weekend kemarin bandingin tiga-tiganya, seharian masuk showroom mazda
biante, nissan serena, toyota nav1..
ini review sedikit dari nubie dan bener2 in my and my fams opinion ya..
mazda
biante:
(-) jok tengahnya cukup lebar, sayang jok tengah arm rest nya cuma sisi luar
duduk di cabin - plafonnya paling tinggi, cuma plafon paling plain
gak ada monitor tengah
gak auto door lock
tempat penyimpanan paling dikit
jok baris ke-3 cuma bisa disorong ke depan, gak bisa dilipet, posisi duduknya paha gantung
posisi nyetir duduk tinggi, tapi kok tetep agak rendah ya, jadi dekat sekali dengan setir, agak bingung posisi nyetirnya
gak ada sensor parkir
gak ada shift lock, utk parkir paralel
(+) over all sepertinya mobil ini lebih lebar dari kompetitornya, di spec memang paling lebar
ban serep di dek kabin belakang, space saver, IMHO lebih gampang ngambilnya, tapi dek belakang jadi gak bisa jadi tempat penyimpenan
lampu projektor, HID, autolevel
ac dengan ion-nanoe
HU alpine cukup baik, audio kontrol di setir, parking camera
built quality dan bahan jok halus, cuma warnanya putih terang banget, mobil test drive aja dah keliatan jorok
indikator eco di speedo kalau kita sudah nyetir eco
nissan serena HWS:
(-) tipe HWS dengan bodykit disamping jadi makin rendah mobilnya
IMHO bagi saya bahan joknya gak suka, bahannya bukan model halus seperti di kompetitornya
IMHO lebar kabin kalah dengan
biante, tapi sepertinya lebih panjang
built quality masih kurang dibanding
biante dan nav1
pas nutup pintu2, IMHO lebih terasa kaleng, gak 'jleb', apa nanti kesenyapan akan berkurang dari yg lain, krn gak nyoba secara lama
jok tengah pada saat konsol tengahnya didepan, tanpa arm rest dikedua sisi
posisi ban serep di kiri jok depan
HU tanpa sedikit pun tombol agak repot, apalagi gak ada kontrol audio di setir, parking camera
sepertinya ac belum dengan ion
(+) tempat duduk SMART nya bener2 smart, keren banget
banyak tempat penyimpanan, karena gak ada ban serep di dek belakang, maka dek belakang punya tempat yg luas
jok baris ke-3 bisa dilipat, yg mau bawa sepeda dan barang2 besar gak perlu ragu
posisi duduk di jok tengah cukup tinggi, gak khawatir paha gantung
posisi nyetir tinggi, terasa pas, tapi posisi setir agak seperti minibus ya, apa posisi setir harus benar2 dibawah
6 airbag, dikompetitornya gak ada
lampu sudah xenon, autolevel, tapi tanpa projektor
monitor tengah besar
krey kaca samping
ada meja lipat dan cup holder di belakang kedua jok depan
ada parkir sensor
cruise control
ada eco mode, dan digital speedo dengan indikator injekan pedal gas, bisa tau kita sudah sekolah kaki kanan gak nih
toyota nav1:
(-) paling kecil dari kompetitor, liat spec memang paling pendek
kursi baris ke-3 akan lebih sempit, dan bagasi belakang paling pendek
tipe G nya belum immobilizer, gak ada fog lamp, tanpa smart entry
paling mahal diantara kompetitor, even kaca film masih dikasih kayak kijang innova, kalau mau vkool ada yg namanya nav1 lux
eksterior luar paling IMHO paling gak banget, boxy sekali
dashboard sangat plain
ban serep seperti serena
velg paling kecil, 15", dan terlihat paling kurus utk velg dan ban nya
paling minim fitur, seperti autolamp, autolevel, auto wiper, lampu standar dengan projektor, lupa apa lagi, dah gak semangat liatnya
(+) jok tengah captain seat, dengan arm rest dikedua sisinya, bisa diputar2 kursinya menghadap depan/belakang/samping
built quality bagus, bahan jok halus, warnanya krem muda, gampang kotornya sama kayak
biante
HU model fortuner, sudah dengan navigasi, dan audio kontrol di setir, parking camera
monitor di tengah
parkir dan corner sensor
jok baris ke-3 dilipat seperti serena, tapi paha tetap gantung
tempat penyimpanan juga cukup banyak, ada tempat di dek belakang juga seperti serena, tapi gak sebesar serena
katanya sudah ac dengan ion generator, cuma gak bisa dibuktikan
posisi nyetir gak setinggi serena, IMHO lebih seperti nyetir kijang innova
kesimpulan keseluruhan
eksterior saya suka
biante lebih futuristik
interior saya suka
biante lebih lebar, bahan jok halus, built quality oke
fitur saya suka serena 6 airbag, bangku SMART, monitor ditengah besar, penyimpanan banyak, meja lipat, dan masih banyak lagi
ride saya suka posisi nyetir nav1
handling dan suspensi saya suka
biante, terasa pas, nyaman dan hening
oh ya satu lagi,
biante masih pakai transmisi matic konvensional 5 speed, sedangkan kompetitornya sudah CVT
biante juga pakai power steering hidrolis yg sepertinya juga masih konvensinal
teknologi mesin 11-12 yah, ada yg pakai valvematic, ada yg injeksi langsung.. tapi ketiganya memang bukan utk dipacu ya.. lebih berasa mobil keluarganya..
apakah dengan kekonvensionalan nya si
biante ini, maka
biante akan lebih kuat utk tipikal orang dan jalan di Indonesia?
untuk yang consider mencari medium mpv, suka eksterior yg gak terlalu boxy maka ambil
biante
suka dengan segala gimmick dan fitur full nya, ambil serena
untuk nav1 sepertinya harus berbenah diri, gak hanya mengandalkan nama besar toyota, toh nav1 pakai mesin jenis baru dan transmisi baru, yg belum dipakai dijenis toyota mana pun, sehingga konsumen mestinya lebih bisa memilih mana yg terbaik, bukan hanya dari brand nya..
sepertinya kami pun akan coba nego
biante, berhubung unit 2012 masih ready, lagi coba bargain..