TRUCK ENGKEL (4 RODA)

Segala mobil tipe pickup (L-300, T-120, Kijang Pickup, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

curut truck
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: Tue Jan 22, 2013 14:21

TRUCK ENGKEL (4 RODA)

Post by curut truck »

Salam sejahtra semuanyaa..........
pas baca kabar berita online,colt diesel rilis varian teranyar dari fe 71L 110ps (4roda chasis panjang),terlintas di pikiran ane,nih truck cukup ekonomis juga buat angkutan dalam kota,karna chasisnya panjang dan juga menggunakan 4 roda,tapi banya kuat gak buat angkutan buah dan kayu bakar,kira kira kalau ganti pakai ban lebar bisa gak ya dan ukuran berapa???...sori sebelumnya ane masih kurang faham soal truck engkel......
Kalau di bandingkan dengan hino 110 SDL (4RODA CHASIS PANJANG),kira kira panjangan mana???
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: TRUCK ENGKEL (4 RODA)

Post by maskopat »

ane coba sundul dulu ya.. gak ngerti truk. para jagoan truk lagi jarang nongol di SM nih...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: TRUCK ENGKEL (4 RODA)

Post by VanzMatic »

Ah, juragan mitsu kita satu ini merendah sekaleee..... :mky_03:



Oh, sudah keluar ya FE 71L 4roda 110ps? Nampaknya, memang kebut kebutan bener nih persaingan antara Mitsu dan Hino.
Dulu yang hino keluar 6 ban extra long, Mitsu keluar model HD-L (FE 84G) 6 roda.

Setahu ane yang nubie jadul ini, insya Allah bannya kuat kok om. Memangnya akan overload seberapa?
Biasanya kalau mau tau payload standar, bisa ngintip spesifikasinya om...
Ini saya copy-paste speknya dari situsnya:

MITSUBISHI NEW COLT DIESEL – FE 71 110PS 4 BAN

Spesifikasi

DIMENSI ( mm)
Jarak Sumbu Roda 2.500
Panjang Keseluruhan 4.735
Lebar Keseluruhan 1.750
Tinggi Keseluruhan 2.055
Tinggi minimal dari tanah 200
Jarak roda depan kiri kanan 1.390
Jarak roda belakang kiri kanan 1.380

BERAT ( kg)
Berat chassis termasuk kabin 1.835
Gross Vehicle Weight( GVW) 5.150
---->kelihatan ya om, daya angkutnya = 5.150 - 1.835= 3.315
Inilah payload standarnya om, 3,3 ton. Lebih lebihnya masih bisa sampai 4 ton maksimal (20,6%).



KEMAMPUAN
Kecepatan Maksimum( km/ jam)
Daya Tanjak ( tan Ø ) 42.0
Radius putar minimum( m) 5.1

RODA
Ban 7.50 - 15 - 12 PR
Velg 5.50F X 15

MESIN
Model / Tipe 4D34 - 2AT5
Isi silinder ( cc) 3.908
Diameter x Langkah ( mm x mm) 104 X 115
Daya Maksimum( PS/ rmp ) 110/ 2.900
Tordi Maksimum( kgm/ rpm ) 28/ 1.600

TRANSMISI
Model MO25S5
Tipe
Perbandingan gigi 5.181-2.865-1.593-1.000-0.739 Mundur 5.181
Kopeling Pelat kering tunggal, C3W28D

AS
Depan Reserve Elliot, type " I " beam
Belakang Full Floating Type
Perbandingan gigi akhir 4.875

SETIR
SUSPENSION

Depan Semi elliptic, laminated leaf spring dengan shock absorber
Belakang Semi elliptic, laminated leaf spring dengan shock absorber
BRAKE
Rem Kaki ( Service brake) Sirkuit ganda, Hidraulis dengan Vacuum Servo Assistance dual circuit
Rem Tangan ( Parking brake) Internal expanding tipe pada transmisi belakang
Rem Pembantu ( Auxiliary brake) Sistem pengereman gas buang
Accu 24V, 60 AH ( N50Z)
Kapasitas Tangki Solar( litre) 70 liter


Sedangkan dimensi Hino 110 SDL:
PRODUK Model Dutro 110 SDL
PRODUKSI Kode Produksi WU302R-HKMLAD3L

PERFORMANCE Kecepatan Maksimum(km/jam) 126

Daya Tanjak (tan Ø) 31,7

MESIN Model W04D-TM
Tipe Diesel 4 Stroke; Direct Injection; Turbo Intercooler
Tenaga Maks (PS/rpm) 110 / 2.800
Momen Putir Maks. (Kgm/rpm) 29 / 1.800
Jumlah Silinder 4
Diameter x Langkah Piston (mm) 104 x 118
Isi Silinder 4.009

KOPLING Tipe Single Dry Plate
Diameter 300

TRANSMISI Tipe 5 speeds
Perbanding Gigi -
ke-1 5.339
ke-2 2.792
ke-3 1.593
ke-4 1.000
ke-5 0.788
ke-6
ke-7 -
ke-8 -
ke-9 -
mundur 5.339

KEMUDI Tipe Recirculating ball Screw
Radius Putar Min. (m) 7.28

SUMBU Depan Reverse Elliot, I-Section Beam
Belakang Full floating type with hypoid gear
Perbandingan gigi akhir 4.625
Sistem Penggerak 4 x 2

REM Rem Utama Vacum Servo with Dual Circuit ; with Booster
Rem Pelambat With on Exhaust Pipe
Rem Parkirr Internal Expanding tipe pada transmisi output

RODA & BAN Ukuran Rim 15 x 5.50 F
Ukuran Ban 7.50 - 15 - 12 PR

Jumlah Ban 4

SISTIM LISTRIK Accu 12V-60Ah x2

TANGKI SOLAR Kapasitas (L) 100

DIMENSI (mm) Jarak Sumbu Roda 3.205
Panjang bak
Total Panjang 5.420
Total Lebar 1.717
Total Tinggi 2.140
Lebar Jejak Depan FR Tr 1.415
Lebar jejak Belakang RR Tr 1.420
Julur Depan FPH 1.066
Julur Belakang ROH 1.055

SUSPENSI Depan & Belakang Rigid Axle with Semi Elliptic with Shock Absorber

BERAT CHASSIS (kg) Depan 1.392
Belakang 655
Berat Kosong 2.590
GVWR 5.200

-->Kelihatan kalau payloadnya = 5.200-2590 = 2.610kg.

Jadi, keliatan kan Mitsu yang payloadnya paling besar...? Kalau panjang dan panjang sumbu roda, udah keliatan kan Kalo hino yang menang?


:big_peace:


*bukan sales truck apalagi owner dealer mitsu... :ngacir: :ngacir: :ngacir:
Last edited by VanzMatic on Wed Jul 03, 2013 9:03, edited 1 time in total.
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12275
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: TRUCK ENGKEL (4 RODA)

Post by ricz »

Pantesan kepala kuning merajalela, trnyt krn payloadnya lebih besar toh.... :e-think:
2021 Fortuner VRZ
curut truck
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: Tue Jan 22, 2013 14:21

Re: TRUCK ENGKEL (4 RODA)

Post by curut truck »

Sebenarnya ane lg cariin armada buat paman ane,kebetulan dia sedang memulai bisnis jadi suplaier buah mangga,kebetulan orang indramayu,sebelumnya paman ane slalu menggunakan toyota dyna engkel untuk melakukan pengiriman ke jakarta dan kota lainya,namun di rasa daya angkutnya kurang besar,pernah ane rekomendasikan truk 6 roda katanya kurang ekonomis,

Kbetulan coltdis engkel ada yang chasis panjangnya ane rekomendasikan,
RVR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 944
Joined: Fri Jul 20, 2012 13:31

Re: TRUCK ENGKEL (4 RODA)

Post by RVR »

71L wheelbase 3350 (sama dengan yg 6 roda), memang chassisnya tuh sama dengan 73HD
RVR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 944
Joined: Fri Jul 20, 2012 13:31

Re: TRUCK ENGKEL (4 RODA)

Post by RVR »

VanzMatic wrote:Ah, juragan mitsu kita satu ini merendah sekaleee..... :mky_03:



Oh, sudah keluar ya FE 71L 4roda 110ps? Nampaknya, memang kebut kebutan bener nih persaingan antara Mitsu dan Hino.
Dulu yang hino keluar 6 ban extra long, Mitsu keluar model HD-L (FE 84G) 6 roda.

Setahu ane yang nubie jadul ini, insya Allah bannya kuat kok om. Memangnya akan overload seberapa?
Biasanya kalau mau tau payload standar, bisa ngintip spesifikasinya om...
Ini saya copy-paste speknya dari situsnya:

MITSUBISHI NEW COLT DIESEL – FE 71 110PS 4 BAN

Spesifikasi

DIMENSI ( mm)
Jarak Sumbu Roda 2.500
Panjang Keseluruhan 4.735
Lebar Keseluruhan 1.750
Tinggi Keseluruhan 2.055
Tinggi minimal dari tanah 200
Jarak roda depan kiri kanan 1.390
Jarak roda belakang kiri kanan 1.380

BERAT ( kg)
Berat chassis termasuk kabin 1.835
Gross Vehicle Weight( GVW) 5.150
---->kelihatan ya om, daya angkutnya = 5.150 - 1.835= 3.315
Inilah payload standarnya om, 3,3 ton. Lebih lebihnya masih bisa sampai 4 ton maksimal (20,6%).



KEMAMPUAN
Kecepatan Maksimum( km/ jam)
Daya Tanjak ( tan Ø ) 42.0
Radius putar minimum( m) 5.1

RODA
Ban 7.50 - 15 - 12 PR
Velg 5.50F X 15

MESIN
Model / Tipe 4D34 - 2AT5
Isi silinder ( cc) 3.908
Diameter x Langkah ( mm x mm) 104 X 115
Daya Maksimum( PS/ rmp ) 110/ 2.900
Tordi Maksimum( kgm/ rpm ) 28/ 1.600

TRANSMISI
Model MO25S5
Tipe
Perbandingan gigi 5.181-2.865-1.593-1.000-0.739 Mundur 5.181
Kopeling Pelat kering tunggal, C3W28D

AS
Depan Reserve Elliot, type " I " beam
Belakang Full Floating Type
Perbandingan gigi akhir 4.875

SETIR
SUSPENSION

Depan Semi elliptic, laminated leaf spring dengan shock absorber
Belakang Semi elliptic, laminated leaf spring dengan shock absorber
BRAKE
Rem Kaki ( Service brake) Sirkuit ganda, Hidraulis dengan Vacuum Servo Assistance dual circuit
Rem Tangan ( Parking brake) Internal expanding tipe pada transmisi belakang
Rem Pembantu ( Auxiliary brake) Sistem pengereman gas buang
Accu 24V, 60 AH ( N50Z)
Kapasitas Tangki Solar( litre) 70 liter


Sedangkan dimensi Hino 110 SDL:
PRODUK Model Dutro 110 SDL
PRODUKSI Kode Produksi WU302R-HKMLAD3L

PERFORMANCE Kecepatan Maksimum(km/jam) 126

Daya Tanjak (tan Ø) 31,7

MESIN Model W04D-TM
Tipe Diesel 4 Stroke; Direct Injection; Turbo Intercooler
Tenaga Maks (PS/rpm) 110 / 2.800
Momen Putir Maks. (Kgm/rpm) 29 / 1.800
Jumlah Silinder 4
Diameter x Langkah Piston (mm) 104 x 118
Isi Silinder 4.009

KOPLING Tipe Single Dry Plate
Diameter 300

TRANSMISI Tipe 5 speeds
Perbanding Gigi -
ke-1 5.339
ke-2 2.792
ke-3 1.593
ke-4 1.000
ke-5 0.788
ke-6
ke-7 -
ke-8 -
ke-9 -
mundur 5.339

KEMUDI Tipe Recirculating ball Screw
Radius Putar Min. (m) 7.28

SUMBU Depan Reverse Elliot, I-Section Beam
Belakang Full floating type with hypoid gear
Perbandingan gigi akhir 4.625
Sistem Penggerak 4 x 2

REM Rem Utama Vacum Servo with Dual Circuit ; with Booster
Rem Pelambat With on Exhaust Pipe
Rem Parkirr Internal Expanding tipe pada transmisi output

RODA & BAN Ukuran Rim 15 x 5.50 F
Ukuran Ban 7.50 - 15 - 12 PR

Jumlah Ban 4

SISTIM LISTRIK Accu 12V-60Ah x2

TANGKI SOLAR Kapasitas (L) 100

DIMENSI (mm) Jarak Sumbu Roda 3.205
Panjang bak
Total Panjang 5.420
Total Lebar 1.717
Total Tinggi 2.140
Lebar Jejak Depan FR Tr 1.415
Lebar jejak Belakang RR Tr 1.420
Julur Depan FPH 1.066
Julur Belakang ROH 1.055

SUSPENSI Depan & Belakang Rigid Axle with Semi Elliptic with Shock Absorber

BERAT CHASSIS (kg) Depan 1.392
Belakang 655
Berat Kosong 2.590
GVWR 5.200

-->Kelihatan kalau payloadnya = 5.200-2590 = 2.610kg.

Jadi, keliatan kan Mitsu yang payloadnya paling besar...? Kalau panjang dan panjang sumbu roda, udah keliatan kan Kalo hino yang menang?


:big_peace:


*bukan sales truck apalagi owner dealer mitsu... :ngacir: :ngacir: :ngacir:

Kayaknya yg bener 71L yg berikut om
http://www.ktb.co.id/produk/spesifikasi/11_51/fe-71l
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: TRUCK ENGKEL (4 RODA)

Post by evolution21 »

Hino oli mesinnya pake 6liter lho, tenaga sih supir ane pada bilang galak. Utk muatan pernah dijejelin sampe 4ton, kyaknya udah maksimal bgt. Ga brani lebih lg.
toyota dyna, rangka besinya sekilas mata terlihat paling tebal. Muatan jg cuma pernah maksimal 4ton. Tenaga khas boyota. Harga sparepart cukup bersahabat dan mudah didapat..
btw dulu waktu hunting engkel sempet tertarik isuzu, salesnya pada promo ni mobil adalah engkel paling irit. Tp karena sparepartnya blom sebanyak merk lain, jd mengurungkan niat. Nah kebetulan ane baru daprt supir baru, pengalaman dah banyak, kata dia sih truk favoritnya isuzu, perpaduan yg pas antara tenaga dan irit..
kedepan kalo lg perlu engkel lg jg ane kayaknya mau icip2 isuzu nih
kadal_lan
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 174
Joined: Sun Mar 03, 2013 14:33
Location: kudus - semarang

Re: TRUCK ENGKEL (4 RODA)

Post by kadal_lan »

Ni nggak tau apa namanya, tpi mau ngasih masukan dikit, kalo di sekitar rumah banyak bngt truck dump, dan rata2 mereka make si isuju elep, dan yg kedua make si kepala kuning, dan muatannya jga kalo si elep bisa sampe nggunung tinggi bgt di banding yg make si mitsu, jrng banget yg pake hino, katanya cuma enak di tenaga lop panjang (tpi masih kalah dari si intercooler), cukup sekian dan terima kasih,