NYoman wrote:AD74YA wrote:NYoman wrote:
..long trip to bali terasa nyaman tanpa suara dengung dari ban walaupun saya belum pasang peredam lagi, paling banter yang terasa suara dari knalpot yang masuk ke kabin..
over all
michelin latitude tour sangat baik, di gunakan di jalanan bali yang banyak berkelok tajam saya lewati dengan kecepatan tinggi sangat stabil..
mungkin kekurangannya cuma di harganya yang ga nahan..tapi bener, driving experience nya sangat baik..

worth bagi yang ingin ganti ban oem (apalagi dunlop) hhe
lho ente dah ganti?.... kayaknya kalo masih baru masih belum terlalu terasa grip nya.. ntar setelah 1000 km baru deh... gripnya mantaps...
nah pas pulang dari bali (sudah ganti lagi ke
latitude) km ban sudah hampir 700km an..nah jalan dari buleleng menuju ke gilimanuk penuh kelokan tajam dan sedikit menanjak..saat belokan pada kecepatan tinggi sangat terasa gripnya..beda bgt lah driving experiencenya sama dunlop hhe
* first, omong2 ini bukan thread iklan kan? ...klao iya, mohon maaf yaa...bukan bermaksud.
sekian (byk) tahun yg lalu, temen gw (yg jg cukup sering experimen dg ban) dia pakai
michelin...lupa entah type apa. tp mestinya mmg bukan
latitude....dia reviewkan ke gw: memang gripnya
michelin yg dia pakai itu baguss, ...pada saat dry.... tapi ketika jalanan basah, gripnya michelinnya itu cukup membuatnya khawatir ...
dan setelah cukup lama memakai dan mengamatinya, itulah kesimpulan yg dia tarik: karakteristik
michelin mmg gripnya bagus pd saat dry, bisa lbh bagus drpd bridgestone.... tp di wet road, cukup mengkhawatirkan.
(lalu dia berganti ke bridgestone lagi)
dan pemikiran gw jg langsung terhubungkan dg analogi dan kenyataan yg terjadi di Formula 1 bbrp tahun silam, di musim balapan/tahun2 dimana
Michelin dan Bridgestone sama2 berada dlm satu track.... pd saat itu, rata2, ketika dry race maka team2 dg ban
Michelin performanya sangat bagus, .... namun jika wet race,
Michelin menjadi berantakan....ban intermediate atau full-wet-tyre nya Bridgestone rata2 melaju dg lebih baik mengatasi aquaplanning...
selain itu, karakteristik lain yg termunculkan adalah:
- pada balapan di eropa ...yg notabene iklim eropa tu "sejuk"...
Michelin (slick) biasanya lbh handal drpd Bridgestone (slick)...(*slick di F1 kini = sebenarnya grooved)
- sedangkan pada saat cuaca panas menyengat (misalnya sirkuit Sepang, suhu track di atas 33an celcius), maka Bridgestone akan lbh berjaya...
Michelin compound lbh cepat tergerus dan performanya drop lbh cepat/duluan.
memang yg gw ceritakan itu bukan spesifik
Latitude,
tapi, situasi2 tersebut itu lah, yg lalu sampai saat ini membuat gw pribadi selalu ragu mencoba2
Michelin....
dg kata lain, gw mempunyai "keyakinan" bhw utk iklim dan cuaca kita yg spt ini, maka Bridgestone masih lah ban yg paling cocok, paling balance antara wet n dry use....
tp, apakah "keyakinan" gw itu msh relevan sampai skrg ya ??
.