Saran optimalkan isuzu traga buat disiksa

Segala mobil tipe pickup (L-300, T-120, Kijang Pickup, dll).

Moderators: F 272, y_anjasrana, ginting, FRD, artoodetoo, b8099ok

Givrun
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 150
Joined: 09 Nov 2018, 01:39

Re: Saran optimalkan isuzu traga buat disiksa

Post by Givrun » 25 Aug 2019, 21:58

Turboman wrote:
25 Aug 2019, 11:28
Givrun wrote:4jA1-L sma dngn panther om turbo
Turboman wrote:
24 Aug 2019, 22:53
Traga ini 4JB1-T ?
nah itu ada EGR nya gak ?

kalo ada ditutup aja
Ada om turbo , sdh cabut modul egr d bawah setir. Dan sumbat selang servo egr dgn gotri. Beda dgn panther selang servo egr d traga cuma 1.

matra
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 153
Joined: 16 Feb 2016, 06:56

Re: Saran optimalkan isuzu traga buat disiksa

Post by matra » 08 Oct 2019, 18:21

liat di teddy rev jakarta ada di tune
hadil dynonya juga lumayan

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 18777
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Saran optimalkan isuzu traga buat disiksa

Post by Turboman » 08 Oct 2019, 20:09

Nih kalo mau coba oli 15W40 yang ada kandungan PAO nya alias 1 Decene Homo Homo

API CJ-4

Schaeffer Supreme 7000 15W-40 engine oil (1 gallon)

https://tokopedia.link/o08WqoDrC0

di toko PT PAPASARI Rp340.000

Givrun
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 150
Joined: 09 Nov 2018, 01:39

Re: Saran optimalkan isuzu traga buat disiksa

Post by Givrun » 09 Oct 2019, 05:54

matra wrote:
08 Oct 2019, 18:21
liat di teddy rev jakarta ada di tune
hadil dynonya juga lumayan
Ini mobil barang ada yg tune juga ya ?? :big_love:
Turboman wrote:
08 Oct 2019, 20:09
Nih kalo mau coba oli 15W40 yang ada kandungan PAO nya alias 1 Decene Homo Homo

API CJ-4

Schaeffer Supreme 7000 15W-40 engine oil (1 gallon)

https://tokopedia.link/o08WqoDrC0

di toko PT PAPASARI Rp340.000
85.000 per liter ya om turbo.. lebih ok dari cat deo dong ini.. boleh campur cat deo kan om biar agak ringan hehe..

bisa skalian pesen 5w40 nya buat stok :upss:

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 18777
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Saran optimalkan isuzu traga buat disiksa

Post by Turboman » 09 Oct 2019, 09:55

Givrun wrote:
matra wrote:
08 Oct 2019, 18:21
liat di teddy rev jakarta ada di tune
hadil dynonya juga lumayan
Ini mobil barang ada yg tune juga ya ?? :big_love:
Turboman wrote:
08 Oct 2019, 20:09
Nih kalo mau coba oli 15W40 yang ada kandungan PAO nya alias 1 Decene Homo Homo

API CJ-4

Schaeffer Supreme 7000 15W-40 engine oil (1 gallon)

https://tokopedia.link/o08WqoDrC0

di toko PT PAPASARI Rp340.000
85.000 per liter ya om turbo.. lebih ok dari cat deo dong ini.. boleh campur cat deo kan om biar agak ringan hehe..

bisa skalian pesen 5w40 nya buat stok :upss:
15W40 campur beda merek gpp sih selama base oil keduanya dari lingkungan Grup 2 / Grup 3 / PAO / ada campuran Ester......saling bercampur sempurna

tesna
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 499
Joined: 17 Mar 2005, 16:01
Location: Jakarta

Re: Saran optimalkan isuzu traga buat disiksa

Post by tesna » 09 Oct 2019, 11:15

CC mah dibiarkan std aja, apalagi kalau dipakai harian, bukan drag race saja. udah saatnya harus sadar dengan lingkungan / polusi udara. Bener2 langsung berasa koq efek nya, asep nya jadi bau tajem dan pedih di mata (at least ini di ANKI gue). Saya sempat lepas CC seminggu, seminggu kemudian pasang lagi CC nya :))

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 18777
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Saran optimalkan isuzu traga buat disiksa

Post by Turboman » 09 Oct 2019, 11:24

Cat Conv di Diesel idealnya pake yg 200 CPI / less

kalo pake yg 400 CPI jadi cepat mampet oleh jelaga

bisa sih dibersihkan tapi jadi sgt merepotkan

harusnya ada yg jual Katalik 100 - 150 CPI baru mantap.......walau gak se efektip yg 400 CPI tapi drpd gak ada

CPI = Cell per inch sq

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 18777
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Saran optimalkan isuzu traga buat disiksa

Post by Turboman » 09 Oct 2019, 11:28

tesna wrote:CC mah dibiarkan std aja, apalagi kalau dipakai harian, bukan drag race saja. udah saatnya harus sadar dengan lingkungan / polusi udara. Bener2 langsung berasa koq efek nya, asep nya jadi bau tajem dan pedih di mata (at least ini di ANKI gue). Saya sempat lepas CC seminggu, seminggu kemudian pasang lagi CC nya :))
Asap pembakaran Diesel fuel lewat Katalik tercium asam krn terbentuk H2SO4

utk kondisi solar Indo, umur katalik di Desel gak akan panjang kok, krn noble metals di Katalik begitu kena senyawa sulphur, lama2 akan rusak

kalo dah rusak ya CC jadi gak ada fungsinya

satriakarisma
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 178
Joined: 13 Oct 2016, 11:34

Re: Saran optimalkan isuzu traga buat disiksa

Post by satriakarisma » 09 Oct 2019, 13:26

nyimak dedengkot pada bersabda

tesna
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 499
Joined: 17 Mar 2005, 16:01
Location: Jakarta

Re: Saran optimalkan isuzu traga buat disiksa

Post by tesna » 09 Oct 2019, 15:04

temen ada yang punya pajero sport tahun 2009, dari beli baru sampai kira2 2014 pakai solbus. Terus tobat dan pakai 100% dex dari 2014 sampai sekarang. Bau asep nya masih ngga tajem & ngga pedih di mata. Ini berarti masih oke kan ya harusnya CC nya? beda banget sama ANKI 2018 saya ketika pakai front pipe plong (non CC).

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 18777
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Saran optimalkan isuzu traga buat disiksa

Post by Turboman » 09 Oct 2019, 16:38

tesna wrote:temen ada yang punya pajero sport tahun 2009, dari beli baru sampai kira2 2014 pakai solbus. Terus tobat dan pakai 100% dex dari 2014 sampai sekarang. Bau asep nya masih ngga tajem & ngga pedih di mata. Ini berarti masih oke kan ya harusnya CC nya? beda banget sama ANKI 2018 saya ketika pakai front pipe plong (non CC).
test pake solar sulphur tinggi

kalo muncul aroma bau asam = fungsi Katalik masih normal

Kalo udah gak bau asam......ya udah deh

wkwkkwkwkwkkwkw

pengendiesel
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 720
Joined: 22 May 2016, 11:20

Re: Saran optimalkan isuzu traga buat disiksa

Post by pengendiesel » 09 Oct 2019, 17:11

Givrun wrote:
25 Aug 2019, 21:58

Ada om turbo , sdh cabut modul egr d bawah setir. Dan sumbat selang servo egr dgn gotri. Beda dgn panther selang servo egr d traga cuma 1.
Om Givrun, kalo dicompare antara traga dan l300 gimana , plus minusnya apa saja? Terutama dalam hal profit perusahaan karena kalo mobil niaga kita pasti bicara profitablilitasnya, yang sudah mencakup daya angkut, running cost, reliability, dll, dll.
Apakah dengan harga yang lebih mahal, traga lebih worth daripada the living legend l300?

Givrun
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 150
Joined: 09 Nov 2018, 01:39

Re: Saran optimalkan isuzu traga buat disiksa

Post by Givrun » 09 Oct 2019, 19:47

pengendiesel wrote:
09 Oct 2019, 17:11
First of all harga OTR d tempat ane Sama om kedua nya , baca2 daerah lain mahalan traga 20 juta an.
Disini si elsapek yg imho sdh "overprice" malah d tambah lebih overprice. Kalau gak cepet sadar sih bisa kegusur traga.

Daya angkut dalam hal luas bak/ box utk yg sya pake menang traga yg brarti dia lebih muat banyak barang.. kalau ukuran tonase jatuh nya sya liat sama om. D tmpat ane belum ada yg brani muat 4 ton :upss:.

traga lebih irit jauh, Perawatan sih sama2 aja kayak piara diesel lain, kalau ane traga greasing kudu rutin aja sih karna biaya parts kaki2 yg belum jelas. tenaga menang L300 power to weight ratio nya ngaruh om, tapi akan effortles traga utk rute panjang di bantu turbo nya. perbandingan harga spare part blom bsa bicara bnyk, karna unit baru lewat 10.000 km tapi basically it's a phanter om.
nah kalau daya tahan, ini yg sya yakin lebih baik traga.
sdh bnyk miara L300. elsapek skrg Gak sebadak dlu..

Minus nya L300
*AKI harus sering Cek ..karna peletakan nya dekat sma mesin jadi gampang nguap beda sama traga yg letak nya sdh kaya truk beda sendiri. Kalau supir nya malas cek akan bikin keluar dana ekstra per tahun nya buat aki.
*air radiator harus sering cek, L300 baru spek radiator nya ganti, malah mengecil.. pakai almu bukan tembaga lagi. L300 sekarang sering banget overheat , solusi kbanyakan yg dsni , Kipas visco d paten, thermostat cabut.


minus nya Traga

*spion belum model tangkai , ini sya buatkan pesan d karoseri
*Penempatan aki d belakang seperti truck rentan kena curi. D bikinkan pengaman buat pasang gembok juga d karoseri.
*pasang bumper besi pengaman harus lepas bemper depan. Ini belum d kerjain karna gak senang dgn tampilan nya
*shock depan imho trlalu rendah dan lembut, mungkin krna ini kta nya pakai punya DMAX, bemper jadi sering nyium tanah kalau ktemu lubang jadi ane ganjel support shock nya pakai konveyor yg tebal , potong sesuai support shock, tebal konveyor nya skitar 1,5cm, ane juga ganti ban depan pakai ban bias 700-14 d banding standarnya radial 195/80/R14. tinggi tambah 2 cm (body lift 1cm) lebar berkurang 2 cm ( stabilitas berkurang tapi setir jadi lebih enteng) sidewall tambah tebal total 1cm(lebih tahan beban). jadi dgn kombinasi itu .. body lift skitar 2,5 cm.
owh iya Belakang tambah 1 per indospring coltdies PS 125 karna toko belum ready saat itu utk traga, skrg sih udh ada, Trus d tambah potongan kecil panjang 30 cm an buat ninggiin karna sekel gak nemu yg cocok. Total nambah tinggi 6 cm kosongan.
2 ban depan ane simpan buat nanti gantikan ban belakang saat mulai gundul.


Sorry kalau kepanjangan om. overall kembali lagi ke keperluannya om, Kalau perlu muatan banyak dan jarak tempuh jauh (tonase masih d bawah 2,5 ton .. lebih profit traga) dgn muatan dan irit nya. L300 akan menang tenaga utk rute pendek, jalan berbatu, tanjakan terjal dan karna rute yang gini akan kerja keras brarti sparepart assy kudu gampang di cari d pelosok.

penilaian ane subjectif ya om, kayak anak kecil yg udh sering mainan lama trus dapet mainan baru yg kliatan nya wow segala nya.

:big_childish:


by the way kedua nya lagi promo DP murah .. karna kdua merk sales nya ada chat ane awal bulan ini. jadi nyesel ambil kecepetan :frm_bang_head:

Givrun
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 150
Joined: 09 Nov 2018, 01:39

Re: Saran optimalkan isuzu traga buat disiksa

Post by Givrun » 09 Oct 2019, 20:13

Turboman wrote:
09 Oct 2019, 11:28
tesna wrote:CC mah dibiarkan std aja, apalagi kalau dipakai harian, bukan drag race saja. udah saatnya harus sadar dengan lingkungan / polusi udara. Bener2 langsung berasa koq efek nya, asep nya jadi bau tajem dan pedih di mata (at least ini di ANKI gue). Saya sempat lepas CC seminggu, seminggu kemudian pasang lagi CC nya :))
Asap pembakaran Diesel fuel lewat Katalik tercium asam krn terbentuk H2SO4

utk kondisi solar Indo, umur katalik di Desel gak akan panjang kok, krn noble metals di Katalik begitu kena senyawa sulphur, lama2 akan rusak

kalo dah rusak ya CC jadi gak ada fungsinya
CC masih ane biarkan mau tak bobok syg euy ,

ada kejadian waktu tanya2 mekanik isuzu dia jawab CC biarkan saja gpp, trus ane bilang panther sering mampet tuh CC nya (ngetest doang), ane tanya cara rawat biar gak mampet gimana, doi jawab biar gak mampet bawa sebulan sekali k lapangan trus geber2. Nah lo jawaban nya kok gitu, masak tiap bulan ane suruh supir n smua unit ngumpul d lapangan buat geber2 , lapangan penuh supir n unit lagi geber2 an dong , d liat orang kan lucu.. dari jawaban itu sih ane mikir kudu d lepas CC nya.

karna d tempat ane blom ada yg bsa bikin DP , liat DP panther model CC nya beda trus lekukan juga beda. Jadi Gak yakin kalau beli online bsa masuk.

next akan coba soal tanya2 DP d komunitas TRAGA

nizamuddinaulia
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 50
Joined: 18 Apr 2018, 13:45
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Outlander Sport PX AT 2012

Re: Saran optimalkan isuzu traga buat disiksa

Post by nizamuddinaulia » 09 Oct 2019, 20:25

Sekedar info:
Dari uji KIR
Penentuan Jumlah berat yang diizinkan di kendaraan niaga itu dari spek load axle nya (liat load disumbu terberatnya
Penentuan JBI berdasarkan kelas jalannya

Contoh: dyna/dutro 4 ban
JBB : 5200 kg
JBI: 4600 kg
Rangka+body+supir: 2500 kg
Muatan yang diizinkan (legal) 2100 kg
Muatan yang bisa di bawa sesuai spek truk: 2700 kg
Ada selisih 600 kg, belom sama safety factor si truk 😂


Untuk maksimalkan beban:
1. liat load index dari ban nya, sesuaikan sama load axle nya.
Misal 120/118L
Biasanya load index ban lebih gede or sama dengan axle nya. Kan ngeri juga bawa muatan tp ban nya ga sanggup nerima. Yang ada meledug tuh ban
2. Semakin cepat kendaraan kemampuan load index ban bawa barang akan berkurang. Sebaliknya jika jalan pelan akan menambah kemampuan load index (up to 60km/hr)
3. Pake grease yang heavy duty buat kingpin (kalo ada) and spider
4. Kalo overload yang pertama kena pasti bearing axle nya. Yang paling agak rentan axle depan

bm9792ct
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: 03 Oct 2017, 23:17
Location: riau
Daily Vehicle: l300

Re: Saran optimalkan isuzu traga buat disiksa

Post by bm9792ct » 09 Oct 2019, 21:03

nizamuddinaulia wrote:Sekedar info:
Dari uji KIR
Penentuan Jumlah berat yang diizinkan di kendaraan niaga itu dari spek load axle nya (liat load disumbu terberatnya
Penentuan JBI berdasarkan kelas jalannya

Contoh: dyna/dutro 4 ban
JBB : 5200 kg
JBI: 4600 kg
Rangka+body+supir: 2500 kg
Muatan yang diizinkan (legal) 2100 kg
Muatan yang bisa di bawa sesuai spek truk: 2700 kg
Ada selisih 600 kg, belom sama safety factor si truk Image


Untuk maksimalkan beban:
1. liat load index dari ban nya, sesuaikan sama load axle nya.
Misal 120/118L
Biasanya load index ban lebih gede or sama dengan axle nya. Kan ngeri juga bawa muatan tp ban nya ga sanggup nerima. Yang ada meledug tuh ban
2. Semakin cepat kendaraan kemampuan load index ban bawa barang akan berkurang. Sebaliknya jika jalan pelan akan menambah kemampuan load index (up to 60km/hr)
3. Pake grease yang heavy duty buat kingpin (kalo ada) and spider
4. Kalo overload yang pertama kena pasti bearing axle nya. Yang paling agak rentan axle depan
Klo sosialisasi nya ini bukan untuk bos/pt saja om. Supir truk juga diceramahin. Terutama yang angkut materialan.
Kenyataan Engkel saja bawa muatan 5 ton. Dan roda 6.paling sedikit 8 ton.bahkan sampai 15 ton-an. Bersih
Siapa sih yang salah? Dishub ladang korup? Bos tamak demi efisiensi.Supir bosan hidup bangga bawa muatan overload.tapi ngangkat ringan ga dapat duit :D
Tapi yg jelas pabrikan mobil senyum karena harga mobil niaga rata2 naik terus sampai cost operasional buat rakyat kecil terlalu berat. Kredit ooh kredit.

nizamuddinaulia
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 50
Joined: 18 Apr 2018, 13:45
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Outlander Sport PX AT 2012

Re: Saran optimalkan isuzu traga buat disiksa

Post by nizamuddinaulia » 09 Oct 2019, 21:43

bm9792ct wrote:
09 Oct 2019, 21:03
nizamuddinaulia wrote:Sekedar info:
Dari uji KIR
Penentuan Jumlah berat yang diizinkan di kendaraan niaga itu dari spek load axle nya (liat load disumbu terberatnya
Penentuan JBI berdasarkan kelas jalannya

Contoh: dyna/dutro 4 ban
JBB : 5200 kg
JBI: 4600 kg
Rangka+body+supir: 2500 kg
Muatan yang diizinkan (legal) 2100 kg
Muatan yang bisa di bawa sesuai spek truk: 2700 kg
Ada selisih 600 kg, belom sama safety factor si truk Image


Untuk maksimalkan beban:
1. liat load index dari ban nya, sesuaikan sama load axle nya.
Misal 120/118L
Biasanya load index ban lebih gede or sama dengan axle nya. Kan ngeri juga bawa muatan tp ban nya ga sanggup nerima. Yang ada meledug tuh ban
2. Semakin cepat kendaraan kemampuan load index ban bawa barang akan berkurang. Sebaliknya jika jalan pelan akan menambah kemampuan load index (up to 60km/hr)
3. Pake grease yang heavy duty buat kingpin (kalo ada) and spider
4. Kalo overload yang pertama kena pasti bearing axle nya. Yang paling agak rentan axle depan
Klo sosialisasi nya ini bukan untuk bos/pt saja om. Supir truk juga diceramahin. Terutama yang angkut materialan.
Kenyataan Engkel saja bawa muatan 5 ton. Dan roda 6.paling sedikit 8 ton.bahkan sampai 15 ton-an. Bersih
Siapa sih yang salah? Dishub ladang korup? Bos tamak demi efisiensi.Supir bosan hidup bangga bawa muatan overload.tapi ngangkat ringan ga dapat duit :D
Tapi yg jelas pabrikan mobil senyum karena harga mobil niaga rata2 naik terus sampai cost operasional buat rakyat kecil terlalu berat. Kredit ooh kredit.
Saya setuju, hidup serba sempit kalo ga overload, supir selalu disalahin padahal bkn kemauan sendiri.
Aye dan tim dulu pernah presentasi ke kemenhubdat dan pernah ditanyai pendapat ttg overload
Dari pendapat kami ya bahaya. Itu kalo offroad mah gpp kalo sesuai spek. Nah ini di jalan apa ga banyak mati orang kalo kendaraannya malfungsi.
Kalo dari pendapat mereka ya pusing, anggaran perbaikan jalan jebol terus dan kecelakaan tinggi.
Makanya skrg arah kiblatnya dishub ke Safety concern mulai tinggi
Kalo mau untung pakek truk yang lightweight high performance (macem truk eropa dari mercy sampe kamaz), yang konsumsi bahan bakarnya 1:4 padahal 13000 cc 😃
Saya pernah bawa kontener pakek truk 13L waktu di tes track, matic, nginjek pedal gasnya bikin senyum 💪

User avatar
batumakam
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 829
Joined: 09 Sep 2013, 18:59

Re: Saran optimalkan isuzu traga buat disiksa

Post by batumakam » 09 Oct 2019, 22:06

nizamuddinaulia wrote:
09 Oct 2019, 21:43
bm9792ct wrote:
09 Oct 2019, 21:03
nizamuddinaulia wrote:Sekedar info:
Dari uji KIR
Penentuan Jumlah berat yang diizinkan di kendaraan niaga itu dari spek load axle nya (liat load disumbu terberatnya
Penentuan JBI berdasarkan kelas jalannya

Contoh: dyna/dutro 4 ban
JBB : 5200 kg
JBI: 4600 kg
Rangka+body+supir: 2500 kg
Muatan yang diizinkan (legal) 2100 kg
Muatan yang bisa di bawa sesuai spek truk: 2700 kg
Ada selisih 600 kg, belom sama safety factor si truk Image


Untuk maksimalkan beban:
1. liat load index dari ban nya, sesuaikan sama load axle nya.
Misal 120/118L
Biasanya load index ban lebih gede or sama dengan axle nya. Kan ngeri juga bawa muatan tp ban nya ga sanggup nerima. Yang ada meledug tuh ban
2. Semakin cepat kendaraan kemampuan load index ban bawa barang akan berkurang. Sebaliknya jika jalan pelan akan menambah kemampuan load index (up to 60km/hr)
3. Pake grease yang heavy duty buat kingpin (kalo ada) and spider
4. Kalo overload yang pertama kena pasti bearing axle nya. Yang paling agak rentan axle depan
Klo sosialisasi nya ini bukan untuk bos/pt saja om. Supir truk juga diceramahin. Terutama yang angkut materialan.
Kenyataan Engkel saja bawa muatan 5 ton. Dan roda 6.paling sedikit 8 ton.bahkan sampai 15 ton-an. Bersih
Siapa sih yang salah? Dishub ladang korup? Bos tamak demi efisiensi.Supir bosan hidup bangga bawa muatan overload.tapi ngangkat ringan ga dapat duit :D
Tapi yg jelas pabrikan mobil senyum karena harga mobil niaga rata2 naik terus sampai cost operasional buat rakyat kecil terlalu berat. Kredit ooh kredit.
Saya setuju, hidup serba sempit kalo ga overload, supir selalu disalahin padahal bkn kemauan sendiri.
Aye dan tim dulu pernah presentasi ke kemenhubdat dan pernah ditanyai pendapat ttg overload
Dari pendapat kami ya bahaya. Itu kalo offroad mah gpp kalo sesuai spek. Nah ini di jalan apa ga banyak mati orang kalo kendaraannya malfungsi.
Kalo dari pendapat mereka ya pusing, anggaran perbaikan jalan jebol terus dan kecelakaan tinggi.
Makanya skrg arah kiblatnya dishub ke Safety concern mulai tinggi
Kalo mau untung pakek truk yang lightweight high performance (macem truk eropa dari mercy sampe kamaz), yang konsumsi bahan bakarnya 1:4 padahal 13000 cc 😃
Saya pernah bawa kontener pakek truk 13L waktu di tes track, matic, nginjek pedal gasnya bikin senyum 💪
senyum lah om, torsi nya bikin nagih hahahaha 😂
kliyengan pas bayar servis nya kwkwkw 🤣
Sekarang lagi hype bus premium, rupa2 juga tipe owner nya ada yg suka rekomendasi pabrikan (inisial livery kuda) ada juga yg wus wus wus pokoknya harus wus wus
ini yg bikin kliyengan hahahaha 😂
anyway buat traga, suspensi depan subtitusi nya pake apa ya? ntah cuma perasaan atau emang rada bunyi2 bagian depan (baru 4 bulan jalan, rute trans jawa)
penuturan supir sih enak bawa ini ketimbang l300 apalagi kalo di isi dex, muatan sih ga berat paling mentok 2 ton lah
always believe something wonderful about to happen.......
oh my.....

Givrun
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 150
Joined: 09 Nov 2018, 01:39

Re: Saran optimalkan isuzu traga buat disiksa

Post by Givrun » 09 Oct 2019, 22:39

nizamuddinaulia wrote:
09 Oct 2019, 20:25

Untuk maksimalkan beban:
1. liat load index dari ban nya, sesuaikan sama load axle nya.
Misal 120/118L
Biasanya load index ban lebih gede or sama dengan axle nya. Kan ngeri juga bawa muatan tp ban nya ga sanggup nerima. Yang ada meledug tuh ban
2. Semakin cepat kendaraan kemampuan load index ban bawa barang akan berkurang. Sebaliknya jika jalan pelan akan menambah kemampuan load index (up to 60km/hr)
3. Pake grease yang heavy duty buat kingpin (kalo ada) and spider
4. Kalo overload yang pertama kena pasti bearing axle nya. Yang paling agak rentan axle depan
Nah yg ini ane nemu agak aneh om, dlu ane cma cari tau merk2 rekomended.. stelah usaha mulai nuntut jadi mulai belajar sma spesifikasi item.

kbanyakan nya bilang gini.
bias lebih tahan dari radial buat angkutan
load index tinggi lebih tahan dari load index rendah buat angkutan

BAN BIAS GT super 700-14 PR8
tidak mencantumkan load index tapi ada keterangan max load d web nya. Yaitu 785/750 kg
VS

RADIAL GT Maxmiller PRO 185R14C 8PR load index 102/100 = 850/800 kg

nah 2 ban satu merk ini lebih awet dan tahan versi bias walaupun load index nya lebih kecil. Penggunaan ke 4 roda.

BAN BIAS M/T

LT GT Traction Pro 700-14 PR 8 max load 750/700 kg

VS
RADIAL M/T
Delium Terra Ranger 27x8.5 PR 6 max load 690/650 kg

dua ban pacul beda merk ini, lebih awet dan tahan versi radial dengan load index lebih kecil dan ply rating lebih sedikit. Penggunaan hnya roda belakang

Jadi ane lebih percaya dengan meteran ane daripada itu tulisan2. Yg lebih tebel yg lebih ok ..

Owh iya ban bawaan traga adalh GT maxmiler pro 195/R14C 8PR 106/104 max load 950/900 kg .. yg ukuran ini bru kali ini nemu dn coba. Lebih lebar 2 cm tapi lebih pendek 3cm Biasa nya pakai ukuran 185/R14c. Ya ini Ane skalian coba depan pakai 700-14 belakang pakai 195R14C ini.

nizamuddinaulia
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 50
Joined: 18 Apr 2018, 13:45
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Outlander Sport PX AT 2012

Re: Saran optimalkan isuzu traga buat disiksa

Post by nizamuddinaulia » 09 Oct 2019, 22:55

Givrun wrote:
09 Oct 2019, 22:39
nizamuddinaulia wrote:
09 Oct 2019, 20:25

Untuk maksimalkan beban:
1. liat load index dari ban nya, sesuaikan sama load axle nya.
Misal 120/118L
Biasanya load index ban lebih gede or sama dengan axle nya. Kan ngeri juga bawa muatan tp ban nya ga sanggup nerima. Yang ada meledug tuh ban
2. Semakin cepat kendaraan kemampuan load index ban bawa barang akan berkurang. Sebaliknya jika jalan pelan akan menambah kemampuan load index (up to 60km/hr)
3. Pake grease yang heavy duty buat kingpin (kalo ada) and spider
4. Kalo overload yang pertama kena pasti bearing axle nya. Yang paling agak rentan axle depan
Nah yg ini ane nemu agak aneh om, dlu ane cma cari tau merk2 rekomended.. stelah usaha mulai nuntut jadi mulai belajar sma spesifikasi item.

kbanyakan nya bilang gini.
bias lebih tahan dari radial buat angkutan
load index tinggi lebih tahan dari load index rendah buat angkutan

BAN BIAS GT super 700-14 PR8
tidak mencantumkan load index tapi ada keterangan max load d web nya. Yaitu 785/750 kg
VS

RADIAL GT Maxmiller PRO 185R14C 8PR load index 102/100 = 850/800 kg

nah 2 ban satu merk ini lebih awet dan tahan versi bias walaupun load index nya lebih kecil. Penggunaan ke 4 roda.

BAN BIAS M/T

LT GT Traction Pro 700-14 PR 8 max load 750/700 kg

VS
RADIAL M/T
Delium Terra Ranger 27x8.5 PR 6 max load 690/650 kg

dua ban pacul beda merk ini, lebih awet dan tahan versi radial dengan load index lebih kecil dan ply rating lebih sedikit. Penggunaan hnya roda belakang


Owh iya ban bawaan traga adalh GT maxmiler pro 195/R14C 8PR 106/104 max load 950/900 kg .. yg ukuran ini bru kali ini nemu dn coba. Biasa nya pakai ukuran 185/R14c.
Kalo referensi saya:
Kalo jalan aspal radial no problem, yang lemah sidewallnya
Kalo jalan kanan kiri batu ambil bias, kalo mixed use ambil bias aja dan cenderung murah jg
Cari yang load index nya gede, kayaknya udah pas yang bawaan.
Saya kalo beli ban buat truk cari yang load index nya gede(spek jelas), traksi masa bodoh toh kalo bawa berat traksi pindah ke belakang
Yang penting jgn jengkang ke belakang aja, minimal load 30% di axle depan buat jaga steering
195R14 8pr kan mayan ga bakal meleduk cm bawa 2 ton mah, kalo box sama pickup mah paling max 2 ton
Setau ane suspensi standar biasanya bisa tahan+20% dari keadaan speknya
Nambah suspensi/per ga akan nambah load nya, kan yang nahan bearing rodanya.
Kalo 106/104 berarti 950 kg kecepatan sedang,900 kg kecepatan sesuai speed rating (misal 100km/h)

Givrun
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 150
Joined: 09 Nov 2018, 01:39

Re: Saran optimalkan isuzu traga buat disiksa

Post by Givrun » 09 Oct 2019, 23:03

batumakam wrote:
09 Oct 2019, 22:06

anyway buat traga, suspensi depan subtitusi nya pake apa ya? ntah cuma perasaan atau emang rada bunyi2 bagian depan (baru 4 bulan jalan, rute trans jawa)
penuturan supir sih enak bawa ini ketimbang l300 apalagi kalo di isi dex, muatan sih ga berat paling mentok 2 ton lah
Info nya pakai DMAX om . prnah servis beres ? D klaim saja om..
nizamuddinaulia wrote:
09 Oct 2019, 22:55
Per standar belakang nya udh jadi lurus om kalau muatan full.. jadi tambah 1 lapis.. depan sih gak d apa2in. D tinggiin doang. Muatan 2,4 ton belum box nya om.

bm9792ct
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: 03 Oct 2017, 23:17
Location: riau
Daily Vehicle: l300

Re: Saran optimalkan isuzu traga buat disiksa

Post by bm9792ct » 09 Oct 2019, 23:09

Givrun wrote:
nizamuddinaulia wrote:
09 Oct 2019, 20:25

Untuk maksimalkan beban:
1. liat load index dari ban nya, sesuaikan sama load axle nya.
Misal 120/118L
Biasanya load index ban lebih gede or sama dengan axle nya. Kan ngeri juga bawa muatan tp ban nya ga sanggup nerima. Yang ada meledug tuh ban
2. Semakin cepat kendaraan kemampuan load index ban bawa barang akan berkurang. Sebaliknya jika jalan pelan akan menambah kemampuan load index (up to 60km/hr)
3. Pake grease yang heavy duty buat kingpin (kalo ada) and spider
4. Kalo overload yang pertama kena pasti bearing axle nya. Yang paling agak rentan axle depan
Nah yg ini ane nemu agak aneh om, dlu ane cma cari tau merk2 rekomended.. stelah usaha mulai nuntut jadi mulai belajar sma spesifikasi item.

kbanyakan nya bilang gini.
bias lebih tahan dari radial buat angkutan
load index tinggi lebih tahan dari load index rendah buat angkutan

BAN BIAS GT super 700-14 PR8
tidak mencantumkan load index tapi ada keterangan max load d web nya. Yaitu 785/750 kg
VS

RADIAL GT Maxmiller PRO 185R14C 8PR load index 102/100 = 850/800 kg

nah 2 ban satu merk ini lebih awet dan tahan versi bias walaupun load index nya lebih kecil. Penggunaan ke 4 roda.

BAN BIAS M/T

LT GT Traction Pro 700-14 PR 8 max load 750/700 kg

VS
RADIAL M/T
Delium Terra Ranger 27x8.5 PR 6 max load 690/650 kg

dua ban pacul beda merk ini, lebih awet dan tahan versi radial dengan load index lebih kecil dan ply rating lebih sedikit. Penggunaan hnya roda belakang

Jadi ane lebih percaya dengan meteran ane daripada itu tulisan2. Yg lebih tebel yg lebih ok ..

Owh iya ban bawaan traga adalh GT maxmiler pro 195/R14C 8PR 106/104 max load 950/900 kg .. yg ukuran ini bru kali ini nemu dn coba. Lebih lebar 2 cm tapi lebih pendek 3cm Biasa nya pakai ukuran 185/R14c. Ya ini Ane skalian coba depan pakai 700-14 belakang pakai 195R14C ini.
Ane jg udah compare om ban bias dgn radial. Pakai di l300.usaha ane toko bangunan. Setelah 2unit dibandingkan.
Yg bias buat muatan overload lebih ok. Karena lapisan kawat di dinding dan tapak ban. Jadinya harga lebih mahal yang bias. Tapi ampun borosnya ga sampai 6 bulan. Kadang 3 bulan bisa gundul.
Klo radial awet karena tapak ban lebar dan distribusi berat merata dilapisan ban. Awet 6bln-1tahun.harga murah krn dinding ban minim kawat.
Minusnya dinding ban lemah rawan sobek.muat 2 ton ban udah amblas.
Klo bias pasti cepat gundul tengah ban karena cenderung lonjong dengan build kawat tapak&dinding.
Tekanan angin 65-70psi


nizamuddinaulia
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 50
Joined: 18 Apr 2018, 13:45
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Outlander Sport PX AT 2012

Re: Saran optimalkan isuzu traga buat disiksa

Post by nizamuddinaulia » 09 Oct 2019, 23:11

Givrun wrote:
09 Oct 2019, 23:03
batumakam wrote:
09 Oct 2019, 22:06

anyway buat traga, suspensi depan subtitusi nya pake apa ya? ntah cuma perasaan atau emang rada bunyi2 bagian depan (baru 4 bulan jalan, rute trans jawa)
penuturan supir sih enak bawa ini ketimbang l300 apalagi kalo di isi dex, muatan sih ga berat paling mentok 2 ton lah
Info nya pakai DMAX om . prnah servis beres ? D klaim saja om..
nizamuddinaulia wrote:
09 Oct 2019, 22:55
Per standar belakang nya udh jadi lurus om kalau muatan full.. jadi tambah 1 lapis.. depan sih gak d apa2in. D tinggiin doang. Muatan 2,4 ton belum box nya om.
Btw traga dah dobel filter solarnya kah?
Mahal gak sparepart nya? Contoh yg fast moving
Kalo dyna/dutro/canter mah bisa tuker2an filsol nya

bm9792ct
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: 03 Oct 2017, 23:17
Location: riau
Daily Vehicle: l300

Re: Saran optimalkan isuzu traga buat disiksa

Post by bm9792ct » 09 Oct 2019, 23:26

Tapi ya bang givrun ini cmn pengalaman saya aja. Buat mix ban depan katanya om pake bias didepan. Dan radial dibelakang begitu kan.
Buat saya sih lebih enak kebalikannya. Bawa beban 2.5 ton tetap lebih enak bias. Bantingannya enak. Dipolisi tidur/jalan lubang lebih nyaman aja.
Klo radial enaknya buat 1ton kebawah. Duh pernah ngebawa 2ton lebih pake 185 radial klo jalan nyungsep/berlubang rasanya sampai amblas ke velg. Hati rasanya ga tenang takut ban sobek/pecah.
Klo ban bias jarang problem. Sampai keliatan kawatnya masih aman kata supirnya @@"
Minusnya cmn 1 aja. Lebih boros tapak. Kalau truk mah sering ngakalin pake vulkanisiran

Givrun
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 150
Joined: 09 Nov 2018, 01:39

Re: Saran optimalkan isuzu traga buat disiksa

Post by Givrun » 10 Oct 2019, 10:21

nizamuddinaulia wrote:
09 Oct 2019, 23:11

Btw traga dah dobel filter solarnya kah?
Mahal gak sparepart nya? Contoh yg fast moving
Kalo dyna/dutro/canter mah bisa tuker2an filsol nya
filsol nya cmn 1 om, ane tambah filter bawah pakai punya hino lohan model spin on kertas 30 micron. Filter atas bisa tuker NMR 71/ Panther/ isuzuBorneo
bm9792ct wrote:
09 Oct 2019, 23:09


Ane jg udah compare ban bias dgn radial. Pakai di l300.usaha ane toko bangunan. Setelah 2unit dibandingkan.
Yg bias buat muatan overload lebih ok. Karena lapisan kawat di dinding dan tapak ban. Jadinya harga lebih mahal yang bias. Tapi ampun borosnya ga sampai 6 bulan. Kadang 3 bulan bisa gundul.
Klo radial awet karena tapak ban lebar dan distribusi berat merata dilapisan ban. Awet 6bln-1tahun.harga murah krn dinding ban minim kawat.
Minusnya dinding ban lemah rawan sobek.muat 2 ton ban udah amblas.
Klo bias pasti cepat gundul tengah ban karena cenderung lonjong dengan build kawat tapak&dinding.
Tekanan angin 65-70psi
Ini apa gak salah ya om ?
ban bias konstruksi nya serat benang NYLON dsusun menyilang harga ban lebih MURAH

ban radial konstruksi nya KAWAT , harga ban lebih MAHAL

ane pakai kombinasi ini dan terbukti lebih awet sih om.
Karna ban belakang radial lebih tahan panas , radial tapak nya lebih lebar jadi distribusi beban lebih baik tapak ban lebih awet, dinding ban radial yg empuk ini itu keuntungan nya sih menurut ane om.. jadi kalau ban bias dia terlalu kaku jadi kayak loncat2, radial dia bisa ngikut saat kontur jalan atau saat nikung.

CMIIW

Post Reply