Re: Serba Serbi Ban Part 4

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
12punch
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 310
Joined: Wed Apr 10, 2019 8:58
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mazda 6 2017

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by 12punch »

Wkwkwk pusing ban oem mazda 6 : 225/45/R19, michelin pilot sport 4 di 4 juta 1 bannya ,

Accelera phi ban bagus ga si om?

apa turunin velg ke 18 aja ye? Biar nyari bannya gampang
Ada rumus2 tertentu kah buat nentuin lebar velg dan lebar ban biar fitmentnya oke?

Original mazda 6 kalo ga salah
Velg : lebar 7.5 et 45
Ban : 225/45/r19

Kalo turun ke 18 atau naik ke 20 bagus pake lebar dan ukuran brp ye?

Lalu velg mending depan belakang rata, atau beda lebarnya?
" In times of crisis, we stand united! “
- Ford Fiesta MK 7 Sedan 2012
- Mazda 6 Sedan 2017
xfraps
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 116
Joined: Wed Dec 04, 2019 12:38

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by xfraps »

Suryaputra wrote: Mon Oct 02, 2023 0:12
xfraps wrote: Sun Oct 01, 2023 18:36 sharing dikit, abis ganti ban depan ke lm705 ukuran 225/55/17 (sblm nya turanza)

-pas lewat jalan kriting rasa nya stabil/tenang, sblm nya narik2 liar gitu
buat nyalip2 jadi lebih pede
-untuk ke-empukan nya, masih empukan lm705
-trus ini ban, kalo kita injek gas terus lepas, dengan speed yg sama, lebih meluncur/nyelonong
alhasil ngerem harus lebih niat :big_biglaugh: ,
ini faktor rolling resistance ya? ane kurang paham klo ini :mky_01:
Karakter nyaman ban asli untuk daily use, ketauan setelah 5rb km ke atas.

Krn klo skrg, lbh ke efek ban lama, mendekati TWI, pasti lbh berisik... trus ganti ban baru.

Yg penting jaga tekanan ban jgn di bawah 32 psi.
Max 40 psi.

Rentangnya 32 ~ 40 psi
turanza yg kmaren beli bulan juli om
pake 3bulanan brarti
abis ganti 705 brasa beda rolling resist nya

kalo GY atm2 rolling resistance nya mirip turanza kali ya om?
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12527
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Suryaputra »

xfraps wrote: Fri Oct 13, 2023 1:59
Suryaputra wrote: Mon Oct 02, 2023 0:12
xfraps wrote: Sun Oct 01, 2023 18:36 sharing dikit, abis ganti ban depan ke lm705 ukuran 225/55/17 (sblm nya turanza)

-pas lewat jalan kriting rasa nya stabil/tenang, sblm nya narik2 liar gitu
buat nyalip2 jadi lebih pede
-untuk ke-empukan nya, masih empukan lm705
-trus ini ban, kalo kita injek gas terus lepas, dengan speed yg sama, lebih meluncur/nyelonong
alhasil ngerem harus lebih niat :big_biglaugh: ,
ini faktor rolling resistance ya? ane kurang paham klo ini :mky_01:
Karakter nyaman ban asli untuk daily use, ketauan setelah 5rb km ke atas.

Krn klo skrg, lbh ke efek ban lama, mendekati TWI, pasti lbh berisik... trus ganti ban baru.

Yg penting jaga tekanan ban jgn di bawah 32 psi.
Max 40 psi.

Rentangnya 32 ~ 40 psi
turanza yg kmaren beli bulan juli om
pake 3bulanan brarti
abis ganti 705 brasa beda rolling resist nya

kalo GY atm2 rolling resistance nya mirip turanza kali ya om?
Itu hrs coba di mobil yg sama

Sy blm prnh coba t005a

Ban eco sekelas dunlop ec300+
Itu lbh gelinding, keras dan rada floaty.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
AdrBee
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 20
Joined: Thu May 25, 2023 8:01
Location: Jakarta
Daily Vehicle: CRV 2010 dan Altis 2015

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by AdrBee »

Izin update atas masukan dari rekan-rekan SM,

Akhirnya pagi ini ganti ban bawaan ke Michelin Primacy 4 di Pitstop Karawaci dengan DC 1,685K per ban.
IMG_0757.jpeg
Ban bawaan Turanza ER33 udah makan dikedua sisi dan memang udah minta pensiun di KM 71K.
Setelah coba jalan rasanya setir lebih ringan, tapi untuk keempukan dan lainnya mungkin akan saya update setelah selesai masa break-in ban barunya.
Thanks rekan-rekan SM.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12527
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Suryaputra »

AdrBee wrote: Fri Oct 13, 2023 3:26 Izin update atas masukan dari rekan-rekan SM,

Akhirnya pagi ini ganti ban bawaan ke Michelin Primacy 4 di Pitstop Karawaci dengan DC 1,685K per ban.
IMG_0757.jpeg
Ban bawaan Turanza ER33 udah makan dikedua sisi dan memang udah minta pensiun di KM 71K.
Setelah coba jalan rasanya setir lebih ringan, tapi untuk keempukan dan lainnya mungkin akan saya update setelah selesai masa break-in ban barunya.
Thanks rekan-rekan SM.
pressurenya sudah sesuai instruksi manual ya mbah?
36 psi?
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
AdrBee
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 20
Joined: Thu May 25, 2023 8:01
Location: Jakarta
Daily Vehicle: CRV 2010 dan Altis 2015

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by AdrBee »

Suryaputra wrote: Fri Oct 13, 2023 3:31
AdrBee wrote: Fri Oct 13, 2023 3:26 Izin update atas masukan dari rekan-rekan SM,

Akhirnya pagi ini ganti ban bawaan ke Michelin Primacy 4 di Pitstop Karawaci dengan DC 1,685K per ban.
IMG_0757.jpeg
Ban bawaan Turanza ER33 udah makan dikedua sisi dan memang udah minta pensiun di KM 71K.
Setelah coba jalan rasanya setir lebih ringan, tapi untuk keempukan dan lainnya mungkin akan saya update setelah selesai masa break-in ban barunya.
Thanks rekan-rekan SM.
pressurenya sudah sesuai instruksi manual ya mbah?
36 psi?
Tadi sama teknisinya diisi 33-35 psi om.
Yg wajar buat Venturer berapa ya?
Sama tadi gajadi naik ukuran ke 215/60 R17 karena selisih kurleb 200K per ban :big_childish:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12527
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Suryaputra »

AdrBee wrote: Fri Oct 13, 2023 3:53
Suryaputra wrote: Fri Oct 13, 2023 3:31
AdrBee wrote: Fri Oct 13, 2023 3:26 Izin update atas masukan dari rekan-rekan SM,

Akhirnya pagi ini ganti ban bawaan ke Michelin Primacy 4 di Pitstop Karawaci dengan DC 1,685K per ban.
IMG_0757.jpeg
Ban bawaan Turanza ER33 udah makan dikedua sisi dan memang udah minta pensiun di KM 71K.
Setelah coba jalan rasanya setir lebih ringan, tapi untuk keempukan dan lainnya mungkin akan saya update setelah selesai masa break-in ban barunya.
Thanks rekan-rekan SM.
pressurenya sudah sesuai instruksi manual ya mbah?
36 psi?
Tadi sama teknisinya diisi 33-35 psi om.
Yg wajar buat Venturer berapa ya?
Sama tadi gajadi naik ukuran ke 215/60 R17 karena selisih kurleb 200K per ban :big_childish:
cb cek ajah manual di pinggir pintu driver,
karena klo terlalu rendah / di bawah standard manual, bisa habis duluan sisi kiri kanan ban luar.

dan handling nya berkurang.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
AdrBee
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 20
Joined: Thu May 25, 2023 8:01
Location: Jakarta
Daily Vehicle: CRV 2010 dan Altis 2015

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by AdrBee »

Suryaputra wrote: Fri Oct 13, 2023 4:05
AdrBee wrote: Fri Oct 13, 2023 3:53
Suryaputra wrote: Fri Oct 13, 2023 3:31

pressurenya sudah sesuai instruksi manual ya mbah?
36 psi?
Tadi sama teknisinya diisi 33-35 psi om.
Yg wajar buat Venturer berapa ya?
Sama tadi gajadi naik ukuran ke 215/60 R17 karena selisih kurleb 200K per ban :big_childish:
cb cek ajah manual di pinggir pintu driver,
karena klo terlalu rendah / di bawah standard manual, bisa habis duluan sisi kiri kanan ban luar.

dan handling nya berkurang.
Noted Om, nanti saya cek stiker di pintu driver.
Thanks Om
Clonz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 574
Joined: Tue Feb 17, 2015 2:23

Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Clonz »

Selamat atas ban barunya om. Semoga awet dan cocok.

215 60 r17 sebenarnya cocok lho buat venturer buar ga kopong. Dan skrg dipake sebagai ukuran ban nya zenix tipe V.
User avatar
daimler
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 463
Joined: Wed Aug 24, 2022 8:40
Location: Semarang
Daily Vehicle: DE 2011

Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by daimler »

ChZ wrote: Thu Oct 12, 2023 7:12
daimler wrote: Wed Oct 11, 2023 5:48
buwanyak om. di sini aja banyak.

sebenernya kalau tipikal minivan / LMPV atau hatchback kecil average nggak ada urgent need untuk pake ban velg besar itu cuma murni fashion. nambah grip di mobil yang 0-100 nya 12 detik rada pointless itu ban ecotyre aja rasanya masih nempel :upss: jd kalo ngga ngejar kelengkapan tipe atas, downsizing aja. kayak BRV E dan prestige. di E bantingan lebih pas. atau sienta G dan V/Q.

kalo sedan torsi besar, malah rasanya kurang secure sih pake ban profil tebal. mobil enteng torsi besar, sensitif sama grip.
Wah iya ya? Kurang jauh mainnya ogud :mky_01:
btw apakah ban profil tebal itu bisa ngatasin curb rash, velg baret2? Atau lebih ke lebarin tapak ban om?
Soalnya boil ogud mazda 2 R non sky dgn ban 185/45 r16 bawaanya dunlop lupa seri apaan curb rash semua velg2nya, udh dinaekin ke 185/55 r16 kayanya tetep rawan baret2 velgnya. Sama boil kantor bokap cx9 ban 205/50 r20 jg sami mawon ukiran smua velgnya :big_dunno: mana tu ring gede buset r20 jd di bandung pilihan bannya terbatas. Apa di downsize ke r18 aja ya, masih batas aman kan ya?
Planned Obsolescence is inevitable luxury cars≠more reliable
farizfsa
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3052
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by farizfsa »

12punch wrote: Thu Oct 12, 2023 15:06 Wkwkwk pusing ban oem mazda 6 : 225/45/R19, michelin pilot sport 4 di 4 juta 1 bannya ,

Accelera phi ban bagus ga si om?

apa turunin velg ke 18 aja ye? Biar nyari bannya gampang
Ada rumus2 tertentu kah buat nentuin lebar velg dan lebar ban biar fitmentnya oke?

Original mazda 6 kalo ga salah
Velg : lebar 7.5 et 45
Ban : 225/45/r19

Kalo turun ke 18 atau naik ke 20 bagus pake lebar dan ukuran brp ye?

Lalu velg mending depan belakang rata, atau beda lebarnya?
kl mau cari ban gampang mending turun ke r18

pake ban 235 50 r18 atau 245 45 r18 kalo rata, disaranin velg sih lebar 8.5 kalo mau bagus ya. saya saranin sih rata aja, kalo belang ban belakang bisa pakai lebar 265 atau 275 tp susah nanti urus2 fitmentnya.

kalo R20, bisa aja sih pakai 245 35 20, itu banyak merek ban nya, hankook aja di tokoijo ada cuma 1.4 jt. 245 35 20 bisa cari velg lebar 8.5 - 9 inch.
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2553
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by darrelund »

12punch wrote: Thu Oct 12, 2023 15:06 Wkwkwk pusing ban oem mazda 6 : 225/45/R19, michelin pilot sport 4 di 4 juta 1 bannya ,

Accelera phi ban bagus ga si om?

apa turunin velg ke 18 aja ye? Biar nyari bannya gampang
Ada rumus2 tertentu kah buat nentuin lebar velg dan lebar ban biar fitmentnya oke?

Original mazda 6 kalo ga salah
Velg : lebar 7.5 et 45
Ban : 225/45/r19

Kalo turun ke 18 atau naik ke 20 bagus pake lebar dan ukuran brp ye?

Lalu velg mending depan belakang rata, atau beda lebarnya?
semoga membantu um

https://www.wheel-size.com/size/mazda/m ... 8-25i--184
https://www.permaisuri.com/tires/calculator

secara kalkulator klo mau OEM look bisa pake velgnya masda 3 baru tuh, ET 45 juga/ CX3 punya pake spacer dikit. spek center bore, pcd plek sama
Advise12
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Sun Dec 06, 2020 11:56
Location: Bekasi
Daily Vehicle: Toyota All New Rush

Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Advise12 »

DLM wrote: Thu Oct 12, 2023 11:47 Malam om-om sekalian, ane mau nanya nih.

Jadi beberapa minggu yang lalu ane baru ganti satu set ban depan karena ban kanan depan pecah (awalnya BS Turanza ER33, diganti ke BS Techno Sport. Ban belakang masih Turanza ER33). Nah, sekarang ini, ketika menjalankan mobil di tanjakan yang juga belokan patah, ban depan kanan akan selalu spin dan mendecit. Padahal usia bannya masih muda. Apakah memang ban BS Techno Sport itu gripnya buruk? Terimakasih
Ane pake enasave hampir 6 tahun, kok karakter nya mirip enasave ane kecuali berdecitnya, tiap tanjakan maupun turunan kalo langsung ada tikungan tajam setelahnya gitu pasti spin ndlosor gitu mobilnya, kyk mobil nggak nempel ma jalanan wkkwkwwkk tapi setelah ganti ban baru nggak kyk gitu lagi sejak dihari pertama sampai skr.
Last edited by Advise12 on Sat Oct 14, 2023 12:53, edited 1 time in total.
User avatar
12punch
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 310
Joined: Wed Apr 10, 2019 8:58
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mazda 6 2017

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by 12punch »

farizfsa wrote: Fri Oct 13, 2023 7:36
kl mau cari ban gampang mending turun ke r18

pake ban 235 50 r18 atau 245 45 r18 kalo rata, disaranin velg sih lebar 8.5 kalo mau bagus ya. saya saranin sih rata aja, kalo belang ban belakang bisa pakai lebar 265 atau 275 tp susah nanti urus2 fitmentnya.

kalo R20, bisa aja sih pakai 245 35 20, itu banyak merek ban nya, hankook aja di tokoijo ada cuma 1.4 jt. 245 35 20 bisa cari velg lebar 8.5 - 9 inch.
darrelund wrote: Fri Oct 13, 2023 17:12 semoga membantu um

https://www.wheel-size.com/size/mazda/m ... 8-25i--184
https://www.permaisuri.com/tires/calculator

secara kalkulator klo mau OEM look bisa pake velgnya masda 3 baru tuh, ET 45 juga/ CX3 punya pake spacer dikit. spek center bore, pcd plek sama
Thankyou om kalkulatornyaaa

:mky_03: Jadinya dapet bbs lm r depan 8.5 et 45, belakang 9.5 et 35 :mky_03:

Tinggal cari ban hankooknya depan 245 35 r20
Belakangnya kayanya mau 275 30 r20

Hilaf gan :mky_01:
" In times of crisis, we stand united! “
- Ford Fiesta MK 7 Sedan 2012
- Mazda 6 Sedan 2017
Pilatypus
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 88
Joined: Sat Jan 01, 2022 15:37

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Pilatypus »

Ban ane sekitar 4 bulan lalu ditambal di pom pake metode yang ditusuk dari luar itu, sekarang udah bocor alus lagi di tempat yang sama. Apa baiknya di tip top aja ya?
kenop
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1376
Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by kenop »

Pilatypus wrote: Sun Oct 15, 2023 5:15 Ban ane sekitar 4 bulan lalu ditambal di pom pake metode yang ditusuk dari luar itu, sekarang udah bocor alus lagi di tempat yang sama. Apa baiknya di tip top aja ya?
Kl uda bocor alus ditempat yg uda ditambel cacing sih baiknya tiptop aja om

Diulang model tambel cacing yg ada tambah gede lagi bolongannya sm pasti ngga tahan lama
gboooster
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 66
Joined: Mon May 17, 2021 7:59
Location: Surabaya
Daily Vehicle: GE8 RS AT - All New HRV SE

Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by gboooster »

DLM wrote: Thu Oct 12, 2023 11:47 Malam om-om sekalian, ane mau nanya nih.

Jadi beberapa minggu yang lalu ane baru ganti satu set ban depan karena ban kanan depan pecah (awalnya BS Turanza ER33, diganti ke BS Techno Sport. Ban belakang masih Turanza ER33). Nah, sekarang ini, ketika menjalankan mobil di tanjakan yang juga belokan patah, ban depan kanan akan selalu spin dan mendecit. Padahal usia bannya masih muda. Apakah memang ban BS Techno Sport itu gripnya buruk? Terimakasih
ane di GE8 pake Turanza OEM, ganti technos sports, ganti lagi sekarang Turanza T005A.
grip techno sports lumayan sih. Ga pernah spin termasuk di tanjakan. wet gripnya juga mayan bagus (karena directional pattern).
di kecepatan tinggi baru berasa gripnya kalah sama Turanza. Minusnnya cuma keras dan berisik, berasa naik roda besi.
User avatar
12punch
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 310
Joined: Wed Apr 10, 2019 8:58
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mazda 6 2017

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by 12punch »

Ada yg familiar sama ban Leao Lion Sport 3?
Atau pernah pakai atau baca2 reviewnya?
" In times of crisis, we stand united! “
- Ford Fiesta MK 7 Sedan 2012
- Mazda 6 Sedan 2017
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12277
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by ricz »

Pilatypus wrote: Sun Oct 15, 2023 5:15 Ban ane sekitar 4 bulan lalu ditambal di pom pake metode yang ditusuk dari luar itu, sekarang udah bocor alus lagi di tempat yang sama. Apa baiknya di tip top aja ya?
Baiknya ditiptop aja, dlu mobil kantor pernah gini juga akhirnya ditiptop, aman smpe skrg Om.

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
ivanyuwono
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Tue Oct 05, 2004 7:17
Location: Surabaya

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by ivanyuwono »

Agan2, ijin tanya ada yg sudah pake BF Goodrich Advantage Touring kesannya gimana? Ane baru ganti beberapa bulan lalu dan rasanya di kecepatan rendah sekitar 20km/jam, suara ban dan getarannya itu agak berasa. Tapi kalau di tol sekitar 80 km/jam - 90 km/jam ini ban rasanya untuk keheningannya setara sama primacy 4. Sebelum ini ane pake primacy 4 tapi karena uda hampir habis kembangan ganti ke BF Goodrich. Entah mobil ane yang uda tua (8 thn) sehingga getaran dan noisenya berasa atauu memang karakter BF Goodrich agak berasa noise di kecepatan rendah ya.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12527
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Suryaputra »

ivanyuwono wrote: Fri Oct 20, 2023 9:45 Agan2, ijin tanya ada yg sudah pake BF Goodrich Advantage Touring kesannya gimana? Ane baru ganti beberapa bulan lalu dan rasanya di kecepatan rendah sekitar 20km/jam, suara ban dan getarannya itu agak berasa. Tapi kalau di tol sekitar 80 km/jam - 90 km/jam ini ban rasanya untuk keheningannya setara sama primacy 4. Sebelum ini ane pake primacy 4 tapi karena uda hampir habis kembangan ganti ke BF Goodrich. Entah mobil ane yang uda tua (8 thn) sehingga getaran dan noisenya berasa atauu memang karakter BF Goodrich agak berasa noise di kecepatan rendah ya.
bushing kaki dan karet2 nya suspensi udah keras itu :big_peace:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
ivanyuwono
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Tue Oct 05, 2004 7:17
Location: Surabaya

Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by ivanyuwono »

Shockbreaker, karet support shockbreaker uda diganti depan belakang om karena memang uda kena :big_smile]
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12527
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Suryaputra »

ivanyuwono wrote: Fri Oct 20, 2023 11:27 Shockbreaker, karet support shockbreaker uda diganti depan belakang om karena memang uda kena :big_smile]
Habis ganti ban, lgs vibrasi nambah yah?
Klo yes.. emg karakter ban nya

Dan makin ke sana, makin besar vibrasinya, karena karet lbh keras.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
ivanyuwono
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Tue Oct 05, 2004 7:17
Location: Surabaya

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by ivanyuwono »

Justru ini agak lupa2 ingat. awalnya pake primacy 4 tapi uda 4 tahun usianya, kembangnya juga uda agak tipis jadi berasa lebih keras dan vibrasi aja. Ganti BF Goodrich ternyata ga berkurang banyak. Seinget ane dulu waktu pertama beli primacy 4 tahun lalu kok halus ya.
pitikkobong
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 117
Joined: Thu Sep 30, 2021 7:39
Daily Vehicle: Dual 51KiL

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by pitikkobong »

minta pendapat om², review untuk champiro luxe? apa lebih baik dr enasep dan ecopeyang?
mo ganti ban antara champiro luxe atau GY triplemax 2. i know GY triplemax 2 disini reviewnya bagus. :D
tp selisih sm luxe sekitar 150rban/ban jd bikin bimbang.