2018 AN Suzuki Ertiga
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: 2018 AN Suzuki Ertiga
Tadi siang abis dari iims td ertelu gx esp matic. Impresinya power delivery jadi lebih enak, lbh kedap, saya tarikin juga lbh spontan tenaganya (kalo yg k14b prefacelift ditarikin ngga lari, k14b yg facelift lbh kerasa tp masih tanggung). Tombol esp cb saya pencet ndak ada notif di speedo, pas sy teken pedal rem dalem kaya jalan sendiri malah (ada yg ga beres kayanya di unit test drive ini). Respon stir lbh direct walaupun ban nya enasave. Semoga membantu gambaran impresi saya hehehehe
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 785
- Joined: Sat May 17, 2014 23:11
Re: 2018 AN Suzuki Ertiga
Ada ESP dan HSA, kalo bandingin Ertiga GX sama Expander Ultimate.ChZ wrote: Sat Apr 21, 2018 8:12Fiturnya beda jauh gmn um ? Bknnya standard ya paling beda ESPnya aja sama xpandir ultimet... Nurut ane sih udah oke... Gak tau de blom liat aslinya... Cm klo dari brosur emg fiturnya kalah "sebanyak itu" dr expandir?andrijet wrote:CHR: harga beda jauh dengan fitur hampir sama.ChZ wrote: Sat Apr 21, 2018 7:34 Kenapa ertiga disama-samain ama C-HR ya...
Prasaan harganya nggak banyak bedanya sama pesaing. 246juta itu kan otr jogja-jateng...
Di jogja-jateng sipandir ultimet juga udah lewat 250juta...
Ertiga kbanyakan di jalan volume maker tipe GL kok bukan GX... 24x juta kan tipe GX. Sama kayak anki pada triak penturer harganya lewat kepala 4 tp yg laris manis ya tetep G ama V...
Naik 10juta dari harga lama ya wajar.
Ertiga: harga hampir sama dengan fitur beda jauh.
Ertiga GL?
Jadiin taxi lha biar jd volume maker!
Yg GX aja sunatannya udah ngeri, gak kebayang yg GL.
Mau jualan ride quality?
Walau blm test drive tp gak berharap banyak, apalagi Xpander cukup jago di sektor ini.
Naik 10juta ya kurang ajar kl bandingin sama kenaikan harga Rush-Terios.
Hasil tes draip justru yang bikin penasaran ... Ane dulu meremehkan rusuh dibanding sipandir ternyata justru drivability nya lbh baik drpd sipandir...
Ane tetap berpegang pada prinsip dasar tester SM : never judge before you drive.
Berikut velg two tone yg lbh gede, stir telescopic, AC yang lebih advance, dan detail2 lainnya kayak spion tengah day-night view, spion samping auto retract, arm rest tengah, seat belt 3titik di semua kursi, kamera parkir, tweeter, charging port di ketiga row, dan MID berwarna.

Buat saya keliatan seh Mitsubishi berusaha keras buat kasih yang terbaik buat konsumen Indonesia.
Mereka riset dengan serius dan bagus.
Bisa bikin paket yg imbang antara spec dan harga jualnya.
Rush and Terios baru juga fight back dengan cara yang sama.
Gak kyk Suzuki...

Last edited by andrijet on Sat Apr 21, 2018 9:33, edited 2 times in total.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1432
- Joined: Mon Nov 15, 2010 10:28
- Daily Vehicle: K24 RM3
Re: 2018 AN Suzuki Ertiga
Wah di situs berita segitu? Apa situs berita main caplok aja ga liat kepala surat diatasnya? Trus kalo di situs tsb selisih harga old-new nya 15jt, padahal yg disurat dibawah selisihnya 10jt. Memang kl 15jt ditambah otr dki yg old memang segitu sih.Winz wrote: Sat Apr 21, 2018 8:58Wah, itu OTR JaTeng atau JKT? Disini juga Tulis Rp 246jt : http://otodriver.com/article/view/ini-d ... Y9buiwxnc0mike22 wrote: Sat Apr 21, 2018 7:26 Mohon maap nih kok pada ngamuk2 harga 246? Itu kan HARGA OTR YOGYAKARTA-JAWA TENGAH. Emang disini mahal kl harga otr.
Yang beritain Situs Otomotif ternama sekelas OtoDriver padahal, SiJuki sudah publish harga? Berani buka inden padahal![]()
Indra97 wrote: Sat Apr 21, 2018 5:51 Beda 10 juta? Silakan itung sendiri yaa di daerah masing masing
IMG_20180421_125027_366.jpg
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 859
- Joined: Mon Jul 15, 2013 2:40
Re: 2018 AN Suzuki Ertiga
Sebenarnya kenaikan harga 10 jt dr pricelist dulu masih masuk akal. Hanya karena faktor xpander yg bikin orang compare2. Padahal ertiga baru ini kalau dibanding duo avxen dan mobilio lebih bagus secara overall packagenya.
Banyak yg expect ertiga bisa seimbang atau melebihi xpander dari segi package dan fitur. Tapi karena suzuki gak all out dan sunat fitur kecil2 printilan, banyak yang kesulut de emosinya termasuk beberapa user SM haha
Banyak yg expect ertiga bisa seimbang atau melebihi xpander dari segi package dan fitur. Tapi karena suzuki gak all out dan sunat fitur kecil2 printilan, banyak yang kesulut de emosinya termasuk beberapa user SM haha
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 906
- Joined: Tue Jan 10, 2017 8:38
Re: 2018 AN Suzuki Ertiga
Kan masih harga indikasi/perkiraan, entah kalau harga resmi wkwkwkwkmike22 wrote: Sat Apr 21, 2018 9:06Wah di situs berita segitu? Apa situs berita main caplok aja ga liat kepala surat diatasnya? Trus kalo di situs tsb selisih harga old-new nya 15jt, padahal yg disurat dibawah selisihnya 10jt. Memang kl 15jt ditambah otr dki yg old memang segitu sih.Winz wrote: Sat Apr 21, 2018 8:58Wah, itu OTR JaTeng atau JKT? Disini juga Tulis Rp 246jt : http://otodriver.com/article/view/ini-d ... Y9buiwxnc0mike22 wrote: Sat Apr 21, 2018 7:26 Mohon maap nih kok pada ngamuk2 harga 246? Itu kan HARGA OTR YOGYAKARTA-JAWA TENGAH. Emang disini mahal kl harga otr.
Yang beritain Situs Otomotif ternama sekelas OtoDriver padahal, SiJuki sudah publish harga? Berani buka inden padahal![]()
Indra97 wrote: Sat Apr 21, 2018 5:51 Beda 10 juta? Silakan itung sendiri yaa di daerah masing masing
IMG_20180421_125027_366.jpg
Lagipula di surat itu juga gak ada tipe GAnya....
Kalau dari harga OTR JKT sih masih logisan viva, kira kita mendekati yg resmi (atau itu emang aslinya?)
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2599
- Joined: Wed Aug 16, 2017 8:07
- Location: Bali, Indonesia
- Daily Vehicle: ANPS+XpC
Re: 2018 AN Suzuki Ertiga
iya, lebih logis di viva, logis’nya gx rp 230an jt utk jakarta, harusnya SIS publish harga aja daripada simpang siur giniIndra97 wrote: Sat Apr 21, 2018 9:31Kan masih harga indikasi/perkiraan, entah kalau harga resmi wkwkwkwkmike22 wrote: Sat Apr 21, 2018 9:06Wah di situs berita segitu? Apa situs berita main caplok aja ga liat kepala surat diatasnya? Trus kalo di situs tsb selisih harga old-new nya 15jt, padahal yg disurat dibawah selisihnya 10jt. Memang kl 15jt ditambah otr dki yg old memang segitu sih.Winz wrote: Sat Apr 21, 2018 8:58
Wah, itu OTR JaTeng atau JKT? Disini juga Tulis Rp 246jt : http://otodriver.com/article/view/ini-d ... Y9buiwxnc0
Yang beritain Situs Otomotif ternama sekelas OtoDriver padahal, SiJuki sudah publish harga? Berani buka inden padahal![]()
Indra97 wrote: Sat Apr 21, 2018 5:51 Beda 10 juta? Silakan itung sendiri yaa di daerah masing masing
IMG_20180421_125027_366.jpg
Lagipula di surat itu juga gak ada tipe GAnya....
Kalau dari harga OTR JKT sih masih logisan viva, kira kita mendekati yg resmi (atau itu emang aslinya?)
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 422
- Joined: Mon Jan 11, 2010 10:50
Re: 2018 AN Suzuki Ertiga
Nah mangkanya...udah tau pasti banyak.yang ngebandingin sama Xpander, ko masih ngasih yg disunat2. Toyodai aja (mencoba) tobat dengn rush sama yaris baru. Ngasi harga sesuai dengan fitur. Lah ini...Suzuki berani ngasih sunatan massal buat mobil sejuta umat.mobilover wrote:Sebenarnya kenaikan harga 10 jt dr pricelist dulu masih masuk akal. Hanya karena faktor xpander yg bikin orang compare2. Padahal ertiga baru ini kalau dibanding duo avxen dan mobilio lebih bagus secara overall packagenya.
Banyak yg expect ertiga bisa seimbang atau melebihi xpander dari segi package dan fitur. Tapi karena suzuki gak all out dan sunat fitur kecil2 printilan, banyak yang kesulut de emosinya termasuk beberapa user SM haha
Keputusan yang aneh...
-
- SM Specialist
- Posts: 16673
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: 2018 AN Suzuki Ertiga
Nah ini dia... akhirnya ada juga yang sepemikiran kalau platform dan mesin baru itu worth 10 juta kenaikan...fikrirukmanaa wrote: Sat Apr 21, 2018 8:44
Hooh, di Padang lio RS cvt udah 264.5 jt. Baruuu aja tadi minta brosur di pameran plaza. Gaktau deh nanti sijuki ini bakalan harga brp nyampe Padang. Tp naik 10jt rasanya masih reasonable since sasis dan mesinnya baru.
Krn klo kasarnya orang yang pernah mbengkel, bikin piston baru dan bore/stroke up itu gak murah...

Bener kan dari spec ane dah ngerti bakal karakternya gimana... pasti Suzuki ngincer karakter yang lebih kontan buat jalan perkotaan jd dinaikin 100cc tuh mesin. Worth trying...erwinign wrote: Sat Apr 21, 2018 9:00 Tadi siang abis dari iims td ertelu gx esp matic. Impresinya power delivery jadi lebih enak, lbh kedap, saya tarikin juga lbh spontan tenaganya (kalo yg k14b prefacelift ditarikin ngga lari, k14b yg facelift lbh kerasa tp masih tanggung). Tombol esp cb saya pencet ndak ada notif di speedo, pas sy teken pedal rem dalem kaya jalan sendiri malah (ada yg ga beres kayanya di unit test drive ini). Respon stir lbh direct walaupun ban nya enasave. Semoga membantu gambaran impresi saya hehehehe
Mungkin tombol ESP nya dummy atau belom di kalibrasi dengan ECU nya bro... kejar tayang pameran kali ya. Biasa masih banyak cacat unit buat pameran.
Buset, hapal ye um fitur printilan sebanyak itu... sy punya avanza di rumah aja nggak hapal ada apa aja...andrijet wrote: Sat Apr 21, 2018 9:03
Ada ESP dan HSA, kalo bandingin Ertiga GX sama Expander Ultimate.
Berikut velg two tone yg lbh gede, stir telescopic, AC yang lebih advance, dan detail2 lainnya kayak spion tengah day-night view, spion samping auto retract, arm rest tengah, seat belt 3titik di semua kursi, kamera parkir, tweeter, charging port di ketiga row, dan MID berwarna.
Buat saya keliatan seh Mitsubishi berusaha keras buat kasih yang terbaik buat konsumen Indonesia.
Mereka riset dengan serius dan bagus.
Bisa bikin paket yg imbang antara spec dan harga jualnya.
Rush and Terios baru juga fight back dengan cara yang sama.
Gak kyk Suzuki...
![]()
Kayak gak tau Indomobil aja... Dulu sebelum konsumen teriak Ertiga GX Facelift juga gak ada ABSnya.
Ya klo gak total, mana bisa "menjatuhkan" avanza dari singgasananya...
Tapi fitur bukan jaminan mbl akan laku kok... buktinya merek batu makam T32 lebih royal fitur tapi branding lebih kuat CR-V...

Khusus di Ertiga Suzuki kayaknya agak "nyantai" dibanding Baleno, Ignis, dll yang kaya fitur. Setidaknya gak menyedihkan kayak si Lio kan fiturnya... Harganya mahal Lio loh...
Entahlah, ane masih sangat tertarik dengan aspek teknisnya... meskipun ngga akan bikin Ertiga se-agile BMW, setidaknya improvement nya bukan sekedar "ganti baju" ...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 785
- Joined: Sat May 17, 2014 23:11
Re: 2018 AN Suzuki Ertiga
Nah itulah, om...ChZ wrote: Sat Apr 21, 2018 13:03Nah ini dia... akhirnya ada juga yang sepemikiran kalau platform dan mesin baru itu worth 10 juta kenaikan...fikrirukmanaa wrote: Sat Apr 21, 2018 8:44
Hooh, di Padang lio RS cvt udah 264.5 jt. Baruuu aja tadi minta brosur di pameran plaza. Gaktau deh nanti sijuki ini bakalan harga brp nyampe Padang. Tp naik 10jt rasanya masih reasonable since sasis dan mesinnya baru.
Krn klo kasarnya orang yang pernah mbengkel, bikin piston baru dan bore/stroke up itu gak murah...palagi ganti struktur lantai sasis gak perkara ngelas ngelas besi doang.
Bener kan dari spec ane dah ngerti bakal karakternya gimana... pasti Suzuki ngincer karakter yang lebih kontan buat jalan perkotaan jd dinaikin 100cc tuh mesin. Worth trying...erwinign wrote: Sat Apr 21, 2018 9:00 Tadi siang abis dari iims td ertelu gx esp matic. Impresinya power delivery jadi lebih enak, lbh kedap, saya tarikin juga lbh spontan tenaganya (kalo yg k14b prefacelift ditarikin ngga lari, k14b yg facelift lbh kerasa tp masih tanggung). Tombol esp cb saya pencet ndak ada notif di speedo, pas sy teken pedal rem dalem kaya jalan sendiri malah (ada yg ga beres kayanya di unit test drive ini). Respon stir lbh direct walaupun ban nya enasave. Semoga membantu gambaran impresi saya hehehehe
Mungkin tombol ESP nya dummy atau belom di kalibrasi dengan ECU nya bro... kejar tayang pameran kali ya. Biasa masih banyak cacat unit buat pameran.
Buset, hapal ye um fitur printilan sebanyak itu... sy punya avanza di rumah aja nggak hapal ada apa aja...andrijet wrote: Sat Apr 21, 2018 9:03
Ada ESP dan HSA, kalo bandingin Ertiga GX sama Expander Ultimate.
Berikut velg two tone yg lbh gede, stir telescopic, AC yang lebih advance, dan detail2 lainnya kayak spion tengah day-night view, spion samping auto retract, arm rest tengah, seat belt 3titik di semua kursi, kamera parkir, tweeter, charging port di ketiga row, dan MID berwarna.
Buat saya keliatan seh Mitsubishi berusaha keras buat kasih yang terbaik buat konsumen Indonesia.
Mereka riset dengan serius dan bagus.
Bisa bikin paket yg imbang antara spec dan harga jualnya.
Rush and Terios baru juga fight back dengan cara yang sama.
Gak kyk Suzuki...
![]()
Kayak gak tau Indomobil aja... Dulu sebelum konsumen teriak Ertiga GX Facelift juga gak ada ABSnya.
Ya klo gak total, mana bisa "menjatuhkan" avanza dari singgasananya...
Tapi fitur bukan jaminan mbl akan laku kok... buktinya merek batu makam T32 lebih royal fitur tapi branding lebih kuat CR-V...Suzuki paling strateginya beda... bkn mau "jatuhin" Xpander tapi cuma mau maintain konsumen Ertiga lama yg udah puas... Itu yg ane liat. Gak ngincer siapa-siapa, ngincer Mobilio sales nya terlalu jauh dibawah. Ngincer Avanza/Xpander gak sampe... Xenia jarak harganya terlalu banyak.
Khusus di Ertiga Suzuki kayaknya agak "nyantai" dibanding Baleno, Ignis, dll yang kaya fitur. Setidaknya gak menyedihkan kayak si Lio kan fiturnya... Harganya mahal Lio loh...
Entahlah, ane masih sangat tertarik dengan aspek teknisnya... meskipun ngga akan bikin Ertiga se-agile BMW, setidaknya improvement nya bukan sekedar "ganti baju" ...
Zaman sekarang konsumen makin pinter.
Gak cuma makan merk Toyota sama nanya resale value doank.
Performa, fitur keselamatan, dan printilan lainnya mulai dijadiin pertimbangan.
Dan Toyota pun (yang jd market leader) udah ngerti soal ini.
Ertiga. Low MPV.
Mau seagile apa seh...?

Ini LMPV bukan 3-series dengan sejarah panjangnya.
Paling gitu2 doank ride qualitynya.
Kl lu gak mau pasang harga dan fitur bagus, selesai dagangan lu.
Strategi Suzuki?
Dalam case Ertiga ini menurut saya strategi mereka namanya: ‘Strategi Gak Niat Jualan’.
R&Dnya mabok mungkin, atau terlalu mikirin pasar India yg emang jadi lumbung padinya Maruti.
Di benak saya brand Suzuki itu: less features but (significantly) less price.
Macam Baleno dibanding hatchback lainnya itu lho.
Heartech worth 10mio?
Itu Ignis sm Baleno knp bisa murah?

Dan lebih lengkap fiturnya.
Coba deh saya pengen nanya serius, selling point Ertiga ini apa?

Rasanya semua bisa dijawab Xpander yang lebih dulu launching.
Kecuali kl mahluk ini dijual range 200-210juta untuk top trimnya.
Selling point?
Harganya!
Dan ready stock gak perlu inden.

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 93
- Joined: Mon Jan 18, 2016 5:40
Re: 2018 AN Suzuki Ertiga
kalo suka dan cocok ya dibeli, kalo gak suka ya dicuekin aja, utk saat ini gak usah terlalu berharap banyak sama produsen mobil di indonesia
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2599
- Joined: Wed Aug 16, 2017 8:07
- Location: Bali, Indonesia
- Daily Vehicle: ANPS+XpC
Re: 2018 AN Suzuki Ertiga
Selling Point’nya bisa dibawa buat mudik Lebaranandrijet wrote: Sat Apr 21, 2018 13:33Nah itulah, om...ChZ wrote: Sat Apr 21, 2018 13:03Nah ini dia... akhirnya ada juga yang sepemikiran kalau platform dan mesin baru itu worth 10 juta kenaikan...fikrirukmanaa wrote: Sat Apr 21, 2018 8:44
Hooh, di Padang lio RS cvt udah 264.5 jt. Baruuu aja tadi minta brosur di pameran plaza. Gaktau deh nanti sijuki ini bakalan harga brp nyampe Padang. Tp naik 10jt rasanya masih reasonable since sasis dan mesinnya baru.
Krn klo kasarnya orang yang pernah mbengkel, bikin piston baru dan bore/stroke up itu gak murah...palagi ganti struktur lantai sasis gak perkara ngelas ngelas besi doang.
Bener kan dari spec ane dah ngerti bakal karakternya gimana... pasti Suzuki ngincer karakter yang lebih kontan buat jalan perkotaan jd dinaikin 100cc tuh mesin. Worth trying...erwinign wrote: Sat Apr 21, 2018 9:00 Tadi siang abis dari iims td ertelu gx esp matic. Impresinya power delivery jadi lebih enak, lbh kedap, saya tarikin juga lbh spontan tenaganya (kalo yg k14b prefacelift ditarikin ngga lari, k14b yg facelift lbh kerasa tp masih tanggung). Tombol esp cb saya pencet ndak ada notif di speedo, pas sy teken pedal rem dalem kaya jalan sendiri malah (ada yg ga beres kayanya di unit test drive ini). Respon stir lbh direct walaupun ban nya enasave. Semoga membantu gambaran impresi saya hehehehe
Mungkin tombol ESP nya dummy atau belom di kalibrasi dengan ECU nya bro... kejar tayang pameran kali ya. Biasa masih banyak cacat unit buat pameran.
Buset, hapal ye um fitur printilan sebanyak itu... sy punya avanza di rumah aja nggak hapal ada apa aja...andrijet wrote: Sat Apr 21, 2018 9:03
Ada ESP dan HSA, kalo bandingin Ertiga GX sama Expander Ultimate.
Berikut velg two tone yg lbh gede, stir telescopic, AC yang lebih advance, dan detail2 lainnya kayak spion tengah day-night view, spion samping auto retract, arm rest tengah, seat belt 3titik di semua kursi, kamera parkir, tweeter, charging port di ketiga row, dan MID berwarna.
Buat saya keliatan seh Mitsubishi berusaha keras buat kasih yang terbaik buat konsumen Indonesia.
Mereka riset dengan serius dan bagus.
Bisa bikin paket yg imbang antara spec dan harga jualnya.
Rush and Terios baru juga fight back dengan cara yang sama.
Gak kyk Suzuki...
![]()
Kayak gak tau Indomobil aja... Dulu sebelum konsumen teriak Ertiga GX Facelift juga gak ada ABSnya.
Ya klo gak total, mana bisa "menjatuhkan" avanza dari singgasananya...
Tapi fitur bukan jaminan mbl akan laku kok... buktinya merek batu makam T32 lebih royal fitur tapi branding lebih kuat CR-V...Suzuki paling strateginya beda... bkn mau "jatuhin" Xpander tapi cuma mau maintain konsumen Ertiga lama yg udah puas... Itu yg ane liat. Gak ngincer siapa-siapa, ngincer Mobilio sales nya terlalu jauh dibawah. Ngincer Avanza/Xpander gak sampe... Xenia jarak harganya terlalu banyak.
Khusus di Ertiga Suzuki kayaknya agak "nyantai" dibanding Baleno, Ignis, dll yang kaya fitur. Setidaknya gak menyedihkan kayak si Lio kan fiturnya... Harganya mahal Lio loh...
Entahlah, ane masih sangat tertarik dengan aspek teknisnya... meskipun ngga akan bikin Ertiga se-agile BMW, setidaknya improvement nya bukan sekedar "ganti baju" ...
Zaman sekarang konsumen makin pinter.
Gak cuma makan merk Toyota sama nanya resale value doank.
Performa, fitur keselamatan, dan printilan lainnya mulai dijadiin pertimbangan.
Dan Toyota pun (yang jd market leader) udah ngerti soal ini.
Ertiga. Low MPV.
Mau seagile apa seh...?
![]()
Ini LMPV bukan 3-series dengan sejarah panjangnya.
Paling gitu2 doank ride qualitynya.
Kl lu gak mau pasang harga dan fitur bagus, selesai dagangan lu.
Strategi Suzuki?
Dalam case Ertiga ini menurut saya strategi mereka namanya: ‘Strategi Gak Niat Jualan’.
R&Dnya mabok mungkin, atau terlalu mikirin pasar India yg emang jadi lumbung padinya Maruti.
Di benak saya brand Suzuki itu: less features but (significantly) less price.
Macam Baleno dibanding hatchback lainnya itu lho.
Heartech worth 10mio?
Itu Ignis sm Baleno knp bisa murah?
![]()
Dan lebih lengkap fiturnya.
Coba deh saya pengen nanya serius, selling point Ertiga ini apa?
![]()
Rasanya semua bisa dijawab Xpander yang lebih dulu launching.
Kecuali kl mahluk ini dijual range 200-210juta untuk top trimnya.
Selling point?
Harganya!
Dan ready stock gak perlu inden.
![]()

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 524
- Joined: Mon Aug 26, 2013 5:50
Re: 2018 AN Suzuki Ertiga
Wkwkwk bener banget ...
Tadi ngobrol dgn Marketignya waktu saya service, dia bilang kemungkinan setelah lebaran ada diskon. Makanya saya tunggu aja, rencana kalo ganti prioritas ke 1 New Ertiga ( setelah harga turun ), ke 2 Terios, ke 3 baru XP
Last edited by patrickstar on Sat Apr 21, 2018 14:09, edited 1 time in total.
Santai dijalan, nikmati hidup.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1074
- Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39
Re: 2018 AN Suzuki Ertiga
Saya penasaran aja, dari sekian banyak yang komen di sini, ada berapa yang sudah benar-benar lihat ertiga asli nya ya?
Saya lihat nya ertiga ini memang ada pasar nya sendiri, penjualan mereka pun selama ini lumayan stabil. Soal ertiga baru apa akan laku atau tidak, kita sih nda usa ribut. Yang penting, kita sendiri mau beli atau nda. Nda suka nda mau beli, ya sudah, tidak perlu terlalu bingung produsen ini koq bodo amat nda mau gini gitu gini gitu. Mereka pasti ada riset pasar, walaupun memang kadang suzuki agak buat kesel kalo keluar in produk.
Soal harga, itu isu aja ngapain di komentar in sampe segitu nya? Suzuki belum keluar kan harga resmi kan? Tunggu aja harga resmi nya nanti berapa. Kemarin Toyota kan juga gitu dengan rush, barang keluar dulu, buka inden, baru harga keluar beberapa bulan kemudian.
Kayak nya Akhir2 ini lagi tren seperti itu deh..
Saya lihat nya ertiga ini memang ada pasar nya sendiri, penjualan mereka pun selama ini lumayan stabil. Soal ertiga baru apa akan laku atau tidak, kita sih nda usa ribut. Yang penting, kita sendiri mau beli atau nda. Nda suka nda mau beli, ya sudah, tidak perlu terlalu bingung produsen ini koq bodo amat nda mau gini gitu gini gitu. Mereka pasti ada riset pasar, walaupun memang kadang suzuki agak buat kesel kalo keluar in produk.
Soal harga, itu isu aja ngapain di komentar in sampe segitu nya? Suzuki belum keluar kan harga resmi kan? Tunggu aja harga resmi nya nanti berapa. Kemarin Toyota kan juga gitu dengan rush, barang keluar dulu, buka inden, baru harga keluar beberapa bulan kemudian.
Kayak nya Akhir2 ini lagi tren seperti itu deh..
-
- SM Specialist
- Posts: 16673
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: 2018 AN Suzuki Ertiga
"Paling gitu2 doank" udah nyoba kah? Expander dan Rush buat saya waktu awal keluar juga "paling gitu2 doank". Tp impresi bisa berubah klo dah TD. Never judge before u try, man.andrijet wrote: Nah itulah, om...
Zaman sekarang konsumen makin pinter.
Gak cuma makan merk Toyota sama nanya resale value doank.
Performa, fitur keselamatan, dan printilan lainnya mulai dijadiin pertimbangan.
Dan Toyota pun (yang jd market leader) udah ngerti soal ini.
Ertiga. Low MPV.
Mau seagile apa seh...?
![]()
Ini LMPV bukan 3-series dengan sejarah panjangnya.
Paling gitu2 doank ride qualitynya.
Kl lu gak mau pasang harga dan fitur bagus, selesai dagangan lu.
Strategi Suzuki?
Dalam case Ertiga ini menurut saya strategi mereka namanya: ‘Strategi Gak Niat Jualan’.
R&Dnya mabok mungkin, atau terlalu mikirin pasar India yg emang jadi lumbung padinya Maruti.
Di benak saya brand Suzuki itu: less features but (significantly) less price.
Macam Baleno dibanding hatchback lainnya itu lho.
Heartech worth 10mio?
Itu Ignis sm Baleno knp bisa murah?
![]()
Dan lebih lengkap fiturnya.
Coba deh saya pengen nanya serius, selling point Ertiga ini apa?
![]()
Rasanya semua bisa dijawab Xpander yang lebih dulu launching.
Kecuali kl mahluk ini dijual range 200-210juta untuk top trimnya.
Selling point?
Harganya!
Dan ready stock gak perlu inden.
Selling point? Salah nanya gitu, yang bener siapa yang diincer? Krn saya ttp bersikukuh bahwa ertiga gak mau bersaing langsung, targetnya mempertahankan pasar mereka yg skrg. Klo prefer rivalnga, Suzuki will just say "you're not my market then". Target pasar suzuki memang segmented.
Selling point ertiga jujur ngomong gak ada. Tp pembeli pasti ada.
Ngarep dijual 210juta? Ertiga lama aja udah segitu kok berharap turun harga?
Pointless mau berdebat disini apalagi cm berdasarkan harga "perkiraan".
Maaf bukan saya membela suzuki atau apa, tp menurut saya gak perlu bereaksi berlebihan klo masih di awang2 dan penuh asumsi.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2198
- Joined: Sun Sep 02, 2012 8:34
Re: 2018 AN Suzuki Ertiga
An ertiga yang dijual yang ga terlalu kasat mata (printilan detail kurang diperhatiin)
Sedangkan xipandr dan rushter lebih menjual sesuatu yg kasat mata(fitur dan printilan)
Cmiiw
Sedangkan xipandr dan rushter lebih menjual sesuatu yg kasat mata(fitur dan printilan)
Cmiiw
Ketika anda merasa lucu berarti anda tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 916
- Joined: Tue Mar 08, 2016 12:16
Re: 2018 AN Suzuki Ertiga
Iya, ertiga itu punya pasar sendiri.. terutama loyalis carry pickup LMPV nya kebanyakan ertiga.. silahkan pergi ke desa2 di jateng & jatim, peternak & petani sukanya pake ertiga.. karena sekali panggil mekanik bisa sekaligus service carrypickup & ertiga.. kalo di desa2 terpencil mereka tau mobil itu cuma 2: toyota & suzuki.. merk lain mereka kurang ngeh & mereka kalo beli mobil ga ambil pusing.. punya duit banyak ambil kijang, duit cekak ya avanza/APV/ertiga, makin ngga punya duit ya calya/agya.. kebanyakan mereka ambil mobil yg udah famous.. makanya jgn heran APV itu masih laku di desa desa..ChZ wrote:Buset, hapal ye um fitur printilan sebanyak itu... sy punya avanza di rumah aja nggak hapal ada apa aja...andrijet wrote: Sat Apr 21, 2018 9:03
Ada ESP dan HSA, kalo bandingin Ertiga GX sama Expander Ultimate.
Berikut velg two tone yg lbh gede, stir telescopic, AC yang lebih advance, dan detail2 lainnya kayak spion tengah day-night view, spion samping auto retract, arm rest tengah, seat belt 3titik di semua kursi, kamera parkir, tweeter, charging port di ketiga row, dan MID berwarna.
Buat saya keliatan seh Mitsubishi berusaha keras buat kasih yang terbaik buat konsumen Indonesia.
Mereka riset dengan serius dan bagus.
Bisa bikin paket yg imbang antara spec dan harga jualnya.
Rush and Terios baru juga fight back dengan cara yang sama.
Gak kyk Suzuki...
![]()
Kayak gak tau Indomobil aja... Dulu sebelum konsumen teriak Ertiga GX Facelift juga gak ada ABSnya.
Ya klo gak total, mana bisa "menjatuhkan" avanza dari singgasananya...
Tapi fitur bukan jaminan mbl akan laku kok... buktinya merek batu makam T32 lebih royal fitur tapi branding lebih kuat CR-V...Suzuki paling strateginya beda... bkn mau "jatuhin" Xpander tapi cuma mau maintain konsumen Ertiga lama yg udah puas... Itu yg ane liat. Gak ngincer siapa-siapa, ngincer Mobilio sales nya terlalu jauh dibawah. Ngincer Avanza/Xpander gak sampe... Xenia jarak harganya terlalu banyak.
Khusus di Ertiga Suzuki kayaknya agak "nyantai" dibanding Baleno, Ignis, dll yang kaya fitur. Setidaknya gak menyedihkan kayak si Lio kan fiturnya... Harganya mahal Lio loh...
Entahlah, ane masih sangat tertarik dengan aspek teknisnya... meskipun ngga akan bikin Ertiga se-agile BMW, setidaknya improvement nya bukan sekedar "ganti baju" ...
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 90
- Joined: Tue Jun 13, 2017 7:27
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Wagonr
Re: 2018 AN Suzuki Ertiga
Yang disayangkan printilannya itu yg sudah ada di ertiga lama, malah dihilangkan... Terutama arm rest
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1464
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Re: 2018 AN Suzuki Ertiga
Ngomongin masalah fitur, gimmick dan lainnya, ini diakui sendiri oleh Suzuki bisa jadi ada fitur yang lebih baik dari kompetitor namun ada juga yang tidak sebaik kompetitor.ChZ wrote: Sat Apr 21, 2018 14:40"Paling gitu2 doank" udah nyoba kah? Expander dan Rush buat saya waktu awal keluar juga "paling gitu2 doank". Tp impresi bisa berubah klo dah TD. Never judge before u try, man.andrijet wrote: Nah itulah, om...
Zaman sekarang konsumen makin pinter.
Gak cuma makan merk Toyota sama nanya resale value doank.
Performa, fitur keselamatan, dan printilan lainnya mulai dijadiin pertimbangan.
Dan Toyota pun (yang jd market leader) udah ngerti soal ini.
Ertiga. Low MPV.
Mau seagile apa seh...?
![]()
Ini LMPV bukan 3-series dengan sejarah panjangnya.
Paling gitu2 doank ride qualitynya.
Kl lu gak mau pasang harga dan fitur bagus, selesai dagangan lu.
Strategi Suzuki?
Dalam case Ertiga ini menurut saya strategi mereka namanya: ‘Strategi Gak Niat Jualan’.
R&Dnya mabok mungkin, atau terlalu mikirin pasar India yg emang jadi lumbung padinya Maruti.
Di benak saya brand Suzuki itu: less features but (significantly) less price.
Macam Baleno dibanding hatchback lainnya itu lho.
Heartech worth 10mio?
Itu Ignis sm Baleno knp bisa murah?
![]()
Dan lebih lengkap fiturnya.
Coba deh saya pengen nanya serius, selling point Ertiga ini apa?
![]()
Rasanya semua bisa dijawab Xpander yang lebih dulu launching.
Kecuali kl mahluk ini dijual range 200-210juta untuk top trimnya.
Selling point?
Harganya!
Dan ready stock gak perlu inden.
Selling point? Salah nanya gitu, yang bener siapa yang diincer? Krn saya ttp bersikukuh bahwa ertiga gak mau bersaing langsung, targetnya mempertahankan pasar mereka yg skrg. Klo prefer rivalnga, Suzuki will just say "you're not my market then". Target pasar suzuki memang segmented.
Selling point ertiga jujur ngomong gak ada. Tp pembeli pasti ada.
Ngarep dijual 210juta? Ertiga lama aja udah segitu kok berharap turun harga?
Pointless mau berdebat disini apalagi cm berdasarkan harga "perkiraan".
Maaf bukan saya membela suzuki atau apa, tp menurut saya gak perlu bereaksi berlebihan klo masih di awang2 dan penuh asumsi.
https://m.viva.co.id/amp/otomotif/mobil ... nvensional
Mungkin juga karena ini produk yang diproduksi di 2 negara sekaligus jadi masukan negara sebelah yang merasa fitur A,B, C dll bukan prioritas di sana jadi bisa di downgrade atau malah dihilangkan.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 785
- Joined: Sat May 17, 2014 23:11
Re: 2018 AN Suzuki Ertiga
Xpander udah pernah coba, boss..ChZ wrote: Sat Apr 21, 2018 14:40"Paling gitu2 doank" udah nyoba kah? Expander dan Rush buat saya waktu awal keluar juga "paling gitu2 doank". Tp impresi bisa berubah klo dah TD. Never judge before u try, man.andrijet wrote: Nah itulah, om...
Zaman sekarang konsumen makin pinter.
Gak cuma makan merk Toyota sama nanya resale value doank.
Performa, fitur keselamatan, dan printilan lainnya mulai dijadiin pertimbangan.
Dan Toyota pun (yang jd market leader) udah ngerti soal ini.
Ertiga. Low MPV.
Mau seagile apa seh...?
![]()
Ini LMPV bukan 3-series dengan sejarah panjangnya.
Paling gitu2 doank ride qualitynya.
Kl lu gak mau pasang harga dan fitur bagus, selesai dagangan lu.
Strategi Suzuki?
Dalam case Ertiga ini menurut saya strategi mereka namanya: ‘Strategi Gak Niat Jualan’.
R&Dnya mabok mungkin, atau terlalu mikirin pasar India yg emang jadi lumbung padinya Maruti.
Di benak saya brand Suzuki itu: less features but (significantly) less price.
Macam Baleno dibanding hatchback lainnya itu lho.
Heartech worth 10mio?
Itu Ignis sm Baleno knp bisa murah?
![]()
Dan lebih lengkap fiturnya.
Coba deh saya pengen nanya serius, selling point Ertiga ini apa?
![]()
Rasanya semua bisa dijawab Xpander yang lebih dulu launching.
Kecuali kl mahluk ini dijual range 200-210juta untuk top trimnya.
Selling point?
Harganya!
Dan ready stock gak perlu inden.
Selling point? Salah nanya gitu, yang bener siapa yang diincer? Krn saya ttp bersikukuh bahwa ertiga gak mau bersaing langsung, targetnya mempertahankan pasar mereka yg skrg. Klo prefer rivalnga, Suzuki will just say "you're not my market then". Target pasar suzuki memang segmented.
Selling point ertiga jujur ngomong gak ada. Tp pembeli pasti ada.
Ngarep dijual 210juta? Ertiga lama aja udah segitu kok berharap turun harga?
Pointless mau berdebat disini apalagi cm berdasarkan harga "perkiraan".
Maaf bukan saya membela suzuki atau apa, tp menurut saya gak perlu bereaksi berlebihan klo masih di awang2 dan penuh asumsi.

Emang kerasa lebih enak dari Avanza dan old Rush.
Tapi bagi saya ya ttp cuma gitu doank.
Seenak2nya Xpander bukan liganya Alphard, dan pasti lebih enak dari Calya atau Luxio.
‘Gitu doank’ yang saya maksud adalah enak di kelasnya.
Begitu pula Ertiga, seenak2nya entar kl udah di test drive, ya gitu doank..
Hehehe..
BTW Ertiga baru ini didevelop di India, atau di India + Indonesia ya?
Menurut saya seh output produknya (mungkin) memprioritaskan selera dan kebutuhan di sana.
Jadi kl kurang sesuai sama trend mobil2 di Indonesia ya harap maklum.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 141
- Joined: Tue Mar 29, 2016 10:02
- Location: DKI Jakarta
- Daily Vehicle: Ertiga
Re: 2018 AN Suzuki Ertiga
Tadi siang ke IIMS, liat2 New Ertiga, sbg pengguna Ertiga Old, ada beberapa point yg saya apresiasi untuk all New ini :
- Mesin baru dan rangka baru
Nambah 100cc tp nambah power hampir 10 Hp dan bobot berkurang biarpun dimensi lebih gede, ini hal yg paling menarik nih. Kadang pabrikan lain, rangka sasis masih sama cuma ganti body doank.. klo ertiga kebalikan, body masih mirip2 yg lama tp sasis baru.
- Lampu projector
pastinya bakal lbh terang dan fokus, krn old ertiga agak kurang terang.. sama hal kyk Xpander yg kurang terang klo nyetir di malam hari.
- Dimensi dan kelapangan
Kelegaan baris ke 2 dan 3 serta bagasi, signifikan bertambah.
Malah saya berasa bagasi lbh besar ertiga dibanding xpander.
- Aksen kayu
Ini bergantung selera ya. Terutama di setir. Andai corak kayu nya lebih tua sedikit ato finishing nya matte, mungkin lbh berasa mewah.
- Start stop engine & keyless entry
Fitur yg mewah klo dicompare dng semua LMPV sebelum kelahiran xpander.
Downgrade paling mengecewakan itu arm rest baris 2 dihilangkan dan pengaturan arah semburan AC, lainnya masih bisa diterima deh.
Andai new ertiga ini lahir sebelum xpander, pasti bakal banyak dipuja.
Krn xpander sekarang uda menjadi suatu benchmark untuk sebuah LMPV yg paling rasional dr segi harga, fitur dan ride quality.
- Mesin baru dan rangka baru
Nambah 100cc tp nambah power hampir 10 Hp dan bobot berkurang biarpun dimensi lebih gede, ini hal yg paling menarik nih. Kadang pabrikan lain, rangka sasis masih sama cuma ganti body doank.. klo ertiga kebalikan, body masih mirip2 yg lama tp sasis baru.
- Lampu projector
pastinya bakal lbh terang dan fokus, krn old ertiga agak kurang terang.. sama hal kyk Xpander yg kurang terang klo nyetir di malam hari.
- Dimensi dan kelapangan
Kelegaan baris ke 2 dan 3 serta bagasi, signifikan bertambah.
Malah saya berasa bagasi lbh besar ertiga dibanding xpander.
- Aksen kayu
Ini bergantung selera ya. Terutama di setir. Andai corak kayu nya lebih tua sedikit ato finishing nya matte, mungkin lbh berasa mewah.
- Start stop engine & keyless entry
Fitur yg mewah klo dicompare dng semua LMPV sebelum kelahiran xpander.
Downgrade paling mengecewakan itu arm rest baris 2 dihilangkan dan pengaturan arah semburan AC, lainnya masih bisa diterima deh.
Andai new ertiga ini lahir sebelum xpander, pasti bakal banyak dipuja.
Krn xpander sekarang uda menjadi suatu benchmark untuk sebuah LMPV yg paling rasional dr segi harga, fitur dan ride quality.
Last edited by soerya0711 on Sat Apr 21, 2018 15:11, edited 1 time in total.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 785
- Joined: Sat May 17, 2014 23:11
Re: 2018 AN Suzuki Ertiga
Keduluan ngetik sm om Pugman...Pugman wrote: Sat Apr 21, 2018 14:53 Ngomongin masalah fitur, gimmick dan lainnya, ini diakui sendiri oleh Suzuki bisa jadi ada fitur yang lebih baik dari kompetitor namun ada juga yang tidak sebaik kompetitor.
https://m.viva.co.id/amp/otomotif/mobil ... nvensional
Mungkin juga karena ini produk yang diproduksi di 2 negara sekaligus jadi masukan negara sebelah yang merasa fitur A,B, C dll bukan prioritas di sana jadi bisa di downgrade atau malah dihilangkan.

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10471
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: 2018 AN Suzuki Ertiga
Projektor halogen blm jaminan lebih baik drpd reflektor halogen loh, buktinya old rush old fortuner itu lebi gelap drpd multireflektor old innova, mana cahayanya ga fokus pula, cuma keren doang. kalo udah HID or LED kasi projektor baru cocok
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 118
- Joined: Sun Apr 02, 2017 8:35
- Location: Bandung
Re: 2018 AN Suzuki Ertiga
Rangka dan mesin baru ini memang menarik sih, kadang orang lupa dikasih body baru dibilangnya all new padahal basisnya tetep yang jadul. Btw soal kelegaan kabin saya rasanya pernah baca maruti nyiapin r3 buat h2h sama innova, kalau patokannya inopah bensin dimata saya jadi lebih baik ambil r3 daripada inopah g bensin asal gak dipakai ke site melulu. Opini pribadi sihsoerya0711 wrote: Sat Apr 21, 2018 15:07 Tadi siang ke IIMS, liat2 New Ertiga, sbg pengguna Ertiga Old, ada beberapa point yg saya apresiasi untuk all New ini :
- Mesin baru dan rangka baru
Nambah 100cc tp nambah power hampir 10 Hp dan bobot berkurang biarpun dimensi lebih gede, ini hal yg paling menarik nih. Kadang pabrikan lain, rangka sasis masih sama cuma ganti body doank.. klo ertiga kebalikan, body masih mirip2 yg lama tp sasis baru.
- Dimensi dan kelapangan
Kelegaan baris ke 2 dan 3 serta bagasi, signifikan bertambah.
Malah saya berasa bagasi lbh besar ertiga dibanding xpander.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1702
- Joined: Tue Aug 18, 2009 6:23
- Location: surabaya
- Daily Vehicle: CX-5 GT Soul Red
Re: 2018 AN Suzuki Ertiga
Kalo masalah spion day night sih di ertiga lama juga belum ada sih, yg ada di ertiga diesel, bisa dibeli seharga 350rban (ertiga lama)
Yg jadi concern saya, semoga pintu penumpang belakangnya ga panjang kaya yg lama, kalo buka tutup pintu jadi kagok...
Yg jadi concern saya, semoga pintu penumpang belakangnya ga panjang kaya yg lama, kalo buka tutup pintu jadi kagok...
Soul Red zoom zoom
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1239
- Joined: Mon Nov 16, 2009 6:20
- Location: Surabaya
Re: 2018 AN Suzuki Ertiga
Bukannya g Ada armrest malah enak buat yg duduk tengah y. Spt sy suka Naik inova bukan reborn g drpd v. Cmiiw. Fix iki mbl keluar utk maintain volum sales becoming no. 3 stlh xp n avz. Fitur lbh d simpan utk FL klo all new avz or all new mobilio keluar n sales drop, klo stabil? Y d downgrade Kaya old r3, gx d copot abs n tweter dll. Haha. Jonpis tunggu avz sm gl kah nih
Last edited by Xous on Sat Apr 21, 2018 15:57, edited 1 time in total.