚧🚧🚧🚧🚧 ROAD CLOSED 🚧🚧🚧🚧🚧
satriakarisma
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 617
Joined: Thu Oct 13, 2016 4:34

Re: Medium truck: Hino vs Mitsubishi

Post by satriakarisma »

ak4ng wrote: Fri May 04, 2018 10:55 Dua2nya oke2. Kalo saya malah nyaranin yang CRD, untuk mengurangi resiko dikadalin supir yang tuker2 parts di jalan, yang crd blm familier di pinggir jalan and ga seberapa banyak bila dibandingkan dgn noncrd. Cmiiw.
Om akang, di PT udah ada yang Giga crd. Tapi sparepart nya agak susah, makanya pilih yang konvensional ajah..hehe
satriakarisma
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 617
Joined: Thu Oct 13, 2016 4:34

Re: Medium truck: Hino vs Mitsubishi

Post by satriakarisma »

pernahmiskin wrote: Fri May 04, 2018 11:15 Dari kedua pilihan tsb, sy vote hino.
Lebih bertenaga
Dan harga jual kembali lebih baik banding kompetitor

Tp pastikan aja unit ready ga indent..
Siap om.
Unit ready stok sih.
satriakarisma
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 617
Joined: Thu Oct 13, 2016 4:34

Re: Medium truck: Hino vs Mitsubishi

Post by satriakarisma »

bryan_miner wrote: Sat May 05, 2018 2:14 Sekedar sumbang saran dari POV saya, jadi dilihat dari tipenya ini chassis truk engkel 6 roda 4x2 dan dipasang wingbox aluminium ya.

Mitsubishi FM517HL
Pros :
- The great legendary 6D16 engine & nama besar Fuso. Ini juga separuh kelemahan krn ga pernah update dari 1985, cuma nambah Turbo Intercooler sama setelan injector aja naik dari 190 ke 220PS
- After sales terkesan lebih luas baik beres maupun warung spare part pinggir jalan, namun hal ini identik dgn adiknya Colt Diesel, utk kategori 3 rasanya sama saja harus ke dealer atau distributor/pedagang spesialis.
Cons :
- Model Kuno, bentuk kabin masih sama dari tahun 1985. Ini truk dgn model terlama yg ga pernah difacelift apalagi all new. Pengaruh juga dgn koefisien hambatan angin di jalan tol dgn kabin yg kotak sabun dibanding Hino yg sudah design aerodynamics dan wind tunnel tested. Ujungnya konsumsi solar.
- Gardan dan perabotan kaki lemah, ini penyakit abadi yang tidak pernah sembuh, mau per suspensi, as roda, kopel, gigi suri, crown wheel - pinion (gearset), hanger, karet karet payah semua.
- Baut roda 8, dan braking system masih minyak
- Lebar chassis sekitar 84cm, lebih sempit dan limbung.

Hino FG235JP
Pros :
- Engine J08E yang legendaris juga, output 235 PS, torsi jg lebih unggul.
- Model lebih fresh dan update karena penjualan Hino di Indonesia adalah yang tertinggi di seluruh dunia bersama pasar Jepang. Jadi setiap perubahan model dari R&D prinsipal akan segera diaplikasikan juga di pasar Indo.
- Sektor kaki lebih kuat, Warisan DNA dari pendahulunya Super Ranger/Jumbo Ranger yang terkenal di kalangan pemain proyek.
- Baut roda 10 titik dan pengereman sudah full air brake
- Lebar chassis 87cm lebih stabil saat manuver.

Cons :
- Harga lebih mahal (saya tidak tahu mengapa Anda dapat penawaran Fuso lebih mahal) dan sedang rawan indent saat ini utk tipe trontonnya.


Resale value sama sama baik, karena masing masing memiliki pasar dan penggemarnya masing masing.

Apabila anda mempertimbangkan Fuso, baiknya mencoba FJ series built up India yang merupakan rebadge dari seri Mercedes Benz Axor yg juga sudah dijual di Indonesia. Mesin, transmisi, dan teknologi semua dari Bharat Benz India. Duo kembar ini seperti Avanza Xenia. Memang mesin menganut CRD diesel, tapi rasanya lebih worth to try. Pertimbangkan juga bahwa MFTBC selaku prinsipal dari Fuso saat ini sudah full milik Daimler AG, jadi ke depannya seri yang lama ini akan discontinue dan digantikan line up dari pengembangan Mercedes Benz.

Hino saat ini adalah subsidiary dari Toyota, jadi ke depannya tetap akan rasa Jepang.

Apabila Anda tidak memiliki tim mekanik yg dedicated, dan menyerahkan maintenance ke kontrak fleet service, Hino jauh lebih unggul utk profesionalitasnya. Transjakarta bus way contoh fleet maintenance contract skala besar yg saya lihat.

Terakhir, saran saya lakukan Split PO utk chassis dan karoseri. Perusahaan Anda nego dan beli chassis di dealer, lalu kirim ke perusahaan karoseri yang sudah Anda pilih dan nego sendiri. Sehingga Anda mendapatkan penawaran dan spesifikasi karoseri sesuai dengan keinginan.

Semoga lancar usahanya.
Makasih banyak om Bryan sarannya.
Itu juga yang jadi masalah adalah model Fuso terlalu kuno, dan di PT sudah ada kepala kuning, jadi pengen coba si hijau ini.
Untuk fleet contract seperti nya Hino memang lebih baik.
Untuk harga saya belum pastikan, jangan2 itu dapat harga Vin 2017.
Terima kasih banyak infonya om