Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Saya ngga tahu mesti jawab spt apa saat ditanya oleh salah satu kerabat yang baru kira2 setahun nyetir mobil dan mobilnya ada hidung nya, dia pakai Avanza.
Rumah doi melewati gang yang kanan kiri ada selokan terbuka, kalo papasan sesama mobil salah satu mesti berenti sembunyi dulu untuk ngalah dan ngasi space supaya kendaraan lawan bisa lewat.
Pertanyaan doi adalah, bagaimana memperhitungkan supaya roda depan itu posisinya masih napak di jalan, alias masih aman dari nyemplung selokan?
Doi membandingkan dg orang orang yg uda biasa hidup di jalan aka supir travel, taksi, dll yang bisa memperkirakan posisi roda di atas aspal, jarak hidung terdepan mobil dengan mobil di depannya shg masih aman saat mepet mepetan.
Ini misal pandangan dari supir. Gambar ambil dr shutterstock.
Gimana caranya memperhitungkan posisi paling dpan hidung mobil dan roda depan?
Jawab saya ya, feeling... Tp masak ya gitu aja?
Mohon sarannya.
ya bener om jawabnya sih kalo saya, feeling si driver sndiri.. dan itu kudunya timbul secara alamiah sih kalo emang udh biasa di balik setir..
tp ada juga bbrp versi yang bilang kalo plat nomer mobil depan udh ga keliatan atau pandangannya udh kehalang mobil kita lebih baik stop, amannya sih bgtu, tp ga bisa mepet2an jdinya, jd ya balik lagi lebih percaya feeling
kalo ban jeblos atau tidak, teorinya sih bisa liat spion, disetel kebawah, trus tgl jalanin pelan pelan
kalo depan udah mentok atau belum, trik saya sih menyalakan lampu senja / lampu utama, lalu liat pantulan cahayanya
tapi kalo udah biasa sih lama lama pake feeling juga lancar..
Bener feeling yg jalan om, lama kelamaan akan hapal patokannya entah pake spot yg keliatan (entah wiper, atau pilar A). Practice makes perfect, kuncinya sering2 nyetir aja dan pake mobil yang sama. Kalo ganti mobil akan beda lagi feelingnya.
Makanya supir2 angkot/bis/taksi jago mepet2... salah satu faktornya karena udah khatam betul sama blind spot mobilnya.
kalo saya ya feeling aja. gak pake patokan apa2 karena emang mobil sendiri. klo sering gonta ganti mobil, kayaknya perlu waktu bbrp saat dulu sebelum dapat feel nya
Bikin jalanannya macet aja om, nanti ada bikers atau warga sekitar yang kesel antri dibelakang mobil dari lawan arah kasih arahan moncong depan masih cukup/jauh
Atau karena baru nyetir 1th, suruh nyetir lagi sampai 3th, nanti paham deh
Ujung2nya seh feeling yang didapat dari jam terbang Om,
and pengalaman 1-2 kali kejeblos.. (pengalaman pribadi)
tapi cars jaman now kan ada yang punya all round camera,
lumayan bisa bantu..
Ya kalo ane sih memang murni pake feeling om.. dan harus sering2 latihan. Kalo setahun kebalakang pake avanza terus harusnya udh hapal dan bisa ngukur mobil kalo mau masuk gang sempit/jalan mepet selokan.
Jam terbang memang jawabnya supaya dapat feel nya ya.
Dulu pas belajar pakai kijang super, itu moncongnya kelihatan dari blk stir jadi pede aja. Nah sejak mobil keluaran baru mulai tenggelam jok pengemudi dan moncongnya ngga kelihatan. Hahaha...
Kesel juga kalo papasan lihat lawan itu ngga brani gerak kanan atau kiri atau maju karena takut jeblos ke selokan atau nyerempet pagar rumah orang.
Saya sempet kepikiran masang rear kamera tp di pasang di pojok kiri depan...
Feeling dan nyali.
Kalau parkir di bahu jalan yg tanpa selokan, selalu bisa mepet pas di batas pinggir.
Tapi kalau parkir di pinggir selokan hasilnya selalu jauh dari pinggir selokan. Gak bisa mepet
Murni feeling. Inget kata bapa pas belajar nyetir pertama kali: "mobil adalah perpanjangan tangan dan kaki kamu" jadi ya emang balik lagi ke feeling nyetir, jadi nganggep bener kalo mobil itu bagian dari badan sendiri...gimana ya ngomongnya...jadi kalo ibaratnya kalo kita lagi jalan mau tubrukan pasti beberapa detik sebelumnya badan udah bereaksi buat ngehindar. Kira2 seperti itulah...
ane pernah tuh nyemplungin roda depan kiri Rush lama punya om ane ke selokan lorong sempit, hehehe.
Menurut ane perkiraan posisi roda kiri depan bisa dengan cara tidak langsung: cek di spion kiri dan pastikan posisi mobil sejajar dengan batas jalan. Habis itu inget2 gambaran di spion lau turun dari mobil u. cross check dengan kondisi ban kiri sebenarnya. Dari situ bisa dipelajari misalnya kalo di spion itu sekitar 2 cm jaraj antara 2 benda maka di aslinya mungkin 20 cm. CMIIW
Pakai feeling om, untuk mobil yang baru saya pakai (minjem atau mobil baru) biasanya saya kelilingin dlu, liat posisi dan dimensi mobil.
Untuk mobil sehari hari mah udh hapal, kalau udh terbiasa roda kiri kanan itu udh kaya kaki kita, ada lobang atau halangan dijalan walau celahnyasempit bisa kita lewati.
hehe001 wrote: Mon Apr 30, 2018 11:03
Akhirnya weekend maren kami pasang kamera di pojok kiri depan, yang pointingnya suoaya kelihatan arah wide angle kiri depan dan bawah.
Seharian ngedapetin feel nya dan akhirnya doi cukup pede skr kalo papasan dengan kendaraan di gang sempit.
Tinggal belajar ngedapetin ujung moncong depan aja....
boleh minta screen shot nya om? Ato kalo ngak foto lokasi/ posisi kamera yang di kiri itu? Kayaknya idenya boljug tuh, jadinya kalo dipasang di 4 sisi mobil munkgin bisa jadi 360 view dengan cara yg lebih murah daripada pusing cari mobil yang 360 view nya dari pabrikan, hehehe
rotary wrote: Mon Apr 23, 2018 9:14
kalo ban jeblos atau tidak, teorinya sih bisa liat spion, disetel kebawah, trus tgl jalanin pelan pelan
kalo depan udah mentok atau belum, trik saya sih menyalakan lampu senja / lampu utama, lalu liat pantulan cahayanya
tapi kalo udah biasa sih lama lama pake feeling juga lancar..
Yang reply banyak sekali, cuma liat satu yang awalnya pake patokan spion.
Memang driving ngga murni eksak semua dihitung, tapi bukan 100% feeling. Jeblos atau enggak bisa diukur dengan spion yang nempel di pintu, dihitung ulang ke depan kira kira ada di mana posisi roda depan yang posisinya di depan spion.
Kalo saya, hampir 10thn pake escudo 1.6 feeling saya gak pernah dapet kalo mau menghindari lobang di sisi kanan. Terutama kalo lobangnya gak gede (tanggung). Pasti kejeblos mulu. Heran!
apanja emang gak keliatan idungnya sih dari posisi driver, rada repot buat pemula.
dulu sodara ada yang sebelumnya pake kijang super (kelihatan hidungnya), trus ganti apanja tetep aja gelagapan awal2nya. gak peduli pengalaman nyetirnya udah puluhan tahun juga.
solusinya dia tempelin tongkat kecil panjang di ujung depan kiri buat bantu feeling liat posisi. rada norak sih, tapi sangat membantu.
Kalo jaman 90s & early 2000s ada yg jual semacam tiang bahan kain kaku gitu, buat di taruh di pojok kiri depan atau pas di tengah² bagian depan hidung mobil. Entah skrg masih ada atau ga.
Tapi lebih ke jam terbang sih sebenernya + pake logika geometri aja.
Kalo Saya daripada mesti mepet ke selokan sudah Aja pepetin ke sisi mobil yg besebrangan Kan Lebih mudah liatnya ketimbang sisi Sebrang..nah terus Kan spion sudah otomatis ngelipet Jadi ya pepetin Aja... Pake Cara gitu Lebih mudah ketimbang ngira2 ke Arah pinggir seberang
geofreyap wrote: Mon Apr 30, 2018 14:39
Kalo jaman 90s & early 2000s ada yg jual semacam tiang bahan kain kaku gitu, buat di taruh di pojok kiri depan atau pas di tengah² bagian depan hidung mobil. Entah skrg masih ada atau ga.
Tapi lebih ke jam terbang sih sebenernya + pake logika geometri aja.
Coba pasang blindspot mirror juga biar membantu.
Ini oe setuju, pasang antena plastik pembantu d pojok kiri depan mobil, kn keliatan tu