Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
larakifulgura wrote: Sat Mar 31, 2018 14:13
Klo dibanding dunlop lm704 lebih worth yg mana?
Btw, saya agak bingung ni toyota kasi buat tipe tertinggi Q ecopia sementara tipe dibawah V malah dpt yg much much better turanza er33 (ban yg dipake civic turbo). Wtf toyota
ventus s1 noble 2 diatas nya lm704 dan turanza ar20 IMHO,
secara ventus s1 noble 2 asymmetric sedangkan lm704 sama ar20 masih symmetric tread pattern nya.
Kalau ventus v2 concept 2 mungkin lebih cocok kalau di compare sama lm704 dan ar20 walaupun tread pattern nya symmetric directional... CMIIW
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
larakifulgura wrote: Sat Mar 31, 2018 14:13
Klo dibanding dunlop lm704 lebih worth yg mana?
Btw, saya agak bingung ni toyota kasi buat tipe tertinggi Q ecopia sementara tipe dibawah V malah dpt yg much much better turanza er33 (ban yg dipake civic turbo). Wtf toyota [emoji33]
ventus s1 noble 2 diatas nya lm704 dan turanza ar20 IMHO,
secara ventus s1 noble 2 asymmetric sedangkan lm704 sama ar20 masih symmetric tread pattern nya.
Kalau ventus v2 concept 2 mungkin lebih cocok kalau di compare sama lm704 dan ar20 walaupun tread pattern nya symmetric directional... CMIIW
Ic...tadi Contact dunlop pondok indah dapet harga 1005 sudah Include pasang sih....
Jadi kalo ngomongin kualitas lebih baik ambil Hankook donk? Cuman kalah di merk tapi menang di quality dan harga dibanding 704
larakifulgura wrote: Sat Mar 31, 2018 14:13
Klo dibanding dunlop lm704 lebih worth yg mana?
Btw, saya agak bingung ni toyota kasi buat tipe tertinggi Q ecopia sementara tipe dibawah V malah dpt yg much much better turanza er33 (ban yg dipake civic turbo). Wtf toyota [emoji33]
ventus s1 noble 2 diatas nya lm704 dan turanza ar20 IMHO,
secara ventus s1 noble 2 asymmetric sedangkan lm704 sama ar20 masih symmetric tread pattern nya.
Kalau ventus v2 concept 2 mungkin lebih cocok kalau di compare sama lm704 dan ar20 walaupun tread pattern nya symmetric directional... CMIIW
Ic...tadi Contact dunlop pondok indah dapet harga 1005 sudah Include pasang sih....
Jadi kalo ngomongin kualitas lebih baik ambil Hankook donk? Cuman kalah di merk tapi menang di quality dan harga dibanding 704
wah jgn salah om hankook merk bagus, ban oem nya mercy
larakifulgura wrote: Sat Mar 31, 2018 14:13
Klo dibanding dunlop lm704 lebih worth yg mana?
Btw, saya agak bingung ni toyota kasi buat tipe tertinggi Q ecopia sementara tipe dibawah V malah dpt yg much much better turanza er33 (ban yg dipake civic turbo). Wtf toyota [emoji33]
ventus s1 noble 2 diatas nya lm704 dan turanza ar20 IMHO,
secara ventus s1 noble 2 asymmetric sedangkan lm704 sama ar20 masih symmetric tread pattern nya.
Kalau ventus v2 concept 2 mungkin lebih cocok kalau di compare sama lm704 dan ar20 walaupun tread pattern nya symmetric directional... CMIIW
Ic...tadi Contact dunlop pondok indah dapet harga 1005 sudah Include pasang sih....
Jadi kalo ngomongin kualitas lebih baik ambil Hankook donk? Cuman kalah di merk tapi menang di quality dan harga dibanding 704
Pengalaman temen ane sih pake hankook ventus s1 noble itu lebih cepet botak dan lebih gampang sobek pattern nya dibanding turanza AR20, pemakaian di innova, ukuran ban nya 225/50 r18.
Akhiernya terakhir kemarin doi balik ke BS lg, ambil potenza RE003
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
evanbngdor wrote:
Pengalaman temen ane sih pake hankook ventus s1 noble itu lebih cepet botak dan lebih gampang sobek pattern nya dibanding turanza AR20, pemakaian di innova, ukuran ban nya 225/50 r18.
Akhiernya terakhir kemarin doi balik ke BS lg, ambil potenza RE003
Wah klo awet ato gk ny blm bisa nilai ane..
Karena ventus s1 noble 2 di mobil baru jalan 9000km.. So far gk ada masalah selain pernah kena paku di salah satu ban nya lalu di tambal top tip dr dalam..
Kalau cepat habis berarti treadwear rating 500 nya boong dong...
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
barusan tanya Hankook Ventus Noble ke Auto Stop (master dealer nya Hankook) dapet harga 1050 (235-50/18), jadi lebih mahal sedikit saja sih dari LM704. Concern nya Hankook cuman dia produksi 2017, sedangkan LM704 nya dapet produksi Maret 2018.
Tapi baca2 review di SM ada yang bilang sejak pake LM704 setir jadi berat dan boros....tapi cuman 1 sih yang bilang gitu, lainnya mostly positif review
evanbngdor wrote:
Pengalaman temen ane sih pake hankook ventus s1 noble itu lebih cepet botak dan lebih gampang sobek pattern nya dibanding turanza AR20, pemakaian di innova, ukuran ban nya 225/50 r18.
Akhiernya terakhir kemarin doi balik ke BS lg, ambil potenza RE003
Wah klo awet ato gk ny blm bisa nilai ane..
Karena ventus s1 noble 2 di mobil baru jalan 9000km.. So far gk ada masalah selain pernah kena paku di salah satu ban nya lalu di tambal top tip dr dalam..
Kalau cepat habis berarti treadwear rating 500 nya boong dong...
Cepet habis jg relatif om, tp temen ane bandinginnya sama AR20 sih, dan begitu udah sisa 50%, berisik banget.
AR20 habis di 40rb km, hankook ventus s1 noble habis di 25rb km.
AR20 udah tipis pun ane jg ngerasain msh ngga begitu berisik&ngegrip sih, kebetulan ane migrasi dari falken ziex ze912 ke Turanza AR20
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
evanbngdor wrote:
Cepet habis jg relatif om, tp temen ane bandinginnya sama AR20 sih, dan begitu udah sisa 50%, berisik banget.
AR20 habis di 40rb km, hankook ventus s1 noble habis di 25rb km.
AR20 udah tipis pun ane jg ngerasain msh ngga begitu berisik&ngegrip sih, kebetulan ane migrasi dari falken ziex ze912 ke Turanza AR20
Wah parah juga klo 25rb km ud habis...
Padahal sebelum pake nih ventus s1 n2 pake turanza gr90 bisa dipakai sampai 60rb km...
Harapan sih minimal pake 40rb km nih ventus s1 n2... Yah liat ntar deh bagaimana kelanjutan nya
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
kl awet2an BS dah gaada yg ngalahin udah.
kadang malah bannya kalah di habis garata/bergelombang dsb krn ga disiplin rotasi/spooring, atau karena BOSAN hahaha
stealthy wrote: Tue Apr 03, 2018 2:10
barusan tanya Hankook Ventus Noble ke Auto Stop (master dealer nya Hankook) dapet harga 1050 (235-50/18), jadi lebih mahal sedikit saja sih dari LM704. Concern nya Hankook cuman dia produksi 2017, sedangkan LM704 nya dapet produksi Maret 2018.
Tapi baca2 review di SM ada yang bilang sejak pake LM704 setir jadi berat dan boros....tapi cuman 1 sih yang bilang gitu, lainnya mostly positif review
9th: Dunlop SP Sport LM704
Total: 64.8 / Dry: 15 / Wet: 20 / Comfort: 9 / Rolling Resistance: 6 / Toughness: 9 / Overall: 5.8
Positive: Price, strong sidewall
Negative: Extremely low wet grip, low resistance to aquaplaning, high rolling resistance
Overall: Not available in the UK market, Auto Review found the Dunlop LM704's dangerous thanks to a shocking performance in the wet. OK for hot climates with pot holed roads that don't see rain. No where else.
Asal test AutoReview - Auto magazine dari Russia.
Jadi kalau ada yang bilang agak boros, wajar sih itu ada media yang ngetes (bukan berdasarkan kolom review pengguna) beberapa macem ban di Audi A3. Dan verdict-nya untuk ban itu kek gitu (salah satunya high RR jadi agak boros BBM). Kalau grip entah deh, saya pernah pakai LM703 sih not bad ya. Mirip2 aja ama AR20 kalau bicara grip.
stealthy wrote: Tue Apr 03, 2018 2:10
barusan tanya Hankook Ventus Noble ke Auto Stop (master dealer nya Hankook) dapet harga 1050 (235-50/18), jadi lebih mahal sedikit saja sih dari LM704. Concern nya Hankook cuman dia produksi 2017, sedangkan LM704 nya dapet produksi Maret 2018.
Tapi baca2 review di SM ada yang bilang sejak pake LM704 setir jadi berat dan boros....tapi cuman 1 sih yang bilang gitu, lainnya mostly positif review
9th: Dunlop SP Sport LM704
Total: 64.8 / Dry: 15 / Wet: 20 / Comfort: 9 / Rolling Resistance: 6 / Toughness: 9 / Overall: 5.8
Positive: Price, strong sidewall
Negative: Extremely low wet grip, low resistance to aquaplaning, high rolling resistance
Overall: Not available in the UK market, Auto Review found the Dunlop LM704's dangerous thanks to a shocking performance in the wet. OK for hot climates with pot holed roads that don't see rain. No where else.
Asal test AutoReview - Auto magazine dari Russia.
Jadi kalau ada yang bilang agak boros, wajar sih itu ada media yang ngetes (bukan berdasarkan kolom review pengguna) beberapa macem ban di Audi A3. Dan verdict-nya untuk ban itu kek gitu (salah satunya high RR jadi agak boros BBM). Kalau grip entah deh, saya pernah pakai LM703 sih not bad ya. Mirip2 aja ama AR20 kalau bicara grip.
Apakah LM704 yang dijual di UK sama persis dengan yang di Indo? Belum ada local adjustment? Dunlop ini import ya bukan produksi lokal?
Apakah LM704 yang dijual di UK sama persis dengan yang di Indo? Belum ada local adjustment? Dunlop ini import ya bukan produksi lokal?
Kalau yg sini dah lokal, LM703 saya dulu sih local si Sumi rubber. Local adjustment harusnya ada untuk sisi material, tapi design masih sama kan harusnya.
Mmmm itu bukan UK om ban yang di-tes, tapi Russia. si Tyrereviews pake hasil test si Auto Review Russia
evanbngdor wrote:
Pengalaman temen ane sih pake hankook ventus s1 noble itu lebih cepet botak dan lebih gampang sobek pattern nya dibanding turanza AR20, pemakaian di innova, ukuran ban nya 225/50 r18.
Akhiernya terakhir kemarin doi balik ke BS lg, ambil potenza RE003
Wah klo awet ato gk ny blm bisa nilai ane..
Karena ventus s1 noble 2 di mobil baru jalan 9000km.. So far gk ada masalah selain pernah kena paku di salah satu ban nya lalu di tambal top tip dr dalam..
Kalau cepat habis berarti treadwear rating 500 nya boong dong...
Cepet habis jg relatif om, tp temen ane bandinginnya sama AR20 sih, dan begitu udah sisa 50%, berisik banget.
AR20 habis di 40rb km, hankook ventus s1 noble habis di 25rb km.
AR20 udah tipis pun ane jg ngerasain msh ngga begitu berisik&ngegrip sih, kebetulan ane migrasi dari falken ziex ze912 ke Turanza AR20
Ban abis di 25rb mah ada yg salah gan spooring atau balancingnya ngk bener itu
Wah klo awet ato gk ny blm bisa nilai ane..
Karena ventus s1 noble 2 di mobil baru jalan 9000km.. So far gk ada masalah selain pernah kena paku di salah satu ban nya lalu di tambal top tip dr dalam..
Kalau cepat habis berarti treadwear rating 500 nya boong dong...
Cepet habis jg relatif om, tp temen ane bandinginnya sama AR20 sih, dan begitu udah sisa 50%, berisik banget.
AR20 habis di 40rb km, hankook ventus s1 noble habis di 25rb km.
AR20 udah tipis pun ane jg ngerasain msh ngga begitu berisik&ngegrip sih, kebetulan ane migrasi dari falken ziex ze912 ke Turanza AR20
Ban abis di 25rb mah ada yg salah gan spooring atau balancingnya ngk bener itu
Ngga bisa digeneralisir karena salah spooring atau balancingnya om, tergantung medan jalanan yg dilewati. Aspal mulus, atau aspal gelombang, atau konblok, atau cor, semua bisa beda dampak nya ke usia ban.
Kayak ane rute mayoritas jalan cor, sedikit jalanan sirtu, sama konblok, pasti ban nya lebih cepet abis dibanding yg biasa jalan di aspal mulus.
Belum lg rutinitas pemakaian mobilnya, sering belok patah dan beban berat pasti lebih cepet abis ban nya.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
osbertc0ol wrote: Wed Mar 21, 2018 3:52
mau ganti ban ipah nih rencana mau cari yang under 1jt. (ar20 ud 1.1jt/pc)
Biasa pake OEM nya aja brigestone B390 205/65/r15
nah kalo b390 dibandingin ecopia mpv-1 gmn ya? secara mpv 1 perkembangan baru kan ya?
atau pake dunlop lm704 ?
Thanks!
Kebetulan ipah sy pake Ecopia mpv-1
So, setelah 3 thn pemakaian (2015-2018) saya bisa simpulkan karakter ban ini.
- suara ban agak lebih berisik dibanding oemnya (Dunlop SP Sport D80 V4)
- karakter ban lebih empuk, tapi ntah kenapa kerikil kecil lumayan kerasa
- gampang banget bocor, malah ada yg sobek di tapaknya
So far kembangnya nyampe sekarang masih tebel sih dibanding oemnya yg 3 tahun udah botak abis, apa karena jarang jalan kali ya hahaha... Tapi gampang bocornya itu yg bikin males
Sekalian mau nanya, yg udah pernah pake BS Dueler H/T di Innova impresinya gimana ya? Soalnya kalo diliat keren jg kalo pake ban agak tebelan
Jangan nginjek gas dalam dalam, boros, mending nyantai aja
osbertc0ol wrote: Wed Mar 21, 2018 3:52
mau ganti ban ipah nih rencana mau cari yang under 1jt. (ar20 ud 1.1jt/pc)
Biasa pake OEM nya aja brigestone B390 205/65/r15
nah kalo b390 dibandingin ecopia mpv-1 gmn ya? secara mpv 1 perkembangan baru kan ya?
atau pake dunlop lm704 ?
Thanks!
Kebetulan ipah sy pake Ecopia mpv-1
So, setelah 3 thn pemakaian (2015-2018) saya bisa simpulkan karakter ban ini.
- suara ban agak lebih berisik dibanding oemnya (Dunlop SP Sport D80 V4)
- karakter ban lebih empuk, tapi ntah kenapa kerikil kecil lumayan kerasa
- gampang banget bocor, malah ada yg sobek di tapaknya
So far kembangnya nyampe sekarang masih tebel sih dibanding oemnya yg 3 tahun udah botak abis, apa karena jarang jalan kali ya hahaha... Tapi gampang bocornya itu yg bikin males
Sekalian mau nanya, yg udah pernah pake BS Dueler H/T di Innova impresinya gimana ya? Soalnya kalo diliat keren jg kalo pake ban agak tebelan
Wah gitu ya om. Sy dari dunlop d80 v4 ke bridgestone b390 berasa lebih senyap dikit sih.
Oh MPV 1 malah lembek ya, wkwk tetep pake b390 deh, ban nya kuat banget..
osbertc0ol wrote: Wed Mar 21, 2018 3:52
mau ganti ban ipah nih rencana mau cari yang under 1jt. (ar20 ud 1.1jt/pc)
Biasa pake OEM nya aja brigestone B390 205/65/r15
nah kalo b390 dibandingin ecopia mpv-1 gmn ya? secara mpv 1 perkembangan baru kan ya?
atau pake dunlop lm704 ?
Thanks!
Kebetulan ipah sy pake Ecopia mpv-1
So, setelah 3 thn pemakaian (2015-2018) saya bisa simpulkan karakter ban ini.
- suara ban agak lebih berisik dibanding oemnya (Dunlop SP Sport D80 V4)
- karakter ban lebih empuk, tapi ntah kenapa kerikil kecil lumayan kerasa
- gampang banget bocor, malah ada yg sobek di tapaknya
So far kembangnya nyampe sekarang masih tebel sih dibanding oemnya yg 3 tahun udah botak abis, apa karena jarang jalan kali ya hahaha... Tapi gampang bocornya itu yg bikin males
Sekalian mau nanya, yg udah pernah pake BS Dueler H/T di Innova impresinya gimana ya? Soalnya kalo diliat keren jg kalo pake ban agak tebelan
Dueler HT yg ukuran 215/70R15 sih secara tampilan kurang oke ya, pattern nya jelek & sidewall nya sedikit membulat, jd kurang gagah.
Dueler HT yg tampilannya lumayan sih yg 205/70R15, atau sekalian pake Dueler HL ukuran 235/70R15.
Kalo mau ban pacul bisa coba pake 215/70R15 atau 235/70R15 pake Dueler AT.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
Misi semua,mau tanya antara falken sincera vs hankook kinergy ex.. lbh bagus mana ya? Oh ya ukurannya 175/65/R14 buat agya.. ane mau ganti 4 ban akhir bulan ini.. pnggunaan sh cm dlm kota doang.. kalo tol jg max 100 doang.. thanks all..
azure wrote: Sat Apr 07, 2018 8:11
Misi semua,mau tanya antara falken sincera vs hankook kinergy ex.. lbh bagus mana ya? Oh ya ukurannya 175/65/R14 buat agya.. ane mau ganti 4 ban akhir bulan ini.. pnggunaan sh cm dlm kota doang.. kalo tol jg max 100 doang.. thanks all..
Sama2 ban eco masbro, menurut saya mana aja yy lebih murah. sincera ada independent test ADAC sih hasilnya bagus urutan 3 apa ya kalau ga salah. Hankook EX pengalaman disini pd bilang empuk, tp kalau high speed ada juga yg bilang limbung.
Kalau ga salah om 'Kenop' pake >50k KM deh tuh si hankook. Kali2 bapak kenop lg liat ni thread, waktu dan tempat dipersilahkan
azure wrote: Sat Apr 07, 2018 8:11
Misi semua,mau tanya antara falken sincera vs hankook kinergy ex.. lbh bagus mana ya? Oh ya ukurannya 175/65/R14 buat agya.. ane mau ganti 4 ban akhir bulan ini.. pnggunaan sh cm dlm kota doang.. kalo tol jg max 100 doang.. thanks all..
Sama2 ban eco masbro, menurut saya mana aja yy lebih murah. sincera ada independent test ADAC sih hasilnya bagus urutan 3 apa ya kalau ga salah. Hankook EX pengalaman disini pd bilang empuk, tp kalau high speed ada juga yg bilang limbung.
Kalau ga salah om 'Kenop' pake >50k KM deh tuh si hankook. Kali2 bapak kenop lg liat ni thread, waktu dan tempat dipersilahkan
Thanks masbro buat info nya.. kinergy ex awet jg ya mpe 50k ms bs dpake.. GT radial bawaan agya aj br 41k ud mau dkt ama TWI.. haha.. nah,ane jg dah liat test ny di ADAC,si falken ini menang best allround tire di http://www.tyrereviews.co.uk/Article/20 ... 65-R14.htm. tapi ya buat kawasan asia lum tau jg.. ada yang pernah pake kah falken sincera ini?
Oh ya disitu ad angka rolling resistance,definisi angka itu apa ya? Makin kcil makin lbh "eco" karena hambatan yg makin kcil, jd si ban bisa gelinding lbh jauh? CMIIW
azure wrote: Sat Apr 07, 2018 13:48
Thanks masbro buat info nya.. kinergy ex awet jg ya mpe 50k ms bs dpake.. GT radial bawaan agya aj br 41k ud mau dkt ama TWI.. haha.. nah,ane jg dah liat test ny di ADAC,si falken ini menang best allround tire di http://www.tyrereviews.co.uk/Article/20 ... 65-R14.htm. tapi ya buat kawasan asia lum tau jg.. ada yang pernah pake kah falken sincera ini?
Oh ya disitu ad angka rolling resistance,definisi angka itu apa ya? Makin kcil makin lbh "eco" karena hambatan yg makin kcil, jd si ban bisa gelinding lbh jauh? CMIIW
Awet/gak tergantung berbagai faktor sih mas. Salah satunya jalanan, kalau jalanan mulus atau sedikit saja berlubang kemungkinan besar awet. Kalau jalanan sering beton, rusak berat biasanya sih lebih cepet abis. Bridgestone Ekopicrottt-150 saya dulu bisa bertahan 40 ribuan KM dengan jarak TWI masih ada sisa 2mm, ya kalau mau mentokin TWI bisa 50-60k dah ya. Tapi ada juga yg cuman 30ribu udah sentuh TWI. Faktor lainnya, ya bobot si mobil sendiri, kasar/halusnya si pengemudi, dll.
Kalau test ADAC, yang dilihat total score, oleh karena itu setiap test section makin tinggi angkanya maka makin baik. Jadi nilai makin tinggi justru rolling resistance makin rendah, which is good bagi yang mementingkan hambatan gelinding harus kecil.
Btw, Dunlop R1 ga tertarik mas? Murah juga macem Enasave 300 (atau bahkan lebih murah R1 ya?) tapi lebih empuk sedikit. Toh pemakaiannya dalam kota kan ya, asal gelinding aja pokoknya. Ngintip2 sedikit di tyrepac ada juga tuh BS Turanza AR20 di harga 680 ribuan. Kalau agak longgar dananya, sekalian saja BS Turanza AR20 daripada pake ban eco eco.
Wongsuroboyo wrote: Sun Apr 01, 2018 2:03
Saya baru pake xpander ulti dapat ban dunlop enasave, roadnoise nya terasa banget bisingnya, kalo mau di ganti yg silent dan empuk, pake apa yg affordable, mungkin ada saran dari yg sdh ganti ban, tq infonya om
205/55 R16 ya? Kalau mau cuman silent and empuk bisa coba Continental CC6. Kalau mau peningkatan grip sekaligus ada tuh ukurannya si Michelin Primacy 3st tp harganya 1 juta lebih dikit per ban kalau Michelin. Hankook ada yg Ventus S1 Noble2 juga kisaran 700 ribu per ban (bukan yg V2 concept ya yang lebih murah).
Ya om, 205/55r16, rencana sih pengen ganti velg 17 dengan ban215/60r17 , atau cuman ganti ban aja 215/60r16, untuk kenyamanan berkendara prefer yg mana om? Mohon infonya, trims
azure wrote: Sat Apr 07, 2018 13:48
Thanks masbro buat info nya.. kinergy ex awet jg ya mpe 50k ms bs dpake.. GT radial bawaan agya aj br 41k ud mau dkt ama TWI.. haha.. nah,ane jg dah liat test ny di ADAC,si falken ini menang best allround tire di http://www.tyrereviews.co.uk/Article/20 ... 65-R14.htm. tapi ya buat kawasan asia lum tau jg.. ada yang pernah pake kah falken sincera ini?
Oh ya disitu ad angka rolling resistance,definisi angka itu apa ya? Makin kcil makin lbh "eco" karena hambatan yg makin kcil, jd si ban bisa gelinding lbh jauh? CMIIW
Awet/gak tergantung berbagai faktor sih mas. Salah satunya jalanan, kalau jalanan mulus atau sedikit saja berlubang kemungkinan besar awet. Kalau jalanan sering beton, rusak berat biasanya sih lebih cepet abis. Bridgestone Ekopicrottt-150 saya dulu bisa bertahan 40 ribuan KM dengan jarak TWI masih ada sisa 2mm, ya kalau mau mentokin TWI bisa 50-60k dah ya. Tapi ada juga yg cuman 30ribu udah sentuh TWI. Faktor lainnya, ya bobot si mobil sendiri, kasar/halusnya si pengemudi, dll.
Kalau test ADAC, yang dilihat total score, oleh karena itu setiap test section makin tinggi angkanya maka makin baik. Jadi nilai makin tinggi justru rolling resistance makin rendah, which is good bagi yang mementingkan hambatan gelinding harus kecil.
Btw, Dunlop R1 ga tertarik mas? Murah juga macem Enasave 300 (atau bahkan lebih murah R1 ya?) tapi lebih empuk sedikit. Toh pemakaiannya dalam kota kan ya, asal gelinding aja pokoknya. Ngintip2 sedikit di tyrepac ada juga tuh BS Turanza AR20 di harga 680 ribuan. Kalau agak longgar dananya, sekalian saja BS Turanza AR20 daripada pake ban eco eco.
Haha.. kalo budget sh ane max 500 1 ban.. dunlop R1 dibawah 500 sh memang kmaren.. tp ms cari2 info soal dunlop R1,biasanya enasafe yg lbh bnyk review nya.. ad pngalaman masbro sama dunlop R1?
Liat2 d page blkg momod chz pake sincera jg kayanya.. om mod sampe kmrn post sh masi positif sama sincera.. tau skrg apa ad prubahan..