jawaban pertanyaan d atas berdasar my own experience bmw experience plg reliable e46 facelift. lengkapnya sbb
sy th 2004 an beli 2001 e46 318i 2nd, dari beli blm ganti oli dipakai cruising kecepatan tinggi semarang yogya ok2 saja.
2007 ganti 2003 e46 325i (facelift) ini mobil europe plg reliable. sd 2014 waktu dijual kerusakan paling
1. kabel indikator suhu digigut tikus, jadi doanggap suhu minus dan ac ga bs disetel dingin
2. water pump rusak, indikator radiator nyala
waktu itu sy tandem dgn 2006 w164 ml350. gantian satu tinggal d kantor, satu di dikost atau bengkel. iya karena ml350 ringkih di wheel steering sensor. jadi dari p kadang rem ny ngunci, tulisan abs error. sempat ganti 2 macam sensor baru sembuh. dan mobil ini ga enak, digas ga kenceng, klo sdh kenceng di rem ga berhenti2.
saat itu teman pakai 2005 r171 slk 200 tertarik suv eropa. jadilah dia beli e71 x6 dari iu, dan saya tukar ml350 ke 2006 r171 slk200 cbu (dpt hp siemens d mobil). mobil ini enak karena ceper stabil tapi mesin kalah dengan m54 325, inline 6 silinder. dan slk200 penyakitnya di buka tutup atap kadang macet dan mika segitiga pilar c tempat saya retak/bentet. tapi harga part murah 700rb u mika sigitiga pilar c. mesin reliable, eletrik reliable, body kurang. satu lagi kursi sy klo tubuh dgoyang goyang ikut goyang.
saat itu sdh nikah dan mulai pikir 2 mobil kok sedan semua (325 dan slk200) maka slk tukar 2006 harrier 2.4 l prem. ini mobil lbh reliable dari bmw, no elektrik problem, no radiator/water pump problem. cm ga bisa ngebut dan oleng waktu nikung, meski waktu jln lurus anteng sekali. klo reliable jepang toyota/lexus memang bgs tp dull.
krn krg galak mesinnya, waktu itu tambah 2003 harrier airs 3.0. jd sempat punya 2 harrier saat yg sama, warna sama silver (agak keemasan). airs katanya bermasalah d airsuspension ny dan mahal 10jt per sisi belakang. tyt sebelum airs bermasalah power steering problem, tdk bisa diperbaiki. dan yg banyak tidak tahu tahunaikan balon udara airs kalah empuk/enak dibanding pegas 2.4 l premium, dan mesin v6 3.0 harrier tetap tdk bisa lari. kalah enak dengan 325 e46. jadinya harrier 3.0 djual setelah body kit dipindah ke harrirr 2.4.
waktu itu e46 msh disimpan. harrier mau dijual malah e46 nya laku dulu. yg beli punya e53 x5, dan blg x5 lbh abadi/klangenan dibanding harrier tapi saya coba kok gedubrakan semua d dalam. senelum jual e46 juga sempat beli 2006 530 e60, tapi steeringnya dull tidak seenak e46, meski mesin ok.
lanjut harrier laku, dan tdk punya mobil keluarga selain triton dcab yg malah beli dari baru u proyek. akhirnya krn tdk ada mobil keluarga dan anak sdh 2, dcarilah suv yg muat 7 org dari bmw. dapatlah x5 e70 2008, executive trim 7 seater.
awalnya puas banget. mesin kenceng. tampilan ok. rem pakem. body stabil+empuk. interior solid. tp semuanya ada kelemahan. dua bulan setelah beli altenator mati. sempat dikira aki, ganti aki sampai dipinjami aki tetap mesin mati. dan mesin matinya menakutkan. semua sensor nyala 4wd error, abs error, mesin mati siang dan malam. ganti ak nyala. dipakai 1jam mati lg. benar2 nightmare. sempat d scan semua kelistrikan dan bus can sampai ke kesimpulan altenator mati ganti 20jt lbh dan hrs pesan. akhirnya dapatboem valeo 13jt an.
hbs altenator, error baru muncul d radiator. mulai radiator bocor, ganti 9jt. air terap harus isi. selang2 ganti. hingga water pump ganti. water pump yg lama kipas dr plastik dan selang ny lnh byk, sehingga waktu ganti baru ada 2 selang yang d Y.
d e70 ac juga g bs dingin. sdh dcoba semua cara sd tutup lubang dr r mesin/heater. tyt setelah sy scan sdiri pakai carly bmw ketahuan ada kode ertor yg klo dcari ada error d termostat.
air supension e70 juga turun 1 sisi. hanya ongkosnya lbh murah dbanding air susp harrier 8jt d astra (parts bmw blm tentu lbh mahal dr toyota turunan lexus). terakhir e70 kena d motor starter tdk bisa start, terpaksa derek dan ganti. dan kaki2 bunyi2 dan ga bisa sembuh, sdh habis 9jt u parts oem. tyt kaki2 x5 itu rumit sekali bahkan dibanding seri 5. makanya bisa enak stabil empuk+ringkih u suv. pas ditinggal luar kota dan krn mau perpanjangan stnk lg (pajak 13 sd 15jt) ada yg tawar cepat2 sy jual th 17 dgn harga 300jt saja. agak nyesel sih krn cari mobil suv enak sekelas tdk ada yg seharga itu (lc 200 2008 800jt an).
krn kapok sejak miara e70 skrg istri minta mobil jepang aja. mazda 8 2011 untuk dia dan saya klo pengen ngebut dan alphard gs 14 u keluarga/antar 3 anak. untuk rasa feel setir mazda 8 lbh enak dari alphard, kaki2 juga lbh kuat, bahkan u glodakan lbh kuat dr x5. mekanisme pintu sliding juga lbh bgs dari alphard (bisa buka separuh, tutup separuh, ada tombol d pilar b). alphard jg peletakan tombol u power back door d dkt spion kalah ergonomis dgn m8 yg d kanan setir (bisa buka pintu blkng tanpa masuk mobil). teman sy yg juga pakai alphard blg alphard kalah pinter.
kesimpulan mobil plg reliable yg pernah sy punya m8 (ngebut) dan harrier (anteng). d luar triton dan innova (km d atas 100rb tanpa rattle)
mbl eropa plg reliable bmw e46 (minor break d kabel) diikuti slk 200 (body part rentan). oya teman ada yg punya cls 2013 katanya rusak d tranmisi habis 75jt. kapok coba2 rugi uang, waktu dan was2 klo stall d jln. tp kok f15 2nd diesel menggoda ya, klo reliability katanya bagus dan nunggu harga turun krn the new boss is back (g generation)
