http://www.otomotifnet.com/otoweb/inclu ... ar_id=4807
06-05-2009 08:45Test DriveTest Drive Chevrolet
Captiva Diesel AWD
OTOMOTIFNET - Chevrolet
Captiva Diesel AWD yang merupakan SUV terbaru PT General Motor AutoWorld Indonesia (GMAWI). Diposisikan sebagai varian flagship
Captiva di Tanah Air, versi all-wheel drive ini memiliki segudang fitur menggiurkan.
Sejak memasuki interior SUV AWD Chevrolet ini, kesan berbeda telah hadir. Balutan kulit berwarna beige dipadu dengan wood panel memberikan kesan mewah di kabinnya. Untuk mendapatkan posisi berkendara ideal, pengemudi dapat langsung mengaturnya kursi secara elektrik.
Semakin asyik karena tombol pengaturan di setir kini telah tersedia sehingga pengemudi dapat lebih mudah mengontrol berbagai pengaturan audio. Begitu pula cruise control yang juga menjadi kelebihan Medium SUV ini ketimbang kompetitornya.
Penggerak empat roda menjadi berita terbesar dalam hadirnya SUV Chevcrolet ini tentunya. Performa penggerak all-wheel drive dengan klasifikasi on-demand ini lebih berorientasi terhadap faktor keamanan berkendara. Pasalnya pengerak dua roda belakang memberikan traksi lebih baik saat menghadapi jalan licin di kala hujan maupun lumpur.
Terbukti saat mobil ini kami tes di jalan licin, roda belakang langsung terkoneksi dengan tenaga mesin ketika salah satu roda depan menemukan gejala selip. Kontrol traksi bekerja secara simultan ketika sensor mendeteksi terjadinya gejala selip maupun saat mobil mulai bergeser. Alhasil, pengemudi pun kian percaya diri meski bermanuver di jalan licin sekalipun.
Apalagi teknologi tersebut dipadu dengan dapur pacu diesel berkapasitas 1.991 cc yang dilengkapi variable geometric turbocharger. Besarnya tenaga yang mencapai 150 dk dan torsi sebesar 320 Nm membuat penggerak empat roda menjadi pilihan sempurna. Gejala spin yang kerap terjadi pada
Captiva Diesel berpenggerak dua roda depan, dapat diminimalkan dengan membagi tenaga mesin ke roda belakang di versi 4x4 ini.
Namun ini berdampak pada performa akselerasinya. Saat pedal gas ditekan penuh, maka seluruh roda depan dan belakang menerima tenaga mesin yang setara. Hal ini membuat kerugian gesekan semakin tinggi dan berdampak pada kemampuan akselerasi
0-100 km/jam yang hanya mencatat
11,9 detik – atau lebih lambat 1,4 detik dari versi 2-wheel drive.
Untunglah, kerugian gesekan ini tidak terjadi ketika
Captiva melaju konstan. Sebab, teknologi ini hanya hadir ketika diperlukan. Saat melaju di jalan bebas hambatan dengan kecepatan sekitar 100 km/jam,
Captiva AWD ini mampu menempuh jarak 12,04 km untuk satu liter solar.
Berita baik lainnya, Chevolet juga melengkapi fitur
hill descent control. Saat kami coba pada jalan menurun dengan sudut sekitar 300, laju kendaraan tertahan pada kecepatan maksimum 15 km/jam. Namun pihak GM mengklaim bahwa kecepatan tersebut dapat berubah sesuai tingkat kecuraman sudut jalan.
Dan untuk membedakan flagship termewah Chevrolet ini, dapat terlihat dari overfender yang sewarna bodi dan penggunaan pelek alloy berdiameter 17 inci. Serta harga yang mencapai angka Rp 400 jutaan.
Chevrolet
Captiva 2.0 VCDi AWD
Mesin: 1.991 cc 4 silinder turbodiesel, 150 dk
0-100 km/jam: 11,93 detik
Konsumsi bbm kombinasi: 12,04 km/l
Harga: Rp 400 juta (estimasi)
Rival :
Ford Everest TDCi
Mesin: 2.499 cc 4 silinder, 143 dk
0-100 km/jam: 11,93 detik
Konsumsi bbm: N/A
Harga: Rp 366,2 juta
(+): Tongkat selektor 4x4, mampu mengonsumsi solar biasa, kapasitas 10 penumpang
(-): Hanya tersedia versi manual, bantingan suspensi lebih keras, posisi bangku baris ketiga
First opinion
Kemampuan AWD on-demand yang dimilikinya lebih diperuntukkan bagi faktor safety seperti menghadapi jalan licin. Namun bukan haram diajak bermain off-road ringan. Meski tak direkomendasi, mesin VCDi masih bisa meminum Solar biasa jika Pertamina DEX tak tersedia. Sebagai antisipasi, Chevrolet mempersiapkan perawatan khusus bagi
Captiva diesel di Indonesia, yaitu pembersihan injektor dan tangki bahan bakar setiap 15 ribu kilometer.
Sekilas pandang
•
Captiva diesel AWD diperkirakan hadir di pertengahan Mei mendatang
• Harga jualnya sekitar Rp 400 juta
• Satu-satunya Medium SUV AWD dengan mesin diesel dan bertransmisi Tiptronic di Tanah Air
Penulis/Foto: Andy Tinggogoy / Aditya Indra, Pekik Udi Irianto