Tuker-tukeran kampas rem?!?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai sepeda motor, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

indy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 466
Joined: Tue Aug 20, 2002 8:16

Tuker-tukeran kampas rem?!?

Post by indy »

Kampas rem macam-macam jenis, bentuk, dan kualitas. Tapi ada kalanya ada yang bisa sama bentuk, ukurannya sehingga bisa dipakai sebagai alternatif. Meskipun dari lain merek kendaraan, tapi bisa diaplikasi.

Misalnya kampas belakang Satria tromol bisa diganti dengan punya Kaze. Sama plek, malah lebih bagus dan lebih empuk. Sehingga jarang keluar bunyi cit...cit... seperti kampas rem aslinya.

Ada yang punya pengalaman laen?
Landie
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 353
Joined: Wed Jul 16, 2003 16:38

Post by Landie »

wah, ada efek sampingnya gak tuh mas? Kalo aku sih blom pernah coba, takutnya kalo ternyata gak cocok kan bisa bahaya.
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Post by y_anjasrana »

Ya... rada-rada trial en error gitu deh. Soalnya ngomong soal kampas itu, bedanya cuman di bahan kampas itu ajah. Ada yg awet, ada yg cepet abis, ada yg pakem, ada yg gak gitu pakem. Beda-beda. Yg jelas ada harga ada kualitas juga.
Accurate V5 Accounting System Consultant
Landie
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 353
Joined: Wed Jul 16, 2003 16:38

Post by Landie »

Mau tanya nih mas Anjas, kalo kanvas rem yg bagus itu bahannya apa? Trus kalo yg jelek pake bahan apa?
Equalizer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 570
Joined: Mon Aug 19, 2002 6:44
Location: 600km away

Post by Equalizer »

Mungkin unsur2 dibawah ini bisa diperhatikan untuk memilih brake pads

1. Pilihlah brake pad dengan kontur pelat yang halus dan rapi. Hal itu menunjukkan presisi produk dan kinerjanya. Pinggiran pelat yang halus membuat brake pad bisa bergerak tanpa halangan saat terpasang di kaliper.
2. Pilihlah brake pad yang memiliki kandungan metal lebih sedikit. Hal itu bisa anda lihat dari warna yang muncul di permukaan. Kandungan metal bisa tampak dari kilauan logam pada permukaan.
3. Jangan memilih brake pad yang ada goresan-goresan atau serat-seratnya yang keluar jalur. Lapisan kampas harus solid, proses cuttingnya jangan sampai menyebabkan serat-seratnya keluar jalur.
4. Perhatikan marking yang terdapat pada komponen. Dari situ anda akan mendapatkan petunjuk keaslian produk. Brake pad yang asli pada umumnya ditandai oleh kode produksi yang dicetak rapi. Misalnya dalam bentuk ketrikan atau embos.
5. Perhatikan dengan baik kondisi brake pad, jangan sampai anda membeli yang retak.
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Post by y_anjasrana »

Masalah bahan mungkin Daku kurang begitu tau bener. Tapi yg pernah denger, seperti pada motor Daku, Honda Karisma. Bahan brake padnya tidak mengandung asbes. Akibatnya daya remnya menurun, dibandingkan brake pad yg mengandung asbes. Namun penghilangan bahan asbes ini lebih disebabkan karena faktor kesehatan. Karena asbes seperti diketahui tidak baik bagi kesehatan.
Accurate V5 Accounting System Consultant
cahyoaja
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Mon Nov 10, 2003 8:06

kampas rem

Post by cahyoaja »

ente ga usah bingung2 udah ganti pake kampas rem punya KITAKO.
User avatar
a121es
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 20
Joined: Sat Sep 27, 2003 3:36
Location: MBOK EM - CHILLE DUCK 69

Post by a121es »

emangnye harganye mahal atau nggak ?????????
dsfhsndfmgmn,mnb,mnxcv,mbnmndjkyuiydfpahjkxczjkhzxcjkbvmbxczjkvjkcxbvmnirsytuoyklafaewwjklej687089w2klnmndsmvnm2iod,mnvdsnfm,nsdmngmsdfngmfdy7uiojkdnmbmncbnvmb