Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Kalo boleh tanya lagi, gw mau nanya...
Gw mau turun mesin setengah (sekir klep) mobil gw, alesannya mesin mobil gw udah pincang, dan suaranya ada bunyi tek..tek...tek...
Kata montir-montir yang gw tanya, ini mesin perlu di sekir klep, n sampe sekarang mesin gw makin parah, yang tadinya cuma pincang satu trus merembaet jadi 2 yang pincang... Kok bisa yah..?!
Mau tanya, sekir klep itu diapain aja sih?? (Sori nih awam bgt.. )
Dan kira-kira alat-alat atau spare part apa saja yang biasanya kena ganti?? (mobil gw corolla twincam 90)
Apa sekir klep itu perlu bubut segala??
Ada yang tau gak harga kira-kira ongkos kerja relatifnya berapa??
awunk wrote:
Mau tanya, sekir klep itu diapain aja sih?? (Sori nih awam bgt.. )
Dan kira-kira alat-alat atau spare part apa saja yang biasanya kena ganti?? (mobil gw corolla twincam 90)
Apa sekir klep itu perlu bubut segala??
Ada yang tau gak harga kira-kira ongkos kerja relatifnya berapa??
ThanX Be 4...
1.skir klep dibutuhkan karena dudukan katup udah bocor karena usia dan pemakaian ,yg di skir atau dihaluskan kembali bisa lihat gambar
2.yg diganti meliputi paking kepala silinder ,seal seal seluruh klep dan mungkin kalo ada klep yg rusak atau tidakbisa di bersihkan lagi maka klep tersebut harus diganti
3.bila ditemukan cylinder head bengkok maka perlu dilakukan pembubutan ,bila kebengkokan diluar toleransi maka cyllinderhead harus diganti
4.ongkosnya bervariasi tergantung bengkelnya..
ada teman2 yg bisa nambahin?...
terima kasih
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Equalizer wrote:Liftback ya mas ..
udah berapa bengkel yang ditanyain mas ?
Gimana kalo langsung ganti ke mesin 4A-GE aja
Yup...
Kira-kira udah nanya 2 bengkel, n 4 montir... hehe...
Maunya sih gitu, tapi masalahnya di fulusnya mas, gw dah nanya kisaran harga mesin 4A-GE sekitar 7-10 juta rp. Kalo memang ternyata udah parah n mesti sampe turun mesin (overhaul), nah mendingan ganti mesin skalian..
Om, bagaimana kalo sekir klepnya gak segera?? Apa akan ngaruh ke yang lainnya?? Atau akan semakin parah dan merembet ke klep atau ke cylinderhead lainnya??
Soalnya mobil ini udah lama pincang, tarikannya gak nentu kadang enteng kadang berat, trus pas dicoba di tol makin banci aja, top speed nya nurun drastis cuma bisa sampe 120-130 km/jam..
merembetnya bisa kemana mana,dikarenakan getaran dan kerja mesin yg sudah abnormal sehinggga bisa aja lama2 klepnya bisa terbakar semua sebaiknya jangan tunggu lama2 deh...mendingan buruan skir klep dulu sambil dicek piston dan blok mesinya...paling enggak mesin bisa enakan dikit memberi waktu buat anda berpikir2 mau overhaul sekalian atau ganti mesin...
gw pernah ngalami mesin pincang, dan gw selidiki ternyata karena kabel businya ada yg mati, saat di test pake ohm-meter/multi tester tidak ada arus sama sekali pada kabel busi yg mati tsb. begitu ganti baru pincangnya hilang. so ...... sebaiknya dicheck dulu system pembakarannya, bisa jadi kabel businya ada yg mati, ato juga bisa jadi businya udah ada yg mati dan waktunya ganti.
kumpul ora kumpul ... seng penting mangan ben ora kaliren
bener kata boplang, kalo cuman masalah pincang biasanya ada masalah dgn sistem pengapian, entah dari busi, kabel busi, sampe cdi, maksudnya ada salah satu silinder yg nggak berfungsi karena nggak ada pengapian di silinder itu, makanya mesin pincang.
kalo skir klep kejadiannya selain kompresi udah nggak normal, ada yg paling gampang ngerasainnya, pas kunci kontak dimatiin mesin masih nyala (matinya susah), ini artinya udah banyak kerak di ruang bakar, makanya ruang bakar kudu dibersiin, termasuk bersiin klepnya.
Jadi chek dulu sistem pengapiannya sebelum belah mesin.
Tapi udah diperiksa montir seblomnya, busi serta kabel businya no problem, cuma kabel busi udah agak melemah tapi dikit.. tinggal cdi yang blom dicek..(abis agak susah, soalnya mesti ke bengkel khusus..).
Soal kunci kontak, mesin kayaknya masih normal matinya.
Waktu itu pernah stasioner diset pada 700-800 rpm, tapi tak lama setelah itu kira-kira 2 bulan, stasioner turun sendiri jadi 400-500 rpm. Sesudah itu, sempet saya bawa tune up karburator (di Yono, Taman Mini), ketika itu tarikan sempet bagus, tapi cepet kembali lemah setelah 3 mingguan. Kira-kira itu kenapa yah kok bisa gitu??
Jadi binunn..
ya benar saya kira kalo bengkel yg baik ga akan langsung vonis skir klep pasti dia periksa bagian2 luar dahulu,...saya kira ga ada salahnya segera belah mesin agar segera diketahui penyebabnya...
Saya pernah punya twincam, soal bunyi tektek bukan dari mie tektek tetapi dari koin pendorong katup.
Mobil konvensional pake sistem pelatuk dan twincam ini pake sistem koin. Bisa jadi koinnya sudah tipis sebagian sehingga ada sebagian silinder bukaan katupnya tidak maksimal dan akibatnya mesinnya pincang.
FYI, efek negatif bila katup diskir biasanya suara klep akan lebih berisik sedikit......hehe.....
Suara tektek..tek itu kayaknya sih knocking abis kayak diketok-ketok mulu.. heheh..., tapi biasanya bunyi kayak gitu kalo lagi pas pertama mesin diidupin atau dipanasin. Trus kalo udah kira-kira 10-15 menitan baru knockingnya agak ilang. Dan sekilas mesinnya kedengaran agak kayak mesin diesel gitu.
hehehehe bang didin tepatnya sih kalo istilah sekolaan saya koin itu namanya SHIM ato pengganjal,kayaknya si koin itu ga bakalan tipis deh ,yg terjadi sebenarnya kan camshaft dan rumah shim nya aus oleh umur dan itulah yg menyebabkan jaraknya jadi jauh dan menimbulkan bunyi sehingga shim nya harus ditambah agar clereance katup kembali normal ,kalo uda panas baru suaranya agak hilang ya wajar karena sirkulasi oli yg sudah merata dan suhu mesin yg sudah panas
wuah....saya punya nissan coupe taun 1990 mesin twin cam...suara mesinnya juga kasar sekali, ada juga yang bilang karena bearing tensioner timing belt!
apa bisa suara kasar itu karena shimnya juga?kalo diganti shim yang lebih gede apa bisa diambil dari mobil lain?
kalo mau ganti mesin rujukannya dimana ya?
alamat?
kalo bearing tensioner sih tepatnya bukan menimbulkan suara kasar tapi berisik.....sseeeerrrrrrrrrrrr gitu kan?....jadi bukan suara klotakan macam valve sistem yg rusak, cara satu2 nya ya tensionernya ganti baru dong, harganya ga mahal dan bengkel2 tau benar caranya karena tensioner timing belt termasuk fast moving parts,seperti juga timing beltnya sendiri,sebaiknya biar aman dan ga repot ganti timing belt berikut tensionernya.....
wuah saya lupa kasih tau ya...suaranya kayak kreeeeeekkkkk gituu.....
kasar2nya seperti itu lah kira2nya nah kalo dijalankan konstan pada 300rpm keatas di dalam kabin terdengar suara mendengung..
saya juga bingung soalnya suara bearingnya nda seperti misalnya suara bearing kompresor ac yang rusak
saya sangat berminat mencari mesin ex luar negeri dimana ya kalo mencari?
ya cek aja dulu kebengkel jangan ditunda tunda...karena ada beberapa suara kasar yg mirip.....antara lain:
-waterpump rusak
-tensioner timing belt aus
-bearing Alternator
-bearing AC
orang bengkelnya ngecek pake alat yg mirip stetoskop dokter itu loh tiap bagian yg bergerak dia dengar dengan seksama, jadi ga bakal salah analisis...
buat temen2 yg lain ada yg bisa bantu steve soal ganti mesin?........
kalo yang laen2 sih rasane enggak soalnya suaranya seputar mesin aja bukan ac, alternator, dll tapi di bagian tensioner, mau lepas tuh susah soalnya mobilnya kecil jadi kalo mau bongkar susah n lama....jadi enakan konsultasi dulu sblm maen bongkar