2018 AN Suzuki Ertiga

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15588
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2018 AN Suzuki Ertiga

Post by ChZ »

Bulgogi wrote: Thu Apr 19, 2018 5:05 Anak zaman skrng yg penting itu fitur..
Ngga heran si cortez di agung2 kan..

Kalo saya yg penting durability mesin & transmisi dulu.. kuat ngga di abuse sampe 300-500 rb kilo.. makanya jgn heran saya lebih menyarankan beli panther/avanza saja drpd beli si cortez..

Well mesin k15b ini juga sebenernya ngeri ngeri sedap, karena mesin baru & ngga tau asal usulnya apakah pengembangan k14b atau totally new.. kalo basisnya k14 saya cenderung lega karena mesin ini udh banyak yg abuse sampe 150rb kilo & masih enak dipake.. kalo totally new wah ini sih kudu dicoba dulu..

Waktu denger ertiga 1500cc saya harapannya malah m15a saja.. teman2 di aerio comunity odonya rata2 udah tinggi malah ada yg 300rb & still running well.. jadi no worry lah kalo ertiga pake m15a..
HAHAHAHHAHAHAHAHA

apa apa skrg dikit-dikit dibandingin ma si guling :wkkk: sampe mau ngakak gue... itu di grup fansnya pada militan tuh... di senggol dikit langsung gak terima. Lebih parah dari fans mobil apapun di bumi ini :wkkk:

Klo totally new rasanya enggak sih om... mesin K series Suzuki kan memang seri eco engine nya. Dugaan saya ya itu... K14B yang diubah stroke nya jadi lebih panjang.

Ertiga mesinnya kuat sayangnya kaki-kaki agak memble... rata-rata Ertiga dengan odo di atas 50k kaki-kakinya pada nyanyi semua.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2293
Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00

Re: 2018 AN Suzuki Ertiga

Post by PRBS »

Untuk fitur.. sebenarnya penambahannya cukup digital ac saja sih.. at least pemandangan interior di mata ga bikin sepet.. garis design dashboard sudah mewah tp masih puteran knop ac kan ga enak diliatnya.. masih mending puteran knopnya xpandir, lebih niat.

Kalau hid/led itu bisalah ditambah sendiri.. armrest di 2nd row bisa juga dicustom sendiri.. velg tinggal ganti sesuai selera masing2.. nah kalo ac digital, bagian itu ga bisa ganti aftermarket
ChZ wrote: Thu Apr 19, 2018 5:16

itu di grup fansnya pada militan tuh... di senggol dikit langsung gak terima. Lebih parah dari fans mobil apapun di bumi ini :wkkk:
Lihat grup wuling dimana om chz? Saya sering denger tp gatau lihat grupnya dimana hehe penasaran juga jadinya
Last edited by PRBS on Thu Apr 19, 2018 5:22, edited 1 time in total.
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: 2018 AN Suzuki Ertiga

Post by maastricht889 »

ChZ wrote: Thu Apr 19, 2018 5:16
Bulgogi wrote: Thu Apr 19, 2018 5:05 Anak zaman skrng yg penting itu fitur..
Ngga heran si cortez di agung2 kan..

Kalo saya yg penting durability mesin & transmisi dulu.. kuat ngga di abuse sampe 300-500 rb kilo.. makanya jgn heran saya lebih menyarankan beli panther/avanza saja drpd beli si cortez..

Well mesin k15b ini juga sebenernya ngeri ngeri sedap, karena mesin baru & ngga tau asal usulnya apakah pengembangan k14b atau totally new.. kalo basisnya k14 saya cenderung lega karena mesin ini udh banyak yg abuse sampe 150rb kilo & masih enak dipake.. kalo totally new wah ini sih kudu dicoba dulu..

Waktu denger ertiga 1500cc saya harapannya malah m15a saja.. teman2 di aerio comunity odonya rata2 udah tinggi malah ada yg 300rb & still running well.. jadi no worry lah kalo ertiga pake m15a..
HAHAHAHHAHAHAHAHA

apa apa skrg dikit-dikit dibandingin ma si guling :wkkk: sampe mau ngakak gue... itu di grup fansnya pada militan tuh... di senggol dikit langsung gak terima. Lebih parah dari fans mobil apapun di bumi ini :wkkk:

Klo totally new rasanya enggak sih om... mesin K series Suzuki kan memang seri eco engine nya. Dugaan saya ya itu... K14B yang diubah stroke nya jadi lebih panjang.

Ertiga mesinnya kuat sayangnya kaki-kaki agak memble... rata-rata Ertiga dengan odo di atas 50k kaki-kakinya pada nyanyi semua.
Kaki2, engine mounting, sama shock bagasi dah mulai lelah koh kalo odo diatas 50k
User avatar
mobilover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 809
Joined: Mon Jul 15, 2013 2:40

Re: 2018 AN Suzuki Ertiga

Post by mobilover »

Sebenarnya bagus ada produsen yg berani kasih lebih dari standar pasar, jadi ada benchmark baru bagi konsumen saat mau beli kendaraan baru.

Coba kalau wuling dan mitsubishi gak jor2an dengan produk baru mereka, kayaknya produsen juga santai aja gak perlu ganti atau nambahin apa2 cuma ganti casing mobil juga konsumen puas. Seperti duo kaleng sebelum kemunculan ertiga dan mobilio cuma bolak balik ganti casing aja.

Sama juga dengan mesin. Kalau produsen lain gak ada yg berinovasi dengan mesin, mesin mobil jg akan stagnan dan ga ada perubahan. Semua pasti cari mesin yg durable, tp kalau hanya durable aja mesin jaman kijang kapsul aja juga udah cukup dipasang di mobil baru. Kenyataannya dgn fakta lingkungan yg makin tercemar dan standar euro 4 di depan mata, produsen jg dituntut untuk mengembangkan mesin baru yg lbh rendah polusi sekaligus lebih irit dan bertenaga. Setiap mesin baru yg dilaunching di pasaran mmg harus menjalani ujian waktu untuk tau durabilitas real nya.
salz23
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: Wed Dec 14, 2016 14:40

Re: 2018 AN Suzuki Ertiga

Post by salz23 »

ChZ wrote: Thu Apr 19, 2018 5:16

itu di grup fansnya pada militan tuh... di senggol dikit langsung gak terima. Lebih parah dari fans mobil apapun di bumi ini :wkkk:
Lihat grup wuling dimana om chz? Saya sering denger tp gatau lihat grupnya dimana hehe penasaran juga jadinya
[/quote]

Di fb grup om, WOFI : wuling owners & fans indonesia
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39

Re: 2018 AN Suzuki Ertiga

Post by liemivan86 »

mobilover wrote:Sebenarnya bagus ada produsen yg berani kasih lebih dari standar pasar, jadi ada benchmark baru bagi konsumen saat mau beli kendaraan baru.

Coba kalau wuling dan mitsubishi gak jor2an dengan produk baru mereka, kayaknya produsen juga santai aja gak perlu ganti atau nambahin apa2 cuma ganti casing mobil juga konsumen puas. Seperti duo kaleng sebelum kemunculan ertiga dan mobilio cuma bolak balik ganti casing aja.

Sama juga dengan mesin. Kalau produsen lain gak ada yg berinovasi dengan mesin, mesin mobil jg akan stagnan dan ga ada perubahan. Semua pasti cari mesin yg durable, tp kalau hanya durable aja mesin jaman kijang kapsul aja juga udah cukup dipasang di mobil baru. Kenyataannya dgn fakta lingkungan yg makin tercemar dan standar euro 4 di depan mata, produsen jg dituntut untuk mengembangkan mesin baru yg lbh rendah polusi sekaligus lebih irit dan bertenaga. Setiap mesin baru yg dilaunching di pasaran mmg harus menjalani ujian waktu untuk tau durabilitas real nya.
Masalahnya kembali lagi, apakah ada produsen mobil kelas bawah (di bawah 400 jt) yang berani masukkan mesin euro 4 di mobil nya, dan kalo tidak diisi bahan bakar euro 4 langsung bermasalah?

Saya yakin tidak ada, karena produk itu tidak akan laku kalo tidak bisa minum premium..

Di forum ini yang naik C class aja masih ada yang dikasih premium..
User avatar
mobilover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 809
Joined: Mon Jul 15, 2013 2:40

Re: 2018 AN Suzuki Ertiga

Post by mobilover »

liemivan86 wrote: Thu Apr 19, 2018 5:45
mobilover wrote:Sebenarnya bagus ada produsen yg berani kasih lebih dari standar pasar, jadi ada benchmark baru bagi konsumen saat mau beli kendaraan baru.

Coba kalau wuling dan mitsubishi gak jor2an dengan produk baru mereka, kayaknya produsen juga santai aja gak perlu ganti atau nambahin apa2 cuma ganti casing mobil juga konsumen puas. Seperti duo kaleng sebelum kemunculan ertiga dan mobilio cuma bolak balik ganti casing aja.

Sama juga dengan mesin. Kalau produsen lain gak ada yg berinovasi dengan mesin, mesin mobil jg akan stagnan dan ga ada perubahan. Semua pasti cari mesin yg durable, tp kalau hanya durable aja mesin jaman kijang kapsul aja juga udah cukup dipasang di mobil baru. Kenyataannya dgn fakta lingkungan yg makin tercemar dan standar euro 4 di depan mata, produsen jg dituntut untuk mengembangkan mesin baru yg lbh rendah polusi sekaligus lebih irit dan bertenaga. Setiap mesin baru yg dilaunching di pasaran mmg harus menjalani ujian waktu untuk tau durabilitas real nya.
Masalahnya kembali lagi, apakah ada produsen mobil kelas bawah (di bawah 400 jt) yang berani masukkan mesin euro 4 di mobil nya, dan kalo tidak diisi bahan bakar euro 4 langsung bermasalah?

Saya yakin tidak ada, karena produk itu tidak akan laku kalo tidak bisa minum premium..

Di forum ini yang naik C class aja masih ada yang dikasih premium..
Katanya mesin baru ertiga si K15B ini udah euro 4 ? Perlu dikonfirmasi lagi sih kebeneran infonya. Di india sendiri yg markasnya ertiga standar euro 4 udah diterapkan CMIIW.

Yg paling bener sih kalau pemerintah bisa jual pertamax di kisaran harga premium (rp 7000 an per liter) dan hapus premium sekalian. Kalau bener2 mau euro 4 harus perlu ketegasan pemerintah sih.
User avatar
omsafety2
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 93
Joined: Mon Jan 18, 2016 5:40

Re: 2018 AN Suzuki Ertiga

Post by omsafety2 »

ChZ wrote: Thu Apr 19, 2018 5:16
Bulgogi wrote: Thu Apr 19, 2018 5:05 Anak zaman skrng yg penting itu fitur..
Ngga heran si cortez di agung2 kan..

Kalo saya yg penting durability mesin & transmisi dulu.. kuat ngga di abuse sampe 300-500 rb kilo.. makanya jgn heran saya lebih menyarankan beli panther/avanza saja drpd beli si cortez..

Well mesin k15b ini juga sebenernya ngeri ngeri sedap, karena mesin baru & ngga tau asal usulnya apakah pengembangan k14b atau totally new.. kalo basisnya k14 saya cenderung lega karena mesin ini udh banyak yg abuse sampe 150rb kilo & masih enak dipake.. kalo totally new wah ini sih kudu dicoba dulu..

Waktu denger ertiga 1500cc saya harapannya malah m15a saja.. teman2 di aerio comunity odonya rata2 udah tinggi malah ada yg 300rb & still running well.. jadi no worry lah kalo ertiga pake m15a..
HAHAHAHHAHAHAHAHA

apa apa skrg dikit-dikit dibandingin ma si guling :wkkk: sampe mau ngakak gue... itu di grup fansnya pada militan tuh... di senggol dikit langsung gak terima. Lebih parah dari fans mobil apapun di bumi ini :wkkk:

Klo totally new rasanya enggak sih om... mesin K series Suzuki kan memang seri eco engine nya. Dugaan saya ya itu... K14B yang diubah stroke nya jadi lebih panjang.

Ertiga mesinnya kuat sayangnya kaki-kaki agak memble... rata-rata Ertiga dengan odo di atas 50k kaki-kakinya pada nyanyi semua.
rata2 lmpv fwd yg saya pernah coba dgn mileage menjelang 50k skaki kaki depan selalu nyanyi orkestra om hehehe
PlantFoot
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 258
Joined: Wed Feb 27, 2013 6:03

Re: 2018 AN Suzuki Ertiga

Post by PlantFoot »

Bulgogi wrote: Thu Apr 19, 2018 5:05

Waktu denger ertiga 1500cc saya harapannya malah m15a saja.. teman2 di aerio comunity odonya rata2 udah tinggi malah ada yg 300rb & still running well.. jadi no worry lah kalo ertiga pake m15a..
well kl sy justru sebaliknya oom..

kl balik k M15a sih mlh jd gak worth..bukannya gak suka krn sy dl jg pengguna swift awal..tapi platform baru masak pk mesin lama...

mesin suzuki tergolong badak kok..lagian dl waktu r3/splash pertama muncul lbh ragu krn K series br msk..tp nyatanya kuat2 aja kan..apalagi ini msh engine series yg sama..

problem suzuki itu biasanya kaki2 sm steering rack..
User avatar
Joehard30
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 318
Joined: Sun Feb 28, 2016 1:28

Re: 2018 AN Suzuki Ertiga

Post by Joehard30 »

oe malah suka tuh yg basic2, asal ada seat high adjuster. Kl d tambah vsc plus telescopic sih jadi ok banget. Harusnya kaya people mover gini yg trondol pun ada pilihan buat nambah vsc. Tambah berapa lah gt gpp, buat bawa orang banyak kn soalnya.

D tempat kita orang kayanya mindset nya suka banget printilan, padahal d eropa d jepang, mobil kopongan, g ada bling2 nya sama sekali, bahkan pelk nya banyak yg kaleng, cuma d kasih cover plastik banyak banget bersliweran. D tmpat kita jarang banget. Tapi y itu, kopongan printilan tp safety features nya komplit 😅
Tertawalah sebelum tertawa itu dilarang
marama
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Thu Feb 04, 2010 8:44

Re: 2018 AN Suzuki Ertiga

Post by marama »

fabreguz wrote: Thu Apr 19, 2018 4:12
Yonatanw wrote: Thu Apr 19, 2018 3:50 Yang diesel kok ga kedengeran beritanya di model baru ini..
se7 bung yoonatauw

mana di mana tuh enjin dijel ol niu cenggo turbo nya ? :big_think: :big_think:
[emo-police] [emo-police]
kalo bensin cenggo tok sih podo wae dgn lmpv jipang laen nya (xvender, papanja, mobiliho, jren lipino)
nuthing special n bisa2 ertelu ol niu kalah citra merk jg :big_bored: :big_dunno:
Mungkin bisa juga menjadi indikasi diesel di LMPV bukan piiihan mayoritas konsumen, beda dgn segmen SUV dan MPV ladder diesel nya sangat laku.

Diesel LMPV bisa rame kalau ada yang masukin diesel matic
harga-Ertiga-baru-2018-860x474.jpg
kl angle foto gini lmyn juga diliatnya
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15588
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2018 AN Suzuki Ertiga

Post by ChZ »

PRBS wrote: Thu Apr 19, 2018 5:18 Untuk fitur.. sebenarnya penambahannya cukup digital ac saja sih.. at least pemandangan interior di mata ga bikin sepet.. garis design dashboard sudah mewah tp masih puteran knop ac kan ga enak diliatnya.. masih mending puteran knopnya xpandir, lebih niat.

Kalau hid/led itu bisalah ditambah sendiri.. armrest di 2nd row bisa juga dicustom sendiri.. velg tinggal ganti sesuai selera masing2.. nah kalo ac digital, bagian itu ga bisa ganti aftermarket


Lihat grup wuling dimana om chz? Saya sering denger tp gatau lihat grupnya dimana hehe penasaran juga jadinya
wkwkwkwk tombolnya masih kompor sih memang bikin sakit mata... mungkin abis ini banyak yang beli terus custom sendiri jadi tombol digital atau ganti knob :mky_01: orang endonesah kan kreatip klo suruh gini. Atau disimpen buat feslip berikutnya macem dulu Honda ama emprit nya...

Grupnya WOFI (Wuling Owners and Fans Indonesia) tapi ane gak join... cuma join di grup yang khusus buat ngebully WOFI namanya "Pelbagai Screenshot dari WOFI" :wkkk:
erwinign wrote: Thu Apr 19, 2018 5:21
Kaki2, engine mounting, sama shock bagasi dah mulai lelah koh kalo odo diatas 50k
Hoih... rata-rata 50k dah gitu semua klo naik onlen suka perhatiin... punya temen taun 2013 30k malah shock belakang udah kena.

Klo onlen dapet Ertiga masih senyap biasa liat odometernya... oh masih di bawah 10k :wkkk:
liemivan86 wrote: Thu Apr 19, 2018 5:45
mobilover wrote:Sebenarnya bagus ada produsen yg berani kasih lebih dari standar pasar, jadi ada benchmark baru bagi konsumen saat mau beli kendaraan baru.

Coba kalau wuling dan mitsubishi gak jor2an dengan produk baru mereka, kayaknya produsen juga santai aja gak perlu ganti atau nambahin apa2 cuma ganti casing mobil juga konsumen puas. Seperti duo kaleng sebelum kemunculan ertiga dan mobilio cuma bolak balik ganti casing aja.

Sama juga dengan mesin. Kalau produsen lain gak ada yg berinovasi dengan mesin, mesin mobil jg akan stagnan dan ga ada perubahan. Semua pasti cari mesin yg durable, tp kalau hanya durable aja mesin jaman kijang kapsul aja juga udah cukup dipasang di mobil baru. Kenyataannya dgn fakta lingkungan yg makin tercemar dan standar euro 4 di depan mata, produsen jg dituntut untuk mengembangkan mesin baru yg lbh rendah polusi sekaligus lebih irit dan bertenaga. Setiap mesin baru yg dilaunching di pasaran mmg harus menjalani ujian waktu untuk tau durabilitas real nya.
Masalahnya kembali lagi, apakah ada produsen mobil kelas bawah (di bawah 400 jt) yang berani masukkan mesin euro 4 di mobil nya, dan kalo tidak diisi bahan bakar euro 4 langsung bermasalah?

Saya yakin tidak ada, karena produk itu tidak akan laku kalo tidak bisa minum premium..

Di forum ini yang naik C class aja masih ada yang dikasih premium..
Menarik kalo komentar soal EU4 yang bentar lagi "katanya" mau diberlakukan... sebenernya mesin L15A dari jaman Jazz GE itu udah EU4 Compliance... ane yakin K14B dan 2NR juga seharusnya sudah EU4 compliance. Cuma di Indonesia ya "disesuaikan" supaya bisa nenggak itu oktan 88 campuran lumpur dan air yang ane gak tega nyebut itu BBM... RON88 seharusnya udah ditinggalkan sejak mesin karbu punah... atawa dijual terbatas khusus untuk motor dan motuba...

dan kritisnya ini adalah kelas LMPV dimana mayoritas pengguna akan pake sampe ancur-ancuran buat operasional... yang pasti dikasih BBM murah dan perawatan sekedarnya bahkan tune-up + bersihin filter bensin pun paling baru dilakuin kalo udah mulai tersendat-sendat...

jadi LMPV emang gak cocok dikasih mesin modern... karena orang memang gak peduli mesinnya apa yang penting irit dan muat banyak plus badak dan mudah perawatan... Kecuali aturan EU4 udah dijedok baru deh... walaupun sebenernya 2019 EU4 itu udah ketinggalan banget.
omsafety2 wrote: Thu Apr 19, 2018 5:52
rata2 lmpv fwd yg saya pernah coba dgn mileage menjelang 50k skaki kaki depan selalu nyanyi orkestra om hehehe
sama um... naik onlen klo dapet mobilio ertiga klo masih alus sih enak banget jauh dibanding avx/xenia... giliran dapet yang agak tua udah ancur rasanya :big_slap: sedangkan avania walaupun dapet yang udah ancur sekalipun naikan ya tetep begitu.
Joehard30 wrote: Thu Apr 19, 2018 6:10 oe malah suka tuh yg basic2, asal ada seat high adjuster. Kl d tambah vsc plus telescopic sih jadi ok banget. Harusnya kaya people mover gini yg trondol pun ada pilihan buat nambah vsc. Tambah berapa lah gt gpp, buat bawa orang banyak kn soalnya.

D tempat kita orang kayanya mindset nya suka banget printilan, padahal d eropa d jepang, mobil kopongan, g ada bling2 nya sama sekali, bahkan pelk nya banyak yg kaleng, cuma d kasih cover plastik banyak banget bersliweran. D tmpat kita jarang banget. Tapi y itu, kopongan printilan tp safety features nya komplit 😅
printilan itu ngeselin buat saya yang demen modif... :big_biglaugh:

Bayangin velg dikasih alloy dari sononya itu dilema besar kalo mau ganti velg... dijual sayang... tapi digeletakin di gudang ya berdebu dan bannya jadi rusak... klo velg kaleng jual mah jual aja. Beli lagi juga murah.

Blom kalo audio dari aslinya udah dikasih 2DIN aftermarket yang gak integrated... itu ngeselin juga dibuang sayang.

Chrome dilepas juga mbekas di bodi. Gak dilepas norak. :big_biglaugh:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
patrickstar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 521
Joined: Mon Aug 26, 2013 5:50

Re: 2018 AN Suzuki Ertiga

Post by patrickstar »

mohon infonya kalo sdh ada yg pegang pricelist & perbedaan GA, GL, GX. terimakasih banyak.
Santai dijalan, nikmati hidup.
mikimos
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 200
Joined: Tue Sep 20, 2016 6:14

Re: 2018 AN Suzuki Ertiga

Post by mikimos »

ChZ wrote: Thu Apr 19, 2018 5:16
Bulgogi wrote: Thu Apr 19, 2018 5:05 Anak zaman skrng yg penting itu fitur..
Ngga heran si cortez di agung2 kan..

Kalo saya yg penting durability mesin & transmisi dulu.. kuat ngga di abuse sampe 300-500 rb kilo.. makanya jgn heran saya lebih menyarankan beli panther/avanza saja drpd beli si cortez..

Well mesin k15b ini juga sebenernya ngeri ngeri sedap, karena mesin baru & ngga tau asal usulnya apakah pengembangan k14b atau totally new.. kalo basisnya k14 saya cenderung lega karena mesin ini udh banyak yg abuse sampe 150rb kilo & masih enak dipake.. kalo totally new wah ini sih kudu dicoba dulu..

Waktu denger ertiga 1500cc saya harapannya malah m15a saja.. teman2 di aerio comunity odonya rata2 udah tinggi malah ada yg 300rb & still running well.. jadi no worry lah kalo ertiga pake m15a..
HAHAHAHHAHAHAHAHA

apa apa skrg dikit-dikit dibandingin ma si guling :wkkk: sampe mau ngakak gue... itu di grup fansnya pada militan tuh... di senggol dikit langsung gak terima. Lebih parah dari fans mobil apapun di bumi ini :wkkk:

Klo totally new rasanya enggak sih om... mesin K series Suzuki kan memang seri eco engine nya. Dugaan saya ya itu... K14B yang diubah stroke nya jadi lebih panjang.

Ertiga mesinnya kuat sayangnya kaki-kaki agak memble... rata-rata Ertiga dengan odo di atas 50k kaki-kakinya pada nyanyi semua.
Selaama ini mesin2 sijuki terkenal handal, bandel, gesit dan murah ongkos.
mikimos
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 200
Joined: Tue Sep 20, 2016 6:14

Re: 2018 AN Suzuki Ertiga

Post by mikimos »

omsafety2 wrote: Thu Apr 19, 2018 5:52
ChZ wrote: Thu Apr 19, 2018 5:16
Bulgogi wrote: Thu Apr 19, 2018 5:05 Anak zaman skrng yg penting itu fitur..
Ngga heran si cortez di agung2 kan..

Kalo saya yg penting durability mesin & transmisi dulu.. kuat ngga di abuse sampe 300-500 rb kilo.. makanya jgn heran saya lebih menyarankan beli panther/avanza saja drpd beli si cortez..

Well mesin k15b ini juga sebenernya ngeri ngeri sedap, karena mesin baru & ngga tau asal usulnya apakah pengembangan k14b atau totally new.. kalo basisnya k14 saya cenderung lega karena mesin ini udh banyak yg abuse sampe 150rb kilo & masih enak dipake.. kalo totally new wah ini sih kudu dicoba dulu..

Waktu denger ertiga 1500cc saya harapannya malah m15a saja.. teman2 di aerio comunity odonya rata2 udah tinggi malah ada yg 300rb & still running well.. jadi no worry lah kalo ertiga pake m15a..
HAHAHAHHAHAHAHAHA

apa apa skrg dikit-dikit dibandingin ma si guling :wkkk: sampe mau ngakak gue... itu di grup fansnya pada militan tuh... di senggol dikit langsung gak terima. Lebih parah dari fans mobil apapun di bumi ini :wkkk:

Klo totally new rasanya enggak sih om... mesin K series Suzuki kan memang seri eco engine nya. Dugaan saya ya itu... K14B yang diubah stroke nya jadi lebih panjang.

Ertiga mesinnya kuat sayangnya kaki-kaki agak memble... rata-rata Ertiga dengan odo di atas 50k kaki-kakinya pada nyanyi semua.
rata2 lmpv fwd yg saya pernah coba dgn mileage menjelang 50k skaki kaki depan selalu nyanyi orkestra om hehehe
tergantung nyetirnya oom, kl main kasar dan ga pernah di service ya ancur. Punya ane sdh di km 150rb masih senyap dan ga daa orkes macam2.
Yg taksi online sering bunyi kl dpt mobil2 kaleng dan sodara2 nya :mky_03:
mikimos
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 200
Joined: Tue Sep 20, 2016 6:14

Re: 2018 AN Suzuki Ertiga

Post by mikimos »

marama wrote: Thu Apr 19, 2018 7:04
fabreguz wrote: Thu Apr 19, 2018 4:12
Yonatanw wrote: Thu Apr 19, 2018 3:50 Yang diesel kok ga kedengeran beritanya di model baru ini..
se7 bung yoonatauw

mana di mana tuh enjin dijel ol niu cenggo turbo nya ? :big_think: :big_think:
[emo-police] [emo-police]
kalo bensin cenggo tok sih podo wae dgn lmpv jipang laen nya (xvender, papanja, mobiliho, jren lipino)
nuthing special n bisa2 ertelu ol niu kalah citra merk jg :big_bored: :big_dunno:
Mungkin bisa juga menjadi indikasi diesel di LMPV bukan piiihan mayoritas konsumen, beda dgn segmen SUV dan MPV ladder diesel nya sangat laku.

Diesel LMPV bisa rame kalau ada yang masukin diesel matic

harga-Ertiga-baru-2018-860x474.jpg
kl angle foto gini lmyn juga diliatnya
Dan bias nenggak SOLBUS :mky_04:
Swedeppon
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 236
Joined: Tue Jan 23, 2018 18:10
Location: West-east java
Daily Vehicle: Owl and three diamond

Re: 2018 AN Suzuki Ertiga

Post by Swedeppon »

ChZ wrote: Thu Apr 19, 2018 5:16
Bulgogi wrote: Thu Apr 19, 2018 5:05 Anak zaman skrng yg penting itu fitur..
Ngga heran si cortez di agung2 kan..

Kalo saya yg penting durability mesin & transmisi dulu.. kuat ngga di abuse sampe 300-500 rb kilo.. makanya jgn heran saya lebih menyarankan beli panther/avanza saja drpd beli si cortez..

Well mesin k15b ini juga sebenernya ngeri ngeri sedap, karena mesin baru & ngga tau asal usulnya apakah pengembangan k14b atau totally new.. kalo basisnya k14 saya cenderung lega karena mesin ini udh banyak yg abuse sampe 150rb kilo & masih enak dipake.. kalo totally new wah ini sih kudu dicoba dulu..

Waktu denger ertiga 1500cc saya harapannya malah m15a saja.. teman2 di aerio comunity odonya rata2 udah tinggi malah ada yg 300rb & still running well.. jadi no worry lah kalo ertiga pake m15a..
HAHAHAHHAHAHAHAHA

apa apa skrg dikit-dikit dibandingin ma si guling :wkkk: sampe mau ngakak gue... itu di grup fansnya pada militan tuh... di senggol dikit langsung gak terima. Lebih parah dari fans mobil apapun di bumi ini :wkkk:

Klo totally new rasanya enggak sih om... mesin K series Suzuki kan memang seri eco engine nya. Dugaan saya ya itu... K14B yang diubah stroke nya jadi lebih panjang.

Ertiga mesinnya kuat sayangnya kaki-kaki agak memble... rata-rata Ertiga dengan odo di atas 50k kaki-kakinya pada nyanyi semua.
entah wuling fans itu memang tergolong berani beda dan bela2in brand mobil mereka agar meningkatkan superioritas mereka sebagai konsumen yg "kononnya" cerdas atau membela investasi mereka karena mereka sdh buang uang banyak untuk sebuah produk yang terujinya sebatas kawasan mainland china sj dan tidak ingin terlihat nyesel sama orang?

saya sendiri sdh td cortez 1.8 AMT, dan ngak masalah dengan AMTnya itu sendiri, mobilnya memang sangat bagus buat harga segitu tapiii

kira2 itu mobil bertahan berapa lama sebagai mobil yg tergolong bagus secara value for money :ngacir: :ngacir: :ngacir:



btt K15B ini ada produk suzuki lain yg pakaikah?
White owl : CX5 2.5 touring'13
Two black three diamond: ANPS dakar'17 and Mirage exceed'12
deddytok
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 188
Joined: Fri Nov 20, 2015 7:26
Location: pekanbaru riau
Daily Vehicle: Ertiga

Re: 2018 AN Suzuki Ertiga

Post by deddytok »

Udah mulai ngiklan di tv swasta si Zuki ertelu ini..
User avatar
Duvebriliant0
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 789
Joined: Sun Feb 07, 2016 9:03
Daily Vehicle: 4 Banger

Re: 2018 AN Suzuki Ertiga

Post by Duvebriliant0 »

eeh, arah semburan ac nya di down grade yah? sama gaada front defogger
It's better to drive a slow car fast than a fast car slow

NCP91R
TGN140R
User avatar
Bulgogi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 916
Joined: Tue Mar 08, 2016 12:16

Re: 2018 AN Suzuki Ertiga

Post by Bulgogi »

Duvebriliant0 wrote:eeh, arah semburan ac nya di down grade yah? sama gaada front defogger
Iya downgrade banyak dari 5 opsi jadi tinggal 2 opsi, ke depan & depan+bawah..

Tapi nambah coolbox om.. :ngacir:
marama
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Thu Feb 04, 2010 8:44

Re: 2018 AN Suzuki Ertiga

Post by marama »

Bulgogi wrote: Thu Apr 19, 2018 9:30
Duvebriliant0 wrote:eeh, arah semburan ac nya di down grade yah? sama gaada front defogger
Iya downgrade banyak dari 5 opsi jadi tinggal 2 opsi, ke depan & depan+bawah..

Tapi nambah coolbox om.. :ngacir:
nyontek resep nya group astra om
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10469
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: 2018 AN Suzuki Ertiga

Post by ak4ng »

Duvebriliant0 wrote: Thu Apr 19, 2018 9:09 eeh, arah semburan ac nya di down grade yah? sama gaada front defogger
Padahal ini keunggulan dulu awal saya beli r3 2013, :big_bored: kalo gini meningan berburu r3 gx old model lagi dah drpd nunggu xp yang lama bener indennya
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: 2018 AN Suzuki Ertiga

Post by maastricht889 »

Tinggal driving imp nya gimana sih ertiga baru ini, kl misal lbh enak dr yang lama yaaa bs agak ngobatin downgrade2 suzuki yg konyol (arah semburan ac, armrest)
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39

Re: 2018 AN Suzuki Ertiga

Post by liemivan86 »


ChZ wrote: Menarik kalo komentar soal EU4 yang bentar lagi "katanya" mau diberlakukan... sebenernya mesin L15A dari jaman Jazz GE itu udah EU4 Compliance... ane yakin K14B dan 2NR juga seharusnya sudah EU4 compliance. Cuma di Indonesia ya "disesuaikan" supaya bisa nenggak itu oktan 88 campuran lumpur dan air yang ane gak tega nyebut itu BBM... RON88 seharusnya udah ditinggalkan sejak mesin karbu punah... atawa dijual terbatas khusus untuk motor dan motuba...

dan kritisnya ini adalah kelas LMPV dimana mayoritas pengguna akan pake sampe ancur-ancuran buat operasional... yang pasti dikasih BBM murah dan perawatan sekedarnya bahkan tune-up + bersihin filter bensin pun paling baru dilakuin kalo udah mulai tersendat-sendat...

jadi LMPV emang gak cocok dikasih mesin modern... karena orang memang gak peduli mesinnya apa yang penting irit dan muat banyak plus badak dan mudah perawatan... Kecuali aturan EU4 udah dijedok baru deh... walaupun sebenernya 2019 EU4 itu udah ketinggalan banget.
Ngomong2 soal LMPV dan mesin modern. Sebenarnya mesin LMPV di Indonesia banyak yang menggunakan kompresi tinggi. Di atas 10.0:1, tapi diisi premium juga masih bisa tahan. Salah dua yang saya ingat itu mesin avanza 1.3L dan K14B ertiga.

Pertanyaannya, 10.0:1 kan seharusnya sudah pakai diatas 95, tapi dipaksa supaya bisa minum di bawah nya, kalo dikasih pertamax turbo sesuai kebutuhannya gitu koq malah terasa sama aja ya?

Sebenarnya seberapa penting sih menyesuaikan kompresi mesin dengan octane bbm di era mesin modern gini?
marama
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Thu Feb 04, 2010 8:44

Re: 2018 AN Suzuki Ertiga

Post by marama »

2708304_20180419112901.jpg
2708304_20180419112720.jpg
Ada foto tipe GL, suzuki blm tobat2 nih sein spion masih disunat yg GL, pindah ke fender kyk mbl th 90an
Foglamp yg tipe GL model lama ada skrg jadi g ada :mky_05:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.