RPM ANX tidak mau turun mskp kopling diinjak saat pindah gigi
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Fri Oct 04, 2013 9:20
- Location: Malang
- Daily Vehicle: All New Xenia 2012
RPM ANX tidak mau turun mskp kopling diinjak saat pindah gigi
Dear Para Sesepuh SM yang budiman,
Ane newbie yang uda lama jd silent reader, mau tanya kendala di mobil ane AN Xenia 2012 R (1.3L). Jadi problem yang sering terjadi (mskp tidak selalu), saat pindah gigi dari 1 mau masuk ke gigi 2 seringnya RPM mesin tidak mau turun mskpn pedal gas dilepas & pedal kopling udah diinjak mentok. Jadi pas kondisi netral (jeda dr gigi 1 ke 2) gas free & kopling diinjek, RPM tetep tinggi, baru setelah gigi dioper ke 2, RPM mesin mau turun. Problem ini cuma kejadian saat mau pindah dari gigi 1 ke gigi 2 aja, selain itu ga ada masalah sama sekali. Menurut para suhu disini, penyebabnya knp ya? Atau ada part yang perlu diganti? Terima kasih sebelumnya, mohon maaf kalo tritnya acak2an (trit pertama setelah jd member 5th,he2)..
Ane newbie yang uda lama jd silent reader, mau tanya kendala di mobil ane AN Xenia 2012 R (1.3L). Jadi problem yang sering terjadi (mskp tidak selalu), saat pindah gigi dari 1 mau masuk ke gigi 2 seringnya RPM mesin tidak mau turun mskpn pedal gas dilepas & pedal kopling udah diinjak mentok. Jadi pas kondisi netral (jeda dr gigi 1 ke 2) gas free & kopling diinjek, RPM tetep tinggi, baru setelah gigi dioper ke 2, RPM mesin mau turun. Problem ini cuma kejadian saat mau pindah dari gigi 1 ke gigi 2 aja, selain itu ga ada masalah sama sekali. Menurut para suhu disini, penyebabnya knp ya? Atau ada part yang perlu diganti? Terima kasih sebelumnya, mohon maaf kalo tritnya acak2an (trit pertama setelah jd member 5th,he2)..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1112
- Joined: Wed Mar 15, 2017 9:14
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Yamaha
Re: RPM ANX tidak mau turun mskp kopling diinjak saat pindah gigi
Kabel gas nyangkut... ?
Maybe...
Maybe...
-
- SM Specialist
- Posts: 2794
- Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup
Re: RPM ANX tidak mau turun mskp kopling diinjak saat pindah gigi
Idle control valve macet itu, bersihin aja
FWD + FWD + 4WD + 4WD = 

-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Fri Oct 04, 2013 9:20
- Location: Malang
- Daily Vehicle: All New Xenia 2012
Re: RPM ANX tidak mau turun mskp kopling diinjak saat pindah gigi
sepertinya bukan om, kl kbl gas mgkn ga spesifik tiap mau pindah dr gigi 1 ke 2. Trs jg kl kbl gas, harusnya mobil lgsg nylonong bgtu msk gigi 2, ini nggak. CMIIW
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 27
- Joined: Thu Apr 20, 2017 10:32
- Location: Bekasi
Re: RPM ANX tidak mau turun mskp kopling diinjak saat pindah gigi
Saya juga meraskan gitu om di semua mobil avanza yg pernah saya kendarai 2011-grand new, krn sy punya yg grand new.
Pernah nanya bengkel resmi emng begitu krakter mesinnya avanza biar gak drop tenaga kata ass nya
Pernah nanya bengkel resmi emng begitu krakter mesinnya avanza biar gak drop tenaga kata ass nya
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Fri Oct 04, 2013 9:20
- Location: Malang
- Daily Vehicle: All New Xenia 2012
Re: RPM ANX tidak mau turun mskp kopling diinjak saat pindah gigi
makasi infonya om, ane cb googling cara bersihinnya dl. Ini mau dibawa ke bengkel nunggu gajian dl, sambil cari info spy ada gambaran kira2 apa yg musti diperbaiki/diganti.
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Fri Oct 04, 2013 9:20
- Location: Malang
- Daily Vehicle: All New Xenia 2012
Re: RPM ANX tidak mau turun mskp kopling diinjak saat pindah gigi
Ohh, emang gt ya om? Waktu itu punya om rpm tinggi setiap kali pindah gigi atau cm waktu dr gigi 1 ke gigi 2 aja? Terima kasih pencerahannya..GpN wrote: Wed Apr 25, 2018 6:26 Saya juga meraskan gitu om di semua mobil avanza yg pernah saya kendarai 2011-grand new, krn sy punya yg grand new.
Pernah nanya bengkel resmi emng begitu krakter mesinnya avanza biar gak drop tenaga kata ass nya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1059
- Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
- Daily Vehicle: Galant + Mx King
Re: RPM ANX tidak mau turun mskp kopling diinjak saat pindah gigi
Saya pernah coba avanza 1.3 tahun 2008, 2011, sama yang new 2012.
Ke 3nya terutama kalo berakselerasi gasnya begitu, kaya telat nutupnya dan dari gigi 1 ke 2. Kalau 2 ke 3 masih tapi tdk separah yg 1 ke 2.
Ke 3nya terutama kalo berakselerasi gasnya begitu, kaya telat nutupnya dan dari gigi 1 ke 2. Kalau 2 ke 3 masih tapi tdk separah yg 1 ke 2.
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 359
- Joined: Sat Nov 14, 2015 14:13
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: nmax
Re: RPM ANX tidak mau turun mskp kopling diinjak saat pindah gigi
saya pernah setir avanza gen 1 & 2 begitu semua, tapi kalo [cencored] di rpm tengah ke tinggi malah lebih parah kayak gas diinjek padahal kaki udh lepas full
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 672
- Joined: Tue Dec 08, 2015 16:08
Re: RPM ANX tidak mau turun mskp kopling diinjak saat pindah gigi
All new xenia 2012 ini masih pake mesin K3VE yg single vvti itu kan?
Kalo rpm tiba2 sering ngegerung tinggi itu memang kelemahan nya mesin K3VE.
Sensor iddle up nya kotor. Tinggal bersihin aja.
Selagi mo bersihin sensor idle up sekalian bersihin throtle bodynya. Mudah kok mencopot throtle bodynya.
Setelah bersih, dipasang lagi, trs jng lupa reser ecu nya.
Dijamin abis itu enak lagi mobilnya.
Oiya, kalo dikerjakan sama bengkel, kalo tukangya bilang sensor idle up nya rusak pak, jng percaya dulu. Suruh dia bersihin itu sensor. Kalo tukangnya bilang nggak bisa dibersihin berarti boong tu..
Kalo bsk2 rpm ngegerung lg padahal sensor udah dibersihin berarti memang rusak itu sensor.
Itu semua dari pengalaman ane sendiri, bebersih sendiri throtle body xenia vvti 2009.
Kalo rpm tiba2 sering ngegerung tinggi itu memang kelemahan nya mesin K3VE.
Sensor iddle up nya kotor. Tinggal bersihin aja.
Selagi mo bersihin sensor idle up sekalian bersihin throtle bodynya. Mudah kok mencopot throtle bodynya.
Setelah bersih, dipasang lagi, trs jng lupa reser ecu nya.
Dijamin abis itu enak lagi mobilnya.
Oiya, kalo dikerjakan sama bengkel, kalo tukangya bilang sensor idle up nya rusak pak, jng percaya dulu. Suruh dia bersihin itu sensor. Kalo tukangnya bilang nggak bisa dibersihin berarti boong tu..
Kalo bsk2 rpm ngegerung lg padahal sensor udah dibersihin berarti memang rusak itu sensor.
Itu semua dari pengalaman ane sendiri, bebersih sendiri throtle body xenia vvti 2009.
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Fri Oct 04, 2013 9:20
- Location: Malang
- Daily Vehicle: All New Xenia 2012
Re: RPM ANX tidak mau turun mskp kopling diinjak saat pindah gigi
michaelgiri93 wrote: Wed Apr 25, 2018 7:12 Saya pernah coba avanza 1.3 tahun 2008, 2011, sama yang new 2012.
Ke 3nya terutama kalo berakselerasi gasnya begitu, kaya telat nutupnya dan dari gigi 1 ke 2. Kalau 2 ke 3 masih tapi tdk separah yg 1 ke 2.
makasi infonya Om Michael & Om Nimoo, ternyata emang karakter mesinnya gitu ya.nimoo wrote: Wed Apr 25, 2018 9:29 saya pernah setir avanza gen 1 & 2 begitu semua, tapi kalo [cencored] di rpm tengah ke tinggi malah lebih parah kayak gas diinjek padahal kaki udh lepas full
Makasih pencerahannya Om Quyquy, penjelasannya detail & sangat bermanfaat. Ntar kl libur mau nyoba cleaning idle up & throttle body sendiri (semoga saja bongkar2nya ga terlalu rumit, he2).quyquy wrote: Wed Apr 25, 2018 14:48 All new xenia 2012 ini masih pake mesin K3VE yg single vvti itu kan?
Kalo rpm tiba2 sering ngegerung tinggi itu memang kelemahan nya mesin K3VE.
Sensor iddle up nya kotor. Tinggal bersihin aja.
Selagi mo bersihin sensor idle up sekalian bersihin throtle bodynya. Mudah kok mencopot throtle bodynya.
Setelah bersih, dipasang lagi, trs jng lupa reser ecu nya.
Dijamin abis itu enak lagi mobilnya.
Oiya, kalo dikerjakan sama bengkel, kalo tukangya bilang sensor idle up nya rusak pak, jng percaya dulu. Suruh dia bersihin itu sensor. Kalo tukangnya bilang nggak bisa dibersihin berarti boong tu..
Kalo bsk2 rpm ngegerung lg padahal sensor udah dibersihin berarti memang rusak itu sensor.
Itu semua dari pengalaman ane sendiri, bebersih sendiri throtle body xenia vvti 2009.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 781
- Joined: Thu Jan 01, 2009 17:47
Re: RPM ANX tidak mau turun mskp kopling diinjak saat pindah gigi
Rpm gak turun itu udah jadi ciri khas an xenia avanza mulai tahun 2012 ....dari baru keluar dari showroompun udah begitu bawaannya... ini mobil emang kasar perpindahan transmisinya...,ama kadang terasa banget saat injectornya cut off dan on lagi....saat rpm nanggung...
Mobilio Prestige L15Z1 iVtec Cvt 2014 Grey
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 435
- Joined: Thu Nov 26, 2015 16:27
Re: RPM ANX tidak mau turun mskp kopling diinjak saat pindah gigi
sengaja digituin biar alus dan gak endut2an, konsekuensi nya bikin agak selip.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1464
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Re: RPM ANX tidak mau turun mskp kopling diinjak saat pindah gigi
Saya pakai Avanza G 1.3 kebetulan tidak menemukan gejala seperti itu, tapi kalau rpm tidak segera turun, seperti kata suhu2 disini tersangka ya idle regulator
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 803
- Joined: Sun Feb 07, 2016 9:03
- Daily Vehicle: 4 Banger
Re: RPM ANX tidak mau turun mskp kopling diinjak saat pindah gigi
Rev hang mungkin?
https://www.carthrottle.com/post/rev-ha ... s-hate-it/
https://www.carthrottle.com/post/rev-ha ... s-hate-it/
It's better to drive a slow car fast than a fast car slow
NCP91R
TGN140R
NCP91R
TGN140R
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11853
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: RPM ANX tidak mau turun mskp kopling diinjak saat pindah gigi
ngapain ke bengkel? kerjaan sambil merem itu..... beli karb kliner aja bongkar trotel body sendiri.
sebelum lepas baut trotel body, kendorin dulu baut ISC yang pake obeng kembang ada 2. hati-hati kepala bautnya slek karena agak keras ngebukanya, kalo mau gampang ujung obengnya sambil digetok palu.
kalo mau reset ECU boleh, enggak juga ngga masalah. yang utama musti reset ISC-nya.
setengah jam selesai.
*pake sarung tangan karet sama safety goggle waktu nyemprot-nyemprot karb klin.